Sendi Yang Berperan Dalam Aktivitas Menulis Tersebut Adalah

Sendi Yang Berperan Dalam Aktivitas Menulis Tersebut Adalah

Sendi Yang Berperan Dalam Aktivitas Menulis Tersebut Adalah

sendi yang berperan dalam aktivitas menulis tersebut adalah​

Daftar Isi

1. sendi yang berperan dalam aktivitas menulis tersebut adalah​

Jawaban:

Sendi Pelana

Sendi Geser

Sendi Engsel

*maaf kalo salah 🙂

Jawaban:

Sendi pelana

Penjelasan:

Sendi pelana terletak pada pergelangan tangan dan jari jari saat kita menulis.

Ciri ciri sendi pelana adalah dapat bergeser ke dua arah

Semoga membantu

Maaf kalau salah

2. aktivitas menulis melibatkan peran sendi.jenis sendi yang berperan untuk memegang dan menggerakkan pensil saat menulis adalah

Aktivitas menulis melibatkan peran sendi, yaitu yang pertama, sendi pada pangkal ibu jari, tipe persendiannya adalah sendi pelana. Yang kedua, persendian yang berada pada pergelangan tangan, tipe persendiannya adalah sendi geser. Ketiga, persendian yang terdapat pada ruas-ruas jari, tipe persendiannya adalah sendi engsel.

Pembahasan

Sendi adalah penghubung antartulang yang membuat tulang dapat digerakkan. Sendi merupakan perantara antara tulang yang satu dengan tulang yang lainnya sehingga tulang tersebut menyatu. Hubungan antartulang disebut artikulasi.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Arah Gerakannya

Sendi Engsel, yaitu hubungan antartulang yang dapat digerakan satu arah, maju atau mundur. Contohnya pada persendian siku, lutut, dan persendian antararuas jari tangan.Sendi Peluru, yaitu hubungan antartulang yang dapat digerakkan ke segala arah. Contohya pada persendian antara tulang paha dan tulang gelang panggul, dan antara persendian pangkal lengan atas dan gelang bahu.Sendi Putar, yaitu hubungan antartulang yang dapat digerakan secara rotasi. Contohnya pada persendian tulang tengkorak dan tulang atlas serta persendian tulang hasta dan tulang pengumpul.Sendi Geser, yaitu hubungan antartulang yang memungkinkan gerakan tulang yang satu menggeser pada tulang yang lain. Contohnya pada persendian antartulang karpal.Sendi Pelana, yaitu hubungan antartulang yang dapat digerakkan ke dua arah yang saling tegak lurus. Contohnya pada persendian tulang tumit dan tulang kering.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Sifat

Sinartosis (Synarthrosis) atau Sendi mati, yaitu hubungan antartulang yang tidak memungkinkan terjadinya gerakan, contohnya persendian pada tulang tengkorak.Amfiartrosis (Amphiarthrosis) atau Sendi kaku, adalah hubungan antartulang yang hanya sedikit memungkinkan terjadinya gerakan. Contohnya pada persendian tulang-tulang pergelangan tangan, persendian tulang pergelangan kaki, dan persendian ruas-ruas tulang belakangDiartrosis atau Sendi gerak adalah hubungan antartulang yang memungkinkan terjadinya gerak, baik gerak satu arah, dua arah, maupun ke segala arah.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Strukturnya

Sendi Fibrosa adalah sendi yang terdiri atas serat-serat kolagen yang sebagian besar dari sendi fibrosa tidak dapat digerakkan sama sekali karna jarak antar tulang sangat dekat yang dipisahkan selapis jaringan ikat fibrosa. Contoh letak sendi fibrosa adalah sutura pada antara tulang tengkorak.Sendi Kartilaginosa adalah persendian yang arahnya gerakannya kurang atau terbatas. yang hubungkan oleh tulang rawan hialin. Contohnya Tulang iga.Sendi Sinovial adalah sendi yang arah gerakannya leluasa atau bebas, sendi sinovial adalah sendi yang paling banyak pada tubuh manusia. Contohnya sikut dan lutut, bahu dan panggul, pergelangan tangan dan kaki, sendi pada tulang jari tangan dan kaki.

