Siapa Tokoh-tokoh Yang Terdapat Pada Cerita Asal Mula Telaga Warna

Siapa Tokoh-tokoh Yang Terdapat Pada Cerita Asal Mula Telaga Warna

Siapa Tokoh-tokoh Yang Terdapat Pada Cerita Asal Mula Telaga Warna

siapa tokoh tokoh yang terdapat dari cerita "asal mula telaga warna " ?​

Daftar Isi

1. siapa tokoh tokoh yang terdapat dari cerita “asal mula telaga warna ” ?​

Jawaban:

Tokoh dalam cerita tersebut adalah Raja, Permaisuri, dan Putri Raja

Tokoh dalam cerita tersebut adalah Raja, Permaisuri, dan Putri Raja

kasih bintang 5 ya plisss

2. Siapa tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita asal mula telaga warna

Jawaban:

Tokoh-Tokoh nya Adalah:

•Prabu Suwartalaya

•Ratu Purbamanah

•Putri Gilang Rukmini

Penjelasan:

DiLike
Ya
Dan Tandai Jawaban Saya Sebagai Terbaik Ya.

3. Tokoh-tokoh yang terdapat pada cerita asal mula telaga warna

Jawaban:

PRABU SUWARTALAYA, RATU PURBAMANAH, PUTRI GILANG RUKMINI

Penjelasan:

Semoga membantu

4. Siapakah tokoh yang terdapat pada cerita asal mula telaga warna​

Tokoh yang terdapat pada cerita “Asal Mula Telaga Warna” adalah PRABU SUWARTALAYA, RATU PURBAMANAH, DAN PUTRI GILANG RUKMINI.

Pembahasan

Cerita “Asal Mula Telaga Warna” merupakan salah satu contoh legenda dalam dunia sastra indonesiqa. Legenda dapat diartikan sebagai kisah terjadinya suatu peristiwa atau tempat di masa lalu. Dalam sastra Indonesia, legenda digolognkan sebagai teks fiksi. Teks fiksi merupakant eks yang sebagian atau seluruh isinya ditulis dengan menggunakan imajinasi, daya khayal, atau opini penulisnya. Dengan demikian, kita tidak dapat memastikan kebenaran dari isi sebuah teks fiksi.

Untuk pertanyaan kali ini, soal meminta kita untuk merujuk pada cerita “Asal Mula Telaga Warna”. Berikut kakak sajikan teks yang dimaksud oleh soal.

Zaman dahulu ada sebuah kerajaan di daerah Jawa Barat yang dipimpin oleh seorang Prabu, bernama Prabu Suwartalaya, Dia adalah Raja yang baik dan bijaksana. Negeri itu sangat makmur dan tenteram, tidak ada satupun rakyat yang kelaparan.

Semua kebahagiaan itu belum lengkap, karena sang Prabu belum memiliki anak, penasehat perabu menyarankan agar mereka mengangkat anak, namun Prabu dan Ratu Purbamanah tidak setuju, bagi mereka anak kandung tetaplah lebih baik.

Ratu Purbamanah sering murung bahkan sampai menangis, tentunya itu membuat Prabu terbawa perasaanya dan ikut sedih. Akhirnya Prabu pergi ke hutan untuk bertapa di Gua, berdoa untuk dikaruniai seorang anak.

Beberapa bulan kemudian, sang Ratu pun hamil, berita kehamilannya dirayakan oleh semua penduduk, mereka membanjiri istana dengan berbagai hadiah.

Tidak terasa 9 bulan telah berlalu, sang Ratu melahirkan seorang Putri cantik yang selama ini meraka dambakan. Putri itu diberinama Gilang Rukmini. Tahun berganti tahun, sang putri menjadi gadis yang sangat cantik jelita. Prabu dan Ratu memberikan apa yang dia inginkan, namun sayang itu menjadikan dia anak manja dan susah diatur.

Semua keinginannya harus dikabulkan, tanpa terkecuali.

