Jadwal Dokter Onkologi Payudara di Jakarta

Jadwal Dokter Onkologi Payudara di Jakarta

Profil Dokter Onkologi Payudara Terkemuka di Jakarta


Dokter Onkologi Payudara di Jakarta

Payudara merupakan bagian tubuh yang penting bagi wanita karena selain sebagai simbol feminitas, payudara juga memiliki fungsi biologis untuk menyusui. Namun, payudara juga dapat mengalami penyakit, salah satunya yaitu kanker payudara. Kanker payudara adalah penyakit ketiga yang paling sering terjadi di Indonesia, dan berdampak besar pada kesehatan dan kehidupan pasien. Oleh karena itu, seorang dokter onkologi payudara terkemuka sangat dibutuhkan untuk menangani pasien dan memberikan pengobatan yang tepat dan efektif.

Berikut adalah profil beberapa dokter onkologi payudara terkemuka di Jakarta:

1. Dr. dr. Ari Meutia, Sp.B(K)Onk – Rumah Sakit Kanker Dharmais
Dr. Ari Meutia adalah dokter onkologi payudara terkemuka di Indonesia, disamping menangani pengobatan pasien secara langsung di Rumah Sakit Kanker Dharmais ia juga sering diundang di berbagai seminar maupun workshop sebagai pembicara utama. Ia telah memperoleh banyak penghargaan dan sertifikat keahlian dari dalam dan luar negeri, serta aktif dalam berbagai organisasi medis dan penelitian kanker.

Dalam memberikan pengobatan kepada pasien kanker payudara, dokter Ari Meutia menggunakan pendekatan multidisiplin dan terapi personalisasi. Ia yakin bahwa setiap pasien memiliki kebutuhan dan karakteristik yang berbeda, sehingga pengobatan yang diberikan pun harus disesuaikan dengan kondisi pasien. Dokter Ari Meutia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pasien dan keluarganya, termasuk dalam hal memberikan dukungan psikologis selama proses pengobatan.

2. Dr. dr. Aris Widodo, Sp.B(K)Onk – Bunda Jakarta Hospital
Dr. Aris Widodo adalah dokter onkologi payudara yang berpraktik di Bunda Jakarta Hospital. Ia telah menempuh pendidikan spesialisasi di bidang onkologi dari Universitas Indonesia dan disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi. Dr. Aris Widodo juga aktif dalam berbagai kegiatan riset kanker, termasuk riset klinis tentang pengobatan kanker payudara.

Dalam memberikan pengobatan kepada pasien, dr. Aris Widodo mengutamakan pendekatan yang berfokus pada pasien dan keluarganya sebagai whole person. Ia berusaha memberikan pengobatan yang holistik dan terintegrasi, melalui kerjasama tim multidisiplin yang terdiri dari onkolog, ahli bedah, radiolog, psikolog, dan konselor. Dr. Aris Widodo juga sangat memperhatikan aspek psikososial dan kualitas hidup pasien selama proses pengobatan.

3. Dr. dr. Deby Gunawan, Sp.B(K)Onk – Jakarta Breast Cancer Center
Dr. Deby Gunawan adalah dokter onkologi payudara yang berpraktik di Jakarta Breast Cancer Center. Ia telah menyelesaikan pendidikan spesialisasi di bidang onkologi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan aktif dalam melakukan riset terkait kanker payudara dan pengobatannya.

Dalam memberikan pengobatan kepada pasien, dr. Deby Gunawan menggunakan pendekatan yang mengutamakan kualitas hidup pasien selama proses pengobatan. Ia juga sangat memperhatikan gaya hidup sehat dan pengaturan pola makan pasien, sebagai bagian dari pengobatan holistik. Dr. Deby Gunawan berusaha memberikan dukungan penuh bagi pasien dan keluarganya selama proses pengobatan, termasuk dalam hal penyediaan layanan konseling dan dukungan psikologis.

Itulah sedikit profil dari beberapa dokter onkologi payudara terkemuka di Jakarta. Semoga informasi ini dapat membantu Anda dalam memilih dokter yang tepat untuk menangani penyakit kanker payudara dengan baik dan penuh perhatian.

Pelayanan Klinik Onkologi Payudara di Jakarta


Dokter Onkologi Payudara di Jakarta

Banyak wanita takut terkena kanker payudara. Jika terlanjur menderita, diperlukan pengobatan intensif dari dokter spesialis kanker. Di Jakarta, ada beberapa klinik onkologi payudara yang siap membantu dan memberikan pengobatan untuk pasien kanker payudara. Ini adalah beberapa pelayanan yang disediakan oleh klinik onkologi payudara di Jakarta.

