Informasi Yang Penting Sebuah Teks Atau Bacaan Ditulis Menggunakan Kosakata

Informasi Yang Penting Sebuah Teks Atau Bacaan Ditulis Menggunakan Kosakata

Informasi Yang Penting Sebuah Teks Atau Bacaan Ditulis Menggunakan Kosakata

informasi penting sebuah teks atau bacaan harus ditulis menggunakan kosakata​

Daftar Isi

1. informasi penting sebuah teks atau bacaan harus ditulis menggunakan kosakata​

Jawaban:

kosa kata Baku.

Penjelasan:

Karena, dengan menggunakan kosakata baku, kalimat bisa terhindar dari salah penafsiran sehingga teks dapat dipahami dengan baik. bayangkan saja jika teks menggunakan kosakata yang berbelit-belit, pasti akan merasa pusing kan? maka dari itu kosakata seperti kosakata baku itu sangat penting dalam penulisan.

semoga membantu,jadikanjawaban terbaik ya:))

2. Informasi penting sebuah teks atau bacaan harus ditulis menggunakan kosakata

Jawaban:

kosa kata baku

Penjelasan:

semoga membantu^_^

3. Informasi penting sebuah teks/bacaan harus ditulis menggunakan kosakata yang….​

Jawaban:

jelas dan benar

Penjelasan:

maaf kalau salah ya

Jawaban:

baku, jelas dan padat agar orang yang membacanya mudah mengerti

4. tuliskan informasi-informasi penting mengenai pak bagong kussudiarjo dari teks bacaan “Bagong Kussudiarjo”.Gunakan kosakata baku​

Jawaban:

Kehidupan Pribadi:

Bagong Kussurdiardja lahir pada hari Selasa Kliwon, tanggal 9 Oktober 1928 (19 hari sebelum Sumpah Pemuda). Beliau lahir dari ayah yang bernama Raden Bekel Atma Tjondro Sentono dan ibu yang bernama Siti Aminah. Bagong sendiri merupakan anak kedua. Saudara kandung lainnya adalah Kus Sumarbirah, Handung Kussudyarsana, dan Lilut Kussudyarto. Latar belakang keluarga Bagong Kussurdiardja memiliki garis lingkaran kebangsawanan Keraton Yogyakarta.

Karier:

Bagong mulai berkenalan dengan seni tari jawa klasik melalui Sekolah Tari Kredo Bekso Wiromo, yang dipimpin oleh Pangeran Tedjokusumo, seorang seniman tari ternama. Masuknya beliau ke sekolah tersebut tidak terlepas dari statusnya sebagai bagian dari keluarga ningrat. Pada saat itu, keluarga Bagong juga sedang tinggal di Dalem Tejokusuman. Pada tahun-tahun berikutnya Bagong juga bergabung dengan Poesat Tenaga Peloekis Indonesia (PTPI). Sanggar rupa itu sendiri dibangun oleh pelukis Djajengasmoro pada tahun 1945. Tahun 1946, Bagong mulai belajar melukis. Bagong kemudian juga bergabung di Sanggar Pelukis Rakyat. Di tempat tersebut, Bagong banyak belajar dengan pendiri sanggar yakni pelukis Hendra Gunawan. Ia juga banyak belajar dari pelukis Sudiarjo. Beliau juga menjadi anggota Perkumpulan Kesenian Irama Tjitra.

Karya:

Selama hidupnya, Bagong Kussudiardja telah menciptakan lebih dari 200 tari dalam bentuk tunggal atau massal. Selain itu, beliau juga banyak menghasilkan lukisan.

Tari:

– Tari Kuda-Kuda (1953). Tarian ini diciptakan Bagong bersama Kuswadji.

– Tari Ganyang Nekolim. Tarian ini Merupakan tari yang dibuat Bagong di masa Orde Lama.

