Sebutkan 2 Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta

Sebutkan 2 Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta

Sebutkan 2 Bentuk Pameran Berdasarkan Peserta

Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta

Daftar Isi

1. Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta

1) Pame
ran Tunggal
2) Pameran Kelompok

2. Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan pesertanya

1.bentuk pameran berdasarkan tempat dan waktu pameran adalah sebagai berikut
a.pameran permanen atau tetap
b.pameran rutin
c.pameran insidental
2.bentuk pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan adalah sebagai berikut
a.pameran homogen
b.pameran heterogen

(Maaf kalau salah)

3. sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta​

Jawaban:

pameran homogen dan pameran heterogen

Penjelasan:

maaf kalo salah

4. sebutkan 3 bentuk pameran berdasarkan tempatnya dan 2 berdasarkan ragam karya yang dipamerkan

1. Bentuk pameran berdasarkan tempat dan waktu pameran adalah sebagai berikut.

a. Pameran permanen atau tetap 
adalah bentuk pameran yang tidak terikat oleh lamanya waktu. permanen artinya tidak pernah tutup dan tidak terikan oleh waktu. Contohnya, museum dan art gallery.

b. Pameran rutin 
adalah pameran yang selalu diadakan dalam waktu-waktu tertentu, misalnya pameran seni rupa yang diadakan tiap tahun sekali dan pameran ARSIP Tulungagung yang memuat budaya,sejarah,sosial dan agama.

c. Pameran insidental 
adalah pameran yang diadakan dengan maksud dan tujuan tertentu yang tidak terikat oleh rutinitas pelaksanaannya. Misalnya, pameran akhir studi, pameran penyerta seminar, atau pameran menyambut kunjungan tamu.

2. Bentuk pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan adalah sebagai berikut.

a. Pameran homogen 
adalah suatu penyelenggaraan pameran dengan menampilkan karya  seni dari salah satu cabang seni saja. Karya seni yang dipamerkan tersebut tidak tergantung dari jumlah peserta pameran atau pemilik karya.

b. Pameran heterogen
adalah penyelenggaraan pameran yang menampilkan beberapa cabang seni rupa pada waktu dan tempat, serta peristiwa yang sama.

5. 1. apa yang kamu ketahui tentang pameran? 2. sebutkan dan jelaskan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta! m​

Jawaban:

1.Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.

2.Pameran Berdasarkan Jenis Karya Seni yang Dipamerkan

•Pameran Homogen, merupakan pameran yang hanya fokus dalam memamerkan satu jenis karya seni, seperti pameran patung, pameran lukisan, pameran grafis, dan pameran kriya.

•Pameran Heterogen, merupakan pameran yang memamerkan berbagai jenis karya seni yang berbeda, seperti pameran lukisan, grafis, kriya, maupun patung.

•Pameran Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan

Pameran Periodik, merupakan pameran yang dilangsungkan secara berkala. Misalnya, pameran yang dilakukan sekali dalam sebulan.

maaf klo jwabanny blm memuaska….

6. 1. Apa yang kamu ketahui tentang pameran 2. Sebutkan dua bentuk pameran berdasarkan peserta 3. Debutkan tiga karya seni yang bisa dijadika pameran luar ruangan 4. Sebutkan tugas pembimbing/pembina pameran 5. Sebutkan tiga kelengkapan ruang pameran