Menginjak usia remaja, sang Putri menjadi anak paling cantik di Kerajaan itu. Dalam beberapa hari ke depan, Putri akan berusia 17 tahun, seluruh negeri ikut bersiap-siap untuk merayakannya.

Sang Prabu membawa beberapa batu permata dan emas ke ahli perhiasan, untuk dibuatkan kalung yang indah.

Hari ulang tahun pun tiba, penduduk negeri berkumpul di alun-alun istana, semua orang menyambut dengan gembira kedatangan Raja Prabu Suwartalaya dan Ratu Purbamanah. Sambutan semakin terdengar meriah, ketika Putri yang cantik jelita muncul di hadapan semua orang.

Sang Prabu yang melihat kedatangan anaknya, bergegas bangkit dari kursinya, untuk menyerahkan kalung yang sangat indah, “Putriku tercinta, kalung ini pemberian semua rakyat dari penjuru negeri, mereka sangat mencintaimu, pakai lah kalung ini Nak”

Putri menerima kalung itu, kemudian mengamatinya sekilas, dengan kasar sang Putri melemparkannya, “Aku tidak mau memakainya, kalung ini jelek.”

Sang prabu dan semua rakyat sangat terpukul. Tiba-tiba sang Ratu menangis tersedu-sedu, hatinya sangat terluka. Melihat Ratu menangis, seluruh warga ikut menangis, kesedihan yang mendalam membangkitkan murka Tuhan.

Saat kesedihan melanda, tiba-tiba muncullah semburan dari tempat kalung itu dilemparkan, sampai akhirnya membanjiri daerah itu, sampai akhirnya membentuk sebuah danau yang indah.

Warna-warna indah yang timbul dari danau dipercaya berasal dari kalung itu. Sekarang danaunya masih ada dan disebut danau Telaga Warna.

Pelajari lebih lanjut

Pada materi ini, kamu dapat belajar tentang legenda:

https://brainly.co.id/tugas/2114216

Detil jawaban

Kelas: VIII

Mata pelajaran: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 1 – Sastra

Kode kategori: 8.1.1

Kata kunci: tokoh, cerita, asal mula telaga warna,

5. siapakah tokoh tambahan di cerita asal mula telaga warna?​

Jawaban:

Tokoh dan watak

a.       Raja  Prabu Suwartalaya           :  Penyayang, baik hati, dan bijaksana.

b.      Ratu Purbamanah                       :  Penyayang.

c.       Putri Gilang Rukmini                 :  Durhaka kepada orang tua, pemarah  dan  manja.

d.      Penasehat Raja

Penjelasan:

Baca sendiri di buku BoDo

6. watak tokoh dalam cerita asal mula telaga warna adalah watak tokoh dalam cerita asal mula Telaga Warna ​

Jawaban:

watak tokoh sangat putri keras kepala dan tidak mau menerima hadiah dari sang ratu

watak ratu penyabar dan baik hati

Semoga Membantu

Have A Nice Day

Jawaban:

Raja prabu suwartalaya adalah tokoh protagonis,

Ratu purbamanah adalah tokoh pendukung,

putri Gilang Rukmini adalah tokoh antagonis

#semogamembantu

7. apa saja peranan tokoh dalam cerita asal mula Telaga warna​

Jawaban:

a: Raja prabu suwar telaga:penyanyang,baik hati,dan bijaksana.

b:Ratu purbamanah:bijaksana.

c:putri gilang Rukmini:pemarah,manja dan durhaka.

Penjelasan:

semoga membantu ^_^

dan terima kasih ^ω^

jawaban:

Rajakutanggehan/prabusuwartalaya

permaisuri/Ratupurbamaha

Gilangrukmini/anakrajadanratu

prabudanratu:menyayagigilangrikmini

gilangrukmini:melawankepadaorangtuadanmelemparkankaluangkelantai

ceritaasalmulatelagawarna

Penjelasan:

Pada zaman dahulu ada sebuah kerajaan di Jawa Barat bernama ketangguhan. kutanggehan merupakan kerajaan yang makmur dan damai rakyatnya hidup tenang dan sejahtera karena dipimpin oleh raja yang bijaksana raja kutanggehan yang bernama Prabu suwartalaya dan permaisurinya bernama Ratu Purbamanah raja dan ratu sangat bijaksana sehingga Kerajaan yang dipimpin makmur dan tentram

semua sangat menyenangkan sayangnya Prabu dan istrinya belum memiliki anak itu membuat pasangan kerajaan itu sangat sedih penasehat Prabu menyarankan agar mereka mengangkat anak namun Prabu dan Ratu tidak setuju ” buat kami anak kandung adalah lebih baik daripada anak angkat ” sahut mereka

Ratu sering Murung dan menangis prabu pun ikut sedih melihat istrinya lalu Prabu pergi ke hutan untuk bertapa di sana sang prabu terus berdoa agar dikaruniai anak beberapa bulan kemudian Keinginan mereka terkabul Ratu pun mulai hamil seluruh rakyat di kerajaan itu senang sekali mereka membanjiri istana dengan hadiah

9 bulan kemudian Ratu melahirkan seorang putri yang diberi nama Gilang Rukmini penduduk negeri pun kembali mengirimi Putri kecil itu aneka hadiah bayi itu tumbuh menjadi anak yang lucu belasan tahun kemudian ia sudah menjadi remaja yang cantik

Prabu dan Ratu sangat menyayangi putrinya Mereka memberi putrinya apapun yang ia inginkan namun itu membuatnya menjadi gadis yang manja Kalau keinginannya tidak terpenuhi Gadis itu akan marah ia akan sering berkata kasar walaupun begitu orangtuanya dan rakyat di kerajaan itu Mencintainya

Hari Berlalu Putri pun tumbuh menjadi gadis tercantik di seluruh negeri dalam beberapa hari Putri akan berusia 17 tahun maka para penduduk di negeri itu pergi ke istana mereka membawa aneka hadiah yang sangat Indah Prabu mengumpulkan hadiah-hadiah yang sangat banyak itu lalu menyimpannya dalam ruangan istana sewaktu-waktu ia bisa menggunakan untuk kepentingan rakyat

Prabu hanya mengambil sedikit emas dan Permata ia membawanya ke ahli perhiasan ” tolong buatkan kalung yang sangat indah untuk putriku ” kata Prabu ” dengan senang hati yang mulia” Saud ahli perhiasan itu lalu bekerja sebaik mungkin dengan sepenuh hati ia ingin menciptakan kalung yang paling indah di dunia karena ia menyayangi Putri

hari ulang tahun pun tiba penduduk negeri berkumpul di alun-alun istana ketika Prabu dan Ratu datang orang menyambutnya dengan gembira sahutan hangat semakin terdengar ketika putri cantik yang cantik jelita muncul di hadapan semua orang semua orang mengagumi kecantikannya Prabu lalu bangkit dari kursinya kalung yang sangat indah sudah dipegangnya putriku kalau tercinta Hari ini aku berikan kalung ini untukmu kalung ini pemberian orang-orang dari penjuru negeri Karena mencintaimu

8. watak tokoh dalam cerita asal mula telaga warna adalah ​

Jawaban:

watak putri adalah manja,kekanak – kanakan

Penjelasan:

semoga bermanfaat

Penjelasan:

1.RAJA PRABU-SUWARTALAYA, Tokoh = protagonis, Watak = adil, bijaksana, penyayang

2.RATU PURBAMANAH, Tokoh = pendukung, Watak = penyayang

3.PUTRI GILANG RUKMINI, Tokoh = antagonis, Watak = pemarah, durhaka kepada orang tua

9. Tokoh utama dalam cerita asal Mula telaga warna

Raja Prabu Suwartalaya

10. sebutkan tokoh tokoh yg terdapat dalam cerita berjudul ”asal mula telaga warna ”

Tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita berjudul “Asal Mula Telaga Warna” adalah

Prabu SuwartalayaRatu PurbamanahPutri Gilang Rukmini

Pembahasan

Cerita yang berjudul Asal Mula Telaga Warna adalah adalah dongeng atau legenda tentang asal mula terjadinya Telaga Warna yang ada di Jawa Barat.