Lukisan:

– Barong (1993)

– Model (1994)

– Mega-Mega (1994)

– Ngaso (1995)

Penghargaan:

Bagong Kussudiardja telah mendapat banyak penghargaan nasional maupun internasional. Pada tahun 1973, beliau mendapat penghargaan Sri Paus Paulus VI atas fragmennya Perjalanan Yesus Kristus. Pada tahun 1975, memperoleh Satya Lencana Dwija Setia. Untuk lukisan abstraknya yang dipamerkan di Pameran Lukisan Asia Pasifik di Dacca, ia memperoleh medali emas dari pemerintah Bangladesh pada 1980/1981. Pada 1985, ia menerima Hadiah Seni Pemerintah RI dan mendapat Art Award. Pada tahun 1987 mendapatkan Penghargaan ASEAN. Pada tahun 1988 mendapat Art Award dari Pemerintah Yogyakarta. Pada tahun 1992 mendapat penghargaan dari Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi.

Wafat:

Pada 15 Juni 2004, Bagong Kussudiardja meninggal dunia di Rumah Sakit Bethesda pada pukul 23.00 WIB. Beliau meninggal dikarenakan adanya komplikasi diabetes, jantung, dan tekanan darah tinggi. Jenazah Bagong dimakankan di samping makam istri pertamanya Soetiana yang berada di Dusun Sembungan, Gunung Sempu, Kasihan di Kabupaten Bantul. Dalam surat wasiatnya, Bagong berpesan agar proses pemakamannya diiringi oleh gending yang berjudul Mega Mending Tiba Tluntur.

Penjelasan:

SUMBER: WIKIPEDIA

SEMOGA BERMANFAAT…..

5. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong kusudiarjo dari teks bacaan Bagong kusudiarjo gunakan kosakata baku

Pertanyaan

Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong kusudiarjo dari teks bacaan Bagong kusudiarjo gunakan kosakata baku.

Pembahasan

Baging Kusudiarjo adalah seorang seniman Koreografer dan Pelukis Indonesia yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1928. Ia adalah putra dari pasangan suami-istri RB Tjondro Sentono dan Siti Aminah. Bagong memulai kariernya sebagai seorang penari Jawa klasik di Yogyakarta pada tahun 1954. Ia juga mendirikan Pusat Latihan Tari (PLT) pada tanggal 5 Maret 1958 dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada tanggal 2 Oktober 1978. Selama masa karirnya, Bagong telah menciptakan lebih dari 200 jenis tari baru baik itu tari tunggal maupun tari massal. Dari 200 lebih tari yang telah ia ciptakan, tarian yang paling terkenal diantaranya adalah tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

Bagong adalah ayah dari Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto. Selain sebagai seorang seniman tari, Bagong juga merupakan seorang pelukis, bahkan termasuk perintis seni lukis batik kontemporer. Ia juga pernah bermain film, salah satunya adalah dengan judul Kugapai Cintamu. Pada tahun 1985, ia menerima Hadiah Seni Pemerintah RI, kemudian menerima penghargaan dari Sri Paus Paulus VI atas fragmennya berjudul Perjalanan Yesus Kristus. Untuk lukisan abstraknya yang dipamerkan di Dacca, ia menerima penghargaan berupa medali emas dari pemerintah Bangladesh pada tahun 1980.

Pelajari Lebih Lanjut

Biografi : https://brainly.co.id/tugas/2815690

Detil Jawaban

Kelas : SMP 8

Subjek : Bahasa Indonesia

Bab : Membaca Biografi

Kode : 8.1.4

Kata Kunci : Biografi

6. Informasi penting sebuah teks bacaan harus ditulis me
nggunakan kosakata yang……….#No Copas​

Jawaban:

Baku dan mudah di mengerti

Jawaban:

kosakata yang benar ( kata kata baku)

Penjelasan:

maaf kalau salah

7. Tuliskan informasi penting mengenai ibu Tati Saleh dari teks bacaan Tati Saleh Gunakan kosakata baku​

Jawaban:

teks nya mana ya?

Penjelasan:

………..

