Jelaskan Dan Berikan Contoh Cara Melatih Karakter Wirausaha

Jelaskan Dan Berikan Contoh Cara Melatih Karakter Wirausaha

Jelaskan Dan Berikan Contoh Cara Melatih Karakter Wirausaha

Jelaskan dan berikan contoh cara melatih karakter wirausaha​

Daftar Isi

1. Jelaskan dan berikan contoh cara melatih karakter wirausaha​

Pada dasarnya Karakter wirausaha sendiri dapat kita artikan sebagai suatu faktor yang berperan penting dalam mempertahankan jalannya bisnis, yang mana karakteristik wirausahawan yang kuat akan mampu membantu seorang wirausahawan untuk tetap bertahan menghadapi persaingan bisnis yang semakin hari semakin ketat.

Berikut ini beberapa contoh dari karakter wirausaha yang perlu kita latih, yang mana diantaranya ialah:

Memiliki Komitmen yang Tinggi.Disiplin.Percaya Diri.Pantang Menyerah.Memiliki Kreativitas Tanpa Batas.Jujur.Berani Mengambil Risiko.Selalu Bekerja Keras.Mampu Bekerja Sama dengan Orang Lain.Berorientasi pada Masa Depan.

Pembahasan

Pada hakikatnya wirausaha sendiri dapat kita artikan sebagai suatu kegiatan mengelola bisnis yang dimana dia dimulai dari persiapan modal, proses produksi, pemasaran, sampai dengan pengaturan keuangan.

Berikut ini beberapa tujuan kewirausahaan, yang mana diantaranya ialah:

Meningkatkan Jumlah Wirausahawan yang Berkualitas.Mensejahterakan Masyarakat.Menanamkan Semangat Wirausaha di dalam Masyarakat.Menyebarkan Semangat Berinovasi.Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat akan Kewirausahaan.

Berikut ini beberapa contoh penerapan sikap kewirausahaan dalam kehidupan sehari-hari, yang mana diantaranya ialah:

Pintar mencari peluang bisnis.Berani mengambil resiko.Menerapkan perilaku Tepat Waktu.Menerapkan perilaku tepat janji.Menerapkan Kepedulian Mental.Menerapkan komitmen tinggi terhadap pengendalian diri.Pelajari lebih lanjutMateri tentang melatih karakter Wira Usaha https://brainly.co.id/tugas/25094628Materi tentang wirausaha https://brainly.co.id/tugas/6342179Materi tentang Karakteristik Wirausaha https://brainly.co.id/tugas/11332616

Detail Jawaban  

Kelas : –

Mapel : IPS

Bab : –

Kode :-

#AyoBelajr #SPJ5

2. 1.jelaskan definisidari kewirauusahaan dan wirausaha menurut pendapatmu2.jelaskan 3 ciri ciri seorang wirausaha3.tuliskan karekteristikseorang wirausaha secara umum yang di rangkum dari pendapat berbagai pakar dan ahli4.jelaskan dan berikan contoh cara melatih karakter wirausaha5.jelaskan dan berikan contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif​

Jawaban:

1) Kewirausahaan adalah usaha yang dibangun brdasarkan inovasi baru utuk menciptakan sesuatu yang kreatif dan baru, memiliki nilai tambah, bermanfaat, dan berguna untuk menciptakan lapangan kerja baru. Maka wirausaha adalah orang-orang yang berani mengambil resiko untuk melaksanakan kegiatan kewirausahaan.

2) Ciri-ciri seorang wirausaha

Wirausahawan akan menjadi pemimpin dalam kegiatan usahanya, sehingga seorang wirausaha selalu mempunyai jiwa kepemimpinanMempunyai sasaran dan tujuan sehingga mampu merencanakan dengan baik untuk pengembangan usahanyaSelalu percaya diri dengan pekerjaannya sehingga selalu tenang dalam menghadapi tantangan

3) Ada enam karakteristik utama seorang wirausahawan, yaitu sikap dan perilaku disiplin, berkomitmen tinggi, jujur, kreatif dan inovatif, serta mandiri. Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan tentang Karakteristik Wirausaha Menurut Pandangan Para Ahli Terlengkap.

4) –

5) Contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif adalah dapat berpikir diluar kebisaan atau istilah kerennya dapat berpikir OUT OF THE BOX seperti yang pernah dibilang oleh presiden Joko Widodo, memiliki sifat pantang menyerah, ulet, dan mampu melihat dengan jeli setiap peluang usaha dan menangkap peluang usaha tersebut.