1.Pameran merupakan kegiatan yang dilakukan untuk menyampaikan ide atau gagasan perupa kepada publik melalui media karya seninya. 
2.a. Pameran tunggal 
adalah pelaksanaan pameran yang menampilkan beberapa karya seorang seniman saja
b. Pameran kelompok 
adalah pelaksanaan pameran dengan menampilkan karya-karya dari beberapa orang (seniman) dalam satu tempat.
3.lukisan,patung,kriya
4.menjaga agar tidak ada barang ilegal yang dipamerkan
5.Meja adalah benda pertama yang kita temui saat masuk ruang pameran, meja ini bisa saya temukan saat masuk ruang pameran yang difungsikan untuk meletakkan buku tamu, katalog, dan brosur. Dipintu masuk biasanya barang-barang ini ditemukan.Kursi adalah kelengkapan meja, penunggu buku tamu dan penyambut tamu akan duduk dikursi dekat dengan meja. Dengan demikian kursi menjadi pelengkap penting dalam hal ini.Buku Tamu, Buku tamu biasa diletakkan diatas meja dekat pintu masuk. Buku tamu ini difungsikan untuk mengetahui jumlah pengunjung yang datang, dan dari kalangan apa, serta memiliki status sosial seperti apa. Buku tamu ini berbentuk kolom-kolom yang terdiri dari No, Nama, Jabatan/Pekerjaan, dan tanda tangan. Oleh karena itu penyambut tamu harus selalu meminta pengunjung yang masuk untuk menulis buku tamu agar terdeteksi jumlah pengunjung hari itu. Hal ini bisa digunakan sebagai bahan evaluasi.Buku Katalog. Buku ini biasa diletakkan di meja masuk. Terkadang katalog juga berbentuk seperti brosur yang terdiri dari beberapa lembar. Walaupun bentuknya berbeda-beda namun fungsinya sama yaitu mengetahui gambaran tentang karya yang dipamerkan diruang pameran. Isi Buku Katalog harus lengkap, biar pengunjung saat melihat isinya sudah memiliki gambaran umum sebelum melihat karya yang asli. Sekaligus bisa membandingkan secara langsung sebelum melihat karya aslinya yang terpampang dalam ruang pameran. Katalog biasanya berisi kata sambutan, serta foto, ukuran karya aslinya, nama karya, nama pelukis/pengrajin, media dan alat, deskripsi dan sekalian bandrol harga.Sketsel atau Papan panil adalah papan yang dipasang di ruang pameran. Fungsinya selain sebagai skat, sketsel ini difungsikan untuk memajang karya 2 dimensi. Selain tembok atau dinding, sketsel ini memang diperuntukkan untuk memasang karya dua dimensi.

ngan

7. Sebutkan bentuk-bentuk pameran berdasarkan tempat dan waktu pameran

Pameran : Pameran Bazar .
Tempat : Sekolah
Waktu : Siang Atau Pagi ( Istirahat )

——————————————————————————–

Pameran : Pameran Makanan
Tempat : Sekolah
Waktu : Pagi

========================================

Semoga Membantu , trimkshi …….

8. Sebut dan jelaskan bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta pameran?

Berdasarkan jumlah peserta, pameran dalam seni rupa bisa dibedakan menjadi:

Pameran Tunggal: jenis pameran seni rupa yang hanya menampilkan hasil karya seni dari seorang seniman saja.Pameran Kelompok: jenis pameran seni rupa yang menampilkan karya seni dari beberapa seniman atau menampilkan karya seni yang dibuat oleh beberapa seniman.

Pembahasan

Pameran seni rupa adalah bentuk kegiatan yang dilakukan oleh seniman untuk menampilkan hasil karya seninya kepada masyarakat. Melalui pameran seni rupa, seniman bisa mengkomunikasikan apa yang menjadi gagasan dan idenya yang sudah dituangkan kepada karya seni kepada masyarakat. Selain itu, melalui pameran seniman bisa mendapatkan apresiasi dan kritik dari masyarakat yang sudah melihat karya seninya. Apresiasi dan kritik ini akan mendorong seorang seniman untuk meningkatkan produktivitas dan juga meningkatkan kualitas dari karya seninya. Selain berdasarkan jumlah pesertanya, pameran bisa dibagi menjadi:

A. Berdasarkan Karya Seni yang Dipamerkan

Berdasarkan karya s
eni yang ditampilkan, pameran bisa dibagi menjadi:

Pameran homogen: jenis pameran seni rupa yang hanya menampilkan satu jenis karya seni rupa saja, seperti hanya lukisan atau hanya patung.Pameran heterogen: jenis pameran seni rupa yang menampilkan beberapa jenis karya seni rupa dalam satu ruang, seperti lukisan dan patung.

