Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

Organel Sel Hewan Dan Tumbuhan Beserta Fungsinya

organel-organel sel pada sel hewan dan tumbuhan beserta fungsi

Daftar Isi

1. organel-organel sel pada sel hewan dan tumbuhan beserta fungsi

Organel SEL : Nukleus = Pusat pengatur seluruh bagian sel, Mitokondria = Sbg tempat respirasi sel, Ribosom = Sbg tempat sintesis protein, Retikulum Endoplasma = Sbg tempat transportasi hasil sintesis protein, Badan Golgi = mengeluarkan zat sisa yg sdh tdk dibutuhkan lagi oleh sel, Lisosom = tdk jauh dari proses hidrolisis yg berkaitan dgn proses pencernaan, Plastida = Bereran dlm proses fotosintesis, Vakuola = Menyimpan cadangan makanan,getah dan alkaloid. Sentriol = Membantu ada saat terjadi pembelahan sel. Dinding sel = Memberi bentuk dan melindungi sel. Sitoskeleton = enyusuun rangka.  

2. Organel sel tumbuhan dan hewan beserta fungsinya​

Jawaban:

ada yg gk jelas tanya y

maap kan tulisan ku yg jelek-,-

3. macam macam organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya?!! ​

Jawaban:Bagian dari sel hewan beserta fungsinya adalah sebagai berikut: Membran sel, berfungsi untuk melindungi sel dan sebagai pintu keluar masuk zat. Sitoplasma, berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia pada sel. Nukleus, berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel Nukleolus, berfungsi untuk membantu nukleus menjalankan tugasnya Retikulum endoplasma kasar, berfungsi untuk transportasi protein Retikulum endoplasma halus, berfungsi untuk transportasi lemak Badan golgi, berfungsi untuk ekskresi, sekresi dan membentuk lisosom Lisosom, berfungsi untuk pencernaan intra sel. Ribosom, berfungsi untuk sintesis protein Mitokondria, berfungsi untuk respirasi sel dan penghasil energi Sentriol, berfungsi untuk pembelahan sel Mikrotubulus, berfungsi untuk rangka bagi sel Mikrofilamen, berfungsi untuk kontraksi sel Filament antara, berfungsi untuk menjaga posisi organel   Peroksisom, berfungsi untuk menetralkan racun

Bagian dari sel tumbuhan beserta fungsinya adalah sebagai berikut: Dinding sel, berfungsi sebagai pelindung serta membentuk tubuh sel. Membran sel, berfungsi untuk melindungi sel dan sebagai pintu keluar masuk zat. Sitoplasma, berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia pada sel. Nukleus, berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel Nukleolus, berfungsi untuk membantu nukleus menjalankan tugasnya Retikulum endoplasma kasar, berfungsi untuk transportasi protein Retikulum endoplasma halus, berfungsi untuk transportasi lemak Badan golgi, berfungsi untuk ekskresi, sekresi dan membentuk lisosom Ribosom, berfungsi untuk sintesis protein Mitokondria, berfungsi untuk respirasi sel dan penghasil energi Mikrotubulus, berfungsi untuk rangka bagi sel Mikrofilamen, berfungsi untuk kontraksi sel Filament antara, berfungsi untuk menjaga posisi organel   Kloroplas, berfungsi untuk fotosintesis Vakuola, berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan serta zat lainnya Glioksisom , berfungsi untuk menetralkan racun dan metabolisme lemak.

4. sebutkan 3 organel pada sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya masing masing !

