Tulislah Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar Dan Vivipar

Tulislah Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar Dan Vivipar

Tulislah Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar Dan Vivipar

Tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan viviparTuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar ​

Daftar Isi

1. Tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan viviparTuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar ​

Jawaban:

ovipar: 1. janin (embrio) hewan terlindungi dari lingkungan karena embrio terbungkus oleh cangkang yang keras

2. embrio hewan yang terbungkus oleh cangkang telur juga terlindungi dari guncangan dan benturan

vivipar: 1. embrio dapat terhindar dari serangan predatornya

2. kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.

2. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

Perkembangbiakan pada hewan bertujuan untuk melestarikan jenisnya agar tidak punah. Pada umumnya, cara reproduksi hewan secara generatif terbagi menjadi tiga kelompok yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar. Ovipar merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Vivipar merupakan p
erkembangbiakan dengan cara melahirkan. Ovovivipar merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan.

Pembahasan

Pada sistem reproduksi, fertilisasi merupakan bertemunya dua sel kelamin untuk menghasilkan keturunan. Bersatunya sel haploid yaitu sperma dan sel ovum menjadi satu sel diploid yaitu zigot. Dalam perkembangan selanjutnya, terjadi plasmogami yaitu penggabungan sitoplasma dan kariogami yaitu penyatuan nukleus.

Terdapat dua jenis fertilisasi berdasarkan di mana pembuahan terjadi, yaitu:

1. Fertilisasi Internal, merupakan pembuahan yang terjadi di dalam tubuh induk betina. Telur atau individu baru akan keluar setelah pembuahan di dalam dan kehamilan beberapa lama.

2. Fertilisasi Eksternal, merupakan pembuahan yang terjadi di luar tubuh induk. Fertilisasi semacam ini hanya terjadi pada hewan. Hewan betina akan mengeluarkan banyak ovum, sedangkan hewan jantan mengeluarkan lebih banyak sperma. Hal tersebut bertujuan agar kesempatan terjadi fertilisasi besar.

Setelah terjadi pembuahan atau fertilisasi, akan terbentuk zigot kemudian berkembang menjadi embrio. Perkembangan maupun kelahiran embrio dapat terjadi dengan tiga cara, yaitu vivipar, ovipar, dan ovovivipar.

1. Vivipar (hewan melahirkan), merupakan hewan yang embrionya berkembang dan mendapat makanan di dalam uterus (rahim) induk betina. Contohnya antara lain kerbau, sapi, gajah, dan harimau.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar yaitu:  

a. Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.  

b. Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya.

2. Ovipar (hewan bertelur), merupakan hewan yang embrionya berkembang di dalam telur. Telur hewan tersebut dikeluarkan dari dalam tubuh dan dilindungi oleh cangkang tebalnmauoun tipis (disebut pula tidak bercangkang). Embrio mendapatkan makanan dari cadangan makanan yang terdapat di dalam telur. Beberapa hewan ovipar mengerami telurnya sampai menetas, seperti pada ayam dan merpati. Namun banyak pula induk yang menimbun telur dengan pasir atau bahkan membiarkan begitu saja seperti pada penyu.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar antara lain:  

a. Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau suhu yang panas.  

b. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.

c. Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur dan putih telur atau albumin sebagai cadangan makanan bagi embrio.  

d. Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.  

3. Ovovivipar (hewan betelur dan melahirkan), merupakan hewan yang embrionya berkembang di dalam telur, akan tetapi telur tetap berada di dalam tubuh induk betina. Setelah cukup umur, telur akan pecah di dalam tubuh induk dan anaknya dilahirkan keluar tubuh. Contohnya antara lain beberapa spesies kadal, beberapa spesies ular dan ikan hiu.