B. Berdasarkan Waktu Penyelenggaraan

Berdasarkan waktu penyelenggaraan, pameran bisa dibagi menjadi:

Pameran periodik: pameran yang dilangsungkan secara berkala, seperti satu tahun sekali.Pameran Incidental: pameran yang diadakan karena ada keperluan atau kesempatan tertentu sehingga biasanya bersifat mendadak atau direncanakan dalam waktu dekat.Pameran permanen: pameran yang selalu diadakan pada suatu waktu dan pada tempat tertentu.

C. Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, pameran bisa dibagi menjadi:

Pameran seniman: jenis pameran yang menampilkan hasil karya seni dari seniman.Pameran sekolah: jenis pameran yang menampilkan hasil karya seni dari murid-murid di suatu sekolah.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang jenis kritik pada seni rupa

https://brainly.co.id/tugas/15474976

Materi tentang apresiasi seni

https://brainly.co.id/tugas/30313824

Materi tentang fungsi kritik seni

https://brainly.co.id/tugas/2090155

Detail jawaban

Kelas: 9

Mapel: Seni Budaya

Bab: 10 – Pameran

Kode: 9.19.10

#TingkatkanPrestasimu

9. sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta? ​

Jawaban:

1) PAMERAN TUNGGAL

2) PAMERAN KELOMPOK

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

#SEJUTA POHON

10. sebutkan 2 jenis pameran berdasarkan jumlah pesertanya​

Jawaban:

Pameran tunggal adalah pameran yng hanya dilakukan oleh satu orang

Pameran masal adalah pameran yng dilakukan oleh banyak orang

Penjelasan:

Semoga membantu

11. 1.Sebutkan dan jelaskan kelompok pameran berdasarkan jenis karyanya 2.sebutkan pameran berdasarkan jumlah pesertanya 3.sebutkan dua fungsi pameran di skolah​

Jawaban:

1. Pameran karya seni rupa berdasarkan pada ragam jenis karya yang ditampilkan, dibedakan menjadi dua, yaitu : pameran homogen dan pameran heterogen. Pameran homogen, artinya pameran yang hanya menampilkan satu karya seni rupa saja, misalnya pameran lukisan, pameran patung, pameran keramik

2Pameran Tunggal: jenis pameran seni rupa yang hanya menampilkan hasil karya seni dari seorang seniman saja

3.Menumbuhkan dan menambah kemampuan siswa dalam memberikan apresiasi terhadap karya orang lain.

Menambah wawasan dan kemampuan dalam memberikan evaluasi karya secara lebih objektif.

Melatih kerja kelompok (bekerjasama dengan orang lain).

Mempertebal pengalaman sosial (rasa kebersamaan).

maafkalosalah

~

Penjelasan:

1.Pameran Berdasarkan Jenis Karya Seni yang Dipamerkan

•Pameran Homogen, merupakan pameran yang hanya fokus dalam memamerkan satu jenis karya seni, seperti pameran patung, pameran lukisan, pameran grafis, dan pameran kriya.

•Pameran Heterogen, merupakan pameran yang memamerkan berbagai jenis karya seni yang berbeda, seperti pameran lukisan, grafis, kriya, maupun patung.

2.Pameran Berdasarkan Jumlah Peserta

•Pameran Tunggal, merupakan pameran karya seni dengan jumlah peserta hanya satu orang. Ini berarti bahwa karya seni yang dipamerkan dalam sebuah pameran karya seni merupakan hasil karya seseorang saja.