Macam-Macam Sendi Berdasarkan Anatomi Lokasi

Sendi artikulasi TanganSendi pergelanganSendi sikuSendi Bahu aksila (Glenohumeral dan sendi akromioklavikularis)Sendi sternoklavikularisSendi artikulatoris vertebraSendi Sakroiliaka panggulSendi temporomandibular rahangSendi artikulasi KakiSendi pinggulSendi lutut

Komponen penyusun persedian yaitu:

Kapsula sendi adalah lapisan yang melapisi sendi dan berserabut. Di bagian dalamnya terdapat rongga.Ligamen (ligamentum) adalah jaringan berbentuk pita yang tersusun dari serabut-serabut liat yang mengaikat tulang satu dengan tulang lain pada sendi.Tulang rawan hialin (kartilago hialin) adalah jaringan tulang rawan yang menutupi kedua ujung tulang yang berguna untuk menjaga dari benturan.Cairan sinovial adalah cairan pelumas pada kapsula sendi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Sinfibrosis dapat dijumpai pada per-sambungan: brainly.co.id/tugas/19665258Materi tentang Urutan struktur tulang dari luar ke dalam: brainly.co.id/tugas/7044690Materi tentang Percobaan Tulang Paha ayam direndam dengan larutan HCL:  brainly.co.id/tugas/7082406

—————————–

Detil jawaban

Kelas: IX (SMP)

Mapel: IPA (Biologi)

Bab: Rangka dan Otot Manusia

Kode: 9.4.1

Kata Kunci : sendi

3. jelaskan sendi apa saja yang berperan jika kita melakukan aktivitas berlari memegang pensil dan menulis​

Jawaban:

kaki,jari,tangan

Penjelasan:

pengen dapat poin buat nanya maaf klo salah

Sendi Engsel : Meluruskan tangan, berlari

Sendi Pelana : Memutar pergelangan tangan, memegang pensil dan menulis

Semoga Membantu

4. nama aktivitas sendi yang berperan

Saya hanya mencatat 4

Pada saat menyapu sendi yang berperan adalah Sendi PeluruPada saat menendang sesuatu yang berperan adalah Sendi EngselKepala yang di geleng”kan yang berperan adalah Sendi PutarSaat membuka buku yang berperan adalah Sendi Pelana

Semoga Bermanfaat

5. tulang yang berperan Ketika menulis pada sendi adalah

Sendi pelana,pergelangan tangan.
semoga membantu..menurut saya
sendi pelana
tulang jari jari

6. sendi apa yang berperan saat memegang dan menulis?

memegang pensil dan menulis=sendi pelana

sendi yang berperan saat memegang dan menulis yaitu sendi pelana.

7. NAMA AKTIVITAS DAN SENDI YANG BERPERAN

Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh bergerak. Berikut ini beberapa aktivitas dan sendi yang berperan dalam aktivitas tersebut, yaitu:

Menekuk siku, sendi yang berperan adalah sendi engsel.Menulis, sendi yang berperan adalah sendi pelana.Memutar pergelangan tangan, sendi yang berperan adalah sendi geser.Memutar lengan atas, sendi yang digunakan adalah sendi peluru.Membungkukkan badan, sendi yang digunakan adalah sendi kaku, dan sendi geser.

Pembahasan

Sendi adalah bagian tubuh yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh bergerak. Berdasarkan sifat gerakannya, sendi dapat digolongkan menjadi:

Sendi mati yaitu sendi yang tidak dapat bergerak sama sekali. Sendi mati terdapat di tulang-tulang yang menyusun tulang tengkorak.Sendi kaku yaitu sendi yang dapat bergerak dengan pergerakan yang minim. Sendi kaku terdapat di ruas-ruas tulang belakang dan tulang rusuk.Sendi gerak adalah sendi yang dapat digerakkan deng
an leluasa. Sendi gerak dibedakan menjadi:Sendi peluru adalah sendi yang dapat bergerak ke segala arah, termasuk gerak memutar. Sendi peluru memiliki rongga sendi dengan tulang yang ujungnya membulat. Contoh sendi peluru yaitu sendi di bagian panggul, sendi pada bahu.Sendi pelana adalah sendi yang dapat digerakkan ke samping kiri dan kanan, dan ke depan dan belakang. Contoh sendi pelana yaitu sendi di bagian pangkal tulang ibu jari.Sendi geser adalah sendi yang dapat gerakan bergeser searah secara mendatar. Contoh sendi geser yaitu sendi pada sambungan pergelangan tangan dan pergelangan kaki.Sendi engsel adalah sendi yang dapat bergerak sama dengan kerja engsel pintu. Contoh sendi engsel adalah sendi di bagian lutut dan bagian siku.Sendi putar adalah sendi yang dapat digerakkan memutar (rotasi) dari tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi di bagian leher.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang 10 aktivitas beserta sendi yang berperan, pada: https://brainly.co.id/tugas/16951015Materi tentang macam-macam sendi gerak dan contohnya, pada: https://brainly.co.id/tugas/575836Materi tentang 5 macam sendi, pada: https://brainly.co.id/tugas/558757

Detail Jawaban

Kelas : 8

Mapel : Biologi

Bab : Sistem Gerak Pada Manusia

Kode : 8.4.2

#AyoBelajar #SPJ2

8. apakah sendi yang berperan dalam setiap aktivitas slalu sama​

Jawaban:

berbeda

Penjelasan:

Sendi adalah bagian yang menghubungkan tulang dan membantu tubuh bergerak. Jumlah sendi setiap orang berbeda satu sama lain. Setidaknya ada sekitar 250 hingga 350 sendi yang menghubungkan tulang-tulang kita.