Cerita singkat Telaga Warna

Dahulu kala di suatu daerah di Jawa Barat ada kerajaan yang bernama Kerajaan Kutatanggeuhan. Kerajaan itu dipimpin oleh Prabu Suwartalaya dan permaisuri yang bernama Ratu Purbamanah.

Sebenarnya kerajaan ini adalah kerajaan yang aman dan sejahtera namun sudah lama Prabu dan Permaisuri belum dikaruniai seorang anak. Karena hal itu membuat ratu sering tampak sedih dan menangis sehingga membuat Prabu menjadi ikut sedih. Demi mewujudkan keinginan mereka agar segera diberi momongan Sang Prabu pergi ke hutan untuk berdoa. Selang beberapa bulan kemudian akhirnya keinginan mereka untuk memiliki anak terkabul. Sang Ratu hamil dan hal itu membuat seluruh rakyat bersukaria.

 

Setelah sembilan bulan lahirlah seorang putri cantik yang mereka beri nama Gilang Rukmini. Prabu dan Ratu sangat gembira dan sangat menyayangi putri mereka. Sebagai rasa syukur Prabu dan Ratu selalu memberikan apapun yang diminta oleh Putri Gilang. Tetapi karena perlakuan Prabu dan Ratu ini akhirnya membuat Putri Gilang menjadi manja dan akan marah besar jika keinginannya tidak dipenuhi. Walaupun demikian Putri Gilang tetap disayangi oleh orangtua dan seluruh rakyat Kutatanggeuhan.  

Berjalannya waktu sampailah ketika Sang Putri akan genap berusia 17 tahun. Para penduduk kerajaan sibuk untuk memberikan hadiah yang terbaik untuk Sang Putri. Sang Prabu juga menyiapkan hadiah yang sangat istimewa. Dia membuatkan kalung dari emas dan permata yang dimiliknya pada seorang tukang perhiasan dan meminta untuk dibuatkan kalung yang sangat indah untuk putrinya tercinta.

Tiba pada hari ulang tahun Putri Gilang yang ke-17, seluruh rakyat Kerajaan Kutatanggeuhan bersuka cita untuk merayakan ulang tahun sang Putri. Satu per satu mereka memberikan hadiah terbaik untuk Sang Putri. Kemudian Prabu memberikan sebuah kalung cantik yang bertahtakan emas dan permata. Putri menerima kalung dengan ketus sambil berkata bahwa kalung itu jelek dan dia tak mau memakainya. Dan dibuanglah kalung pemberian dari Sang Prabu.  

Semua orang yang hadir di pesta ulang tahun itu terkejut melihat kalung emas dan permata yang diberikan Sang Prabu jatuh berserakan di lantai. Dan akhirnya meledaklah tangis Ratu Purbamanah karena sangat sedih melihat tingkah laku Putri Gilang. Ratu mulai menangis dan meneteskan air matanya. Melihat Sang Ratu menangis, semua orang pun mulai ikut menangis sedih dan akhirnya semua pun meneteskan air mata. Mereka terus menangis hingga tanpa disadari air mata mereka mulai membanjiri istana. Semakin lama airmata semakin banyak dan akhirnya Kerajaan Kutatanggeuhan tenggelam karena banjir airmata. Akhirnya terciptalah sebuah telaga yang sangat indah. Pada hari yang cerah telaga itu akan memancarkan sinar berwarna-warni yang sangat mengagumkan. Orang-orang di sekitar berkata bahwa warna itu berasal dari kalung Putri yang tersebar di dasar telaga dan akhirnya telaga ini diberi nama Telaga Warna.

