Jika Seseorang Mengalami Gangguan Pada Hati Maka Dapat Mempengaruhi Sistem

Jika Seseorang Mengalami Gangguan Pada Hati Maka Dapat Mempengaruhi Sistem

Jika Seseorang Mengalami Gangguan Pada Hati Maka Dapat Mempengaruhi Sistem

seseorang mengalami gangguan pada hati Maka dapat mempengaruhi sistem

Daftar Isi

1. seseorang mengalami gangguan pada hati Maka dapat mempengaruhi sistem

Sistem penghancuran lemak #maaf kalo salah

2. jika seorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem….

jika seorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem…. pencernaan. karena hati mengeluarkan cairan empedu yg berfungsi membantu pencernaan .

semoga membantu

3. jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem.….​

Jawaban:

Pencernaan

Penjelasan:

Hari termasuk dalam Organ Bagian Pencernaan

Jawaban:

pencernaan

maaf kalau salah

4. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka akan mempengaruhi sistem…

Jawaban:

Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem pencernaan

5. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem

Jawaban:yondaktu

Penjelasan:

6. jika hati mengalami gangguan sehingga produksi cairan empedu terhambat akan mempengaruhi kerja sistem pencernaan dalam Hal…..

Jika hati mengalami gangguan sehingga produksi cairan empedu terhambat akan mempengaruhi kerja sistem pencernaan lemak. Cairan empedu yang disekresi adalah garam empedu yang berfungsi mengemulsi lemak di usus.

Pembahasan

Pencernaan manusia bertujuan untuk mengolah makanan yang berupa partikel-partikel besar menjadi lebih kecil agar mudah diserap tubuh. Pencernaan manusia dibedakan menjadi pencernaan mekanik dan kimiawi. Pada pencernaan mekanik merupakan gerak fisik oleh organ-organ tubuh seperti gigi dan lambung. Pencernaan mekanik bertujuan menghancurkan partikel makanan menjadi lebih kecil. Adapun pencernaan kimiawi merupakan pencernaan yang dibantu oleh enzim pencernaan seperti amilase, lipase, tripsin. Pencernaan kimiawi bertujuan untuk mengubah senyawa makro menjadi senyawa mikro agar mudah diserap tubuh, misalnya maltosa diubah menjadi glukosa.

Proses pencernaan makanan pada manusia membutuhkan alat-alat pencernaan makanan. Alat-alat pencernaan manusia adalah organ-organ tubuh yang berfungsi mencerna makanan yang dimakan. Alat pencernaan dapat dibedakan menjadi saluran pencernaan dan kelenjar pencernaan. Kelenjar pencernaan memproduksi enzim-enzim yang membantu proses pencernaan kimiawi.

Berikut ini proses pencernaan mekanik dan kimiawi yang terjadi di dalam saluran pencernaan makanan pada manusia:

1. Mulut

Pencernaan mekanik dilakukan oleh gigi untuk menghaluskan makanan dan lidah untuk mengatur letak makanan di rongga mulut agar mudah di proses.

Pada rongga mulut terdapat kelenjar air liur/ludah. Kelenjar ludah menghasilkan ludah atau air liur (saliva).  

2. Kerongkongan

Terjadi gerak peristaltik yaitu gerak mendorong makanan menuju lambung.

3. Lambung

Pencernaan mekanik dilakukan oleh otot-otot lambung yang mengolah makanan menjadi bubur makanan (kim).

Dinding lambung terdiri dari sel-sel kelenjar yang bertujuan sebagai kelenjar pencernaan menghasilkan getah lambung. Getah lambung teridiri dari air, lendir (musin), asam lambung, enzim renin, dan enzim pepsinogen. Getah lambung memiliki sifat asam karena banyak mengandung asam lambung (HCl). Asam lambung bertujuan membunuh kuman penyakit atau bakteri yang masuk bersama makanan dan juga berfungsi untuk mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin. Pepsin bertujuan memecah protein menjadi pepton dan proteosa. Enzim renin bertujuan menggumpalkan protein susu (kasein) yang terdapat dalam susu. Adanya enzim renin dan enzim pepsin membuktikan bahwa di dalam lambung terjadi proses pencernaan kimiawi.