Pelajari lebih lanjut

1. fragmentasi dan regenerasi planaria: https://brainly.co.id/tugas/17984364

2. partenogenesisi pada lebah madu: https://brainly.co.id/tugas/17666904

3. jenis fertilisasi hewan: https://brainly.co.id/tugas/18377940

Detil jawaban

Kelas: 7

Mapel : Biologi

Kategori: Ciri-ciri Makhluk Hidup

Kode: 7.4.2

Kata kunci: ovipar, vivipar, ovovivipar, manfaat vivipar, manfaat ovipar, cara perkembangbiakan

3. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar

| Ekologi, Zoologi |

Manfaat semua perkembangbiakan, bukan hanya secara ovipar dan vivipar adalah

Menjaga keberlangsungan keturunannyaMenjaga populasinya agar tidak punahPembahasan

Perkembangbiakan adalah proses yang dilakukan oleh makhluk hidup untuk menghasilkan keturunan yang mana akan menjaga populasinya agar tetap ada. Perkembangbiakan pada dasarnya terbagi atas dua yaitu vegetatif dan generatif.

1. Generatif

Perkembangbiakan generatif adalah perkembangbiakan dimana terjadi peleburan dua sel kelamin (sperma) dan (ovum). Melalui fertilisasi ini, dihasilkan zigot. Zigot akan mengalami pembelahan membentuk morula, blastula, dan gastrula. Dari reproduksi ini, akan terbentuk janin yang merupakan individu baru.

2. Vegetatif

Reproduksi vegetatif merupakan reproduksi yang terjadi dimana tidak ada peleburan sel kelamin. Reproduksi vegetatif yang terjadi melalui satu induk. Ada berbagai macam cara reproduksi vegetatif yaitu

Pembelahan biner (amitosis) merupakan sejenis perkembangbiakan yang dilakukan oleh bakteri. Amitosis sejenis pembelahan mitosis namun lebih sederhana lagiKonjugasi dimana terjadi perpindahan materi genetik dari satu induk ke induk lainnya.Tunas merupakan penonjolan tubuh yang dimana akan terlepas menjadi individu baru. Hal ini sama saja seperti tunas yang terjadi di tumbuhan dimana terjadi penonjolan atau diferensiasi dari suatu organ tubuh. Geragih dimana terjadi perambatan akar di atas tanah yang mana setiap sendinya akan terbentuk individu baru

Pelajari Lebih LanjutReproduksi vegetatif (https://brainly.co.id/tugas/773803)Reproduksi pada tumbuhan (https://brainly.co.id/tugas/17060030)

Detail

Kelas = 11

Mapel = Biologi

Kategori = Kingdom Animalia

Kata Kunci = ovovivipar, vivipar

Kode = 10.4.9 [Kelas 10 Biologi Bab-10 Kingdom Animalia]

#OptiTimCompetition

4. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

Jawaban:

1. Ovipar, yaitu cara reproduksi dengan bertelur.

Contohnya pada hewan katak, ikan, unggas

2. Vivipar, yaitu cara reproduksi dengan melahirkan.

Contohnya pada hewan mamalia seperti sapi, domba dan paus

Penjelasan:

Perkembangbiakan pada hewan bertujuan untuk melestarikan jenisnyaagar tidak punah. Pada umumnya, cara reproduksi hewan secara generatif terbagi menjadi 3 kelompok yaitu ovipar, vivipar dan ovovivipar.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar antara lain:

1. Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.

2. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.

3. Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan bagi embrio.

4. Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.

ManfaatOvipar:

1.Ombreohewandapatterlindungdarilingkungankarnaadanyacangkangyangmembungkusnya. 2.Didalamcangkangtelurterdapatomnionsbgsumberproteindanair,sertadapatmelindungidaribenturanatauguncangan. 3.DidalamcangkrangtelurdilengkapidgnkuningtelursbgcadanganmakananbagiOmbreo.

ManfaatVivipar:

1.IndukdapatmembawaOmbreoyangberkembangdidalamtubuhnyasehinggamenghindariserangandarupredator. 2.KebutuhanmakananuntukOmb
reodapatterjaminolehinduknya

#SemogaMembantu:)

5. . tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan Vivipar​

Jawaban:

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar:

1. Embrio atau janin terproteksi dari paparan suhu panas atau dingin yang berasal dari lingkungan. Sebab, embrio dilindungi oleh cangkang telur yang keras.