Penjelasan:

Semoga membantuPlease, jangan dihapus

3. jelaskan dan berikan contoh cara melatih karakteristik wirausaha

Ada beberapa karakteristik yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha. Berikut adalah beberapa cara yang bisa digunakan untuk melatih karakteristik wirausaha:

Memberikan tugas: untuk melatih kemampuan tanggung jawab seseorang.Mengajukan tes logika: untuk melatih kemampuan berpikir kreatif seseorang.Membuka usaha: untuk melatih kepekaan seseorang terhadap kesempatan dan juga mempelajari praktik dari wirausaha.

Pembahasan

Karakteristik wirausaha adalah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seorang wirausaha untuk bisa menjadi wirausaha yang sukses dan berhasil. Salah satu karakteristik utama yang harus dimiliki oleh wirausaha adalah kreatif dan inovatif. Karakteristik ini dibutuhkan oleh wirausaha untuk menjawab tantangan yang ada pada pasar dengan cara membuat produk yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan pasar.

Pelajari lebih lanjut 

Materi tentang konsep 10D William Bygrave https://brainly.co.id/tugas/8071155

#BelajarBersamaBrainly #SPJ4

4. Berikan contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif

Jawaban:

contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif adalah dapat berpikir diluar kebisaan atau istilah kerennya dapat berpikir OUT OF THE BOX seperti yang pernah dibilang oleh presiden Joko Widodo, memiliki sifat pantang menyerah, ulet, dan mampu melihat dengan jeli setiap peluang usaha dan menangkap peluang usaha tersebut.

#sejutapohon

5. 1. Jelaskan secara singkat tentang ciri dan karakter wirausaha yang unggul pada jaringan usaha 2. Jelaskan secara singkat tentang ciri dan karakter wirausaha yang tanggap pada perubahan 3. Jelaskan 2 karakter yang sebaiknya dimiliki seorang wirausaha yang akan membantunya untuk sukses 4. Jelaskan 2 berikan contoh manfaat dari karakter siswa yang memiliki jiwa kepemimpiman 5. Jelaskan dan tuliskan contoh manfaat dari karakter siswa yang berotientasi ke depan

Jawaban:

1. wirausaha yang unggul pada jaringan , maksudnya jika usaha kita sudah          terkenal , tentu saja ketika kita akan meluncurkan produk baru menjadi keuntungan tersendiri bagi kita. itu dikarenakan label usaha kita yang sudah dikenal di masyarakat yang memudahkan kita untuk berjualan,,,,,

maaf klo slah yaaa

6. Jelaskan Ikrar wirausaha dan karakter wirausaha

karakter wirausaha. harus mengetahui mode trend yang akan datang. mempelajari selera konsumen, memberikan kualitas produk dan pelayanan terbaik

7. Jelaskan pengembangan kewirausahaan? Berikan beberapa contohnya!​

Jawaban:

Strategi pengembangan kewirausahaan dilakukan melalui tiga strategi yaitu :

1. Meningkatkan kemampuan kewirausahaan

Untuk meningkatkan kemampuan kewirausahaan dilakukan melalui langkah langkah:

a. mengembangkan kewirausahaan bagi para pengusaha dan calon pengusaha untuk meningkatkan kinerja perusahaan terutama melalui peningkatan etos kerja, kreativitas dan inovasi, produktivitas, kemampuan membuat keputusan dan me
ngambil risiko, serta kerjasama yang saling menguntungkan dan dengan menerapkan etika bisnis.

b. Meningkatkan kinerja perusahaan yang bermanfaat bagi masyarakat dan perekonomian nasional terutama melalui; penciptaan lapangan kerja baru, penciptaan barang dan jasa yang lebih bermutu dan atau lebih beragam, peningkatan daya saing perusahaan, baik di pasar dalam negeri ataupun di pasar Internasional.

c. Mengembangkan kewirausahaan masyarakat luas yang diharapkan akan mendorong peningkatan kegiatan dan kinerja usaha dan ekonomi masyarakat melalui peningkatan etos kerja, disiplin efisiensi, dan produktivitas nasional.

d. Menyebarluaskan asas pokok kewirausahaan sebagai pedoman praktis bagi semua pihak yang berminat dan terkait dengan pengembangan kewirausahaan serta bagi yang ingin mengetahui, menghayati lebih mendalam dianjurkan untuk mengikuti kegiatan pembudayaan kewirausahaan.

