Yang Bukan Termasuk Kekurangan Komunikasi Daring Adalah

Yang Bukan Termasuk Kekurangan Komunikasi Daring Adalah

Yang Bukan Termasuk Kekurangan Komunikasi Daring Adalah

yang termasuk dari kekurangan komunikasi daring adalah…..

1. yang termasuk dari kekurangan komunikasi daring adalah…..

Kelemahan pemakaian komunikasi secara daring adalah

Menyita KonsentrasiBerkurangnya Kesadaran BerbudayaKehilangan Privasy atau Data Pribadi

Pembahasan:

Keberadaan internet sebagai media komunikasi telah memberikan dampak yang besar bagi kehidupan kita. Internet telah menciptakan semacam ikatan yang membawa kita  lebih dekat dengan teman, kerabat, dan kolega yang jauh. Covid-19 Ditambah lagi dengan keadaan dunia yang sedang dilanda pandemi. Pandemi memaksa kita semua untuk bergerak dan berkembang dengan teknologi, dari pekerjaan ke program pendidikan dan pembelajaran hingga komunikasi sehari-hari.

Jika Anda tidak menerapkan komunikasi online di tempat dan waktu yang tepat, Anda bisa mengabaikan atau menunda hal lain bahkan membahayakan orang lain atau diri Anda sendiri. Karena itu, perhatikan di mana dan kapan Anda berkomunikasi secara online. Internet telah mengubah alam semesta menjadi desa global, tetapi beberapa budaya telah memakan budaya lain. Namun, karena akses internet yang berlebihan, generasi muda mungkin tidak menyadari budaya  mereka sendiri dan merangkul budaya asing. Ini dapat berdampak signifikan pada pakaian, perilaku, dan perilaku mereka.Kita perlu beradaptasi dan bertindak berdasarkan teknologi, tetapi terkadang kita perlu berhati-hati agar  tidak mengikis budaya  baik di sekitar kita.

Pelajari lebih lanjut:

Pel
ajari lebih lanjut materi tentang komunikasi daring, pada: https://brainly.co.id/tugas/367765

#BelajarBersamaBrainly#SPJ4

2. kelebihan komunikasi daring dan kekurangan komunikasi daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.
1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.
2. Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.
3. Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
6. Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
4. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

3. 1.Komunikasi daring adalah ?2.Jenis komunikasi daring antara lain ?3. -Kekurangan komunikasi daring antara lain ?   – Kelebihan komunikasi daring antara lain ?4.Komponen yang diperlukan untuk penyelenggaraan komunikasi daring antara lain ?

1. Komunikasi yang dilakukan melalui jaringan komputer/jaringan internet.
2. Komunikasi sinkron(serempak) dan komunikasi asinkron(tidak serempak)
Komunikasi daring sinkron adalah komunikasi daring yang dilakukan dalam waktu nyata(real time), contoh: Chatting, Video Call
Komunikasi daring asinkron adalah komunikasi daring yang dilakukan secara tertunda, contoh: e-mail, forum, rekaman simulasi visual
3.kekurangan: Komunikasi daring tidak mewakili emosi pengguna, intonasi bicara, raut muka, dan gerak tubuh sulit dipahami. Memerlukan perangkat khusus. Dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak sehingga menyulitkan si penerima.
keuntungan: Dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Dapat menghemat waktu dan biaya transportasi. Komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam dalam dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya. Semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.
4. Hardware, Software, dan Brainware, serta koneksi data

4. apa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring di bandingkan dengan komunikasi konvensional

Kelebihan, Lebih cepat:
Email bisa dikirim dan sampai dalam hitungan milisekon ke pengguna lain, bandingkan dengan snail mail yang dikirim via kantor pos, bisa sampai berhari-hari.

Kekurangan, Membuat orang malas:
Contohnya penggunaan jejaring sosial untuk menanyakan tugas PR 😉

5. kekurangan dan kelebihan komunikasi daring asinkron

kekurangan = hanya cocok digunakan untuk laju transmisi rendah 
kelebihan = lebih sederhana daripada komunikasi sinkron

6. Yang termasuk kelemahan komunikasi daring

-memerlukan perangkat khusus
-menyita konsentrasi

Semoga membantu^^

7. yang termasuk kelemahan dari komunikasi daring adalah

kelemahan :
-tidak mewakili emosi pengguna
-memerlukan perangkat khusus
-menyita konsentrasi

8. apa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring…..???

kelebihan:
dapat dilakukan dimana saja,menghemat biaya,menghemat waktu.
kekurangan:
memerlukan perangkat khusus,terlalu bnyk informasi yg tidak penting,menyita konsentrasi.

9. Kekurangan komunikasi daring antara lain

Jawaban:

Kekurangan komunikasi daring antara lain Internet,hp

belajar dirumah sangat susah

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Jawaban:

1. Kehilangan Privasy atau Data Pribadi. Meskipun internet telah membuat komunikasi menjadi lebih mudah, lebih cepat dan nyaman, masalah privasi tlah muncul.