Dari cerita di atas maka tokoh-tokoh yang ada pada cerita tersebut adalah

Prabu SuwartalayaRatu PurbamanahPutri Gilang Rukmini

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang tokoh pada cerita Asal Mula Telaga Warna brainly.co.id/tugas/22431555, brainly.co.id/tugas/9778582, brainly.co.id/tugas/22294193

Detil Jawaban  

Kelas : VIII SMP  

Mapel : Bahasa Indonesia  

Bab : –  

Kode kategori : 8.1

#AyoBelajar

11. Pelaku dalam cerita disebut tokoh. Tokoh yangterdapat pada cerita “Asal Mula Telaga Warna”adalah ….​

Tokoh yang terdapat pada cerita “Asal Mula Telaga Warna” adalah Prabu Suwartalaya, Ratu Purbamanah dan Putri Gilang Rukmini.

Penjelasan:

Maaf kalau salah. Semoga bermanfaat

12. Siapa tokoh dalam cerita asal mula Telaga Warna ​

adalah prabu suwartalaya, ratu purbamanah, dan putri Gilang Rukmini

13. – 1. Siapo tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita asal mula telaga warna​

Jawaban:putri raja rakyat taja dan permai suri

Penjelasan:

Jawaban:

raja, permaisuri , anaknya

maaf kalo salah

14. Pelaku dalah cerita disebut tokoh yang terdapat pada cerita”asal mula telaga warna” adalah….

Jawaban:

Tokoh yang terdapat pada cerita “Asal Mula Telaga Warna” adalah Prabu Suwartalaya, Ratu Purbamanah dan Putri Gilang Rukmini

Penjelasan: SEMOGA MEMBANTU SAHABAT!!

jangan lupa bintang 5 nya:>

15. tokoh tokoh dalam cerita tentang asal mula telaga warna​

Tokoh yang terdapat pada cerita “Asal Mula Telaga Warna” adalah PRABU SUWARTALAYA, RATU PURBAMANAH, DAN PUTRI GILANG RUKMINI

Penjelasan:

maaf kalo salah ka

setahuku raja, permaisuri, putri raja

ini pernah aku dapatkan di materiku

16. Asal mula telaga warna merupakan cerita?? Buatlah tokoh protagonis dan antagonis dalam cerita asal mula telaga warna ?

Jawaban:

1. αsαl mulα telαgα wαrnα merupαkαn ceritα …

Jαwαb : Legendα

Kαrenα ceritα tersebut benαr-benαr αdα di Jαbαr, disebut sebαgαi Legendα.

2. Tuliskαn tokoh protαgonis dαn αntαgonis dαlαm ceritα αsαl mulα telαgα wαrnα !!!

Jαwαb : ↙️↙️

Tokoh protαgonis : Rαjα dαn Permαisuri (Tokoh Utαmα)

Tokoh αntαgonis : αnαk Rαjα dαn Permαisuri (Tokoh Utαmα)

17. 1. Siapa tokoh-tokoh yang terdapat dalam cerita asal mula telaga warna?Jawab:2. Bagaimana alur cerita asal mula telaga warna?Jawab:3. Jelaskan latar/setting cerita asal mula telaga warna di atas !Jawab:4. Bagaimana amanat cerita dari asal mula telaga warna di atas ?Jawab:5. Jelaskan unsur ekstrensik asal mula telaga warna di atas !Jawab:​

Jawaban:

teks mana dek???

Penjelasan:

sertakan dengan teksnya ya

18. Siapa tokoh tokoh yang terdapat pada cerita asal mula telaga warnaBantu jawab yah

Jawaban:

1.PRABUSUARTALAYA

2.RATUPURBAMANAH

3.PUTRIGILANGRUKMINI

19. Bagaimana karakter tokoh utama dalam cerita asal mula Telaga Warna​

Jawaban:

PUTRI

Penjelasan:

SEMOGA TERBANTU DAN KALAU SALAH MINTA MAAF

Jawaban:

raja prabu surwatalaya

ratu purbamanah

putri gilang rukmini

Penjelasan:

telaga warna tempat obyek wisata yg berasal dari dataran tinggi dieng,kabupaten wonosobo

20. TOKOH ANTAGONIS DALAM CERITA ASAL MULA TELAGA WARNA ADALAH

Putri Gilang Rukmini

Pembahasan

Wataknya, durhaka kepada orang tua, pemarah, dan manja.

Video Terkait