Pemeriksaan dan deteksi dini


ladies checkup to avoid cancer

Pada klinik onkologi payudara di Jakarta, pemeriksaan dan deteksi dini menjadi hal yang sangat penting. Pemeriksaan kesehatan sebaiknya dilakukan secara rutin untuk memastikan kondisi kesehatan secara keseluruhan. Pemeriksaan payudara dapat dilakukan dengan cara USG atau mamografi yang bertujuan untuk mendeteksi dini adanya tumor atau benjolan di dalam payudara sebelum menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Pemeriksaan dan deteksi dini sangat penting karena semakin awal deteksi, semakin besar kemungkinan kesembuhan. Selain itu, pasien juga akan teredukasi dengan teknik melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Dengan melakukan pemeriksaan payudara secara teratur, pasien dapat mengurangi risiko menderita kanker payudara.

Terapi radiasi


radiation therapy for breast cancer

Terapi radiasi merupakan metode pengobatan kanker payudara yang menggunakan sinar-X atau partikel energi tinggi. Terapi radiasi bisa digunakan sebagai pengobatan utama atau sebagai pengobatan setelah operasi. Selain itu, terapi radiasi juga berperan dalam mengempeskan tumor atau benjolan di dalam payudara sehingga memudahkan operasi dan mengurangi risiko terjadinya kanker payudara lagi di kemudian hari.

Dalam proses terapi radiasi, pasien akan mendapatkan dukungan dari tim kesehatan, termasuk dokter ahli radioterapi dan ahli onkologi. Dengan begitu, pasien akan mendapatkan pengobatan yang tepat dan sukses dalam mengatasi kanker payudara.

Operasi pengangkatan payudara


breast cancer tube removal surgery for failed stage

Operasi pengangkatan payudara menjadi pilihan terakhir dalam penanganan kanker payudara. Operasi ini akan dilakukan apabila kanker sudah sangat parah dan sudah tidak bisa diatasi dengan cara lain seperti radiasi atau kemoterapi. Di sinilah peran dokter spesialis kanker payudara sangat penting.

Dokter onkologi payudara di Jakarta akan memberikan layanan operasi pengangkatan payudara dengan teknik yang aman, terbaru, dan minim invasif. Pasien akan mendapatkan perawatan dan dukungan penuh selama proses operasi dan setelah operasi selesai.

Dalam kesimpulan, selain pelayanan seperti pemeriksaan dan deteksi dini, terapi radiasi, dan operasi pengangkatan payudara, klinik onkologi payudara di Jakarta juga menyediakan banyak layanan dan dukungan bagi pasien. Semua layanan ini bertujuan untuk memberikan perawatan yang tepat dan terbaik agar pasien dapat sembuh dari kanker payudara. Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dan mencari dukungan dari klinik onkologi payudara di Jakarta jika Anda mengalami gejala atau risiko menderita kanker payudara.

Faktor Risiko Terkena Kanker Payudara dan Pencegahannya


kanker-payudara

Kanker payudara merupakan penyakit yang dapat mematikan jika tidak ditangani dengan tepat. Setiap tahunnya, ada ribuan wanita yang terdiagnosis dengan kanker payudara di Indonesia. Hal ini tentu saja sangat mengkhawatirkan. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui faktor risiko terkena kanker payudara dan cara preventifnya.

1. Usia

usia

Usia memang menjadi faktor risiko utama terjadinya kanker payudara. Semakin bertambah usia, semakin besar kemungkinan terkena kanker payudara. Pada wanita, usia di atas 50 tahun memiliki risiko lebih tinggi untuk terkena kanker payudara. Namun, bukan berarti wanita usia muda tidak berisiko sama sekali.

2. Genetik

dna

Faktor lain yang dapat mempengaruhi risiko kanker payudara adalah faktor genetik atau keturunan. Jika ada anggota keluarga yang telah terdiagnosis dengan kanker payudara, maka risiko Anda untuk terkena kanker payudara juga akan meningkat. Oleh sebab itu, penting untuk melakukan pemeriksaan sendiri dan berkonsultasi dengan dokter agar dapat melakukan pencegahan sejak dini.