Hewan = 1 ribosom untuk sintesis protein
2 mitokondria untuk pengjasilenergi dan respirasi sel
3 sentrosom untuk pembelahan sel
Tumbuhan = 1 vakuola untuk cadangan makanan
2 sitoplasma untuk pertukaran zat metabolisme dan reaksi
kimia
3 badan golgi untuk sekresi enzim

5. tuliskan dengan tepat pada sebuah tabel organel organel sel disertai fungsinya masing masing pada : A sel hewan B sel tumbuhan ​

Jawaban:

TUMBUHAN

1.mitrokondra=Sebangai tempat respirasi

2.Retikulum Endlaplasma=sebangai tempat sintesis protein dan kemak

3. vokuola=menyimpan cadangan makanan

4.Plastida= sebangai bahan dasar pembuatan kroroplas

5.ding ding sel=melindungi sel

HEWAN

1.Mitikondra= sebangai tempat respirasi

2.Retikulum Endliplasma= tempat sintesis dan lemak

3.lisosom= menghasilkan enzim pencernaan

4.porosisom= mengubah lemak menjadi karbohidrat

6. organel sel hewan dan tumbuhan( beserta fungsinya)

Organel Sel hewan

1.Badan Golgi adalah sistem pencernaan / sistem pengeluaran pada sel

2.membran sel berfungsi mengontrol keluar masuknya zat

3.lisosom berfungsi untuk memakan organel yang rusak/mati

4.inti sel berfungsi untuk megatur aktifitas sel

5.Retikulum edoplasma (RE) adalah tempat penghubung antara inti sel dengan membran sel

6.Sito Plasma Adalah Cairan yang berada pada sel Agar Organel tetap mengambang bila tidak mengambang akan mengakibatkan kebocoran pada sel

7.Mitokondria berfungsi sebagai alat respirasi/penghasil energi terbesar dalam sel

maap kalok kurang/salah

7. buatlah perbedaan dan persamaan antara sel hewan dan tumbuhan dan organel organel sel beserta fungsi nya​

Jawaban:

maaf gak bisa jawab kalo bisa dikasih foto biar paham betul

Penjelasan:

oke maaf banget ya

8. Tuliskan organel organel sel beserta fungsinya yang terdapat pada tumbuhan dan hewan

Organel-organel yang terdapat pada sel tumbuhan dan sel hewan adalah mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma, lisosom, kompleks golgi, dan vakuola. Terdapat organel yang hanya dimiliki oleh sel hewan yaitu sentriol dan sentrosom. Ada pula organel yang hanya dimiliki oleh sel tumbuhan yaitu plastida. Berikut ini penjelasan lebih lanjut.

Pembahasan:

Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan

Terdapat banyak perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan. Perbedaan antara sel hewan dan tumbuhan bisa dilihat secara bentuk, jumlah organel sel, struktur, dan lain-lain. Perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan yang paling menonjol ketika dilihat dari segi bentuk yaitu tumbuhan memiliki dinding sel, sedangkan sel hewan tidak memiliki dinding sel.

Selain ada tidaknya dinding sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan dapat dilihat pula pada beberapa bagian seperti sentriol, vakuola, plastida, dan lisosom.

Organel yang ada pada sel tumbuhan dan sel hewan

1. Mitokondria

adalah organel terbesar di dalam sel, berfungsi membentuk energi sel. Bentuk mitokondria mirip seperti cerutu, memiliki 2 lapisan membran yang berlekuk disebut dengan kritas.

Di dalam mitokondria, oksigen dan glukosa bekerja sama dalam pembuatan energi yang berupa ATP, untuk proses metabolisme dan aktivitas seluler. Karena fungsi inilah mitokondria dijuluki dengan sebut “the power house” karena dapat menghasilkan energi.

Satu mitokondria disebut mitokondrion, mitokondrion ini merupakan organel yang merubah energi kimia menjadi energi lain.

Fungsi Mitokondria:

menghasilkan energi dalam bentuk ATPtempat respirasi selular

2. Retikulum Endoplasma (RE)

Retikulum Endoplasma (RE) adalah organel terbesar setelah mitokondria, bentuknya rangkaian rata yang saling terhubung, memiliki bentung seperti benang-benang jala.

Retikulum Endoplasma dibagi menjadi 2, yaitu RE kasar (REk) dan RE halus (REh). RE kasar terdapat pada ribosom dan berperan dalam sintesis protein.

