Tunjukkan Contoh Implementasi Sikap Saling Menghargai Antar Golongan

Tunjukkan Contoh Implementasi Sikap Saling Menghargai Antar Golongan

Tunjukkan Contoh Implementasi Sikap Saling Menghargai Antar Golongan

Tunjukkan contoh implementasi sikap saling menghargai antar golongan

Daftar Isi

1. Tunjukkan contoh implementasi sikap saling menghargai antar golongan

Contoh perilaku yang menjadi contoh implementasi sikap saling menghargai antar golongan dalam kehidupan sehari-hari adalah:

Tidak menghina orang yang berbeda golongan dengan kita.Tidak memaksakan orang lain untuk masuk dalam
golongan kita. Selalu berteman dengan semua orang yang ada  di lingkungan walaupun berbeda golongan. Selalu menghargai dan menghormati pendapat semua orang walaupun berbeda golongan.Pembahasan

Sikap saling menghargai antar golongan yang berbeda merupakan salah satu contoh dari sikap toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Sikap saling menghargai antar golongan akan menumbuhkan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari. Contoh dampak positif dari saling menghargai antar golongan adalah akan memperkuat rasa persaudaraan

Pelajari lebih lanjut tentang materi toleransi, pada https://brainly.co.id/tugas/11710403

#BelajarBersamaBrainly

2. Tunjukan contoh implementasi sikap saling menghargai antar golongan

Beberapa contoh implementasi sikap saling menghargai antargolongan:

Tidak mengganggu orang yang sedang beribadah atau saat merayakan hari raya yang berbeda dengan kitaTidak memaksakan pendapat kita atas pendapat orang lainMau membantu sesama tanpa membedakan suku, ras, dan agama.Menyayangi yang muda dan menghormati yang lebih tuaMau menerima perbedaan dan meninggalkan sikap diskriminasi

3. contoh implementasi menghargai antar golongan.

– Menghargai dan menghormati orang yang berbeda agama.
– bertutur kata baik dan sopan terhadap semua golongan
– Tidak menyinggung hal yang bersangkutan dengan Sara.

4. mengembangkan sikap menghargai HAM merupakan salah satu implementasi dari wawasan Nusantara dalam bidang​

Jawaban : kesehatan jasmani dan rohani.

Penjelasan: agar manusia mengetahui & memahami sifat & perilaku satu sama lain..

Jawaban:

bidang poleksosbudhankam (politik)

Penjelasan:

Implementasi wawasan nusantara dalam bidang politik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mengimplementasikanwawasan nusantara, yaitu:

a. Pelaksanaan kehidupan politik yang diatur dalam undang – undang,seperti UU Partai Politik, UU

Pemilihan Umum, dan UU PemilihanPresiden.Pelaksanaan undang-undang tersebut harus sesuai hukum

danmementingkan persatuan bangsa. Contohnya seperti dalam pemilihan presiden, anggota DPR, dan

kepala daerah harus menjalankan prinsipdemokratis dan keadilan, sehingga tidak menghancurkan

persatuan dankesatuan bangsa.

b. Pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara di Indonesiaharus sesuai denga hukum yang

berlaku. Seluruh bangsa Indonesiaharus mempunyai dasar hukum yang sama bagi setiap warga

negara,tanpa pengecualian. Di Indonesia terdapat banyak produk hukum yangdapat diterbitkan oleh

provinsi dan kabupaten dalam bentuk peraturandaerah (perda) yang tidak bertentangan dengan hukum yang berlakusecara nasional.

c. Mengembangkan sikap hak asasi manusia dan sikap pluralisme untukmempersatukan berbagai suku,

agama, dan bahasa yamg berbeda,sehingga menumbuhkan sikap toleransi.

d. Memperkuat komitmen politik terhadap partai politik dan lembaga pemerintahan untuk menigkatkan

semangat kebangsaan dan kesatuan.

e. Meningkatkan peran Indonesia dalam kancah internasional danmemperkuat korps diplomatik ebagai

upaya penjagaan wilayahIndonesia terutama pulau-pulau terluar dan pulau kosong.

5. contoh implementasi dan sikap toleran di masyarakat adalah​

Jawaban:

Contoh Sikap Toleransi

Tidak merusak tempat ibadah dan mengganggu ketenangan agama lain. Tidak menghina dan merendahkan agama orang lain. Berteman dengan orang yang berbeda keyakinan. Tidak berlaku diskriminasi pada seseorang yang berbeda agama di sekolah, tempat kerja, dan lingkungan.