8. 5.Tujuan dari teks eksplanasi adalah… 6.Informasi penting sebuah teks/bacaan harus ditulis menggunakan kosakata yang… 7.Berikut merupakan contoh penulisan kata baku adalah… 8.Agar dapat menyimpulkan isi bacaan, maka…

Jawaban:

5.Tujuan teks eksplanasi sendiri dapat disamakan dengan teks yang menceritakan prosedur atau proses terjadinya fenomena. Dengan teks tersebut, pembaca dapat memperoleh pemahaman mengenai latar belakang terjadinya fenomena secara jelas dan logis

6.kosa kata Baku. Penjelasan: Karena, dengan menggunakan kosakata baku, kalimat bisa terhindar dari salah penafsiran sehingga teks dapat dipahami dengan baik

7.bagaimana cara membaca buku ini dengan abjad yang benar?

8.

1.menentukan ide pokok per paragraf.

2.menentukan ide pendukung per paragraf.

3.mengembangkan ide pokok menjadi kalimat.

4.mengembangkan ide pendukung menjadi kalimat.

5.menyusun kesimpulan berdasarkan ide pokok dan ide pendukung

semoga membantu~

jikalau boleh jadikan jawaban terbaik ya, makasi 😀

9. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Sujana Arja dari teks bacaan Sujana Arja Maestro topeng Cirebon menggunakan kosakata baku​

Jawaban:

Kesenian ini telah melahirkan seorang maestro. Sujana Arja, namanya. Hingga di usianya yang 73 tahun, Sujana masih menari dan mengawal Topeng Cirebon pada pakem yang semestinya.

Sujana Arja lahir di Desa Slangit di kawasan Klangenan, Cirebon, Jawa Barat, dari seorang keluarga seniman. Ayah ibunya, Arja dan Wuryati adalah penari topeng legendaris di zamannya. Karena itu, Sujana dan delapan saudaranya yang lain terbiasa dengan ritmis dan tetabuhan dinamis tari topeng.

Sujana bersama delapan saudara kandungnya memang mendapat warisan bakat dari kedua orang tuanya. Tapi, setelah keenam saudaranya meninggal, tinggal Sujana dan adik bungsunya, Keni Arja yang masih setia mempertahankan Topeng Cirebon versi Slangit agar tak punah dari desanya. Kakak-beradik ini bukan hanya menunggu panggilan berpentas dan mengamen dari kampung ke kampung atau bebarang. Tapi, juga mereka menjadi duta kesenian yang mewakili Indonesia ke berbagai negara.

Adalah Sujana sosok penari yang paham benar tentang makna filosofi topeng yang diperankannya. Tari Topeng Cirebon memiliki lima jenis yang masing masing menggambarkan tentang fase kehidupan manusia semasa hidupnya. Panji melambangkan kelahiran seorang manusia ke dunia. Samba melambangkan bayi yang telah beranjak dewasa. Rumyang melambangkan pernikahan yang ditujukan untuk menghasilkan keturunan yang baik. Tumenggung melambangkan kewajiban seseorang yang menikah untuk bekerja sebagai bekal bagi keluarga. Terakhir, Kelana adalah kontrol yang harus dimiliki orang itu agar tidak sombong dalam menghadapi hidup.

Di usia senjanya, Sujana memang masih meluangkan seluruh waktu, pikiran, dan tenaganya untuk tari topeng. Sesekali dirinya menerima undangan dari warga desa yang sedang mengadakan hajatan besar. Di saat saat itulah Sujana menunjukkan kepiawaiannya sebagai seorang penari topeng. Berbeda dibanding tahun 60-an ketika sepi undangan main, Sujana dan rombongannya memilih mengamen dari kampung ke kampung sambil membawa seperangkat alat gamelan.

Masa-masa sulit seolah tiada henti menimpa kesenian tradisional topeng. Beberapa kelompok tari topeng terpaksa bubar terlebih ketika dikaitkan dengan isu Gerakan September Tiga Puluh (Gestapu) di tahun 60-an. Namun, itu tak berlaku buat Sujana. Lantaran kecintaan pada tari topeng yang digeluti bertahun-tahun membuat Sujana mampu bertahan meski zaman terus berubah.

Bagi Sujana, satu-satunya kebahagiaan yang didapatkan adalah kedua putranya, Inu Kertapati dan Astori yang bisa melanjutkan usahanya mempertahankan kesenian tradisional ini. Bahkan, kedua putranya pun telah dikenal sebagai pengganti sang maestro untuk berpentas di berbagai tempat.

