Keunikan Dari Rotan Memiiki Sifat

Keunikan Dari Rotan Memiiki Sifat

Keunikan Dari Rotan Memiiki Sifat

Keunikan dari rotan memiiki sifat …. (10 Poin) A. Lembut. B. Kasar. C. Mudah dibentuk. D. Lunak.​

1. Keunikan dari rotan memiiki sifat …. (10 Poin) A. Lembut. B. Kasar. C. Mudah dibentuk. D. Lunak.​

Keunikan dari rotan ialah memiliki sifat yang C. Mudah dibentuk. Rotan merupakan salah satu tanaman alam yang digunakan sebagai bahan furniture atau kerajinan tangan. Rotan memiliki sifat yang elastis sehingga memudahkan pengrajin untuk membentuk kerajinan dari bahan rotan.

Pembahasan:

Teknik pembuatan kerajinan bahan limbah dapat diartikan sebagai suatu cara untuk membuat kerajinan bahan limbah. Teknik pembuatan kerajinan bahan limbah akan disesuaikan dengan material atau bahan baku limbah yang digunakan, produk yang diinginkan, serta pertimbangan faktor biaya. Pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman praktis diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna.

Sedangkan tahapan pembuatan kerajinan bahan limbah dapat diartikan sebagai suatu urutan proses produksi menjadi produk siap pakai. Tahapan pembuatan kerajinan bahan limbah dimulai dari proses persiapan bahan baku hingga menghasilkan suatu kerajinan yang memiliki nilai pakai dan nilai ekonomi.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang bahan lunak pada brainly.co.id/tugas/42021873Materi tentang model dan proses seni pada brainly.co.id/tugas/51525524Materi tentang kerajinan bahan keras pada brainly.co.id/tugas/43254695

Detail jawaban

Kelas: SD-3

Mapel: Bahasa Indonesia

Bab: Bab 7 – Kerajinan

Kode: 3.1.7

#AyoBelajar #SPJ2

2. Keunikan dari rotan memiliki sifat ?​

Salah satu jenis bahan dasar yang sangat sering digunakan dalam pembuatan kerajinan adalah rotan. Sifat yang menjadi keunikan dari rotan adalah mu
dah dibentuk.

Pembahasan

Soal di atas sepertinya tidak lengkap karena seharusnya disertai juga dengan pilihan jawabannya. Berikut adalah soal yang lengkap:

Salah satu jenis bahan dasar yang sangat sering digunakan dalam pembuatan kerajinan adalah rotan. Sifat yang menjadi keunikan dari rotan adalah

A. Kasar

B. Lembut

C. Lunak

D. Mudah dibentuk

Maka dari itu, jawaban yang tepat adalah pilihan (D). Pilihan (D) tepat karena pada dasarnya rotan adalah salah satu jenis dari bahan keras karena sifatnya yang keras dan kuat. Namun, yang menjadi kelebihan dari rotan adalah kemudahan untuk membentuk rotan. Rotan ini bisa kita bentuk bahkan dengan hanya menggunakan tangan. Maka dari itu, rotan adalah salah satu jenis bahan dasar yang bisa buat menjadi kerajinan dengan menggunakan teknik anyaman. Meskipun mudah dibentuk, kerajinan yang terbuat dari rotan ini memiliki sifat yang sangat kuat, kokoh, dan juga tahan lama.

Pilihan (A), (B), dan (C) salah karena bukan merupakan sifat yang menjadi keunikan dari bahan rotan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang contoh kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/21263558

Materi tentang prinsip kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/18677013

Materi tentang contoh stilasi pada kerajinan berbasis media campuran

https://brainly.co.id/tugas/29024624

Detail jawaban

Kelas: 8

Mapel: Seni Budaya

Bab: 9 – Penerapan Ragam Hias pada Bahan Keras

Kode: 8.19.9

#AyoBelajar 

3. sifat keunikan rotan dan kayu

dapat di olah menjadi barang kerajinan
maaf kalau salah ya
cuma itu yang aku taudapat diolah menjadi kerajinan dan dapat dibuat kursi ,meja dll.

4. Apa judul dan tema yg unik tentang rotan

Rotan si kecil yang lentur

#Mohon maaf jika salah
#Follow aku ya

5. keunikan batu,bambu, rotan​

Jawaban:

Keunikan batu: memiliki beragam warna.

Keunikan bambu: terletak pada batang yang kuat dan berongga serta memiliki serat yang memiliki tekstur unik.

Keunikan rotan​: kuat, elastis dan panjang

Penjelasan:

Batu adalah benda padat yang terbuat secara alami dari mineral.

Bambu adalah tanaman yang beruas dan berongga di bagian batangnya yang merupakan tanaman anggota jenis rerumputan.

Rotan adalah jenis tumbuhan hasil hutan bukan kayu yang biasa digunakan sebagai furnitur dan produk kerajinan.