1. Sendi putar

Ciri khas sendi putar adalah kemampuannya untuk menggerakkan tulang dalam gerakan memutar (rotasi) dari tulang lain. Contoh sendi putar adalah sendi di bagian leher.

2. Sendi geser

Sendi geser bisa dikenali dari di bagian tulang yang membentuk gerakan bergeser searah secara mendatar. Contoh sendi geser bisa dilihat pada bagian sambungan antara pergelangan tangan dan pergelangan kaki.

3. Sendi pelana

Sendi pelana membantu menggerakkan tulang ke berbagai arah yakni ke samping kiri dan kanan, serta gerakan ke depan dan belakang. Contoh sendi bagian pangkal ibu jari.

4. Sendi engsel

Sendi engsel bergerak seperti cara kerja engsel pintu. Membantu tulang bergerak searah menyerupai pintu yang dibuka-tutup. Contoh sendi engsel adalah sendi di bagian lutut dan bagian siku yang bisa membengkok (ulna).

5. Sendi gulung

Sendi gulung ditandai dengan adanya rongga sendi dan bagian ujung tulang yang berbentuk bulat. Persendian ini menghasilkan gerakan dua sumbu arah secara fleksibel, kecuali gerak memutar. Contoh sendi gulung yaitu sendi yang ada di antara rahang serta antara tulang telapak tangan dengan tulang jari tangan.

6. Sendi peluru

Sendi peluru merupakan jenis sendi untuk berbagai gerakan ke segala arah, termasuk gerak memutar. Contoh sendi peluru adalah sendi di bagian panggul yang menyatukan tulang panggul dengan tulang paha.

Semoga membantu &semangat belajar,jadikan jawaban tercerdas ya

9. identifikasilah sendi-sendi yang berperan dalam setiap aktivitas sehari-hari​

Jawaban:

1. sendi putar : menggelengkan dan menganggukkan kepala

2. sendi engsel : berlari dan berjalan

3. sendi peluru : melempar sesuatu

4. sendi pelana : menggenggam sesuatu, menulis

10. Kita dapat bergerak disebabkan karena adanya sendi yang menyusun sistem gerak kita. Sendi tersebut berperan dalam setiap gerakan kita. Di bawah ini terdapat beberapa gerakan yang biasa kita lakukan, tugas kalian adalah menuliskan satu sendi yang berperan dalam aktivitas/gerakan yang terjadi di tempat yang disiapkan​

Jawaban:

1. Sendi putar

2. Sendi peluru

3. Sendi pelana

4. Sendi putar

5. Sendi peluru

6. Sendi engsel

7. Sendi engsel

8. Sendi engsel

9. Sendi putar

10. Sendi putar

Penjelasan:

moga membantu, semangat ya sekolah ny 🙂

11. membawa buku sendi yang berperan?menaiki tangga sendi yang berperan?berlari sendi yang berperan?melempar bola sendi yang berperan?menulis sendi yang berperan?​

Jawaban:

Buku:

Sendi siku(engsel)

Naik tangga:

Pergelangan kaki,dan lutut (peluru dan engsel)

Berlari:

sendi pada Lutut,Pinggul,lengan,dan bahuk(engsel,peluru,geser,pelana,dan beberapa sendi lain)

Lempar bola:

Bahu,siku(Peluru,engsel)

Menulis:

Sendi pada jari,pergelangan tangan(peluru)

—————————————-

[tex] \boxed{ \colorbox{black}{ \sf{ \color{lightgreen}{ answered\:by\:Duone}}}} [/tex]

12. identifikasilah sendi sendi yg berperan dalam aktivitas

1.Sendi Engsel,gerakan seperti engsel pintu.Contohnya pada siku dan lutut
2.Sendi putar,arah gerakan memutar.Contohnya pada sendi antara tulang leher dengan tengkorak
3.Sendi Peluru,memungkinkan banyak gerakan bebas.Contohnya sendi tulang bahu
4.Sendi geser,memungkinkan gerakan bergeser.Contohnya sendi tulang belakang

13. Aktivitas 1.4 mengidentifikasi sendi-sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari tabel 1.7 sendi yang bekerja pada aktivitas sehari-hari No.Nama Aktivitas.Sendi yang berperan 1. Melompat. ? 2. Menulis. ? 3. Membuka pintu. ? 4. Menendang bola. ? 5. Berlari. ?

