Jadwal Dokter Ortopedi di Jogja

Jadwal Dokter Ortopedi di Jogja

Profil Dokter Ortopedi di Jogja


Dokter Ortopedi Jogja

Ortopedi adalah salah satu spesialisasi medis yang menangani masalah yang berkaitan dengan tulang, sendi, dan otot. Jadi, dokter ortopedi adalah dokter yang diberikan tanggung jawab untuk mengobati dan mendiagnosis masalah tersebut. Di Jogja, ada banyak dokter ortopedi yang handal dengan pengalaman dan kemampuan yang mumpuni dalam menjalankan pekerjaan tersebut. Dokter Ortopedi di Jogja selalu siap membantu mengatasi masalah yang berkaitan dengan tulang, sendi, dan otot.

Berikut adalah profil dokter ortopedi di Jogja yang dapat Anda temukan:

1. Dr. Adi Joko Nugroho, SpOT

Dr. Adi Joko Nugroho

Dr. Adi Joko Nugroho, SpOT, merupakan seorang dokter ortopedi terkemuka di Jogja. Ia sudah berpengalaman dalam menangani berbagai macam masalah ortopedi selama beberapa tahun. Dr. Adi Joko Nugroho memiliki latar belakang pendidikan yang sangat baik dan sudah memperoleh gelar sarjana kedokteran dari Universitas Gadjah Mada. Ia terus mengembangkan kemampuannya dengan berbagai pelatihan dan sertifikasi di bidang ortopedi.

Ia memiliki spesialisasi pada bidang ortopedi trauma, ortopedi anak, dan kesehatan tulang belakang. Ia sudah banyak melakukan tindakan pembedahan terutama pada kasus patah tulang dan cedera ortopedi lainnya. Selain itu, ia juga sangat ahli dalam melakukan terapi rehabilitasi seperti fisioterapi.

Dr. Adi Joko Nugroho adalah anggota dari Persatuan Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Indonesia (PDSOTI). Saat ini, ia berpraktik di RS Bethesda Yogyakarta dan RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. Anda dapat mengunjungi kliniknya setiap hari kerja pada jam kerja untuk mendapatkan pemeriksaan yang akurat dan penanganan cepat dari masalah ortopedi yang Anda alami.

Jadi, jika Anda membutuhkan perawatan ortopedi atau pembedahan, Dr. Adi Joko Nugroho, SpOT, bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda. Ia selalu siap membantu Anda dalam menangani masalah ortopedi yang Anda alami.

Pendidikan dan Sertifikasi Dokter Ortopedi Jogja


dokter ortopedi jogja

Dokter ortopedi merupakan salah satu profesi medis yang sangat terkait dengan kesehatan tulang dan otot manusia. Mereka bertugas untuk merawat, merawat, dan menyembuhkan penyakit serta gangguan pada sistem muskuloskeletal. Karena itu, menjadi seorang dokter ortopedi tidaklah mudah. Proses pembelajaran dan pelatihan yang harus dijalani sangat panjang dan rumit. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas pendidikan dan sertifikasi dokter ortopedi di Jogja.

Dokter spesialis ortopedi

Pertama-tama, untuk menjadi dokter ortopedi, seseorang harus menempuh pendidikan tinggi kuliah di Fakultas Kedokteran dengan durasi waktu 6 tahun. Setelah lulus selama 1 tahun harus menjalani program internship sebagai pengalaman awal dan memberikan kesempatan untuk melihat sisi praktis pendidikan kedokteran yang jauh dibandingkan teori yang didapatkan selama kuliah. Setelah menjalani program Internship, calon dokter harus mengikuti program pendidikan lanjutan spesialisasi ortopedi selama 4 tahun di RS teraccredited di Indonesia yang telah terdaftar di Kementerian Kesehatan. Sertifikasi dokter ortopedi membutuhkan waktu minimal 10 tahun setelah menyelesaikan pendidikan tinggi tersebuat. Saat mengikuti pendidikan tengah, siswa akan belajar mengenai materi-materi seperti diagnosis, penanganan, dan penanganan berbagai macam gangguan muskuloskeletal, mulai dari deformitas, patah tulang, sampai tumor.

spesialis ortopedi jogja

Selain itu, dokter ortopedi di Jogja harus memenuhi sertifikasi bergengsi saat bekerja di bidang ini dengan memiliki akreditasi. Akreditasi ini dilakukan guna memastikan bahwa dokter ortopedi yang bekerja di Jogja sudah memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Sertifikasi ini terdiri dari tiga tingkat. Tingkat pertama adalah sertifikasi spesialis, yang harus dimiliki oleh dokter sebelum bisa menjadi spesialis ortopedi. Tingkat kedua adalah sertifikasi kompetensi lanjutan, yang harus dimiliki oleh dokter yang sudah mengikuti program pelatihan lanjutan di bidang ortopedi. Sedangkan tingkat ketiga adalah sertifikasi master, yaitu sertifikasi tertinggi yang diberikan oleh Majelis Kedokteran Indonesia (MKI) setelah dokter menjalani pendidikan dan pelatihan yang lebih tinggi lagi.