6. 3.keunikan dari rotan memiliki sifat​

Jawaban:

lentur,mudah di bentuk

Penjelasan:

maaf kalo salah

7. jelaskan ciri umum dari rotan dan apa keunikan dan keunggulan kerajinan dari bahan rotan jika dibandingkan dengan kerajinan dari bahan kayu dan bambu​

Jawaban:

ciri umum : memiliki ruas batang, permukaan halus tanpa diamplas, sangat kokoh

keunggulan kerajinan : beberapa rotan terbilang

elastis sehingga dapat digunakan dalam pengayaman, tahan lama, dan dapat dibuat kerajinan yang bermacam macam

8. keunikan keranjang parcel rotan

Ramah Lingkungan, fleksibel, tahan pakai, mudah perawatan nya, ringan tapi kuat, multifungsi. Sangat ringan dan kuat , sangat mudah perawatannya

9. keunikan kerajinan yg terbuat dari rotan

Banyak, contohnya kursi anyam dari rotan lebih kuat bahannyacontohnya adalah kursi dll

10. bayangan yang dibentuk pada mata memiiki sifat

nyata,tegak,diperkecil.

semoga membantu 🙂

11. Tulang rawan yang memiiki sifat lentur dan terdapat pada hidung adalah…

Jawaban:

Jika Anda menyentuh telinga atau hidung, kedua organ ini terasa begitu fleksibel atau lentur. Tahukah Anda, meski lentur, keduanya ternyata terdiri dari tulang? Tulang yang menyusun telinga dan hidung adalah tulang rawan.

Meski lentur, tulang rawan tetap tersusun dari jaringan yang padat. Organ ini juga memiliki fungsi yang penting untuk tubuh kita. Agar tidak semakin penasaran, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

Tulang rawan manusia dan lokasinya

Tulang rawan adalah sejenis jaringan ikat yang terdiri dari sel-sel, yang disebut kondrosit. Kondrosit kemudian memproduksi komponen pembuat tulang rawan lain, seperti serat kolagen serta serat elastin. Jaringan tulang rawan memiliki sifat elastis tapi tetap padat. Pada tubuh, tulang rawan terdapat di beberapa area, seperti:

Di sela-sela persendian, seperti pada siku, lutut, dan pergelangan kaki

Di ujung tulang rusuk

Di antara tulang-tulang di susunan tulang belakang

Telinga dan hidung

Di saluran napas

Fungsi jaringan tulang rawan

Meski sama-sama disebut tulang, tapi fungsi tulang rawan sama sekali berbeda dengan tulang biasa. Berikut ini beberapa peran yang diemban oleh tulang rawan di tubuh.

Mengurangi gesekan dan berperan sebagai bantalan antar tulang di persendian

Membantu menopang berat badan saat tubuh melakukan kegiatan seperti berlari, membungkuk, atau melakukan peregangan

Sebagai perekat tulang-tulang di tubuh, sebagai contoh, pada tulang rusuk

Menjalankan fungsi sesuai organ yang dibentuknya. Sebagai contoh, telinga, yang seluruhnya terdiri dari tulang rawan, berfungsi untuk mendengar.

Sebagai bagian dari proses pertumbuhan tulang anak. Sebab, pada anak-anak, ujung tulang paha dan kaki masih terbuat dari tulang rawan, dan baru akan berubah menjadi tulang biasa saat masa pertumbuhan berhenti.

Tulang rawan dibagi menjadi tiga jenis berbeda

Tulang rawan terdiri dari tiga jenis yang berbeda, yaitu tulang rawan elastis, tulang rawan fibrosa, dan tulang rawan hialin.

1. Tulang rawan elastis

Tulang rawan elastis adalah jenis yang ditemukan pada telinga, epglotis (pintu masuk tenggorokan), hidung, dan trakea. Tulang rawan jenis ini, dapat memberikan kekuatan dan kelenturan untuk organ maupun struktur tubuh, seperti pada telinga bagian luar.

2. Tulang rawan fibrosa

Pada tubuh, tulang ini terletak pada cekungan kecil yang disebut sebagai menisci serta pada diskus atau cakram yang terletak di antara tulang belakang. Tulang rawan jenis inilah yang berfungsi sebagai bantalan pada sendi, dan mengurangi gesekan antartulang yang bisa menimbulkan nyeri.

3. Tulang rawan hialin

Tulan rawan hialin adalah jenis tulang rawan yang paling banyak terdapat pada tubuh, dan dapat ditemukan di laring, hidung, tulang rusuk, serta trakea. Lembaran tipis tulang rawan juga ada di permukaan tulang, dan berperan sebagai bantalan.

Tulang rawan hialin dapat juga disebut sebagai tulang rawan artikular. Dibandingkan dengan dua jenis tulang rawan lainnya, jenis ini dinilai sebagai tulang rawan yang paling lemah.