4. Pankreas

Pankreas mensekresikan getah pankreas yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut:

Amilopsin (amilase pankreas) yaitu enzim yang bertujuan mengubah zat tepung (amilum) menjadi gula yang lebih sederhana (maltosa). Steapsin (lipase pankreas) yaitu enzim yang bertujuan mengubah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Tripsinogen merupakan enzim yang belum aktif, maka harus diaktifkan menjadi tripsin oleh enterokinase. Tripsin adalah enzim yang mengubah protein dan pepton menjadi dipeptida dan asam amino yang mudah diserap oleh usus halus.

5. Usus halus

Pada usus dua belas jari terdapat saluran getah pankreas dan saluran empedu.

Dinding usus halus mensekresikan getah usus halus yang mengandung enzim-enzim sebagai berikut :

Maltase, bertujuan mengubah maltosa menjadi glukosa. Laktase, bertujuan mengubah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Sukrase, bertujuan mengubah sukrosa menjadi glukosa dan fruktosa. Enterokinase, bertujuan mengaktifkan tripsinogen menjadi tripsin.

6. Usus besar

Di bagian usu besar terjadi gerak peristaltik yaitu mendorong faeces keluar melalui anus. Usus besar berfungsi membusukkan sisa makanan oleh bakteri Eschericia coli agar mudah dikeluarkan. Selain itu usus besar berfungsi sebagai tempat pembentukan vitamin K dan penyerapan air.

7. Hati

Empedu dihasilkan oleh hati dan disimpan di dalam kantung empedu. Selanjutnya, getah empedu dialirkan melalui saluran empedu ke usus dua belas jari. Empedu berupa garam empedu dan zat warna empedu (bilirubin). Garam empedu bertujuan untuk mengemulsikan lemak. Zat warna empedu berwarna kecoklatan, dan diperoleh dengan cara merombak sel darah merah yang telah mati di hati. Zat warna empedu dikeluarkan melalui urin dan faeces.

Pelajari lebih lanjut

1. pencernaan hewan memamahbiak dan manusia: https://brainly.co.id/tugas/2339219

2. bakteri penghasil selulosa: https://brainly.co.id/tugas/15775046

3. absorbsi karbohidrat di usus: https://brainly.co.id/tugas/2227970

Detil jawaban

Kelas: 11

Mapel: Biologi

Bab: Struktur dan Fungsi Sel pada Sistem Pencernaan  

Kode: 11.4.6

Kata kunci: empedu, garam empedu, organ pencernaan, proses pencernaan, sistem pencernaan, organ pencernaan, pencernaan kimia, pencernaan mekanik

7. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem kerja dari ….

Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem kerja dari fungsi hati adalah sebagai penghasil protein, penghancur racun, dan pembersih darah dapat mengganggu kepada sistem pencernaan dan sistem ekskresi.

Pembahasan

Haloo adik adik yang ganteng ganteng dan cantik cantik balik lagi nih sama kakak kece. Gimana kabar kalian? Insyaallah sehat sehat terus yaa. Kali ini kakak a1m akan mencoba membantu menjawab pertanyaan ini ya, kuy deh dibaca pelan pelan biar masuk hati.

Organ hati merupakan salah satu organ yang sangat penting dalam tubuh manusia dan merupakan organ terbesar yang terletak pada rongga perut  sebelah kanan atas dan di kanan rusuk bawah. Hati mempunyai dua bagian yakni lobus kanan dan lobus kiri dan dilindungi oleh diafragma dan tulang rusuk. Organ hati memiiki peran penting dalam tubuh karena hati dapat menghancurkan racun-racun yang masuk ke dalam tubuh, menghasilkan protein untuk tubuh, membersihkan aliran darah, dan menghasilkan cairan empedu yang berfungsi untuk sistem pencernaan.

• Organ hati mengalami masalah atau gangguan apabila ada luka dalam hati yang menyebabkan kehilangan fungsinya sebagai hati dan mempengaruhi kerja siste
m organ lainnya.

• Ada banyak penyebab aterjadinya gangguan fungsi hati diantaranya masuknya obat-obatan yang memiliki efek samping yang kuat, konsumsi alkohol, infeksi virus, adanya parasit, adanya faktor genetik, kelebihan berat badan atau obesitas, kanker dan lain sebagainya.

• Hati berfungsi untuk menghancurkan sel darah merah yang sudah tua dan membersihkan darah dari senyawa-senyawa kimia yang berbahaya bagi tubuh.

• Hati juga mempunyai fungsi menghasilkan protein untuk memproses amonia menjadi bentuk urea yang akan dikeluarkan oleh ginjal bersama urine.