rumah sakit ortopedi jogja

Bila atau ketika dokter ortopedi telah memiliki akreditasi di Jogja, maka mereka akan bisa bekerja di berbagai macam rumah sakit dan klinik yang memiliki spesialisasi dalam bidang ortopedi. Di Jogja sendiri banyak ditemukan rumah sakit orthopedi yang sudah tersertifikasi dan terakreditasi sehingga memberi keyakinan bagi pasien akan keahlian serta kemampuan medis yang dapat diberikan oleh dokter ortopedi Jogja. Keterampilan yang dimiliki oleh dokter ortopedi Jogja dapat membantu pasien yang mengalami masalah pada tulang dan otot sehingga pasien mendapatkan perawatan terbaik hasil dari akreditasi dan sertifikasi yang telah dimiliki.

Dengan telah memiliki akreditasi dan sertifikasi dokter ortopedi, maka dokter spesialis ortopedi di Jogja memiliki kualifikasi profesional serta pengalaman yang diyakini oleh masyarakat lebih efektif dan aman dalam melakukan penanganan pada penyakit dan gangguan tulang dan otot. Mereka memiliki pengetahuan yang luas serta keterampilan profesional dalam merawat pasien dari berbagai perkembangan serta pengembangan ilmu kedokteran. Oleh karena itu, tidak perlu ragu lagi dalam menemui dokter spesialis ortopedi di Jogja.

Spesialisasi Dokter Ortopedi Jogja


Dokter Ortopedi Jogja

Dokter ortopedi adalah seorang dokter spesialis yang bertanggung jawab dalam pengobatan serta pencegahan segala permasalahan kesehatan yang terjadi pada sistem musculoskeletal yang meliputi tulang, otot, kaki, tangan, serta jaringan yang menghubunginya. Di Jogja, kita dapat menemukan berbagai macam dokter ortopedi yang bisa kita temui. Berikut adalah beberapa spesialisasi dokter ortopedi di Jogja:

Dokter Ortopedi Kaki dan Tangan


Dokter Ortopedi Kaki dan Tangan

Dokter ortopedi kaki dan tangan adalah seorang dokter spesialis yang bertanggung jawab untuk mengatasi dan mengobati segala jenis permasalahan yang terjadi pada bagian kaki dan tangan. Mulai dari fraktur atau patah tulang, cedera otot, tendon, kerusakan syaraf, hingga masalah yang terjadi pada persendian pada bagian tangan dan kaki. Dokter ini juga bertanggung jawab dalam melakukan operasi penyambungan tulang dan pemasangan pen yang dibutuhkan oleh pasien.

Jogja merupakan kota dengan tingkat kecelakaan yang cukup tinggi. Kebanyakan dari kasus kecelakaan membutuhkan perhatian khusus pada bagian kaki atau tangan. Dokter ortopedi kaki dan tangan akan membantu pasien untuk mencapai pemulihan dengan melakukan proses operasi dan pengobatan yang tepat.

Dokter Ortopedi Tulang Belakang


Dokter Ortopedi Tulang Belakang

Dokter ortopedi tulang belakang adalah seorang dokter spesialis yang menangani masalah kesehatan pada tulang belakang dan sistem saraf pusat. Area yang ditangani meliputi masalah kesehatan pada leher, punggung, dan pinggang. Dokter ini bertanggung jawab dalam menjalani pengobatan dan/atau perawatan untuk memperoleh kesembuhan pada pasien dengan masalah pada tulang belakang

Penyebab dari masalah pada tulang belakang bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Beberapa faktor tersebut meliputi kurangnya aktivitas fisik, kecelakaan, usia, dan penyakit lainnya. Dokter ortopedi tulang belakang akan melakukan diagnosis secara mendalam untuk menentukan masalah serta penanganannya sehingga pasien dapat kembali beraktivitas seperti biasa setelah menjalani perawatan medis yang diberikan.