Jawaban:

Contoh Sikap Toleransi

Tidak merusak tempat ibadah dan mengganggu ketenangan agama lain. Tidak menghina dan merendahkan agama orang lain. Berteman dengan orang yang berbeda keyakinan. Tidak berlaku diskriminasi pada seseorang yang berbeda agama di sekolah, tempat kerja, dan lingkungan.

Penjelasan:

contoh implementasi di masyarakat

_menggikuti siskamling/gotong royong

_berbaur dengan masyarakat sekitar

_menjaga keamanan lingkungan

dll.

#maafkalojawabanyakurangmemuaskan

6. Sebutkan 5 contoh sikap implementasi pancasila secara subjektif​

Jawaban:

1. Pengamalan secara objektif

Pengamalan pancasila yang obyektif adalah pelaksanaan dalam bentuk realisasi dalam setiap penyelengaraan negara, baik di bidang legislatif,eksekutif, maupun yudikatif. Dan semua bidang kenegaraan terutama realisasinya dalam bentuk peraturan perudang-undangan negara Indonesia antara lain sebagai berikut :

1) Tafsiran UUD 1945, harus dapat dilihat dari sudut dasar filsafat negara pancasila sebagaimana tercantum dalam pembukaan UUD 1945 alenia IV

2) Pelaksanaan UUD 1945 dalam undang-undang harus mengingat dasar-dasar pokok pikiran tercantum dalam dasar filsafat negara Indonesia

3) Tanpa mengurangi sifat undang-undang yang tidak dapat diganggu gugat, iterprestasi pelaksanaannya harus mengingat unsur-unsur yang terkandung dalam dassaar filsafat negara.

4) Interprestasi pelaksanaan undang-undang harus lengkap dan menyeluruh, meliputi seluruh perundang-undangan dibawah undang-undang dan keputusan-keputusan administratif dari tingkat penguasa penguasa negara, mulai dari pemerintah pusat sampai dengan dengan alat-alat perlengkapan negara di daerah, keputusan-keputusan pengadilan serta alat perlengkapnya,begitu juga meliputi usaha kenegaraan dan ermasuk rakyat.

5) Dengan demikian seluruh hidup kenegaraan dan tertip hukum Indonesia didasarkan atas dan diliputi oleh asas filsafat, politik dan tujuan negara didasarkan atas asas kerohanian Pancasila.

Hal ini termasuk pokok kaidah negara serta pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945. Dalam realisasi pelaksanaan kongkritnya yaitu dalam setiap penentuan kebijakan dibidang kenegaraan antara lain :

1) Garis besar haluan negara

2) Hukum, perundang-undangan, dan peradilan

3) Pemerinta

4) Politik dalam dan luar negeri

5) Keselamatan, keamanan,dan pertahanan

6) Kesejahteraan

7) Kebudayaan

8) pendidikan

2. Pemgamalan secara subjektif

pengamalan pancasila pengamalan pancasila yang subyektif adalah pelaksanaan dalam pribadi seseorang,warga negara, individu, penduduk, penguasa, dan orang Indonesia. Pengamalan pancasila yang subyektif ini justru lebih penting dari pengamalan yang karena pengamalan yang subyektif merupakan syarat pengamalan pancasila yang obyektif (Notonegoro,1974;44). Dengan demikian pelaksanaan pancasila yang subyektif ini berkaitan dengan kesadaran, ketaatan, serta kesiapan individu untuk mengamalkan pancasila. Dalam pengertian inilah akan terwujud jika suatu keseimbangan kerohanian yang mewujudkan suatu bentuk kehidupan dimana kesadaran wajib hukum telah berpadu menjadi kesadaran wajib moral. Sehingga dengan demikian suatu perbuatan yang tidak memenuhi wajib melaksanakan pancasila.

Dalam penga
malan pancasila yang subyektif ini bilamana nilai-nilai pancasila telah dipahami,diresapi, dan dihayati oleh seseorang maka orang itu telah memiliki moral pancasila dan jika berlansung terus menerus sehingga melekat dalam hati maka disebut dengan kepribadian pancasila. Pengertian kepribadian bangsa Indonseia dapat dikembalikan kepada hakikat manusia.Telah diketahui bahwa segala sesuatu itu memiliki tiga macam hakikat yaitu :

Hakikat abstrak, yaitu terdiri atas unsur-unsur yang bersama-sama menjadikan hal itu ada, dan menyebabkan sesuatu yang sama jenis menjadi berbeda dengan jenis lain sehingga hakikat ini disebut dengan hakikat universal. Contoh; jenis manusia, hewan, tumbuhan.

