Jelaskan Proses Terdengarnya Bunyi Tepukan Tifa Hingga Ke Telinga Kita

Jelaskan Proses Terdengarnya Bunyi Tepukan Tifa Hingga Ke Telinga Kita

Jelaskan Proses Terdengarnya Bunyi Tepukan Tifa Hingga Ke Telinga Kita

Jelaskan proses terdengarnya bunyi tepukan tifa hingga ketelinga kita

Daftar Isi

1. Jelaskan proses terdengarnya bunyi tepukan tifa hingga ketelinga kita

Jawaban:

bunyi atau suara ditangkap oleh daun telinga.bunyi masuk ke liang telinga dan mengenai gendang telinga

maaf kalau salah 🙂

2. Jelaskan proses terdengarnya bunyi tepukan tifa hingga ke telinga kita!​

Berikut ini adalah proses/tahapan terdengarnya bunyi tepukan Tifa sampai ke telinga kita, antara lain:

Proses mendengar ini diawali dengan munculnya suara yang ada di sekitar dalam hal ini adalah tepukan tangan Tifa, baik berupa getaran maupun gelombang, yang nantinya ditangkap telinga bagian luar. Getaran atau gelombang lalu diteruskan ke saluran telinga, sehingga memberi pukulan/tekanan pada gendang telinga (membran timpani).Saat gendang telinga (membran timpani) bergetar, getarannya itu akan diteruskan ke tulang pendengaran.Tulang pendengaran disini berfungsi memperkuat getaran dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam. Dari telinga b
agian dalam, kemudian getaran diubah menjadi impuls listrik yang langsung dikirim ke saraf pendengaran pada otak. Terakhir, otak kita akan menerjemahkan impuls tersebut sebagai suara, sehingga kita dapat mengenali suara tepukan Tifa tersebut.

Pembahasan

Pendengaran merupakan salah satu indera utama manusia dan memiliki fungsi untuk berkomunikasi dan sebagai peringatan pada tubuh. Melalui pendengaran, kita akan dapat merasakan getaran yang disebut suara. Hal itu dikenal sebagai proses terdengarnya bunyi yang melibatkan bagian-bagian telinga dan otak kita.

Terdengarnya bunyi terjadi ketika suara ditangkap oleh telinga luar dan kemudian diteruskan ke seluruh telinga. Telinga memiliki tiga bagian utama yaitu bagian luar, tengah dan dalam. Selama proses mendengarkan, ketiga bagian ini bekerja terus menerus. Semua bagian ini harus dalam kondisi sempurna agar suara dapat ditangani dengan baik. Selain itu, di dalam telinga terdapat tuba eustachius yang berperan untuk menjaga tekanan udara agar suara dapat ditransmisikan dengan benar ke telinga.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang proses mendengar https://brainly.co.id/tugas/6350003Materi tentang fungsi bagian-bagian telinga https://brainly.co.id/tugas/2893310Materi tentang pengertian bunyi secara singkat https://brainly.co.id/tugas/2515444

Detail jawaban

Mapel: Bahasa lain

Kelas: SMA

Bab: –

Kode: –

#TingkatkanPrestasimu #SPJ3

3. Jelaskan proses terdengarnya bunyi tepukan Tifa hingga ke telinga kita​

Telingа merupаkаn orgаn yаng berfungsi untuk mendengаrkаn suаrа. Contohnyа, mendengаrkаn suаrа tepukаn tifа. Proses terdengаrnyа bunyi tepukаn tifа hinggа ke telingа kitа аdаlаh

Getаrаn bunyi tifа mengenаi gendаng telingа yаng berupа selembаr kulit tipis. Gendаng telingа mulаi bergetаr. Getаrаn dаri gendаng telingа menjаdi lebih besаr di telingа tengаh dаn diubаh menjаdi pesаn-pesаn listrik di telingа dаlаm.Pembahasan

Telingа merupаkаn indrа pendengаrаn yаng kitа gunаkаn untuk mendengаrkаn berbаgаi sumber bunyi, seperti kicаuаn burung, suаrа аir mengаlir, dаn musik.

Telingа terdiri dаri tigа bаgiаn, yаitu telingа bаgiаn luаr, tengаh, dаn dаlаm. Setiаp bаgiаn telingа memiliki perаn dаn fungsinyа mаsing-mаsing.