2. Cangkang telur bertekstur keras yang membungkus embrio atau janin, melindungi dari predator atau hewan pemangsa.

– Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar:

1. Embrio berkembang biak di dalam rahin induk dan memperoleh nutrisi serta makanan dari si induk.

2. Embrio yang kecil terhindar dari predator, karena lahir dengan struktur tubuh yang lengkap dan tumbuh lebih besar

Penjelasan:

itu ya jawabannya ☺

maaf kalo salah

6. tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

SECARA OVIPAR YAITU :

1. Embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan karena ada cangkang yang membungkusnya, misalnya dari suhu lingkungan yang terlalu dingin atau panas.

2. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein, air serta dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.

3. Di dalam cangkang telur dilengkapi dengan kuning telur sebagai cadangan makanan bagi embrio.

4. Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.

SECARA VIVIPAR YAITU :

1. Induk dapat membawa embrio yang berkembang di dalam tubuhnya sehingga menghindari serangan dari predator.

2. Kebutuhan makanan saat embrio berkembang dapat terjamin oleh induknya

Perkembangbiakan hewan secara vivipar memiliki manfaat yaitu embrio yang berkembang akan terjamin kebutuhannya. Perkembangbiakan secara ovipar memiliki manfaat yaitu padasaatembrioberada didalamcangkang, kebutuhan proteinya akan terpenuhi.

7. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar ​

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar:1. Embrio atau janin terproteksi dari paparan suhu panas atau dingin yang berasal dari lingkungan. Sebab, embrio dilindungi oleh cangkang telur yang keras.2. Cangkang telur bertekstur keras yang membungkus embrio atau janin, melindungi dari predator atau hewan pemangsa.Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar:1. Embrio berkembang biak di dalam rahin induk dan memperoleh nutrisi serta makanan dari si induk.2. Embrio yang kecil terhindar dari predator, karena lahir dengan struktur tubuh yang lengkap dan tumbuh lebih besar.

Jawaban:

Ovipar

1. Embrio atau janin terproteksi dari paparan suhu panas atau dingin yang berasal dari lingkungan. Sebab, embrio dilindungi oleh cangkang telur yang keras.

2. Cangkang telur bertekstur keras yang membungkus embrio atau janin, melindungi dari predator atau hewan pemangsa.

Vivipar

1. Embrio berkembang biak di dalam rahin induk dan memperoleh nutrisi serta makanan dari si induk.

2. Embrio yang kecil terhindar dari predator, karena lahir dengan struktur tubuh yang lengkap dan tumbuh lebih besar.

Penjelasan:

Maaf kalau salah

Semoga membantu

8. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.​

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar yaitu:

Ovipar :

Embrio terlindungi oleh cangkang telur yang membungkusnya, untuk menjaga suhu di dalam cangkang Calon individu mudah terpapar daktor lingkungan dan serangan predator Nutrisi terdapat di dalam cangkang telur

Vivipar :

Calon individu terhindar dari serangan predator karena embrio berada di dalam tubuh induk Nutrisi embrio lebih terjamin dan bergantung oleh asupan induk Pengaruh faktor lingkungan sangat sedikit

Pembahasan

Berkembangbiak atau reproduksi merupakan salah satu ciri makhluk hidup yang dilakukan dengan tujuan untuk melestarikan jenisnya, agar terhindar dari kepunahan.  

Perkembangbiakan makhluk hidup dibagi menjadi 3 macam, yaitu:

Vivipar : merupakan perkembangbiakan dengan cara melahirkan/beranak. Perkembangbiakan vivipar umumnya terjadi pada mamalia dan hewan menyusui. Contohnya sapi, kuda, harimau, kucing, dan lainnya.  Ovipar : merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur. Telur akan dierami induk untuk beberapa waktu hingga menetas menjadi individu baru. Perkembangbiakan ovipar biasanya terjadi pada unggas, golongan aves dan pisces. Contohnya ayam, burung, ikan, katak, bebek, dan lainnya. Ovovivipar : merupakan perkembangbiakan dengan cara bertelur dan melahirkan. Ovovivipar merupakan gabungan dari ovipar dan vivipar. Embrio akan berkembang di dalam telur, namun telur tetap berada dalam tubuh induk. Telur akan menetas bersamaan dengan kelahiran individu baru. Contohnya kadal, kuda laut, Hiu, ikan pari, buaya, dan lainnya.