2. Membudayakan kewirausahaan

Membudayakan kewirausahaan ialah mengarahkan wirausaha terutama kepada kegiatan ekonomi yang rasional, menguntungkan, berkelanjutan, dan dapat ditiru oleh masyarakat. Langkah untuk pencapaiannya dilakukan melalui:

1. Kegiatan ekonomi yang rasional terutama kegiatan-kegiatan yang ditangani atau diorganisasikan dalam perusahaan. Dengan demikian, sifat rasional dari kegiatan tersebut dapat diukur dengan ukuran kinerja yang lazim.

2. Menawarkan kegiatan pada masyarakat yang menguntungkan bagi peserta program dan masyarakat pada umumnya.

3. Menawarkan kegiatan yang berkelanjutan dan dapat ditiru oleh masyarakat. Di samping itu membudayakan kewirausahaan harus secara intensif, komprehensif, dan terpadu, yang pencapaiannya dilakukan melalui :

1. Skala prioritas sasaran.

2. Persiapan dan perencanaan yang baik, dengan memperhatikan efektivitas dari berbagai kegiatan.

3. Kegiatan secara komprehensif dan terpadu, mencakup kegiatan pra pelatihan,pelatihan, bimbingan dan konsultasi, magang dan studi banding, promosi dan temu usaha, serta peningkatan akses pasar dan pemberian bantuan perkuatan secara selektif,

4. Penekanan pada kesesuaian kondisi dinamis masing-masing peserta atau kelompok peserta program yang dibina,

5. Kegiatan peningkatan semangat, sikap dan perilaku kewirausahaan.

3. Memberdayakan sumber daya

Mendayagunakan sumberdaya adalah menggunakan sumber daya yang tersedia, baik yang ada pada Departemen maupun Instansi yang terkait dan masyarakat serta teknologi informasi.

Langkah-langkah yang dilakukan:

a. Sumberdaya yang tersedia di berbagai Departemen/Instansi Pemerintah berupa aparat pembina (termasuk penyuluh, konsultan dan widyaswara), sarana dan prasarana, serta anggaran perlu dikerahkan dan didayagunakan dengan baik untuk melaksanakan dan menunjang pengembangan kewirausahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b. Sumberdaya utama untuk membudayakan kewirausahaan pada para pengusaha kecil dan koperasi pada khususnya adalah para pengusaha itu sendiri melalui upaya pengembangan diri sambil melaksanakan kegiatan usaha atau learning by doing.

4. Mendayagunakan sumberdaya

Menggunakan sumber daya yang tersedia, baik yang ada pada Departemen maupun Instansi yang terkait dan masyarakat serta teknologi informasi.

Langkah-langkah yang dilakukan:

a. Sumberdaya yang tersedia di berbagai Departemen/Instansi Pemerintah berupa aparat pembina (termasuk penyuluh, konsultan dan widyaswara), sarana dan prasarana, serta anggaran perlu dikerahkan dan didayagunakan dengan baik untuk melaksanakan dan menunjang pengembangan kewirausahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

b. Sumberdaya utama untuk membudayakan kewirausahaan pada para pengusaha kecil dan koperasi pada khususnya adalah para pengusaha itu sendiri melalui upaya pengembangan diri sambil melaksanakan kegiatan usaha atau learning by doing.

5. Memberdayakan Koperasi Simpan Pinjam dan Lembaga Keuangan Mikro

Dalam upaya mempermudah akses calon wirausaha baru terhadap sumbersumber permodalan untuk modal kerja, sebaiknya lembaga keuangan mikro dan koperasi simpan pinjam diberdayakan. Dengan tersebarnya koperasi-koperasi diharapkan kesulitan permodalan yang dihadapi oleh wirausaha. Oleh karena itu lembaga keuangan mikro perlu diberdayakan agar lebih mampu melayani calon anggota, dan anggotanya

Penjelasan:

bantu follow

8. berikan 5 contoh kewirausahaan dan jelaskan​

jawaban

1. Katering Rumahan

Wirausaha dengan membuka katering rumahan merupakan usaha yang dapat dilakukan jika Anda hobi memasak. Anda bisa menjual nasi bungkus atau sayur sebagai rumah makan versi rumahan. Anda bisa menggunakan rumah Anda sebagai tempat usahanya. Banyak juga orang yang bekerja dikantor tidak sempat untuk memasak, dan ia pasti memesan makanan untuk makan siang atau sore. Ambillah peluang ini untuk membuka usaha katering rumahan.