Fungsi Retikulum Endoplasma yaitu:

pengangkut sintesis steroid & lemak.penyimpan fospolipid, steroid, dan glikolipid.detoksifikasi zat berbahaya di dalam sel (REh)Sintesis protein (REk)

3. Ribosom

yaitu organel yang bersifat padat dan kecil. Ribosom tersusun atas 65% RNA ribosom (rNA) & 35% protein ribosom (RNP). Struktur ribosom tersusun atas 2 subunit, yaitu sub unit besar dan sub unit kecil. Fungsi ribosom yaitu untuk sintesis protein.

4. Badan golgi/kompleks golgi/aparatus golgi

yaitu organel yang berbentuk seperti kantong pipih dan terikat oleh membran, organel ini berukuran kecil hingga besar. Berfungsi untuk ekskresi sel. Setiap sel memiliki sekitar 10-20 aparatus golgi.

Fungsi Aparatus Golgi:

pembentukan vesikula (kantung) untuk ekskresipembentukan lisosompemrosesan proteinpembentukan membran plasma

Perbedaan organel sel hewan dan sel tumbuhan

1. Sentriol

Sentriol juga mendasari perbedaan sel tumbuhan dan sel hewan. Sentriol hanya dapat ditemui pada sel hewan saja, tidak terdapat pada sel tumbuhan.

Sentriol merupakan sepasang struktur yang bentuknya seperti silinder dan memiliki lubang pada bagian tengah, tersusun dari protein mikrotubulus.

Sentriol berfungsi untuk mengatur polaritas dalam pembelahan sel dan pembentukan silia serta flagela, serta untuk pemisahan kromosom pada saat pembelahan sel.

2. Vakuola

Bedanya sel hewan dan tumbuhan dapat pula dilihat pada vakuola. Sel tumbuhan memiliki vakuola dalam ukuran yang sangat besar dan menonjol, sedangkan sel hewan memiliki vakuola dengan ukuran kecil.

Vakuola memiliki fungsi untuk memasukkan air melalui tonoplas, juga sebagai tempat penyimpanan yang mengandung air dan zat terlarut lainnya. Vakuola ini digunakan sel untuk menyimpan cadangan nutrisi.

Vakuola dapat ditemukan pada sel hewan, namun ada pula yang tidak memiliki vakuola. Umumnya vakuola hanya ada pada hewan bersel satu yang ukurannya relatif kecil.

3. Plastida

Salah satu perbedaan yang menarik dari sel tumbuhan dan sel hewan yang memberikan perbedaan cara memperoleh nutrisi yaitu adanya plastida. Sel tumbuhan mempunyai plastida, sedangkan pada sel hewan tidak ditemukan plastida.

Di dalam plastida terdapat struktur yang disebut kloroplas. Fungsi kloroplas adalah membuat tumbuhan dapat membuat makanan mereka sendiri dengan cara fotosintesis, dalam hal ini tumbuhan dikenal juga sebagai autotrof.

4. Lisosom

Lisosom hanya dimiliki oleh sel hewan saja, sedangkan sel tumbuhan tidak memiliki lisosom.

Pada sel hewan lisosom terdapat dalam sitoplasma. Lisosom mengandung sejumlah enzim, yang memiliki fungsi untuk membantu dalam proses pencernaan atau pemecahan zat dalam sel hewan.

Pelajari lebih lanjut:Materi tentang struktur sel tumbuhan https://brainly.co.id/tugas/16768398Materi tentang pembelahan sel brainly.co.id/tugas/24545946Materi tentang perbedaan pembelahan mitosis pada sel hewan dan tumbuhan brainly.co.id/tugas/6989974Detail Jawaban:

Kelas : XI

Mapel : Biologi

Bab : Sel

Kode : 11.4.1

9. Tuliskan organel sel tumbuhan dan hewan beserta fungsinya….​

Jawaban:

organel penyusun sel hewan:mitokondria=tempat respirasiretikulum endoplasma=membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh orhanel sel misalnya lemak dan proteinribosom=tempat pembuatan proteinvakuola=tempat mmenyimpan makanan dan zat kimia lainnyabadan golgi=alat pengeluaranlisosom=menccerna zat sisasentriol=membantu pembelahan sel

organel penyusun sel timbuhan:mitokondria=tempat respirasiretikulum endoplasma=membuat dan menyalurkan bahan-bahan yang dibutuhkan oleh orhanel sel misalnya lemak dan proteinribosom=tempat pembuatan proteinvakuola=tempat mmenyimpan makanan dan zat kimia lainnyabadan golgi=alat pengeluaranplastida=tempat fotosintesis

10. organel organel lain yg dimiliki oleh sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya​

Jawaban:

Jsudpakeos9dmodudmeishr EJEJHDDINFRID SHDHDISJRJD8KDDJD7UE8END 5ndidushsiwgxeiusydrdue8rj5uejeoeue8rhdjwieheosuwje

Penjelasan:

itu pasti benar✅ karena aku sudah pelajari

11. organel sel tumbuhan dan hewan beserta fungsi dan ciri cirinya

•membran sel 
-Melindungi sel
-Mengatur keluar masuknya zat 
-Penerima rangsangan dari luar
•Sitoplasma
-Tempat berlangsungnya metabolisme sel 
-Sumber bahan kimia sel 
•Retikulum Endoplasma
-Alat transportasi zat dalam sel sendiri
-Mensintesis lipid dalam sel (REh)
-Membantu dalam detoksifikasi se-sel berbahaya pada sel (REh)
-Sintesa protein (REk)
•Mitokondria 
-Menghasilkan energi dalam bentuk ATP
-Respirasi seluler
•Mikrofilamen 
-Berperan dalam pergerakan sel, endositosis dan eksositosis
•Lisosom 
-Pemasukan makromulekul dari luar menuju ke dalam sel dengan mekanisme endositosis 
-Mencerna materi dengan menggunakan fagositosis 
-Mengontrol pencernaan intraseluler 
-Penghancuran organel sel yang telah rusak (autofagi)
•Peroksisom (badan mikro)
-Menguraikan perokida (H2O2) dari sisa-sisa metabolisme toksik
-Perubahan lemak menjadi karbohidrat
•Ribosom 
-Tempat berlangsngunya sintesis protein
•Sentriol
-Proses pembelahan sel dalam membentuk benang spindel 
-Berperan membentuk silia dan flagela
•Mikrotubulus
-Melindungi sel 
-Memberi bentuk sel
-Berperan dalam pembentukan flagela, silia dan sentriol
•Badan Golgi
-Membentuk vesikula (kantung) untuk ekskresi
-Membentuk lisosom
-Memproses protein membentuk membran plasma 
•Nukleus 
-Untuk menjaga integritas gen-gen 
-Mengontrol aktivitas sel dengan mengelola ekspresi gen
-Menyimpan informasi genetik
-Tempat terjadinya replikasi
-Mengendalikan proses metabolisme dalam sel 
•Nukleolus 
-Bertanggung jawab dalam pembentukan protein 
•Nukleoplasma
-Membentuk kromosom dan gen  
•Membran Inti 
-Pelindung inti sel (Nukleus)
-Tempat pertukaran zat antara materi inti dan sitoplasma 

12. sebutkan organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya

-Nukleolus berperan dalam proses pembuatan RNA, ribosom yang akan dikeluarkan dari inti menuju ke sitoplasma.

-Retikulum Endoplasma

1. RE halus berperan dalam proses pembuatan lemak dan steroid.

2. Ribosom yang menempel pada permukaan membran RE kasar berperan dalam proses pembuatan protein. Protein yang dihasilkan ribosom masuk ke dalam sisterna lalu ditranspor melalui RE kasar ke organel lain, contohnya badan Golgi.

-ribosom berperan dalam sintesis protein.