Telingа bаgiаn luаr untuk mengumpulkаn suаrа.Telingа tengаh menghаsilkаn getаrаn.Telingа bаgiаn dаlаm merupаkаn tempаt dimulаinyа sinyаl sаrаf.Pelajari Lebih LanjutMateri tentang bagian-bagian telinga pada https://brainly.co.id/tugas/3418113Materi tentang fungsi telinga pada https://brainly.co.id/tugas/8028121Materi tentang cara memainkan tifa pada https://brainly.co.id/tugas/2240319Detail Jawaban

Kelas : IV

Mapel : IPA

Bab : Indahnya Kebersamaan

Kode : 4.4.2

#TingkatkanPrestasimu

#SPJ3

4. Jelaskan urutan proses bunyi hingga dapat terdengar oleh telinga kita

mulai dri trkecil
infrasonik audiosonik ultrasonik

5. Jelaskan proses terdengarnya bunyi petikan gitar hingga ke telinga kita

Proses terdengarnya bunyi petikan gitar hingga ke telinga kita dimulai dari getaran sumber suara, yaitu senar gitar yang dipetik sehingga bergetar.

Getaran bunyi ini akan merambat sebagai suatu gelombang melalui medium rambat, seperti udara.  

Gelombang ini akan sampai telinga yang ditangkap sebagai suatu bunyi.

Pembahasan:

Bunyi dihasilkan oleh getaran benda yang disebut sumber bunyi, misalnya getaran senar gitar ketika dipetik atau getaran drum ketika ditabuh. Getaran ini memiliki energi. Energi ini akan menyebabkan medium sekitarnya untuk ikut bergetar dan menyebarkan bunyi dalam bentuk gelombang.

Gelombang ini merambat melalui medium dengan melakukan kontraksi (pemampatan) dan ekspansi (pengembangan) medium rambat bunyi. Energi dari bunyi merambat bersama dengan gelombang bunyi ini.

Bunyi memerlukan medium untuk merambat, karena getaran bunyi memerlukan medium untuk menghantarkan gelombangnya.

Karena itu bunyi tidak dapat didengar di ruang hampa udara (vakum) karena tidak ada medium rambat bunyi di sini. Hal ini berbeda dengan cahaya yang bisa merampat pada ruang hampa.

Telinga mengumpulkan gelombang bunyi, lalu gelombang diarahkan ke gendang telinga yang bergetar karena gelombang tersebut. Kemudian gelombang diarahkan ke tulang kecil telinga dan dari sana menuju koklea. Di kohlea, gelombang ini menggetarkan rambut kecil yang terhubung dengan sel syaraf yang menghasilkan menghasilkan sinyal ke otak. Di otak sinyal ini diintrepretasikan sebagai bunyi atau suara.

—————————————————————————

Pelajari Lebih Lanjut

Bunyi dapat merambat melalui benda?  

https://brainly.co.id/tugas/11371009

Detail Jawaban      

Kode: 8.6.4

Kelas: 8

Mata pelajaran: Fisika  

Materi: Bab 4 – Getaran

Kata kunci: Perambatan Gelombang Bunyi

6. Jelaskan proses terdengar nya bunyi tepukan tifa hingga ke telinga kita!!

Jawaban:

Proses mendengar: Gelombang suara ⇒ Telinga luar ⇒ Membran timpani ⇒ Membran tergetar ⇒ Tulang martil ⇒ Tulang landasan ⇒ Tulang sanggurdi ⇒ Cairan di koklea ⇒ Tergetar ⇒ Neuron Auditorius terangsang ⇒ Otak ⇒ Mendengar suara tepukan tifa

Penjelasan:

maaf kalau salah:)

7. Kamu dapat mendengar bunyi ketika bunyi sampai pada telingamu. Tuliskan skema atau proses mendengar bunyi pada telinga!

Gelombang suara memasuki telinga luar dan berjalan melalui lorong sempit yang disebut saluran telinga, yang mengarah ke gendang telinga.Gendang telinga bergetar dari gelombang suara yang masuk dan mengirimkan getaran ini ke ketiga tulang kecil di telinga tengah.Tulang di telinga tengah memperkuat atau meningkatkan getaran suara dan mengirimnya ke koklea.Setelah getaran menyebabkan cairan di dalam koklea bergetar, gelombang suara berjalan di sepanjang membran basilar. Sel-sel rambut, yaitu sel sensorik yang berada di atas membran basilar, mengendalikan gelombang suara. Sel-sel rambut di dekat ujung lebar koklea kemudian mendeteksi suara bernada tinggi, sedangkan yang lebih dekat ke tengah mendeteksi suara bernada rendah.Saat sel-sel rambut bergerak, komponen seperti rambut yang sangat kecil (dikenal dengan stereocilia) yang bertengger di atas sel-sel rambut menabrak struktur dan lengkungan di atasnya. Ini menyebabkan stereocilia terbuka. Kemudian, bahan kimia masuk ke dalam sel dan menciptakan sinyal listrik.Saraf pendengaran k
emudian membawa sinyal ini ke sistem saraf pusat (otak) dan mengubahnya menjadi suara yang kita kenal dan pahami.

