Joglo Panggung Gadang Baileo Dan Kebaya Adalah Contoh Ragam

Joglo Panggung Gadang Baileo Dan Kebaya Adalah Contoh Ragam

Joglo Panggung Gadang Baileo Dan Kebaya Adalah Contoh Ragam

Joglo panggung gadang baileo dan kebaya adalah contoh ragam?​

Daftar Isi

1. Joglo panggung gadang baileo dan kebaya adalah contoh ragam?​

Jawaban:

kebudayaan tradisional

Penjelasan:

maaf ya kak kalau ngecewain jawabannya

2. Joglo, gadang, limas, adalah contoh ragam

contoh ragamnya rumah adat di Indonesia

semoga membantu

Jawaban:

Jawabannya adalah : Rumah Adat Daerah

3. joglo,gadang,dan limas adalah contoh ragam​

Jawaban:

contoh ragam rumah adat

Jawaban:

rumah adat

…………………

4. Joglo limas dan gadang merupakan contoh keragaman​

Jawaban:

joglo dan gadang adalah contoh keragaman budaya indonesia berupa rumah adat

5. 30.rumah gadang tuan rumah adat saking sumatra barat yening rumah adat saking bali maadana.rumah baileob.rumah panggungc.rumah joglod.gapura candi bentar​

Jawaban:

d.gapura candi bentar

[tex] \tt \red{D. \:Gapura \:Candi \:Bentar.}[/tex]

karena , itu adalah rumah adat dari daerah Bali.

6. 15. Gambar berikut merupakan rumah adat masyarakat provinsi Maluku yang bernamaa. Rumah Gadangb. Rumah Baileoc. Rumah Panggungd Rumah Joglo​

Jawaban:

b.rumah baileo

Penjelasan:

semoga membantu

B.rumah Baileo

Penjelasan:

maaf klo slh..

7. joglo,gadang,dan limas adalah contoh keragaman?​

Jawaban:

Keragaman Indonesia Berupa Rumah Adat

#SemogaMembantu>_<

8. Betang, joglo dan gadang adalah contoh keragaman budaya indonesia berupa…… Tolong dibantu jawab ya pliis:)

Jawaban:

Rumah adat

Penjelasan:

Betang adalah rumah adat khas kalimantan dan joglo adalah rumah adat masyarakat jawa tengah

#semoga membantu

9. betang joglo dan gadang adalah contoh keragaman budaya indonesia berupa?

Jawaban:

betang joglo dan gadang adalah contoh keragaman budaya indonesia berupa rumah adat.

Penjelasan:

Maaf kalau salah,apabila benar jadikan jwbn yg terbaik yaa

Jawaban:

Betang, joglo,dan gadang adalah contoh keberagaman budaya Indonesia berupa Rumah adat​.

Penjelasan:

Betang merupakan rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama masyarakat Dayak di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku Dayak.

Joglo adalah rumah tradisional masyarakat Jawa atau daerah lain di Indonesia yang terdiri atas 4 tiang utama. Bagian ini terletak di depan rumah, dan biasanya digunakan untuk kegiatan formal, seperti pertemuan, tempat pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat.

Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang banyak di jumpai di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Banjuang

10. Joglo, Kebaya, Gadang merupakan contoh keberagaman dalam bidang …A. tari tradisionalB. pakaian adatC. rumah adatD. senjata tradisional.​

Jawaban:

C. rumah adat

Penjelasan:

maaf klo salah

Jawaban:

B.pakaian adat,,,,betul gak? maaf kalo salah yaaa

11. Joglo, gadang, dan limas adalah contoh keberagamanbudaya dalam

Joglo, Gadang, Limas adalah contoh keberagaman budaya rumah adat di Indonesia.

12. Berikut yang bukan merupakan contoh keragaman rumah adat …. a. honai b. gadang c. joglo d. serimpi

D. Serimpi

Penjelasan:

pilihan A sampai C itu nama rumah Adat dan yang bukan itu pilihan D , karena Serimpi itu Tarian daerah

Tari serimpi merupakan salah satu jenis tarian yang berasal dari Jogjakarta dan Surakarta.

Yang bukan merupakan contoh keragaman rumah adat adalah serimpi. Jawaban D

Pembahasan

Indonesia terdiri dari 34 provinsi yang masing-masing wilayah provinsi memiliki ciri khas tersendiri baik berupa suku, bahasa daerah, pakaian tradisional, rumah adat, tradisi kehidupan, dll.