2. Berkurangnya Kesadaran Berbudaya.

3. Menyita Konsentrasi.

10. kelebihan dan kekurangan komunikasi daring

kelebihan
1.dpat d bawa kemna saja di mana saja
2.evisiensi biaya
3.evisiensi waktu
4.mengintergrasi dgn layanan lainya
5.meningkatkan intensitas bar layanan
6.meningkatkan parisipasi

kekurangan
1.tdk mewakili emosi pengguna
2.memerlukan perangkat khusus
3.telalu banyak informasi yang tidk penting
4.menyita konsentrasi

11. Apakah kelebihan dan kekurangan dari komunikasi daring bila dibandingkan dengan komunikasi konventional

kelebihan:
– hemat waktu
– lebih murah, jika lawan bicaranya berada di tempat yang jauh
– bisa terhubung meskipun tempat yang jauh
kekurangan:
– menjauhkan yang dekat
– kurang bersosialisasi dengan orang sekitar
– kurang familiar bagi yang tinggal dipedalaman
– sarana dan prasarana untuk membangun komunikasi daring membutuhkan biaya yang cukup besar

12. kelebihan dan kekurangan komunikasi daring atau online?

kelebihan:
-dapat dilakukan dimana saja
-menghemat waktu
-menghemat biaya

kekurangan:
-memerlukan perangkat tambahan
-tidak bertatap muka langsung

kelebihan
tidak perlu bertemu langsung
bisa di lakukan dmn sja
menghemat biaya
mudah dn praktis

kekurangan
memerlukan handphone
memerlukan koneksi internet atau wifi

13
. apakah kelebihan dan kekurangan dan komunikasi daring bila di bandingkan dengan komunikasi konvensional

Keunggulan dan Kelemahan Komunikasi Daring

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut :

1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna (user) dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.

2. Efisiensi biaya: berbeda dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.

3. Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.

4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.

5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.

6. Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

7.Membuka peluang usaha baru, komunikasi yang bisa menjangkau semua orang memungkinkan peluang usaha baru terbuka. Kita sebut saja toko online misalnya , berusaha dan berdagang secara online bahkan dengan modal kecil bisa dilakukan hanya dengan bermodalkan smartphone dan jejaring sosial lewat media sosial seperti facebook, twitter dan lainnya.

Kelemahan Komunikasi Daring

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut :

1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring. Penggunaan emoticon terkadang sama sekali tidak menggambarkan bagaimana emosi sebenarnya dari lawan bicara kita.

2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software, dan tentu saja brainware. Brainware yang dimaksud disini adalah kita sebagai manusia.

3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.

4. Bisa menyebabkan kecanduan media sosial. Kadang kita sama sekali tak sadar ketika kita kumpul dengan keluarga atau teman tetapi yang kita pegang dan gunakan adalah handphone kita sendiri dan melupakan dunia sekitar karena terlalu asyik bermain internet baik itu main game atau cuma sekedar cek status di facebook.

14. Jelaskan dan sebukan kekurangan komunikasi daring

Kekurangan Komunikasi Daring

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain sebagai berikut :

1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring. Penggunaan emoticon terkadang sama sekali tidak menggambarkan bagaimana emosi sebenarnya dari lawan bicara kita.

2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software, dan tentu saja brainware. Brainware yang dimaksud disini adalah kita sebagai manusia.

3.  Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.

4. Bisa menyebabkan kecanduan media sosial. Kadang kita sama sekali tak sadar ketika kita kumpul dengan keluarga atau teman tetapi yang kita pegang dan gunakan adalah handphone kita sendiri dan melupakan dunia sekitar karena terlalu asyik bermain internet baik itu main game atau cuma sekedar cek status di facebook.

15. Apa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring?

Kelebihan dan kekurangan komunikasi daring

Kelebihan:

Komunikasi daring memiliki fleksibilitas tinggi karena dapat digunakan dimana dan kapan saja selama perangkat yang digunakan terhubung dengan internet dan mendukung penggunaan komunikasi daringKomunikasi daring lebih hemat karena jika sehari-hari kita dalam komunikasi langsung harus bertatap muka, namun jika orang tersebut didaerah yang jauh hal tersebut akan lebih boros. Melalui komunikasi daring, biaya yang dikeluarkan sangat kecil, bahkan gratis sehingga tetap dapat terhubung dengan orang di daerah lainKomunikasi daring dapat tersinkronisasi dengan layanan digital lain  sehingga akan lebih memudahkan penggunanya bila memerlukan tambahan keperluan dalam komunikasi