Usaha ini bisa di mulai dengan modal yang sangat kecil. Alat masak di rumah Anda sudah cukup untuk memulai usaha ini. Anda tinggal persiapakan bahan-bahan yang akan dimasak dan juga kotak atau bungkus nasi jika mereka memesan dalam bentuk nasi kotak.

Untuk awal Anda bisa memulai dengan beberapa menu masakan saja, namun pastikan rasanya. Namun jika ada yang memesan katering sesuai dengan menu mereka, Anda harus sesuaikan dengan pesanan dan harganya. Untuk awal modal 1 juta saja sudah lebih dari cukup untuk memulai wirausaha katering ini.

2. Dropship

Contoh wirausaha lainnya yang mudah dilakukan dan tanpa modal adalah melakukan dropship. Dropship ini bisa dikatakan bisnis yang tanpa mengeluarkan modal hanya paket kouta jika Anda menggunakan media sosial untuk penjualan. Iya hitung-hitung sekalian Anda menggunakan media sosial tetapi Anda juga mendapatkan uang.

Bisnis dropship ini adalah bisnis yan paling simpel dan tidak ribet. Anda hanya memasarkan barang saja. semua packing dan pengiriman sudah dilakukan pemilik produk. Anda bisa untung mulai dar 5000 rupiah perbarang yang Anda jual. Jika dalam sehari saja Anda mampu menjual 10 barang Anda sudah mendapatkan uang 50 ribu. Ini jika untungnya 5000 namun jika lebih besar lagi maka Anda mendapatkan uang yang lebih besar lagi.

3. Desain grafis

Desain grafis ini adalah salah satu usaha yang dapat Anda lakukan walaupun Anda tidak mahir dalam menggambar, karena desain itu bisa dipelajari. Jadi Anda bisa pelajari dahulu cara desain dan membuat desain yang menarik. Jika Anda sudah bisa dalam pembuatan desain, barulah Anda membuka usaha desain grafis.

Anda bisa menjual jasa desain Anda secara online. Bahkan sudah banyak platform yang menyediakan tempat untuk menjual jasa desain atau menjual hasil desain seperti fiverr, upwork, atau sribu. Anda juga bisa berkerja sama dengan perusahaan sebagai freelancer jika Anda menguasai desain grafis ini.

Modal untuk wirausaha desain grafis ini adalah Anda harus mempunyai komputer atau laptop untuk mendesain. Jika Anda memiliki laptop atau komputer yang tidak terpakai gunakanlah untuk membuat usaha desain ini.

4. Percetakan

Untuk usaha percetakan ini tidaklah memerlukan modal yang banyak. Mulailah percetakan dengan skala kecil. Misalnya membuka jasa print atau fotocopy. Usaha ini dapat dilakukan jika Anda dekat sekolah atau kampus. Namun tidak menutup kemungkinan ditempat biasa juga bisa membuka usaha ini.

Modal untuk usaha percetakan ini sangat kecil, Anda membutuhkan satu laptop atau komputer, 1 mesin fotocopy dan 1 printer saja dan Anda sudah bisa memulai usaha ini. Tipsnya carilah tempat yang strategis agar jasa print dan fotocopy Anda laris dan memperoleh keuntungan besar.

5. Menjual Aneka Minuman

Usaha jual aneka minuman merupakan suatu usaha yang menguntungkan. Usaha menjual minuman ini bisa dengan menjual jus buah atau menjual kopi atau jamu. Buatlah minuman yang sesuai dengan kreasimu agar dilirik oleh pembeli. Modal untuk usaha ini
cukup kecil dan keuntungan yang didapatkan bisa besar.

Jadikan jawaban terbaiksemoga bermanfaat

9. tuliskan 3 karakter wirausaha,berikan pengerian dan contoh​

Jawaban:

1. Rasa percaya diri, dalam masyarakat sikap percaya diri harus dimiliki. Apabila kita selalu minder apabila bertemu dengan orang lain, bagaimana bisa kita memasarkan atau mengenalkan usaha kita.

2. Berani menanggung resiko, contoh dalam kehidupan bermasyarakat adalah ketika mengambil keputusan maka kita harus berani menanggung resiko apa yang akan terjadi akibat keputusan tersebut. Misal kita berani membatasi jam kunjungan ke lingkungan kita, maka akan ada resiko protes dari warga yang tidak setuju.

3. Jujur dan tekun, karakteristik berikutnya adalah jujur dan tekun. Dalam bermasyarakat kita harus selalu berkata jujur agar orang lain mempercayai kita dan tekun dalam berusaha agar tujuan kita tercapai.