Penjelasan

Setiap provinsu di Indonesia memiliki nama dan karakteristik rumah adat yang berbeda-beda, hal itu dikarenakan kondisi geografis setiap wilayah berbeda. Berikut penjelasan mengenai rumah adat yang tersebut pada opsi :

Honai merupakan rumah adat Papua dengan sukunya, suku Dani.Gadang merupakan rumah adat Sumatra Barat dengan sukunya, suku Minangkabau.Joglo merupakan rumah adat Jawa Tengah dengan sukunya, suku Jawa.

Jadi yang bukan merupakan contoh keragaman rumah adat adalah serimpi. Jawaban D. Karena Serimpi merupakan tarian adat yang asalnya dari Yogyakrta dan juga Surakarta.

Semoga membantu^_^

___________________________Pelajari lebih lanjutSuku nias berasal dari provinsi : brainly.co.id/tugas/4500064Bahasa daerah dari jawa tengah  : brainly.co.id/tugas/14036788Apa artinya mardua holong? : brainly.co.id/tugas/16724357===============================DETAIL JAWABAN

Mapel : IPS

Kelas : IV

Bab : 4 – Keanekaragaman Suku dan Budaya Setempat

Kode kategoris : 4.10.4

Kata kunci : Rumah adat

13. 0.Baileo, Gadang, Joglo, Limas, Tongkonan merupakan salah satubudaya Indonesia. Keragaman tersebut termasuk keragaman….a. sukuc. bangsad. agamaadot​

Jawaban:

Baileo, Gadang, Joglo, Limas, Tongkonan merupakan salah satu budaya Indonesia. Keragaman tersebut termasuk keragaman Adat.

14. Rumah Kebaya disebut a. Joglo b. Kebaya c. Panggung d. Tongkonan​

Jawaban:

e.

Penjelasan:

karena ya e jawabbannya e

15. Rumah kebaya bila dilihat dari samping terlihat seperti …a. baju kurungb. liapatan kebayac. rumah joglod.rumah panggung​

Jawaban:

b. liapatan kebaya

Penjelasan:

jadikan jawaban tercerdas

Jawaban:

b.lipatan kebaya

Penjelasan:

semoga bermanfaat

16. gambar berikut merupakan rumah adat masyarakat provinsi maluku yg bernama a. rumah gadang b. rumah baileoc. rumah panggung d. rumah joglo​

Gambar pada soal merupakan rumah adat masyarakat Provinsi Maluku yang bernama RUMAH BAILEO (B).

» Pembahasan  

Rumah adat Provinsi Maluku bernama rumah BAILEO. Rumah ini bukan sekedar bangunan tempat tinggal namun menjadi bagian tak terpisahkan dari indentitas masyarakat di Maluku. Selain menjadi tempat tinggail, Baileo ini juga difungsikan sebagai tempat untuk menyimpan benda-benda suci bernilai sejarah, sebagai tempat melaksanakan upacara adat, sebagai balai pertemuan warga dan lain-lain. Rumah Baileo ini cocok difungsikan selain tempat hunian karena memang ukurannya yang besar.

Baileo adalah rumah panggung dari kayu dengan atap rumbia. Bagian dinding rumah ini juga dari rumbia (disebut gaba-gaba) yang digabung dengan kayu.  

» Pelajari Lebih Lanjut

Materi tentang pengertian rumah adat nusantara https://brainly.co.id/tugas/20761417Materi tentang 5 rumah adat di Indonesia beserta asalnya https://brainly.co.id/tugas/14072859Materi tentang bentuk keberagaman budaya di Indonesia https://brainly.co.id/tugas/136611

• • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • • •

» Detail Jawaban

Kelas      : SMP

Mapel    : Bahasa Indonesia

Bab        : Rumah Adat Maluku

Kode      : –

#TingkatkanPrestasimu  

17. betang joglo gadang adalah contoh keragaman budaya indonesia berupa​

Jawaban:

budaya Indonesia berupa rumah adat

Jawaban:

Betang, joglo,dan gadang adalah contoh keberagaman budaya Indonesia berupa Rumah adat

Betang merupakan rumah adat khas Kalimantan yang terdapat di Kalimantan dan dihuni oleh masyarakat Dayak terutama masyarakat Dayak di daerah hulu sungai yang biasanya menjadi pusat permukiman suku Dayak.

Joglo adalah rumah tradisional masyarakat Jawa atau daerah lain di Indonesia yang terdiri atas 4 tiang utama. Bagian ini terletak di depan rumah, dan biasanya digunakan untuk kegiatan formal, seperti pertemuan, tempat pagelaran seni wayang kulit dan tari-tarian, serta upacara adat.