Pelajari lebih lanjut  

1. Materi tentang perkembangbiakan hewan secara vegetatif https://brainly.co.id/tugas/6896484

2. Materi tentang reproduksi hewan https://brainly.co.id/tugas/23553214

3. Materi tentang perbedaan perkembangan dan pertumbuhan https://brainly.co.id/tugas/931068

—————————–

 

Detil jawaban  

Kelas: XII SMA

Mapel: Biologi  

Bab: Pertumbuhan dan Perkembangan

Kode: 12.4.1

#AyoBelajar

9. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar !​

jawaban:Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.

pembahasan:Hewan vivipar, merupakan kelompok hewan yang proses kelahiran secara beranak, artinya segala proses perkembang di embrio terjadi di dalam tubuh induk betina dibagian uterus. Selama proses perkembangan tersebut si
embrio mendapatkan asupan nutrisi dan segala proses metabolisme terjadi di dalam tubuh induk betina. Dengan demikian si embrio sangat terjaga kesehatan dan pertumbuhannya.  

10. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar??​

Jawaban:

Teaching Assistant

Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.  

Pembahasan

Hewan vivipar, merupakan kelompok hewan yang proses kelahiran secara beranak, artinya segala proses perkembang di embrio terjadi di dalam tubuh induk betina dibagian uterus. Selama proses perkembangan tersebut si embrio mendapatkan asupan nutrisi dan segala proses metabolisme terjadi di dalam tubuh induk betina. Dengan demikian si embrio sangat terjaga kesehatan dan pertumbuhannya.  

Contoh hewan berkembang biak secara vivipar yaitu kelompok hewan mamalia seperti Sapi, kucing, an jing dan seterusnya.

Hewan ovipar merupakan kelompok hewan yang proses kelahirannya secara berteur artinya perkembangan embrio terjadi di dalam telur. Hewan akan mengeluarkan telur dan telur tersebut dilindungi oleh cangkang. Di dalam sebuah telur terdapat nutrisi yang digunakan oleh embrio untuk melakukan metabolisme, pertumbuhan serta perkembangan. Biasanya hewan yang berkembang biak secara ovipar mengerami telur sampai dengan menetas seperti ayam dan merpati. Ada juga hewan yang menaruh telurnya di dalam pasir atau tanah seperti penyu dan buaya.  

Proses pengeraman dan menaruh di dalam tanah bertujuan agar telur mendapatkan suhu yang hangat sehingga nantinya telur dapat menetas.  

Hewan ovovivipar merupakan kelompok hewan yang melakukan proses reproduksi secara bertelur dan beranak artinya embrionya berkembang di dalam telur tetapi telurnya tetap berada di dalam tubuh si induk betina. Kemudian setelah cukup umur telur akan pecah di dalam tubuh induk kemudia anaknya keluar. Contoh hewan yang melakukan perkembangan ovovivipar yaitu ikan hiu.  

Jawaban:

Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.  

Pembahasan

Hewan vivipar, merupakan kelompok hewan yang proses kelahiran secara beranak, artinya segala proses perkembang di embrio terjadi di dalam tubuh induk betina dibagian uterus. Selama proses perkembangan tersebut si embrio mendapatkan asupan nutrisi dan segala proses metabolisme terjadi di dalam tubuh induk betina. Dengan demikian si embrio sangat terjaga kesehatan dan pertumbuhannya.  

Contoh hewan berkembang biak secara vivipar yaitu kelompok hewan mamalia seperti Sapi, kucing, an jing dan seterusnya.

Hewan ovipar merupakan kelompok hewan yang proses kelahirannya secara berteur artinya perkembangan embrio terjadi di dalam telur. Hewan akan mengeluarkan telur dan telur tersebut dilindungi oleh cangkang. Di dalam sebuah telur terdapat nutrisi yang digunakan oleh embrio untuk melakukan metabolisme, pertumbuhan serta perkembangan. Biasanya hewan yang berkembang biak secara ovipar mengerami telur sampai dengan menetas seperti ayam dan merpati. Ada juga hewan yang menaruh telurnya di dalam pasir atau tanah seperti penyu dan buaya.  