4. Memiliki kreatifitas yang tinggi, pada kehidupan bermasyarakat, seorang pengusaha harus bisa memberikan ide-ide kreatif untuk menyelesaikan masalah yang ada, semisal masalah sampah, kita bisa memberikan ide-ide kreatif seperti diolah menjadi pupuk atau menjadi kerajinan tangan.

10. Apa saja karakter wirausaha Dan sumber yang menjelaskan karakter wirausaha ​

Memiliki Komitmen yang Tinggi. Karakteristik wirausaha untuk sukses yang pertama adalah harus mempunyai komitmen yang tinggi. …Disiplin. …Percaya Diri. …Pantang Menyerah. …Memiliki Kreativitas Tanpa Batas. …Jujur. …Berani Mengambil Risiko. …Selalu Bekerja Keras.

Jawaban:

kreatif dan inovatif mempunyai komitmen yang sangat tinggi disiplin jujur optimis berani mengambil resiko dan profesional

wirausaha adalah seseorang yang berani mengambil sikap dan tindakan dalam menciptakan pekerjaan sendiri dan berkarir secara mandiri

semoga membantu

11. Jelaskan maksud wirausaha industr, wirausaha dagang dan wirausaha jasa, dan berikan contohnya

a. usaha dagang : usaha yang kegiatannya menjualkan produk pihak lain. Misalnya : warung/toko kelontong, toko onderdil, toko obat/jamu, toko buku, toko pakaian, dll.
b. Usaha jasa : usaha yang kegiatannya m emberi layanan/servis kepada pihak lain. Misalnya : jasa transportasi, salon, konsultan pajak, jasa kontruksi, servis mobil,servis elektro, dll.
c. Dagang dan jasa : usaha yang merupakan gabungan antara sector dagang dan jasa. Misalnya : bengkel motor/mobil dan juga melayani penjualan onderdil, jasa perjalanan wiata yang juga melayani catering, dll.
d. Manufaktur (produksi) : usaha yang menghasilkan berbagai produk/barang misalnya :
– Pertanian – peternakan – pertambangan
– perikanan – kerajinan – perusahaan software
– pabrik computer – industri mobil – industri komponen
– industri elektro – industri alat berat – dll

12. Apa saja manfaat manfaat yang akan diperoleh jika melatih karakter wirausaha ?

Jawaban:

•Memaksimalkan potensi dan bakat diri.

•Melatih jiwa kepemimpinan.

•Membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain.

•Memiliki relasi yang semakin luas.

•Kemampuan management waktu yang baik.

•Mampu bekerja secara multitasking.

•Memperluas wawasan.

•Memperoleh keterampilan baru.

13. Tuliskan dan jelaskan tentang sifat atau karakter berani mengambil resiko seorang wirausaha dalam menjalankan kegiatan usaha serta berikan contoh usaha tersebut

() Seorang Pelaku usaha haru berani mengambil resiko dalam menjalankan suatu kegiatan usaha.

Seseorang yang berani mengambil resiko memiliki karakter yang tangguh, berani bertanggung jawab dan punya pemikiran yang tepat mengenai usaha yang akan ia jalani.

14. 1. jelaskan karakter dan etika wirausaha yang memiliki kemampuan mengenali peluang usaha! berikan contohnya2. jelaskan karakter dan etika wirausaha yang memiliki keberanian dalam mengambil resiko! berikan contohnya3. jelaskan karakter dan etika wirausaha yang memiliki kreativitas tinggi! berikan contohnya​

Jawaban:

etika harus mempunyai sopan santun ,tidak mudah putus asa,punya semangat yang tinggi

15. jelaskan hubungan antara wirausaha dan kewirausahaan dn berikan contoh

A.Kewirausahaan Kewirausahaan adalah sikap mental dan sikap jiwa yang selalu aktif berusaha untuk memajukan karyanya dalam upaya menigkatkan pendapatan melalui kegiatan usahanya.

B. Wirausaha Wirausaha adalah kemampuan seseorang untuk hidup sendiri/berdikari dalam menjalankan kegiatan usaha/bisnisnya yang bebas, merdeka, lahir, dan batin.