Gangguan yang dapat terjadi di tulang rawan

Meski lentur, tulang rawan tetap dapat terserang gangguan dan menimb
ulkan beberapa gejala, seperti:

Peradangan, yang menyebabkan area tulang rawan tersebut akan membengkak, dan terasa lebih hangat dibandingkan bagian tubuh lainnya

Rasa nyeri di area tulang rawan

Kekakuan di area tubuh

Kesulitan untuk bergerak, apabila tulang rawan yang mengalami gangguan, terletak di persendian

Kerusakan tulang rawan, umumnya terjadi di lulut. Namun, area lain seperti siku, pergelangan tangan, pergelangan kaki, bahu, dan pinggang juga dapat mengalaminya.

Pada kasus yang parah, tulang rawan bahkan bisa patah dan menyebabkan sendi di tubuh menjadi terkunci. Kondisi ini juga bisa menyebabkan terjadinya hemarthrosis atau perdarahan pada sendi. Saat sendi mengalami perdarahan, kulit di area sendi tersebut akan terlihat memar dan kemerahan.

Saat kondisi ini terjadi, perawatan akan dilakukan sesuai dengan kondisi gangguan dan penyebab awalnya. Umumnya, perawatan dilakukan dengan pemberian obat pereda nyeri golongan antiinflamasi non-steroid (AINS) dan terkadang juga dengan suntikan steroid.

Selain itu, terapi fisik juga dapat dilakukan untuk memperlancar pergerakan kembali. Pada kondisi yang parah, prosedur operasi terkadang perlu dilakukan.

Baca Juga

Agnosia adalah Penyakit yang Belum Ada Obatnya, Seperti Ini Gejalanya

Mengenal Fungsi Tulang Rusuk, Pelindung Organ Vital di Dada

Penyebab Rahang Bawah Maju dan Cara Mengatasinya

Untuk menghindari gangguan pada tulang rawan, Anda sebaiknya senantiasa menjaga kesehatannya dengan rutin berolahraga dan menjaga pola makan. Apabila gejala gangguan sudah mulai muncul, segera periksakan diri ke dokter untuk segera mendapatkan perawatan.

12. Sifat Sifat rotan adalah

Jawaban:

[tex]1.kuat \\ 2.mudah \: di \: bentuk \\ 3.mudah \: di \: gunaka[/tex]

Penjelasan:

[tex] \sqrt[semoga]{membantu} [/tex]

13. perang rotan merupakan tradisi unik yang ada di Bali berasal dari kabupaten​

Jawaban:

KABUPATEN KARANGASEM

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU YAA:)

TANDAI SEBAGAI JAWABAN YANG TERBAIK!!!!!

Jawaban:

Kabupaten Karangasem.

Penjelasan:

Pada tradisi adat ini, mereka akan menunjukkan keberanian dan adu nyali dengan bertarung menggunakan rotan.

14. sifat sifat kulit dan rotan

sifat kulit kasar permukaan yang berlubang-lubangsifat dari kulit hewan :
 keras, bisa ditulisi berbagai macam tuisan (kalo sudah kering)
sifat dari kulit rotan :
 lentur, tidak mudah patah, dan bisa diubah menjadi berbagai macam kerajinan tangan.

tapi kalo jenis kulitnya salah, gak papaya, soalnya kan kamu sendiri yang kasih tau saya kalo kulit yang dimaksud adalah kulit hewan

15. keunikan dari rotan memiliki sifat?​

Jawaban:

Yaitu Lebih Ringan,kuat,elastis

Penjelasan:

maaf klu Salah:)

Penjelasan:

jangan lupa follow langsung di follback!

16. keunikan tas rotan, guci jogja,topeng barong

Untuk kerajinan khas daerah
digunakan sebagai kerajinan tangan dan sebagai khas daerah itu sendiri

semoga membantu

17. Sebutkan keunikan bahan bambu dan rotan sebagai bahan kerajinan​

ini yang kak jawabnnya saya liat buku

maaf klu salah

18. Kursi rotan itu kerajinan dari daerah apa sih,kak?dan keunikannya apa?

sumatra,jawa,borneo,sulawesi,nusa tenggara,, keunikan nya daalam bentuk sandaran tangan yang gemuk dan bulat slinderRotan berasal dari jawa, sumatra, sulawesi dan nusa tenggara, kursi rotan berasal dari pengrajin rotan di indonesia, keunikannya awet, tahan lama dan mudah di bentuk. 

19. apa keunikan kerajinan dari bahan keras rotan? jelaskan

Jawaban:

agar bisa bertahan lama

Penjelasan:

maaf kalau salah

20. keunikan bambu dan rotan

Kalau bambu:
Karena memiliki sistem rhizoma-dependen unik
Kalau rotan:
Yaa karna bisa di jadikan kerajinan

maaf kalau salah
sebenarnya saya masih sekolah dasar
maklum

Video Terkait