Dokter Ortopedi Anak


Dokter Ortopedi Anak

Dokter ortopedi anak adalah dokter spesialis yang bertanggung jawab dalam merawat masalah kesehatan yang terjadi pada sistem musculoskeletal anak. Masalah kesehatan yang terjadi pada anak berbeda dengan orang dewasa. Dokter ortopedi anak dituntut untuk lebih memahami dan memerhatikan kondisi perkembangan tubuh anak agar dapat mengetahui masalah kesehatan yang terjadi. Beberapa masalah yang sering terjadi terjadi pada anak dan harus ditangani oleh dokter ortopedi anak seperti scoliosis, fractures dan congenital bone cancers.

Permasalahan tersebut memang cukup serius, namun dokter ortopedi anak akan memberikan perawatan medis setelah mengevaluasi kondisi kesehatan anak anda. Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter ortopedi anak di Jogja untuk mengetahui lebih detail perihal kesehatan anak anda, sekaligus memperoleh solusi terbaik atas masalah kesehatan yang terjadi pada si kecil.

Jogja memang terkenal menjadi kota yang memiliki fasilitas medis yang berkualitas. Banyak dokter spesialis dari berbagai macam cabang yang ada di Jogja siap membantu anda. Demi menjaga kesehatan, hindarilah gaya hidup yang kurang sehat dan rajinlah melakukan aktivitas fisik secara teratur. Pengobatan yang tepat dengan bantuan dokter ortopedi yang berkualitas akan membantu mempercepat proses pemulihan dan kembali aktif dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Layanan yang Disediakan oleh Dokter Ortopedi Jogja


Dokter Ortopedi Jogja

Dokter Ortopedi Jogja menyediakan berbagai layanan untuk mengatasi masalah kesehatan tulang dan sendi. Berikut adalah layanan-layanan yang disediakan oleh dokter ortopedi Jogja.

1. Konsultasi Dokter Ortopedi


Konsultasi Dokter Ortopedi

Dokter ortopedi Jogja menyediakan layanan konsultasi untuk memeriksakan masalah keluhan yang Anda alami terkait tulang dan sendi. Setelah dilakukan pemeriksaan fisik dan pengecekan hasil tes, dokter ortopedi Jogja akan memberikan penjelasan mengenai kondisi tulang dan sendi Anda dan memberikan solusi terbaik sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

2. Operasi Ortopedi


Operasi Ortopedi

Dokter ortopedi Jogja juga menyediakan layanan operasi ortopedi dilakukan dengan menggunakan teknologi dan alat-alat medis terkini sehingga menghasilkan hasil operasi yang lebih baik.

3. Terapi Fisik


Terapi Fisik

Dokter ortopedi Jogja juga menyediakan layanan terapi fisik melalui prosedur yang terstruktur untuk membantu pengembalian kondisi tulang dan sendi yang optimal setelah mengalami cedera akibat kecelakaan atau aktivitas olahraga yang berlebihan.

4. Pemeriksaan Gait Analysis


Pemeriksaan Gait Analysis

Dokter ortopedi Jogja juga menyediakan layanan pemeriksaan Gait Analysis, yang bertujuan untuk menganalisis cara berjalan pasien dengan menggunakan alat komputerisasi. Pemeriksaan ini berguna dalam membantu dokter ortopedi untuk menganalisa masalah yang mungkin terjadi pada tulang dan sendi di bagian kaki dan panggul, sehingga dokter ortopedi bisa menentukan pengobatan yang cocok.

Gait Analysis sangat penting untuk membantu dokter ortopedi mengetahui tingkah laku jalan pasien dalam kehidupan sehari-hari. Saat melakukan pemeriksaan ini, dokter ortopedi akan meminta pasien untuk berjalan di atas treadmill sambil diperiksa dengan camera 3D yang memungkinkan dokter ortopedi melihat gerakan kaki dan panggul dari semua arah.

Pasien yang paling cocok untuk pemeriksaan ini adalah mereka yang sering merasa sakit ketika berjalan atau berlari, petugas keamanan atau pengendara sepeda motor dengan profesinya, atlet dengan performa yang buruk, serta pasien yang sudah sebelumnya didiagnosis dengan masalah yang berat pada kaki dan panggulnya.

Gait Analysis juga sangat bermanfaat untuk atlet di seluruh disiplin olahraga, dimulai dari pengendara sepeda hingga pelari dan pemain basket. Dokter ortopedi dapat membantu mereka meningkatkan performa mereka dan melindungi tulang dan sendi mereka dari cedera lebih lanjut.

Penting untuk dicatat bahwa, Gait Analysis hanya satu bagian dari proses diagnosa dan pengobatan. Dokter ortopedi dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut, seperti x-ray atau MRI jika diperlukan.