•Pameran Kelompok, merupakan pameran karya seni dengan jumlah peserta lebih dari satu orang ayau kelompok. Ini berarti bahwa hasil karya seni yang dipamerkan dalam sebuah pameran karya seni merupakan hasil karya berssama beberapa orang atau kelompok.

3.Fungsi Pameran bagi Siswa di Sekolah

•Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Membuat Karya Seni

•Sebagai Sarana Apresiasi

•Melatih Siswa untuk Bermasyarakat

•Membangkitkan Motivasi Siswa dalam Membuat Karya Seni

•Sebagai Sarana Rekreasi

•Sebagai Sarana Edukasi

12. Sebutkan dan jelaskan bentuk bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta

Jawaban:

.Bentuk Pameran berdasarkan jumlah pesertanya dibagi 2 yaitu:

a)Pameran Tunggal adalah pelaksanaan pameran yang menampilkan beberapa karya seorang seniman saja.

b)Pameran Kelompok adalah pelaksanaan pameran dengan menampilkan karya-karya dari beberapa orang(seniman)dalam satu tempat

Penjelasan:

maaf klo slah

13. Sebutkan Bentuk Bentuk Pameran Berdasarkan Tempat Dan Waktu Pameran

*pameran tetap
*pameran temporer
*pameran keliling
*pameran tunggal atau pameran bersama
*pameran kerja sama
*pameran khususA. Pameran tetap
Pameran yang menyajikan koleksi galeri nasional Indonesia secara periodik yang ditata berdasarkan konsep kuratorial dan diselenggarakan oleh galeri. Waktu penyelenggaraan pameran tetap berlangsung 1 kali dalam satu tahun.

b. Pameran Temporer
Pameran tunggal atau pameran bersama yang menyajikan karya-karya seni rupa dalam jangka waktu tertentu yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerja sama dengan pihak lain. Waktu penyelenggaraan Pameran Temporer berlangsung minimal selama 10 hari, maksimal berlangsung selama 30 hari.

c. Pameran Keliling
Pameran yang menuyajikan karya-karya koleksi Galeri Nasional Indonesia maupun karya diluar koleksi Galeri Nasional Indonesia dan atau di luar negeri yang diselenggarakan oleh Galeri Nasional Indonesia atau kerjasama dengan pihak lain.

d. Pameran Tunggal atau Pameran Bersama
Materi yang dipamerkan pada pameran bersama merupakan karya-karya lebih dari satu seniman. Biaya pameran ditanggung oleh seniman yang bersangkutan.
Peminjaman gedung dilakukan dengan cara mengajukan permohonan disertai proposal kepada Galeri Nasional Indonesia, selanjunya permohonan tersebut akan dipertimbangkan oleh Tim Kurator. Fasilitas gedug yang disediakan berupa panel, lampu, bantuan teknis tata pameran dan fasilitas keamanan.

e. Pameran Kerja Sama
Pola pameran ini dilaksanakan berdasarkan kerjasama antara Galeri Nasional Indonesia, dengan pihak lain. Pihak lain tersebut dapat merupakan lembaga/organisasi kebudayaan/kesenian, museum, galeri dan pusat-pusat kebudayaan negara sahabat. Biaya penyelenggaraan ditanggung bersama. Pameran kerjasama ini dapat dapat dilaksanakan selama 10 kali dalam 1 tahun, tiap-tiap pameran dapat dilaksanakan antara 2 minggu sampai 1 bulan.

f Pameran Khusus
Pameran Khusus adalah pameran yang biaya penyelenggaraan sepenuhnya ditanggung oleh Galeri Nasinal Indonesia. Materi yang dipamerkan dapat merupakan koleksi Galeri Nasinal Indonesia atau milik seniman atau kolektor lainnya. Penyelenggaraanpameran khusus 2 atau 3 kali dalam setahu

semoga membantu

14. Bentuk Pameran yang berdasarkan jumlah peserta, yaitu …. *

Jawaban:

1.Bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta pameran

a)Pameran Tunggal adalah pelaksanaan pameran yang menampilkan beberapa karya seorang seniman saja

b)Pameran Kelompok adalah pelaksanaan pameran dengan menampilkan karya-karya dari beberapa orang(seniman)dalam satu tempat

semoga membantu 🙂

15. 1. Jelaskan pengertian PAMERAN!2. Sebutkan dan jelaskan  Bentuk Pameran berdasarkan Tempat dan waktu Pameran !3. Sebutkan dan Jelaskan Bentuk Pameran berdasarkan ragam karya yang dipamerkan ! 4. Sebutkan dan Jelaskan Bentuk Pameran berdasarkan jumlah peserta Pameran !5. Sebutkan Tiga  Fungsi dan Tiga Tujuan Pameran Karya Seni Rupa bagi seorang Pelajar !​

Jawaban:

1. Pengertian pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.

Penjelasan:

Pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.

16. sebutkan dan jelaskan bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta pameran!

cari di gogel cepat coba aja yah

17. 1. Pameran merupakan?2.Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta?3.Sebutkan karya seni rupa yang biasa dipamerkan?4.Sebutkan minimal 3 tujuan pameran seni rupa di sekolah?5.Sebutkan tugas dan tanggung jawab seksi konsumsi?​

JawabandanPenjelasan:

1. suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas

2. pameran tunggal dan pameran kelompok

3. lukisan, pahatan, keramik, tekstil, ukiran, fotografi, & karikatur

4. 1. mningkatkan kemampuan berkarya = agar bakat para siswa terlatih, 2. dpt melakukan penilaian / evaluasi = agar siswa dpt mmbuat karya yang lebih baik lagi, 3. Sebagai sarana apresiasi & hiburan

5. berguna untuk melakukan persiapan pada kebutuhan konsumsi pada persiapan hingga setelah kegiatan

Selamat belajar semoga bermanfaat #brainly #stayhome

Cct : Hello, mau kah gabung grup belajar di wa, ayo silahkan kalian pc nomor dibawah ini :

(0823 – 2210 – 0933)

Jawaban:

1.Pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas. Pameran merupakan suatu bentuk dalam usaha jasa pertemuan.

2.Bentuk Pameran berdasarkan jumlah pesertanya dibagi 2 yaitu:

a)Pameran Tunggal adalah pelaksanaan pameran yang menampilkan beberapa karya seorang seniman saja.

b)Pameran Kelompok adalah pelaksanaan pameran dengan menampilkan karya-karya dari beberapa orang(seniman)dalam satu tempat.

3.Karya seni rupa yang biasa/dapat dipamerkan yaitu:

1.Lukisan.

2.Pahatan.

3.Keramik.

4.Tekstil.

5.Ukiran.

6.Fotografi.

7.Karikartur atau komik.

4.Tiga tujuan pameran seni rupa di sekolah:

1)Menumbuhkan jiwa seni dan kreatifitas para siswa.

3)Melatih jiwa apresiasi para murid.

4)Memperkuat jiwa bersaing dalam menciptakan sesuatu yang bernilai seni.

5.Seksi Konsumsi bertugas menyediakan dan mengatur konsumsi ketika pembukaan dan penutupan pameran. Seksi konsumsi juga bertanggung jawab menyediakan dan mengatur konsumsi dalam kegiatan kepanitian pameran.

18. 1. Apa yang kamu ketahui tentang pameran seni rupa? 2. Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta! 3. Sebutkan 3 karya seni rupa yang bisa dijadikan pameran out door! 4. Sebutkan tugas pembimbing/pembina pameran! 5. Sebutkan 3 kelengkapan ruang pameran!