Proses pengeraman dan menaruh di dalam tanah bertujuan agar telur mendapatkan suhu yang hangat sehingga nantinya telur dapat menetas.  

Hewan ovovivipar merupakan kelompok hewan yang melakukan proses reproduksi secara bertelur dan beranak artinya embrionya berkembang di dalam telur tetapi telurnya tetap berada di dalam tubuh si induk betina. Kemudian setelah cukup umur telur akan pecah di dalam tubuh induk kemudia anaknya keluar. Contoh hewan yang melakukan perkembangan ovovivipar yaitu ikan hiu.  

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang contoh hewan vivipar, ovipar dan ovovivipar brainly.co.id/tugas/3138124

2. Materi tentang ciri hewan vivipar, ovipar dan ovovivipar brainly.co.id/tugas/3201710

3. Materi tentang reproduksi brainly.co.id/tugas/718192#:~:text=Perkembangbiakan%20ase ksual%20(tak%20kawin)%20terjadi,betina%20oleh%20sel%20kelamin%20jantan.

4. Bagian yang melindungi embrio dari guncangan brainly.co.id/tugas/12666847

Detil jawaban

Kelas: XI SMA

Mapel: Biologi

Bab: Sistem Reproduksi  

Kode: 11.4.9

#AyoBelajar  

11. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar ​

Jawaban:Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio.

Penjelasan:maaf kalau salah semoga bermanfaat dan membantu

12. tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar?

Manfaatnya adalah sama,yaitu:Untuk melestarikan keturunan dari hewan hewan tersebut.

maaf ya kalo salah

13. tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

Penjelasan:

Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.  

14. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar ​

1.Perkembangbiakan ovipar adalah perkembangbiakan dengan cara bertelur. Untuk ciri-ciri hewan ovipar adalah berkembang biak dengan bertelur. Perkembangbiakan ovipar dimulai saat sel telur atau ovum dibuahi sperma dan pembuahan tersebut dapat terjadi di dalam tubuh (internal) dan di luar tubuh (eksternal).

Contoh hewan ovipar yakni hewan yang termasuk dalam pisces, aves, unggas, serangga, amfibi. Diantaranya yakni ayam, bebek, kura-kura, burung, ikan, katak.

2.Perkembangbiakan vivipar adalah beranak atau melahirkan. Lalu, ciri-ciri hewan vivipar adalah berkembangbiak dengan cara melahirkan. Selain itu, banyak diantaranya memiliki da
un telinga.

Hewan mamalia merupakan hewan vivipar yang melahirkan dan menyusui anaknya. Contoh hewan vivipar adalah sapi, kambing, gajah, jerapah, paus, lumba-lumba.

Perkembangbiakan vivipar dimulai saat sel telur yang dihasilkan betina dan merupakan sel telur tanpa cangkang dibuahi sperma dalam rahim hewan betina. Sel telur yang telah dibuahi akan berubah menjadi zigot dan tumbuh menjadi calon individu.

Jawaban:

yaitu bila hewan beranak (vivipar)si embrio akan mendapatkan asupan langsung dari induknya.

maaf kalo salh hehe

15. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar.

Jawaban:

tanya aja kehewanan nya pasti di tau

Penjelasan:

manfaat ovipar:

1. embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan

2. Di dalam cangkang telur terdapat amnion sebagai sumber protein,air,serta melindungi embrio dari guncangan serta benturan

manfaat vivipar:

1. Induk dapat membawa embrio yang berkembang didalam tubuhnya sehingga menghindari serangan predator

2. kebutuhan embrio terjamin induknya

16. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

Jawaban:

Manfaat perkembang biakkan hewan secara vivipar dan ovipar yaitu bila hewan beranak (vivipar) si embrio akan mendapatkan asupan makanan langsung dari induk  betina dan mengurangi resiko terganggu dari luar tubuh embrio. Sedangkan secara bertelur (ovipar) si embrio yang dilahirkan seringkali jumlahnya lebih dari satu, sehingga dapat mempercepat jumlah individu yang terdapat di alam.  