3. Gaya Hidup

gaya-hidup

Gaya hidup dapat menjadi faktor risiko terkena kanker payudara. Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara, seperti:

  • Kurang berolahraga
  • Kurang tidur
  • Kurang konsumsi sayur dan buah
  • Konsumsi alkohol
  • Rokok

Untuk mencegah risiko terkena kanker payudara yang disebabkan oleh gaya hidup, sebaiknya Anda menerapkan pola hidup sehat, mulai dari pola makan yang sehat dan seimbang, melakukan olahraga secara teratur, dan membatasi konsumsi alkohol. Selain itu, sebaiknya hindari kebiasaan merokok dan meminum alkohol secara berlebihan.

4. Obesitas

obesitas

Obesitas atau kegemukan juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Hal ini disebabkan karena lemak yang berlebih dalam tubuh dapat memproduksi hormon estrogen yang meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda menjaga berat badan dengan mengatur pola makan dan olahraga secara rutin.

5. Pajanan Radiasi

pajanan-radiasi

Pajanan radiasi juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Beberapa sumber radiasi yang dapat mempengaruhi risiko terkena kanker payudara adalah paparan sinar X pada dada, pemindaian CT, dan terapi radiasi pada pasien kanker sebelumnya. Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk memahami risiko dan manfaat dari setiap prosedur radiologi yang akan kita jalani serta berdiskusi dengan dokter Anda jika terdapat risiko tertentu.

Secara keseluruhan, kanker payudara dapat dicegah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat, mengatur pola makan yang seimbang, serta melakukan pemeriksaan secara rutin kepada dokter spesialis onkologi. Dengan melakukan pencegahan sejak dini dan selalu mengikuti saran dokter, risiko terkena kanker payudara dapat dikurangi sekaligus memberikan peluang kesembuhan yang lebih besar.

Teknologi Terbaru dalam Pengobatan Kanker Payudara di Jakarta


teknologi pengobatan kanker payudara

Kanker payudara merupakan kondisi yang sangat ditakuti oleh kaum wanita. Kanker ini dapat menyebar ke seluruh tubuh dan memakan waktu yang lama untuk disembuhkan. Namun, ada harapan baru bagi mereka yang menderita kanker payudara yaitu teknologi pengobatan kanker payudara terbaru. Teknologi ini dipakai oleh dokter onkologi payudara di Jakarta untuk mempercepat penyembuhan dan mengurangi efek samping dari pengobatan. Berikut adalah teknologi terbaru dalam pengobatan kanker payudara di Jakarta.

1. Terapi Radiasi Berkecepatan Tinggi


terapi radiasi berkecepatan tinggi

Terapi Radiasi Berkecepatan Tinggi (SABR) adalah teknologi pengobatan kanker payudara yang paling inovatif. Teknologi ini memanipulasi sinar laser untuk memberikan dosis radiasi ke area yang terkena kanker payudara. SABR adalah metode terapi radiasi yang sangat efektif dan sangat presisi dalam menargetkan area yang benar-benar terkena kanker. Dosis radiasi diberikan dengan dosis tinggi dan jangka pendek, mempercepat penyembuhan dan mengurangi efek samping pada pasien.

2. Immunotharapy


immunotherapy

Immunotherapy adalah suatu bentuk terapi yang memanfaatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan kanker payudara. Teknologi ini difokuskan pada penggunaan sel T dalam sistem kekebalan tubuh pasien untuk menyerang sel kanker. Pasien yang menerima terapi ini cenderung memiliki efek samping yang lebih ringan dibandingkan dengan pengobatan kanker payudara konvensional seperti kemoterapi dan radioterapi.

3. Terapi Berbasis Molekular


terapi berbasis molekular

Terapi berbasis molekular melibatkan penggunaan obat-obatan yang secara khusus ditujukan untuk tujuan tertentu dalam sel kanker payudara. Terapi ini didasarkan pada perubahan dalam genetik, atau molekul dalam sel kanker. Kurangnya sel kanker secara signifikan dalam tubuh memudahkan pengobatan ini mendeteksi sel kanker. Terapi berbasis molekular cenderung mengurangi efek samping dari pengobatan kanker payudara konvensional.

4. Pembekuan Kanker Menggunakan Teknologi Cryotherapy


pembekuan kanker menggunakan teknologi cryotherapy

Pembekuan kanker menggunakan teknologi Cryotherapy adalah salah satu teknologi terbaru dalam pengobatan kanker payudara di Jakarta. Teknologi itu melibatkan penggunaan suhu rendah untuk membekukan sel kanker payudara. Teknik ini memungkinkan dokter onkologi untuk menargetkan penanganan pada sel kanker tedeteksi, sehingga mengurangi jumlah sel kanker yang dikalahkan pada saat yang sama pun. Teknik ini dilakukan dengan memasukkan jarum ke dalam daerah payudara terkena kanker dan kemudian menekankannya pada sel kanker. Teknologi ini lebih efektif dan menyebabkan kerusakan jaringan payudara yang lebih sedikit daripada teknologi pengobatan lainnya.