Rumah Gadang adalah nama untuk rumah adat Minangkabau yang banyak di jumpai di provinsi Sumatra Barat, Indonesia. Rumah ini juga disebut dengan nama lain oleh masyarakat setempat dengan nama Rumah Bagonjong atau ada juga yang menyebut dengan nama Rumah Banjuang..

Penjelasan :

Keanekaragaman Suku Bangsa di Indonesia

Sejak dahulu bangsa Indonesia dikenal sebagai masyarakat yang majemuk, yang tercermin dari semboyan “Bhinneka tunggal Ika” yang artinya berbeda-beda tetapi tetap satu. Kemajemukan yang ada terdiri atas keragaman suku bangsa, budaya, agama, ras, dan bahasa.

Adat istiadat, kesenian, kekerabatan, bahasa, dan bentuk fisik yang dimiliki oleh suku-suku bangsa yang ada di Indonesia memang berbeda, namun selain perbedaan suku-suku itu juga memiliki persamaan contohnya hukum, hak milik tanah, persekutuan, dan kehidupan sosialnya yang berasaskan kekeluargaan.

Meskipun negara kita terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam budaya daerah, namun kita tetap satu bangsa Indonesia, memiliki bahasa dan tanah air yang sama, yaitu bahasa Indonesia dan tanah air Indonesia. Begitu juga bendera kebangsaan merah putih sebagai lambang identitas bangsa dan kita bersatu padu di bawah falsafah dan dasar negara kita yaitu Pancasila.

Bangsa Indonesia harus bersatu padu agar manjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Untuk dapat bersatu kita harus memiliki pedoman yang dapat menyeragamkan pandangan kita dan tingkah laku kita dalam kehidupan. Maka akan terjadi persamaan langkah dan tingkah laku bangsa Indonesia. Pedoman tersebut adalah Pancasila, kita harus dapat meningkatkan rasa persaudaraan dengan berbagai suku bangsa di Indonesia.

Keanekaragaman budaya jangan dijadikan sebagai perbedaan, tetapi hendaknya dijadikan sebagai kekayaan bangsa Indonesia. Kita selaku bangsa Indonesia mempunyai kewajiban untuk selalu melestarikan kebudayaan yang beraneka ragam tersebut.

18. Joglo kebaya …. panggung Tongkonan a. miripb. berbedac. lebih besar d. bertolak belakang​

Jawaban:

d. bertolak belakang

Penjelasan:

Rumah kebaya merupakan sebuah nama rumah adat suku Betawi.[1] Disebut dengan rumah kebaya dikarenakan bentuk atapnya yang menyerupai pelana yang dilipat dan apabila dilihat dari samping maka lipatan-lipatan tersebut terlihat seperti lipatan kebaya.[1] [2]Selain Rumah Kebaya, suku Betawi juga memiliki rumah adat lainnya, seperti Rumah Gudang, Rumah Joglo, dan Rumah Panggung.

Ciri khas dari rumah ini adalah rumah ini memiliki teras yang luas yang berguna untuk menjamu tamu dan menjadi tempat bersantai keluarga.[3] Pada zaman dahulu, masyarakat betawi membuat sumur di depan rumahnya dan pemakaman yang berada disamping rumah.[4] [5] [2] Dan, dinding rumahnya terbuat dari panel-panel yang dapat dibuka dan digeser-geser ke tepinya. Hal ini dimaksudkan agar rumah terasa lebih luas.[3] [1] [3]

Rumah ini dapat dibedakan menjadi 2 bagian dari segi sifatnya, yakni bagian depan bersifat semi publik, sehingga setiap orang dapat melihat betapa asri dan sejuknya rumah tersebut.[2] [6] Dan yang kedua adalah bagian belakang yang bersifat pribadi.[2] [6] Bagian ini hanya boleh dilihat oleh orang-orang dekat dari pihak pemilik rumah.[2] [6]

19. 3. Rumah adat masyarakat provinsi Jawa Tengah bernama a. rumah gadang b. rumah baileo c. rumah joglo d. rumah panggung​

Jawaban:

C. Rumah joglo

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

Jawaban: c. Rumah joglo

Penjelasan: maaf banget ya Kak klo salah

20. Joglo gadang dan limas adalah contoh ragam

Jawaban:

seni rupa yg digunakan dalam daerah tertentu

Video Terkait