Penjelasan:

Hewan vivipar, merupakan kelompok hewan yang proses kelahiran secara beranak, artinya segala proses perkembang di embrio terjadi di dalam tubuh induk betina dibagian uterus. Selama proses perkembangan tersebut si embrio mendapatkan asupan nutrisi dan segala proses metabolisme terjadi di dalam tubuh induk betina. Dengan demikian si embrio sangat terjaga kesehatan dan pertumbuhannya.  

Contoh hewan berkembang biak secara vivipar yaitu kelompok hewan mamalia seperti Sapi, kucing, an jing dan seterusnya.

Hewan ovipar merupakan kelompok hewan yang proses kelahirannya secara berteur artinya perkembangan embrio terjadi di dalam telur. Hewan akan mengeluarkan telur dan telur tersebut dilindungi oleh cangkang. Di dalam sebuah telur terdapat nutrisi yang digunakan oleh embrio untuk melakukan metabolisme, pertumbuhan serta perkembangan. Biasanya hewan yang berkembang biak secara ovipar mengerami telur sampai dengan menetas seperti ayam dan merpati. Ada juga hewan yang menaruh telurnya di dalam pasir atau tanah seperti penyu dan buaya.  

Proses pengeraman dan menaruh di dalam tanah bertujuan agar telur mendapatkan suhu yang hangat sehingga nantinya telur dapat menetas.  

Hewan ovovivipar merupakan kelompok hewan yang melakukan proses reproduksi secara bertelur dan beranak artinya embrionya berkembang di dalam telur tetapi telurnya tetap berada di dalam tubuh si induk betina. Kemudian setelah cukup umur telur akan pecah di dalam tubuh induk kemudia anaknya keluar. Contoh hewan yang melakukan perkembangan ovovivipar yaitu ikan hiu.  

17. Tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar dan ovipar?.

manfaatnya sama yaitu untuk melestarikan keturunan dari hewan -hewan tersebut

18. tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar!​

Manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar:

1. Embrio atau janin terproteksi dari paparan suhu panas atau dingin yang berasal dari lingkungan. Sebab, embrio dilindungi oleh cangkang telur yang keras.

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar:

1. Embrio berkembang biak di dalam rahin induk dan memperoleh nutrisi serta makanan dari si induk.

maaf kalo salah

19. Tuliskan manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar vivipar​

Jawaban:

Manfaat Perkembangbiakan Hewan Secara Ovipar dan Vivipar

• Ovipar :

1.Dalam cangkang, embrio hewan dapat terlindung dari lingkungan terutama suhu dingin atau suhu panas.

2. Telur mengandung amnion sebagai sumber protein dan air bagi embrio. Selain itu, cairan tersebut dapat melindungi embrio dari guncangan serta benturan.

3. Kuning telur dalam cangkang telur sebagai cadangan makanan bagi embrio.l

4. Telur dapat ditempatkan di sarang yang telah dibangun oleh induk sehingga diharapkan dapat terlindung dari predator, misalnya telur penyu yang diletakkan di dalam lubang pasir yang kemudian ditutup.

• Vivipar

1. Embrio berkembang di dalam tubuh induknya sehingga dapat dibawa kemana induknya pergi. Selain itu, perkembangbiakan secara vivipar dapat menghindari serangan dari predator.

2. Embrio berkembang didalam rahim induknya sehingga pasokan makanan dapat terjamin oleh induknya.

20. Tulislah manfaat perkembangbiakan hewan secara ovipar dan vivipar​

Jawaban:

Manfaat dari Ovipar

•Manfaat dari perkembangan biakkan hewan secara Ovipar adalah “Telurnya”, Contohnya Ayam, Bebek, burung, dan ikan bisa dimakan

Terkecuali cicak, buaya,Telur ikan hias dan lain lain itu tidak boleh dimakan karena telur telur itu tidak termasuk makanan

Manfaat perkembangbiakan hewan secara vivipar:

1. Embrio berkembang biak di dalam rahin induk dan memperoleh nutrisi serta makanan dari si induk.

2. Embrio yang kecil terhindar dari predator, karena lahir dengan struktur tubuh yang lengkap dan tumbuh lebih besar

Penjelasan:

yukfollow memfollow akun kakak brainly yang seruuu Dan tandai jawaban tercerdas ya biar kakak bisa bantu adek seterusnya

Video Terkait