Teknologi inovatif dalam pengobatan kanker payudara di Jakarta membuka jalan untuk pengobatan yang lebih efektif dan minim efek samping. Dalam teknologi pengobatan yang baru, dokter onkologi akan dapat merawat pasien yang terkena kanker payudara dengan lebih cepat dan efisien. Pasien yang menderita kanker payudara yang cukup menjanjikan karena pengobatan kanker payudara yang terbaru. Namun, setiap teknologi pengobatan kanker payudara memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing dan harus mendekati dokter onkologi terkait untuk dijelaskan sebelum membentuk keputusan mengenai pengobatan.

Dukungan Psikologis bagi Pasien Kanker Payudara di Jakarta


Dukungan Psikologis bagi Pasien Kanker Payudara di Jakarta

Kanker payudara menjadi masalah kesehatan yang sering terjadi pada kaum perempuan. Hal tersebut tentu menjadi hal yang menyedihkan sehingga dukungan dan penanganan yang tepat sangat dibutuhkan. Tak hanya dukungan medis, dukungan psikologis pada pasien kanker payudara juga sangat penting, terutama bagi pasien di Jakarta yang mengalami tekanan yang sangat besar akibat kehidupan yang padat dan cepat.

Dukungan psikologis sangat dibutuhkan untuk memperkuat mental pasien dalam menghadapi kondisi yang sedang dialaminya. Para pasien yang mengalami kanker payudara di Jakarta sering kali merasa cemas, depresi, dan terpuruk dalam kondisi sosialnya. Pemberian dukungan psikologis akan membantu pasien dalam menangani bagaimana ia berinteraksi dengan orang-orang dalam kehidupannya sehari-hari.

Ketika seseorang menderita kanker payudara, ia pun kerap mengalami perubahan fisik dan emosional. Karenanya, dukungan psikologis sangat penting sebagai sarana untuk membantu pasien menerima perubahan tersebut. Seorang dokter onkologi payudara di Jakarta biasanya akan menyarankan pengobatan dan juga dukungan psikologis untuk pasiennya agar merasa lebih tenang dan nyaman. Pasien akan menjadi dapat mengerti aspek-aspek penting dalam pengobatan dan bagaimana mereka bisa membantu diri sendiri dalam menghadapi kanker payudara.

Dukungan psikologis pada pasien kanker payudara di Jakarta juga salah satunya dilakukan dengan melakukan terapi kelompok. Terapi kelompok ini menjadi salah satu cara untuk memperkuat dukungan psikologis antara pasien. Kelompok tersebut bisa terdiri dari pasien yang sama-sama mengalami kanker payudara atau mungkin kelompok pasien yang memliki minat yang sama dalam banyak hal. Dalam terapi kelompok, pasien bisa saling bertukar cerita dan pengalaman mereka terkait penyakit yang mereka derita. Di samping itu juga, ada dokter yang membimbing kelompok ini untuk memberikan saran dan dukungan pada pasien secara lebih efektif.

Sejumlah fasilitas kesehatan di Jakarta menyediakan dukungan psikologis bagi pasien kanker payudara. Fasilitas ini antara lain berupa konselor medis yang berpengalaman dan dapat membantu pasien dalam mengatasi rasa takut serta kekhawatiran. Selain itu, para konselor juga dapat memberikan dukungan terapi untuk meredakan stres dan memperkuat mental pasien. Pada saat-saat yang kritis, dukungan emosional bisa membuat perbedaan yang besar dalam hidup seorang pasien.

Bagi para pasien kanker payudara di Jakarta, pengobatan bukanlah satu-satunya hal yang penting. Dukungan dan pengertian keluarga dan teman juga penting untuk membantu meningkatkan kualitas hidup pasien. Namun, ketika dukungan keluarga dan teman tidaklah cukup, dukungan psikologis di Jakarta dapat menyediakan bantuan yang tepat bagi kebutuhan pasien.

Kesimpulannya, dukungan psikologis bagi pasien kanker payudara di Jakarta sangatlah penting. Dukungan psikologis tersebut dapat membantu pasien untuk menyadari bahwa mereka tidak sendiri dalam menghadapi penyakitnya. Dalam banyak kasus, dukungan psikologis bisa membuat perbedaan besar dalam kehidupan dan kesehatan pasien.