Kekurangan

Karena komunikasi daring adalah bentuk komunikasi yang tidak langsung sehingga pesan yang diterima pengguna hanya dapat diterjemahkan oleh penerima intu sendiri dengan persepsinya dan hal ini seringkali juga dapat menyebabkan terjadinya miskomunikasiTidak semua orang dapat menggunakan komunikasi daring karena komunikasi daring memerlukan adanya perangkat elektronik dan koneksi internet.Komunikasi daring memang memberikan banuak kemudahan, namun jika hal ini tidak disikapi dengan bijak, komunikasi daring akan menjai penghambat produktiifitas sehari-hari

Pembahasan

Komunikasi daring adalah salah satu betnuk perkembangan teknologi dalam hal komuinikasi. Di era sekarangpun, komunikasi daring sudah menjadi hal yang tidak terpisahkan dari kehidupan tiap orang. Komunikasi daring juga terwujud dalam bentuk layanan-layanan seperti email, aplikasi perpesanan, aplikasi untuk teleconference dan sebagainya.

Pelajari lebih lanjut

1. Pengertian komunikasi daring

https://brainly.co.id/tugas/969142

2. Komunkasi langsung dan tidak langsung

https://brainly.co.id/tugas/19315448

Detil jawaban

Mata pelajaran: TI

Materi: Bab 6 – Layanan dalam Internet

Kelas: 9 SMP

Kode kategorisasi: 9.11.6

16. apakah sms itu masuk dalam komunikasi daring

tidak karena SMS tidak menggunakan koneksi interne sedangkan yang dimaksud komunikasi daring itu adalah sebuah acra komunikasi menggunakan jaringan internet sebut saja medos contohnya pesbuk 

17. kekurangan dari komunikasi daring?

kekurangannya yaitu:
-Tidak mewakili emosi pengguna; intonasi bicar, raut muka, gerakan tubuh merupakan hal yang sulit dipahami melalui komunikasi daring
-terlalu banyak komunikasi yang tidak penting

18. Jelaskan kelebihan dan kekurang komunikasi Daring.

kelebihan nya adlah dapat berkomunikasi secara langsung dan cepat dalam proses pengiriman pesan
kekurang tidak bekomunikasi jika sedang offline atau tidak terhubung dengan internet

19. apa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring ?

Komunikasi daring memiliki beberapa keunggulan jika dibandingkan dengan komunikasi konvensional, antara lain sebagai berikut.
1. Dapat dilakukan kapan saja di mana saja: dengan komunikasi daring, setiap pengguna dapat melakukan komunikasi di mana saja dan kapan saja, dengan syarat terkoneksi dengan jaringan internet dan memiliki sarana yang mencukupi.
2. Efisiensi biaya: berbed
a dengan komunikasi konvensional, komunikasi daring tidak memerlukan pihak yang berkomunikasi untuk bertemu tatap muka, dengan komunikasi daring Anda dapat menghemat biaya transportasi.
3. Efisiensi waktu: komunikasi dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus membuang waktu dengan melakukan perjalanan. Pesan komunikasi dapat disampaikan pada saat itu juga dalam hitungan detik walaupun kedua pihak yang berkomunikasi saling berjauhan.
4. Terintegrasi dengan layanan TIK lainnya: sambil melakukan komunikasi daring, Anda dapat memanfaatkan layanan TIK lainnya untuk mendukung pelaksanaan dan kelengkapan komunikasi tersebut. Contoh layanan yang dapat digunakan seperti berbagi layar, presentasi, dan dokumen.
5. Meningkatkan intensitas berkomunikasi: komunikasi daring mendorong orang yang biasanya diam di dunia nyata, menjadi aktif saat berkomunikasi di dunia maya.
6. Meningkatkan partisipasi: dengan terbukanya jalur komunikasi, akan semakin banyak orang yang dapat berpartisipasi dalam diskusi.

Selain keunggulan, komunikasi daring juga memiliki beberapa kelemahan, antara lain sebagai berikut.
1. Tidak mewakili emosi pengguna: intonasi bicara, raut muka, gerakan tubuh, merupakan hal yang relatif sulit untuk dipahami melalui komunikasi daring.
2. Memerlukan perangkat khusus: dalam pelaksanaannya, komunikasi daring memerlukan adanya hardware, software.
3. Terlalu banyak informasi yang tidak penting: dalam komunikasi daring, seringkali informasi yang didapat menjadi terlalu banyak, sehingga membuat bingung si penerima.
4. Menyita konsentrasi: melakukan komunikasi daring tidak pada tempat dan waktu yang tepat, dapat mengabaikan atau menunda hal yang lain, bahkan membahayakan orang lain maupun diri sendiri.

20. Apa kelebihan dan kekurangan komunikasi daring dibanding komunikasi biasa (konvensional) ?

Kelebihan :
~> Cepat, Murah, Efisien, Tak mengenal jarak.
Kekurangan :
~> Tidak semua orang dapat menggunakannya, Informasi belum tentu akurat, Menjadikan kita malas bergerak & berpikir

Video Terkait