-Badan mikro dibagi menjadi dua macam, yaitu glioksisom dan peroksisom.
1) Glioksisom, berperan dalam menghasilkan enzim yang berfungsi untuk menguraikan karbohidrat selama perkecambahan.

2.)Peroksisom berfungsi untuk menghasilkan beberapa enzim metabolisme.

-badan Golgi menghasilkan enzim pencernaan dari kelenjar-kelenjar pencernaan.

-Lisosom 

1) Eksositosis

2) Autofagosit, yaitu proses peleburan struktur-struktur yang tidak diinginkan dalam sel, misalnya menghancurkan organel lain yang sudah tak berfungsi lagi.
3) Autolisis, yaitu proses penghancuran diri sel dengan cara membebaskan seluruh isi lisosom di dalam sel.
4) Mencerna substansi yang diambil secara endositosis.

-Mitokondria berfungsi sebagai tempat berlangsungnya dekarboksilasi oksidatif, siklus Krebs, dan transfer elektron yang merupakan bagian dari reaksi respirasi.

-Mikrotubulus juga berfungsi untuk membantu transportasi zat, merupakan komponen utama penyusun sentriol, flagel, silia, dan benang-benang spindel dalam proses pembela
han sel.

-Mikrofilamen berperan sebagai rangka sel dan berperan pada proses endositosis dan eksositosis.

-Sentrosom berfungsi untuk mengatur gerakan kromosom dalam proses pembelahan sel.

13. Sebutkan tiga organel pada sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya masing masing

Lisosom : pencernaan intraseluler Ribosom : sintesis protein Sitoskeleteon : rangka sel

14. tuliskan bagian sel hewan dan tumbuhan beserta organel sel beserta fungsinya

orgasme hewan : *membran sel fungsinya untuk melindungi sel mengatur keluar masuknya zat,dan penerima rangsangan dari luar.
*sitoplasma fungsinya untuk tempat berlangsungnya metabolisme sel dan sumber bahan kimia sel.
*ribosom fungsinya untuk tempat berlangsungnya sintesis protein.

orgasme tumbuhan : *kloroplas fungsinya untuk dapat memberikan kemampuan pada sel tumbuhan sel.
*vakuola fungsinya untuk tempat penyimpanan pigmen makanan dan enzim.
*dinding sel fungsinya untuk melindungi sel dan memperkuat bentuk sel..

15. 1. Tuliskan nama organel-organel sel hewan atau tumbuhan beserta fungsinya!2. Tuliskan perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan​

Jawaban:

.organel sel hewan:hidung,tenggorokan,cabang batang tenggorokan,dan paru2 yg berfungsi utk bernafas.organ lain spt mulut dgn bagian bagiannya kerongkongan,lambung, usus dua belas jari, hati?dan pankreas ,usus halus usuas tebal mrp suatu sistem yg berfugsi utk mencernakan makanan.

organel pd tumbuhan;rongga sel (vakuola) dan plastida.

vokuola pd sel yg msh muda belym nampak jelas makin dewasa vokuola makin besar.dlm vokuola ini terdpt air sel dhn zat2 yg larut.zat tsb antara lain alkaloida,asam2 organik,kristal2 mineral,lemak dlm bentuk emulsi bermacam2 zat warna ,protein dan karbohidrat

16. Sebutkan organel sel hewan dan sel tumbuhan beserta fungsinya

itu jawabannyya kalau gak jelas tinggal komen nanti di tulisin atau difoto ulang

17. nama organel sel yang ada pada sel hewan dan tumbuhan beserta fungsinya​

Jawaban:

Sitoplasma, berfungsi sebagai tempat terjadinya reaksi kimia pada sel.

Nukleus, berfungsi untuk mengatur seluruh kegiatan sel.

Nukleolus, berfungsi untuk membantu nukleus menjalankan tugasnya.

Retikulum endoplasma kasar, berfungsi untuk transportasi protein.