Jadi dari pembahasan di atas dapat kita simpulkan bahwa jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem kerja dari fungsi hati adalah sebagai penghasil protein, penghancur racun, dan pembersih darah dapat mengganggu kepada sistem pencernaan dan sistem ekskresi sesuai dengan fungsi-fungsi hati terhadap kerja sistem organ dalam tubuh.

Demikian lah penjabar dari kakak, semoga dengan ilmu yang sedikiti ini dapat bermanfaat untuk adik adik semua.

Jangan lupa terus berusaha dan berdoa.

Pelajari lebih lanjut

1. Sebutkan fungsi hati!

https://brainly.co.id/tugas/1094197

2. Hati merupakan organ viseral yang berfungsi sebagai alat ekskresi. manakah penjelasan yang tepat tentang fungsi hati?

a. penawar racun, tempat pembentukan protein

b.pembentukan empedu dan menetralkan glukosa

c. tempat pembentukan dan pembongkaran eritrosit

d. penawar racun dan tempat pembentukan lemak

e. tempat melarutkan lemak dan pembongkaran glukosa

https://brainly.co.id/tugas/13849611

3. Berikut ini merupakan fungsi hati, Kecuali…

a. Tempat Pembuatan Empedu

b. Penawar Racun

c. Pengubahan Provitamin D

d. Tempat Pembentukan Protombin

https://brainly.co.id/tugas/22497537

—————————–

Detil jawaban

Kelas: 9 SMP

Mapel: Biologi

Bab: Bab 2 – Sistem Ekskresi pada Manusia

Kode: 9.4.2002

Kata kunci: ekskresi, hati, fungsi hati, gangguan hati, sistem ekskresi

#AyoBelajar

8. jika seseorang mengalami gangguan pada hati. maka dapat mempengaruhi sistem….. A.pencernaan B.pernapasan C.koordinasi D.pengankutan

A. Pencernaan

Semoga Bermanfaat <^=^>
Makasih:Da. pencernaan……………..

9. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, sehingga diuraikan dapat mempengaruhi sistem ….

Jawaban nya Pencernaan
karna hati berfungsi untuk menghasilkan empedu, pigmen empedu, garam empedu, lesitin dan air. 
garam empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak.

10. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem organ

Jawaban:

sistem pencernaan.

maaf kalo salah:^)

11. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati,maka dapat mempengaruhi sistem… A. Pencernaan B. Koordinasi C. Pernapasan D. Pengangkutan

Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem pencernaan (A). Hati berfungsi untuk menghasilkan empedu yang terdiri pigmen empedu, garam empedu, lesitin dan air. Garam empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak di usus. Sehingga pencernaan lemak oleh lipase berlangsung maksimal.

Pembahasan

Sistem ekskresi merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme ini berupa senyawa-senyawa yang bersifat toksik (racun) sehingga jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Organ ekskresi meliputi:

Ginjal Paru-paru Hati Kulit

Pelajari lebih lanjut tentang organ ekskresi di: https://brainly.co.id/tugas/6728923.

Hati berfungsi untuk mengekresikan getah empedu zat sisa dari perombakan sel darah merah yang telah rusak dan dihancurkan di dalam limpa. Selain berfungsi sebagai organ ekresi, hati juga berperan sebagai penawar racun, menyimpan glikogen (gula otot), pembentukan sel darah merah pada janin dan sebagai kelenjar pencernaan.

Pelajari lebih lanjut tentang organ ekskresi hati di: brainly.co.id/tugas/13849611.

Berikut ini kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi:

1. Diabetes melitus

Urin mengandung gula. Terjadi karena hormon insulin rendah atau proses reabsorbsi di tubulus kontortus proksimal terganggu.

2. Diabetes insipidus

Urin yang dihasilkan banyak. Disebabkan karena kekurangan hormon ADH.

3. Albuminuria

Urin mengandung protein. Disebabkan karena ganggiuan pada filtrasi darah di glomerolus.

4. Nefritis

Radang atau infeksi pada saluran nefron ginjal.

Pelajari lebih lanjut tentang caitan empedu di: https://brainly.co.id/tugas/14574483.

Detil jawaban

Mapel : Biologi

Kelas: 11

Bab: Sistem Eksresi

Kode: 11.4.8

#AyoBelajar

12. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem ….

Jawaban:

sistem pencernaan

Penjelasan:

karna hati berfungsi untuk menghasilkan empedu, pigmen empedu, garam empedu, lesitin dan air.

garam empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak.

maaf kalau salah

13. Jika organ hati mengalami gangguan akan mempengaruhi sistem organ yaitu…..

Jawaban:

organ pencernaan

Penjelasan:

semoga membantu ><

14. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem

Jawaban:

jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem ekskresi dan sistem pencernaan.