Mangap klo salah

8. jelaskan proses terdengarnya bunyi oleh telinga kita

Jαwαbαn pendek:

Peoses terdwngarnya bunyi telinga kita adalah pertama daun telinga mengumpulkan gelombang suara, lalu gelombang diarahkan ke gendang telinga yang bergetar karena gelombang tersebut.

Kemudian Getaran diarahkan ke tulang kecil telinga dan dari sana menuju koklea.

Di kohlea,gelombang ini
menggetarkan rambut kecil yang terhubung dengan sel syaraf yang menghasilkan sinyal ke otak.

Di otak sinyal ini diintreptasikan sebagai suara.

¤semogα membαntu
•hope you like αnswer…..
-βα

9. Jelaskan proses terdengarnya bunyi dalam telinga kita?

getaran dari sumber suara merambat melalui udara dan ditangkap oleh daun telinga lalu diteruskan ge gendang suara sampai ke otak kita ..

10. bagaimana proses proses hingga bunyi sampai terdengar di telinga kita?

adanya pantulan bunyi sumber bunyi yang bergetar akan menghasilkan bunyi yang dapat ditangkap oleh telinga bagian luar atau daun telinga kemudian masuk kedalam lubang telinga dan menggetarkan gendang telinga atau membran timpani timpani diteruskan menuju Tulang martil landasan dan sanggurdi atau tulang-tulang pendengaran yang akan memperbesar getaran suara selanjutnya tingkap bundar bergetar getaran ini menggetarkan Cairan yang berada di dalam rumah siput cairan yang bergetar menstimulasi ujung-ujung saraf dan diteruskan ke dalam pendengaran di otak besar otak besar menerima impuls dan menerjemahkan sehingga kita bisa mengenali Bunyi atau suara tersebut.

11. jelaskan urutan proses mendengar bunyi telinga dapat terdengar oleh telinga?

mula mula masuk ke lubang telinga lalu diteruskan ke dalam gendang telinga(menurut saya sih seperti itu,maaf kalau salah)Suara atau bunyi terlebih dahulu dikumpulkan oleh elinga luar dan disalurkan ke lubang telinga, dan menuju gendang telinga. Gendang telinga bergetar untuk merespon gendang telinga yang menghantamnya. Getaran ini mengakibatkan tiga tulang ditelinga tengah bergerak. Secara mekanis getaran dari gendang telinga ini akan disalurkan, menuju cairan yang berada di rumah siput( koklea). Getaran yang sampai di koklea ini akan menghasilkan gelombang, sehingga rambut sel yang  ada di koklea akan bergerak. Gerakan ini mengubah energi mekanik tersebut menjadi energi elektrik ke saraf pendengaran ( auditory nerve,) dan menuju  ke pusat pendengaran di otak. Pusat ini akan menerjemahkan energi tersebut menjadi suara yang dapat dikenal oleh otak.

12. Jelaskan proses pendengaran bunyi pada telinga sehingga dapat menerima bunyi

Sesuatu bergetar dan menciptakan sebuah gelombang bunyi,Gelombang bunyi ditangkap oleh daun telinga,Gelombang bunyi masuk ke dalam liang telinga,Gelombang bunyi menggetarkan gendang telinga dan diubah menjadi energi mekanik,Terdapat tulang pendengaran di telinga tengah: malleus, incus, dan stapes,Gendang telinga menggetarkan tulang pendengaran dan meneruskannya ke telinga dalam.
Gangguan pendengaran konduktif biasanya terjadi di telinga tengah ini.Getaran Cairan di dalam koklea/rumah siput merangsang sel-sel rambut menghasilkan impuls bio elektrik.Kerusakan sel-sel rambut pada koklea akan mengakibatkan gangguan pendengaran sensorineural,Impuls listrik dari sel-sel rambut diteruskan ke otak oleh syaraf pendengaran,
Di otak, impuls dari kedua telinga tersebut diartikan sebagai suara.