1pelana
2engsel
3engsel
4pelana
5pelana

14. perhatikan gambar berikut ..Sendi yang berperan dalam aktivitas menulistersebut adalah ….A. sendi geserB. sendi peluruC. sendi geser dan sendi peluruD. sendi putar dan sendi geser​

JAWABAN :

D. sendi putar dan sendi geser

Penjelasan :

Karna sendi yang berperan dalam aktivitas menulis adalah sendi engsel, putar dan geser

Semoga membantu

15. Apa saja sendi yang bekerja pada aktivitas sehari hari? Sebutkan nama aktivitasnya dan sendi yang berperan apa

JAWABAN:

• Menggelengkan serta menganggukkan kepala. Aktivitas ini melibatkan kerja persendian antara tulang tengkorak dan tulang leher. Tipe persendiannya adalah sendi putar.

• Memutar pergelangan tangan. Aktivitas ini melibatkan kerja persendian yang berada pada perg
elangan tangan. Tipe persendiannya adalah sendi geser.

• Memegang pensil dan menulis. Aktivitas ini melibatkan kerja berbagai persendian. Pertama, sendi pada pangkal ibu jari, tipe persendiannya adalah sendi pelana. Kedua, persendian yang berada pada pergelangan tangan, tipe persendiannya adalah sendi geser. Ketiga, persendian yang terdapat pada ruas-ruas jari, tipe persendiannya adalah sendi engsel.

• Berlari. Aktivitas ini melibatkan kerja berbagai persendian. Pertama, sendi yang berada diantara tulang pinggul dan tulang paha, tipe persendiannya adalah sendi peluru. Kedua, persendian yang berada diantara tulang lengan atas dan tulang belikat, tipe persendiannya adalah sendi peluru. Ketiga, persendian yang terdapat pada siku, lutut dan jari tangan dan kaki, tipe persendiannya adalah sendi engsel. Keempat, persendian yang terdapat pada pergelangan kaki, tipe persendiannya adalah sendi geser.

• Meluruskan tangan dan kemudian membengkokkan tangan ke atas. Aktivitas ini melibatkan kerja persendian yang berada pada siku. Tipe persendiannya adalah sendi engsel.

semogamembantu^^

16. Nama sendi memegang pensil dan menulis sendi yang berperan adalah

Jawaban:

sendi yang berperan saat memegang dan menulis yaitu sendi pelana.

Penjelasan:

maaf kalau salah, semoga membantu

17. identifikasih sendi-sendi yg berperan setiap aktivitas tersebut!

– Memutar pergelangan tangan = aktivitas ini melibatkan kerja persendian yg berada pada pergelangan tangan. tipe persendiannya adalah sendi geser.
– Meluruskan tangan & kemudian membengkokkan tangan keatas. aktivitas ini melibatkan kerja persendian yg berada pada siku. tipe persendiannya adalah sendi engsel,

18. sendi sendi yang berperan dalam setiap aktivitas : a.menggelengkan kepala b.memutar pergelangan tangan c.memegang pensil dan menulis d.berlari e.meluruskan tangan dan kemudian membengkokan tangan ke atas

a. sendi putar, b.sendi geser c.sendi pelana d.sendi engsel dan pelur , e.sendi engsel

19. tuliskan 5 aktivitas sehari hari, identifikasi sendi sendi yang berperan dalam setiap aktivitas

jawaban nya adalah..
=>berlari dan melompat,sendi yang berperan didalam nya adalah sendi peluru.
=>mengangkat beban seperti barble,sendi yang berperan didalam nya adalah sendi engsel.
=>memutar-mutar kan kepala,sendi yang berperan adalah sendi putar.
=>menggendong jamu,sendi yang berperan adalah sendi geser.
=>menulis dan bersalaman,sendi yang berperan adalah sendi pelana.

semoga bermanfaat bagi anda…

20. sendi yang berhubungan dengan aktivitas menulis

sendi yang berhubungan dengan aktivitas menulis yaitu sendi engsel yang terdapatbpada jari jari tangan

#maaf ya kalau salahsendi yang berhubungan dengan aktivitas menulis itu adalah sendi peluru
karena di jari jari tangan terdapat sendi peluru

Video Terkait