15. jika seseorang mengalami gangguan pada hati Maka dapat mempengaruhi sistem​

jika seseorang mengalami gangguan pada hati Maka dapat mempengaruhi sistem pencernaan.

Jawaban:

Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem pencernaan (A). Hati berfungsi untuk menghasilkan empedu yang terdiri pigmen empedu, garam empedu, lesitin dan air. Garam empedu berfungsi untuk mengemulsikan lemak di usus. Sehingga pencernaan lemak oleh lipase berlangsung maksimal.

Pembahasan

Sistem ekskresi merupakan proses pengeluaran zat-zat sisa metabolisme yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Sisa-sisa metabolisme ini berupa senyawa-senyawa yang bersifat toksik (racun) sehingga jika tidak dikeluarkan dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ-organ di dalam tubuh.

Organ ekskresi meliputi:

Ginjal

Paru-paru

Hati

Kulit

Pelajari lebih lanjut tentang organ ekskresi di: brainly.co.id/tugas/6728923.

Hati berfungsi untuk mengekresikan getah empedu zat sisa d
ari perombakan sel darah merah yang telah rusak dan dihancurkan di dalam limpa. Selain berfungsi sebagai organ ekresi, hati juga berperan sebagai penawar racun, menyimpan glikogen (gula otot), pembentukan sel darah merah pada janin dan sebagai kelenjar pencernaan.

Pelajari lebih lanjut tentang organ ekskresi hati di: brainly.co.id/tugas/13849611.

Berikut ini kelainan yang terjadi pada sistem ekskresi:

1. Diabetes melitus

Urin mengandung gula. Terjadi karena hormon insulin rendah atau proses reabsorbsi di tubulus kontortus proksimal terganggu.

2. Diabetes insipidus

Urin yang dihasilkan banyak. Disebabkan karena kekurangan hormon ADH.

3. Albuminuria

Urin mengandung protein. Disebabkan karena ganggiuan pada filtrasi darah di glomerolus.

4. Nefritis

Radang atau infeksi pada saluran nefron ginjal.

Pelajari lebih lanjut tentang caitan empedu di: brainly.co.id/tugas/14574483.

Detil jawaban

Mapel : Biologi

Kelas: 11

Bab: Sistem Eksresi

Kode: 11.4.8

#AyoBelajar

Penjelasan:

semoga membantu

16. jika seseorang mengalami gangguan pada hati , maka akan dapat mempengaruhi sistem …..a.pencernaan , b.pernapasan , c .koordinasi , d.pengangkutan

D. Pengangkutan

SEMOGA BERMANFAAT jika seseorang mengalami gangguan pada hati , maka akan dapat mempengaruhi sistem
jawab:A.pencernaan
#maaf kl slh:)

17. 4. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati, maka dapat mempengaruhi sistem ….​

Jawaban:

pencernaan

Penjelasan:

semoga membantu:)

Jawaban:

jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem ekskresi dan sistem pencernaan.

18. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem

Jawaban:

sistem pencernaan

Penjelasan:

semoga membantu

Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem

jawaban : pencernaan .

19. Jika seseorang mengalami gangguan pada hati maka dapat mempengaruhi sistem ……

Jawaban:

pencernaan

Penjelasan:

karena sistem yang akan terganggu jika hati memiliki masalah adalah pencernaan atau saluran pencernaan

20. mengalami gangguan pada hati dapat mempengaruhi sistem​

Jawaban:

Konsumsi obat antivirus diperlukan jika gangguan hati disebabkan oleh infeksi virus. Namun, jika sudah mengalami sirosis, hati yang rusak tidak dapat disembuhkan. Upaya pengobatan tetap bisa dilakukan dengan memantau perjalanan penyakit dan menekan risiko komplikasi.

Penjelasan:

Semoga bermanfaat

jan lupa like n follow aku yahh

Jawaban:

Konsumsi obat antivirus diperlukan jika gangguan hati disebabkan oleh infeksi virus. Namun, jika sudah mengalami sirosis, hati yang rusak tidak dapat disembuhkan. Upaya pengobatan tetap bisa dilakukan dengan memantau perjalanan penyakit dan menekan risiko komplikasi.

Penjelasan:

SEMOGA MEMBANTU

Video Terkait