13. Jelaskan proses bunyi dapat didengar sampai ke telinga

Suara masuk ke telinga masuk ke saringan supaya nyaring setelah itu masuk ke gendang telinga untuk mengatur tinggi rendah suaranya

14. Bagaimana proses Bagaimanakah proses bunyi dapat didengar oleh telinga manusia Jelaskan

Jawaban:

Ketika gendang telinga bergetar, maka getarannya akan diteruskan ke tulang pendengaran. Tulang pendengaran akan memperkuat getaran ini dan mengirimkannya ke telinga bagian dalam. Saat mencapai telinga bagian dalam, getaran akan diubah menjadi impuls listrik dan dikirim ke saraf pendengaran pada otak

Penjelasan:

maaf ya kalo salah

15. telinga kita dapat mendengarkan bunyi melalui beberapa proses jelaskan secara singkat proses mendengar kan bunyi​

Jawaban:

Jika kita membunyikan sesuatu maka bunyi tersebut akan masuk ke dalam telinga kita dan bunyi pun terdengar.

16. Jelaskan proses perambatan bunyi gitar sampai ke telinga pendengar​

Bunyi gitar masuk ke liang telinga dan menyebabkan gendang telinga bergetar.

Gendang telinga bergetar oleh bunyi.

Getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.

Getaran bunyi menyebabkan cairan di dalam rumah siput bergetar.

Getaran cairan menyebabkan sel rambut melengkung. Sel rambut menciptakan sinyal saraf yang kemudian ditangkap oleh saraf auditori. Sel rambut pada salah satu ujung rumah siput mengirim informasi bunyi nada rendah dan sel rambut pada ujung lain mengirim informasi bunyi nada tinggi.

Saraf auditori mengirim sinyal ke otak di mana sinyal ditafsirkan sebagai bunyi.

semoga membantu

17. Kita dapat mendengar bunyi ketika bunyi mencapai telinga. Jelaskan proses mendengar bunyi !

Penjelasan:

bunyi itu masuk melalui liang telinga, dan menyebab kan gendang telinga bergetar. getaran bunyi bergerak melalui osikula ke rumah siput.:D

18. Jelaskan proses jalannya bunyi hingga terdengar ke telinga​

Jawaban:

Bunyi dapat terdengar, karena getarannya merambat melalui suatu medium (zat perantara). Bagaimanakah bunyi dapat terdengar oleh telinga kita? Gelombang bunyi berasal dari sumber bunyi yang bergetar dapat menggetarkan molekul-molekul udara di sekitar sumber bunyi getaran tersebut diteruskan ke otak oleh syaraf pendengaran sehingga getaran tersebut akan terdengar oleh telinga sebagai bunyi. Pada tahun 1934, seorang ahli fisika bernama Miller melakukan percobaan untuk mengukur kecepatan bunyi di udara dengan cara menembakakan sebutir peluru sebagai sumber bunyi dan meletakkan sebuah di tektor / pevorima bunyi pada jarak tertentu. Selang waktu yang di perlukan bunyi untuk sampai ke di dektor adalah soal ledakan terjadi sampai bunyi. Dari hasil percobaan Miller, dapat diketahui bahwa kecepatan bunyi di udara pada suhu 00 C. Adlah 331 m/s. Dengan menggunakan analogi percobaan Miller kita dapat memperoleh kesimpulan bahwa cepat rambat bunyi adalah jarak yang di tempuh oelh gelombang bunyi dari sumber bunyi pendengar dalam selang waktu tertentu.

V = S

T

Ket : U = Cepat rambat Bunyi (m/s), S = Jarak Tempuh (m)

T = Waktu tempuh

19. Jelaskan Proses Bagaimana bunyi dapat terdengar oleh telinga kita?

bunya masuk ke lubang telinga
telinga mendengar lalu melewati tulang martil dan landasan lalu masuk ke rumah siput.rumah siput merangsang ke otak melewati saraf pendengaran

20. Jelaskan proses mendengar bunyi pada telinga!

telinga Bagian Luar→Telinga Bagian Tengah→Telinga bagian Dalam

Jawaban:

Proses mendengar diawali dengan suara yang ada di sekitar, berupa getaran atau gelombang, ditangkap oleh telinga bagian luar. Kemudian getaran diteruskan kebsaluran telinga sehingga memberi tekanan atau pukulan pada gendang telinga (membran timpani)

Penjelasan:

maaf klo salah

semoga bisa membantu

Video Terkait