Jawaban:

1. Pameran seni rupa yaitu kegiatan seniman

untuk mempertunjukkan karya-karyanya

kepada masyarakat yang dilaksanakan secara

individu atau kelompok yang dikoordinasikan

dalam bentuk kepanitian

2. Pamerantunggal:

Pelaksanaan pameran yang menampilkan

beberapa karya seseorang seniman saja

Pameran kelompok

Pamerankelompok:

Pelaksanaan pameran dengan menampilkan

karya-karya dari beberapa orang (seniman)

satu tempat

3. Batik,patung,figura,benda pakai

4. Bertugas membimbing dan mengarahkan

agar pameran dapat berjalan dengan baik

5. Meja:

Benda pertama yang kita temui saat masuk

ruang pameran

Kursi:

Kelengkapan meja

Bukutamu:

Biasanya diletakkan diatas meja dekat pintu

masuk

Jawaban:

pameransenirupaadalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekolompok orang untuk mengomunikasikan,memperkenalkan,memperlihatkan,dan memajangkan hasil karyanya untuk diamati,dihayati,dan diapresiasi orang lan.pameran Homogen,dan pameran Heterogenpatung,kriya,dan tekstil1.membimbing/memberi masukkan dan saran kepada panitia. 2. bertanggung jawab atas keberhasilan pameran1. pesiapan penyelenggaraan pameran 2. tahap penataan ruangan 3. tahap pelaksanaan.

19. Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta

Shalom Aleichem b’Shem Ha Mashiach, salam sejahtera bagi kita semua, semoga selalu berada dalam lindungan kasihNya.

Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta!

Pameran tunggal, pameran tunggal adalah pameran yang dilakukan perorangan saja, karya yang dipamerkan dibuat oleh seorang, semua proses dari ide, pembuatan, finishing, hingga pameran dikerjakan oleh seorang saja, sebagai contoh : Basukki Abdullah, pelukis Indonesia memamerkan karya di museumPameran k
elompok/ group, pameran kelompok adalah pameran yang dilakukan oleh sekelompok orang, karya yang dibuat dimulai dari awal hingga akhir adalah hasil campur tangan sekelompok orang, sebagai contoh : Komunitas pelukis asal Jawa, membuat mahakarya lukisan dan dipajang di pameranPembahasan :

  Pameran adalah kegiatan memamerkan mahakarya yang dilakukan seorang maupun kelompok dengan tujuan memperkenalkan, menunjukan, membuktikan hasil perjuangan pembuatan karyanya, lalu diapresiasi, evaluasi, kritik, saran, dan membangun oleh orang yang melihat pameran.

Pameran dilakukan untuk memamerkan mahakarya, contohnya

Pameran lukisanPameran perhiasanPameran tanamanPameran barang bekasPameran alat musikBazaar

Pameran juga membutuhkan tempat, contohnya

MuseumPameran pada jalananShowroomMallRumah lukisPasarRumah seniLapangan

Berdasar tempatnya pameran dibedakan menjadi 2, yaitu

Outdoor : Dilakukan diluar ruangan, contohnya jalanan, pasar, lapanganIndoor : Dilakukan didalam ruangan, contohnya showroom, museum, rumah seniPelajari lebih lanjut :

Sebutkan dan jelaskan macam-macam pameran berdasarkan tujuan pameran, fungsinya, dan karyanya?

https://brainly.co.id/tugas/13919655

Sebutkan beberapa hal yg harus dilakukan untuk dapat menyelenggarakan pameran!

https://brainly.co.id/tugas/14136413

Apa yang diketahui tentang seni musik dan pameran ?

https://brainly.co.id/tugas/16140476

Detil jawaban :

Mapel : Seni

Kelas : 9 SMP

Materi : Bentuk pameran berdasar peserta

Kata kunci : Sebutkan 2 bentuk pameran berdasarkan peserta, pameran, contoh pameran, contoh tempat pameran

Kode soal : 19

Kode kategorisasi : 9.19

#TingkatkanPrestasimu

20. sebut dan jelaskan bentuk pameran berdasarkan jumlah peserta pameran?

pameran tunggal dan pameran kelompok

Video Terkait