5. Pengobatan Cedera Olahraga


Cedera Olahraga

Dokter ortopedi Jogja juga menyediakan layanan pengobatan cedera olahraga. Cedera olahraga umumnya ditandai dengan rasa sakit pada tulang dan sendi, atau ketidakmampuan untuk bergerak karena otot atau sendi yang terluka. Dokter ortopedi memberikan pengobatan sesuai dengan jenis cedera olahraga yang dialami pasien. Pengobatan yang diberikan oleh dokter ortopedi Jogja akan membantu mempercepat proses penyembuhan pasien dan mengurangi risiko cedera yang lebih buruk di kemudian hari.

Itulah beberapa layanan yang disediakan oleh dokter ortopedi Jogja. Terdapat banyak masalah kesehatan yang dapat diatasi oleh dokter ortopedi, seperti rasa sakit pada tulang atau sendi, cedera olahraga, kelainan pada tulang dan sendi, dan lain-lain. Jangan ragu untuk menghubungi dokter ortopedi Jogja jika Anda mengalami keluhan pada tulang dan sendi Anda.

Penyebab dan Cara Mengatasi Masalah Tulang dan Sendi dengan Dokter Ortopedi Jogja


Dokter ortopedi Jogja

Kehidupan modern saat ini membuat banyak orang jarang bergerak dan terlalu banyak menghabiskan waktu duduk. Hal ini menyebabkan masalah pada tulang dan sendi. Beberapa masalah umum adalah sakit pinggang, nyeri lutut, keseleo, dan sakit pada tulang belakang. Masalah ini dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur, makan makanan sehat, dan memperbaiki postur tubuh.

Namun, jika masalah tulang dan sendi sudah terjadi, Anda dapat mencari bantuan dari dokter ortopedi. Dokter ini akan membantu mendiagnosis, merawat, dan mengobati masalah tulang dan sendi Anda. Di Jogja, ada banyak dokter ortopedi terkemuka yang dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Berikut adalah beberapa penyebab umum masalah tulang dan sendi serta cara mengobatinya dengan dokter ortopedi Jogja:

Sakit Pinggang


Sakit pinggang

Sakit pinggang biasanya disebabkan oleh otot kaku, cedera, atau masalah tulang belakang. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan beristirahat, mengompres, menggunakan obat pereda nyeri, dan menjalani terapi fisik atau akupunktur. Dokter ortopedi Jogja juga dapat meresepkan fisioterapi atau manipulasi tulang belakang untuk mengatasi masalah ini.

Nyeri Lutut


Nyeri lutut

Nyeri lutut adalah masalah yang umum terjadi karena kelebihan beban, digunakan terlalu lama, atau ketidakseimbangan otot. Dokter ortopedi Jogja dapat membuat diagnosis dan meresepkan pengobatan berdasarkan kondisi spesifik Anda. Beberapa cara mengobati masalah ini adalah dengan menggunakan pelindung lutut, mengonsumsi obat anti-inflamasi, menjalani terapi fisik, dan menjalani operasi jika masalah membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Keseleo


Keseleo

Keseleo adalah cedera sendi yang umum terjadi. Ini biasanya disebabkan oleh tarikan, peregangan, atau robekan pada ligamen. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan istirahat, mengompres, fixasi dengan perban atau kawat, dan menjalani terapi fisik. Dokter ortopedi Jogja juga dapat meresepkan obat penghilang rasa sakit atau melakukan operasi jika kondisi membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Sakit pada Tulang Belakang


Sakit pada tulang belakang

Sakit pada tulang belakang dapat disebabkan oleh banyak faktor, termasuk otot tegang, diskus hernia, osteoarthritis, atau skoliosis. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan beristirahat, pengurangan beban pada tulang belakang, fisioterapi, dan terapi obat. Dokter ortopedi Jogja dapat meresepkan intervensi bedah jika kondisi membutuhkan perawatan lebih lanjut.

Kondisi Medis Ortopedi Lainnya


Kondisi medis ortopedi lainnya

Selain empat masalah umum yang telah disebutkan di atas, ada banyak kondisi medis ortopedi lainnya yang mungkin memerlukan perawatan dari dokter ortopedi Jogja. Beberapa kondisi ini termasuk osteoporosis, kifosis, skoliosis, dan osteoarthritis. Dokter ortopedi Jogja dapat membantu mendiagnosis kondisi Anda dan meresepkan pengobatan untuk membantu memperbaiki kondisi tersebut.

Memilih dokter ortopedi Jogja untuk mengatasi masalah tulang dan sendi Anda adalah keputusan yang bijak. Periksa kredensial dan kesuksesan seorang dokter sebelum membuat janji temu. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan dan meminta saran selama pemeriksaan. Semua ini akan membantu memastikan bahwa Anda menerima perawatan yang terbaik untuk masalah tulang dan sendi Anda.