Hakikat pribadi yaitu ciri khusus yang melekat sehingga membedakan dengan sesuatu yang lain. Bagi bangsa Indonesia hakikat pribadi ini disebut dengan kepribadian.Dan hakikat pribadi ini merupakan penjelmaan dari hakikat abstrak.

Hakikat kongkrit yaitu hakikat segala sesuatu dalam menyatakan kongkrit, dan hakikat ini merupakan penjelmaan dari hakikat abstrak dan hakikat kongkrit.

Oleh karena itu bagi bangsa Indonsesia, pengertian kepribadian Indonsesia ini memiliki tingkatan yaitu :

1) Kepribadian yang berupa sifat-sifat hakikat kemanusiaan ”monupluralis”jadi sifat-sifat kemanusiaan yang abstrak umum universal. Dalam pengertian ini disebut kepribadian kemanusiaan, karena termasuk jenis manusia, dan memiliki sifat kemanusiaan.

2) Kepribadian yang mengandung sifat kemanusiaan, yang telah terjelma dalam sifat khas kepribadian bangsa Indonseia (pancasila) dan ditambah dengan sifat-sifat tetap yang terdapat pada bangsa Indonesia, ciri khas, karakter, kebudayaan dan lain sebagainnya.

3) Kepribadian kemanusiaan, kepribadian Indonesia dalam realisasi kongkritnya, setiap orang, suku bangsa, memiliki sifat yang tidak tetap, dinamis tergantung pada keadaan manusia(Indonesia) perorangan secara kongkrit.(Notonegoro,1971;169).

Berdasarkan uraian diatas maka pengamalan pancasila subyektif dari pancasila meliputi pelaksanaan, pandangan hidup, telah dirumuskan dalam P4(Pedoman Penghayatan Pengamalan Pancasila)

[tex]\red{\boxed{Answer By: \red{\boxed{@RafllyRama12}}}}[/tex]

7. Tunjukkan sikap jujur dan kasih sayang sebagai implementasi dari pemahaman kisah keteladanan Nabi Muhammad SAW​

Jawaban:

Nabi Muhammad SAW memiliki sifat-sifat terpuji yang bagus untuk di contoh yaitu:

a.Jujur(as-shadiq)

*Nabi Muhammad saw terkenal sebagai orang yang jujur*

b.Terpecaya(Al-amin)

*Nabi juga dikenal sebagai orang yang terpecaya*

c.Menyampaikan dakwah (tablig)

Sifat Muhammad saw.sebagai orang yang jujur dan terpecaya sejak muda,telah membuatnya kelak setelah menjadi nabi dan rasul,mampi menyampaikan (tablig) semua ajaran yang diwahyukan Allah kepadanya

d.Terkenal orang cerdas (fathanah)

semoga membantu 🙂

8. tolong menolong tampa mempermasalahkan perbedaan merupakan contoh implementasi sikap?​

Jawaban:

Gotong royong

Penjelasan:

gotong royong merupakan kegiatan tolong menolong yang dilakukan secara bersama dan bersifat suka rela tanpa mempermasalahkan perbedaan dengan tujuan untuk memperlancar suatu pekerjaan agar menjadi mudah dan ringan.

semogamembantu^^

9. jelaskan bagaimana implementasi sikap saling menghargai perbedaan budaya, suku, adat, istiadat di indonesia​

Jawaban:

misal ada orang yang sedang melakukan budaya mereka kita harus menghargainya dengan cara tidak mengganggu dan merusak budaya mereka.

10. Tuliskan contoh implementasi tentang karakter sikap tanggung jawab dan konsisten​

Jawaban:

tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatan baik yang disengaja maupun tidak.

Konsisten adalah ketetapan dan kemantapan dalam bertindak.

contoh implementasi :

• Andi tidak sengaja menjatuhkan pot tetangganya hingga pecah tetapi setelah itu Andi meminta maaf dan akan mengganti rugi pot nya.

• Bagas selalu belajar setiap hari walaupun belajarnya tidak terlalu banyak agar nilai ujian nya selalu meningkat

• setelah Dony terpilih sebagai ketua OSIS, Dony berjanji bertanggung jawab dengan tugasnya dan akan selau berusaha konsisten agar menjadi lebih baik dari hari ke hari.

#belajarbersamabrainly

11. Contoh sikap warga negara dalam mendukung implementasi

melaksanakan perintah dan damai

12. Mengembangkan sikap menghargai ham merupakan salah satu implementasi dari wawasannusantara dalam bidang

Jawaban:

ipleksosbudhankam

Penjelasan:

ipleksosbudhankam adalah kepanjangan dari ideologi,politik,ekonomi,sosial,budaya,pertahanan,dan keamanan yg merupakan aspek penting dlm sebuah negara. termasuk Indonesia.

semoga membantu mu ya

13. jelaskan bagaimana penerapan/implementasi dari sikap peduli terhadap keberagaman suku,ras,agama,dan antara golongan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara!!​

☆ Tetap membantu sesama meskipun yang ditolong memiliki perbedaan dengan kita, entah itu perbedaan suku, agama, maupun yang lainnya.