16. tuliskan dan jelaskan tentang sifat/karakter berani mengambil resiko seorang wirausaha dalam menjalankan kegiatan usaha nya serta berikan contoh usaha tersebut!jangan lupa kasih contoh ya! ​

1. dream : memiliki keinginan untuk mewujudkan impian di masa depan

2. decisiuiness : mampu membuat keputusan secara cepat dan tepat

3. doers : melakukan tindak lanjut terhadap keputusan yang diambil

4. determination : melaksanakan kegiatan dengan penuh perhatian tanggung jawab dan pantang menyerah

5. dedication : memiliki dedikasi yang tinggi dan rela berkorban

6. details : mampu menganalisa secara rinci sampai ke hal hal kecil

7. destiny : mampu merumuskan tujuan yang hendak dicapai

8. devotion : tidak mengenal lelah, fokus dalam bisnisnya

9. dollar : yang bukan semata mata tujuan yang hendak dicapai

10. distribute : mampu mendistribusikan atau membagi tugas wewenang kepemilikan kepada orang lain

17. mengapa siswa harus melatih karakter wirausaha sejak dini?​

Jawaban:

agar lebih mudah memahami dan agar seorang siswa tumbuh menjadi pribadi yg kreatif dengan menciptakan yg tidak ada menjadi ada serta seorang siswa hars tumbuh dalam suasana yg aman dan bebas secara psikologis.

18. Jelaskan dan berikan contoh karakter wirausaha yang kreatif dan inovatif

Jawaban:

1. Memiliki Ide untuk membuat suatu karya

2. Giat dalam berwirausaha

3. Berjiwa kepemimpinan dalam wirausaha

4. Tekun dan rajin dalam kreativitas

5. Mampu menarik perhatian konsumen

6. Mampu membuat produk yang laris di pasaran

19. Jelaskan karakter dan sikap kewirausahaan yang harus dimiliki kewirausahaan

Kelas : X
Pelajaran : Seni
Kategori : Kewirausahaan
Kata Kunci : Sikap, Karakter, Wirausahawan

Berikut adalah sikap dan karakter kewirausahaan yang harus dimiliki seorang wirausahawan

 

a. Percaya diri merupakan paduan sikap dan keyakinan seseorang dalam menghadapi tugas atau pekerjaan. Adapun kepercayaan diri akan memengaruhi gagasan, inisiatif, kreativitas, keberanian, ketekunan, semangat kerja, kegairahan berkarya seorang wirausahawan.

 

b. Berorientasi pada tugas dan hasil karena seseorang yang selalu mengutamakan tugas dan hasil adalah orang yang selalu mengutamakan nilai-nilai motif berprestasi, berorientasi pada laba, ketekunan, dan kerja keras.

 

c. Keberanian mengambil resiko karena seorang wirausahawan adalah orang yang lebih menyukai usaha-usaha yang lebih menantang untuk mencapai kesuksesan atau kegagalan daripada usaha yang kurang menantang.

 

d. Memiliki sifat kepemimpinan, kepeloporan, dan keteladanan dengan selalu menampilkan produk dan jasa-jasa baru dan berbeda sehingga ia menjadi pelopor baik dalam proses produksi maupun pemasaran serta selalu memanfaatkan perbedaan sebagai suatu yang menambah nilai.

 

e. Berorientasi ke masa depan dengan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda dari yang ada sekarang.

 

f. Kreatif dan inovatif dengan mengedepankan ciri-ciri seperti, tidak pernah puas dengan cara-cara yang dilakukan saat ini meskipun cara tersebut cukup baik dan selalu menuangkan imajinasi dalam pekerjaan serta selalu ingin tampil berbeda atau selalu memanfaatkan perbedaan.

 

Adapun untuk menjadi seorang  yang sukses, wirausahawan harus memiliki sifat-sifat sebagai berikut:

a. Memiliki sikap mental yang positif

b. Memiliki keahlian di bidangnya

c. Mempunyai daya pikir yang kreatif

d. Rajin mencoba hal-hal yang baru atau inovatif

e. Memiliki semangat juang yang tinggi (motivasi) serta komitmen yang tinggi

f. Mampu mengantisipasi berbagai risiko dan persaingan.

20. Jelaskan pengertian kewirausahaan dan berikan contohnya!

Kewiraswastaan atau Kewirausahaan (bahasa Inggris: entrepreneurship) adalah proses mengidentifikasi, mengembangkan, dan membawa visi ke dalam kehidupan.

Cnth:Laundry.

Cuci Motor & Mobil.

Pembayaran Tagihan Online.

Reseller Produk.

Warung Kopi.

Usaha Berjualan Jus Buah.

Pangkas Rambut.

Maaf kalo salah :v

Video Terkait