Penjelasan:

maaf kalau salah

18. Organel sel pada hewan dan tumbuhan beserta fungsi

A. Organel sel pada hewan dan fungsinya:
1. Membran Sel

Membran sel adalah bagian paling luar yang membungkus sel yang tersusun atas lemak.2. Sitoplasma Sitoplasma adalah cairan sel dan segala sesuatu yang larut di dalamnya, kecuali nukleus (inti sel) dan organel, serta sitoplasma terdiri atas protein material dan air. Sitoplasma bersifat koloid kompleks yakni tidak cair dan tidak padat yang dapat berubah tergantung konsentrasi air, jika konsentrasi air rendah akan menjadi padat lembek disebut gel, sedangkan jika konsentrasi air tinggi akan menjadi encer disebut sol.
3. Retikulum Endoplasma.
Retikulum endoplasma adalah bagian selberbentuk benang-benang yang terdapat di inti sel. Retikulum endoplasma terbagi atas dua yakni retikulum endoplasma halus (REh) dan retikulum endoplasma kasar (REk).
B. Organel sel pada tumbuhan dan fungsinya
1. sebagai penyusun tubuh tumbuhan
2. penggerak seluruh aktivitas di dalam tubuh tumbuhan,
3. berkaitan dengan proses pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
4. pembawa sifat genetik pada tumbuhan, dan
5. berkaitan dengan reproduksi tumbuhan.
C. Pengertian Organel sel pada hewan dan tumbuhan  
Sel tumbuhan
adalah Bagian terkecil yang menyusun setiap organ pada makhluk hidup disebut sel. Jadi bagian terkecil yang menyusun setiap organ tumbuhan disebut sel tumbuhan.
Sel Hewan adalah jenis sel eukariotik yang mendominasi sebagian besar sel-sel jaringan pada hewan.

Kata kunci: Sel Hewan dan Tumbuhan

19. Organel apa yang ada di dalam sel tumbuhan tetapi tidak selalu ada di dalam sel hewan. apa fungsi organel tersebut?

Jawaban : dinding sel, vakuola, dan kloroplas
Penjelasan:
Ketiga organel ini hanya terdapat pada sel tumbuhan.
Dinding sel berfungsi untuk melindungi organel sel di dalamnya, dan merupakan struktur yang kuat sehingga sel tumbuhan bersifat kaku dan bentuknya tetap
Vakuola berfungsi untuk tempat menyimpan makanan
Kloroplas berfungsi untuk proses fotosintesis

20. tuliskan organel-organel sel hewan dan tumbuhan beserta fungsi nya?​

jawaban:

sel dibagi menjadi 2 yaitu hewan dan tumbuhan

hewan

Sel hewan merupakan bentuk sel eukariotik yang menyusun jaringan pada hewan. Sel hewan mempunyai perbedaan dengan sel eukariotik lainnya. Suatu bagian organel terkecil yang memiliki selaput tipis dan didalamnya terdapat larutan koloid yang mengandung senyawa kimia. Sel ini memiliki keunggulan yaitu dalam membuat duplikat secara mandiri dengan cara pembelahan sel.Dalam sel terdapat senyawa yang sangat penting dalam proses pembelan maupun fotosintesis, kloroplas mengandung zat hijau untuk melakukan fotosintesis. Senyawa tesebut seperti karbohidrat, senyawa ini sangat penting dalam proses fotosintesis. Selanjutnya lipid, senyawa ini berguna sebgai cadangan makanan seperti lemak dan minyak. Selain itu juga ada protein yang berperan sebagai proses metabolisme tubuh hewa mapun dengan tumbuhan. Dan yang terakhir yaitu asam nukleat, senyawa ini sangat berpera penting dalam proses sintesis protein. Sel hewan hanya mempunyai vakuola yang lebih kecil dan tidak memiliki kloroplas dan dinding sel. Sel Hewan menghasilkan berbagai macam variasi bentuk, karena tidak memiliki dinding sel yang keras.

semoga membantu

Video Terkait