☆ Tidak membanding-bandingkan antara agama yang satu dengan yang lainnya saat ada perbedaan keyakinan, karena setiap orang berhak menentukan keyakinan dan kepercayaannya sendiri tanpa campur tangan orang lain.

☆ Tetap saling menghormati, menebar senyum, dan peduli antar sesama manusia tanpa memandang tinggi rendahnya kedudukan seseorang.

☆ Menjaga kerukunan dengan siapapun meski terdapat banyak perbedaan, karena kebersamaan dapat menghantarkan kita kepada persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

sekian penjelasannya

semogaterbantu^_^

14. Contoh prilaku yang merupakan implementasi dari sikap menghargai karya orang lain

1. Tidak mecela karya orang lain
2. Tidak menjiplak atau meniru karya orang lain
3. Memberikan penghargaan
4. Tidak merusak karya orang lain 

15. Sebutkan dan jel
askan sikap apa saja yang dapat kalian tunjukkan sebagai implementasi iman kepada malaikat serta berikan contohnya

Jawaban:

berkata jujur

melaksanakan sholat dengan tertib

Dan menjauhi Hal Hal Yang dilarang Allah karena menyadari bahwa malaikat senantiasa mencatat amal ibadah kita.

penjelasan : Maaf kalau salah

16. 1.terangkan pentingnya alat pemersatu bangsa indonesia 2.bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai dalam perbedaan kebudayaan 3.bagaimana menanamkan pemahaman perlunya persatuan dan kesatuan bangsa di atas keberagaman 4.tunjukkan akibat dilanggarnya toleransi di lingkungan masyarakat 5.tunjukkan contoh implementasi sikap saling menghargai antargolongantolong yang bisa bantu jawab nanti saya kasih jawaban terbaik​

Jawaban:

1. Terangkan pentingnya alat pemersatu bangsa Indonesia

Karena alat pemersatu bangsa ini merupakan jembatan untuk menyatukan berbagai perbedaan di Indonesia agar menjadi bangsa yang satu dan kuat.

2. Bagaimana cara menumbuhkan sikap saling menghargai dalam perbedaan kebudayaan

Saling mengenalkan kebudayaan di masyarakat agar kebudayaan daerah menjadi lebih dikenal dan daerah lain ikut merasa memiliki karena merupakan bagian dari kekayaan bangsa. Diharapkan akan muncul rasa simpati terhadap kebudayaan daerah lain.

3. Bagaimana menanamkan pemahaman perlunya persatuan dan kesatuan bangsa di atas keberagaman

Harusnya ditanamkan sejak dini pada anak. Setiap anak deiberi pengertian bahwa kita semua memiliki perbedaan tetapi hal itu bukanlah penghalang untuk bersatu dan hidup bersama

4. Tunjukkan akibat dilanggarnya toleransi di lingkungan masyarakat

Tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain Peduli terhadap lingkungan sekitar Tidak mementingkan suku bangsa sendiri atau sikap yang menganggap suku bangsanya lebih baik Tidak menonjolkan suku, agama, ras, golongan, maupun budaya tertentu Tidak menempuh tindakan yang melanggar norma untuk mencapai tujuan

5. Tunjukkan contoh implementasi sikap saling menghargai antar golongan

   Tidak menghina orang yang berbeda golongan dengan kita.    Tidak memaksakan orang lain untuk masuk dalam golongan kita.    Selalu berteman dengan semua orang yang ada  di lingkungan walaupun berbeda golongan.    Selalu menghargai dan menghormati pendapat semua orang walaupun berbeda golongan.

17. membuat contoh nyata implementasi menghargai antar golongan!

selalu menghargai hasil atau usaha golongan lain

18. berikan contoh implementasi sikap toleransi!

menghargai kekurangan orang lain, menghargai kerja keras orang tua, menghargai pendapat orang lain

19. tunjukkan contoh implementasi dari qs an nisa ayat 146

Melaksanakan perintah Allah dengan ikhlas dan sungguh2, juga selalu berusaha untuk bertaubat

20. Sebutkan 3 contoh sikap implementasi pancasila secara objektif​

Jawaban:

maaf kalo jawabanya ngga tepat

Video Terkait