Sujana seperti tiada henti mencari harapan masa depan seni tradisi warisan nenek moyangnya. Makna spiritual tari topeng yang dulu hanya dimiliki keluarga-keluarga tertentu kini tak berlaku lagi pada diri Sujana. Baginya, gerakan gemulai tari yang dipertontonkannya setidaknya mampu menggugah minat generasi muda terhadap kesenian yang hampir punah di desanya.

Tapi, semangat, keyakinan serta nilai-nilai yang diajarkan Sujana pada akhirnya berpulang kembali pada ketertarikan masyarakat sebagai penjaga terdepan kelangsungan hidup seni tradisional.

10. Tuliskan informasi penting yang terdapat pada teks diatas ! Gunakan kosakata baku !

Jawaban:

teks proklamasi

Penjelasan:

maaf kalo salah

tolong di follow

11. Tuliskan informasi informasi penting mengenai pak bagong kussudiarjo dari teks bacaan “bagong kussudiarjo”.gunakan kosakata buku.​

Jawaban:

Baging Kusudiarjo adalah seorang seniman Koreografer dan Pelukis Indonesia yang lahir di Yogyakarta pada tanggal 9 Oktober 1928. Ia adalah putra dari pasangan suami-istri RB Tjondro Sentono dan Siti Aminah. Bagong memulai kariernya sebagai seorang penari Jawa klasik di Yogyakarta pada tahun 1954. Ia juga mendirikan Pusat Latihan Tari (PLT) pada tanggal 5 Maret 1958 dan Padepokan Seni Bagong Kussudiardja pada tanggal 2 Oktober 1978. Selama masa karirnya, Bagong telah menciptakan lebih dari 200 jenis tari baru baik itu tari tunggal maupun tari massal. Dari 200 lebih tari yang telah ia ciptakan, tarian yang paling terkenal diantaranya adalah tari Layang-layang (1954), tari Satria Tangguh, dan Kebangkitan dan Kelahiran Isa Almasih (1968), juga Bedaya Gendeng (1980-an).

Bagong adalah ayah dari Butet Kertaradjasa dan Djaduk Ferianto. Selain sebagai seorang seniman tari, Bagong juga merupakan seorang pelukis, bahkan termasuk perintis seni lukis batik kontemporer. Ia juga pernah bermain film, salah satunya adalah dengan judul Kugapai Cintamu. Pada tahun 1985, ia menerima Hadiah Seni Pemerintah RI, kemudian menerima penghargaan dari Sri Paus Paulus VI atas fragmennya berjudul Perjalanan Yesus Kristus. Untuk lukisan abstraknya yang dipamerkan di Dacca, ia menerima penghargaan berupa medali emas dari pemerintah Bangladesh pada tahun 1980.

Penjelasan:

12. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong kusudiarjo dari teks bacaan Bagong kussudiarjo gunakan kosakata baku​

Jawaban:

pak bago
ng sangat keren, bijaksana dan sopan

13. Informasi penting sebuah teks/bacaan harus ditulis menggunakan kosakata… A. Baku B. Tidak baku C. Bebas D. Gaul

Jawaban:

A. baku

Semoga membantu dan bermanfaat

Jawaban:

A. Baku

Penjelasan:

semoga membantu jangan lupa like,nilai sempurna, jadikan jawaban tercerdas dan yang paling penting adalah FOLLOW

14. tulislah informasi penting yang terdapat teks di atas!gunakan kosakata baku​

Jawaban:

tentang naskah proklamasi

Penjelasan:

semoga membantu jadikan jawaban yang terbaik

15. 1. Baca kembali teks non-fiksi yang berjudul “Makna Proklamasi Bagi Indonesia” Temukan informasi penting dalam teks tersebut dan tuliskan dalam kolom berikut menggunakan kosakata baku………………………………….2. Setelah menuliskan informasi penting berdasarkan teks yang telah kamu baca, sekarang susun informasi tersebut menjadi sebuah ringkasan. Perhatikan penggunaan kalimat efektif dan kosakata baku! ……………………………….​

Jawaban:

1.Makna Proklamasi bagi Bangsa Indonesia

Proklamasi merupakan puncak perjuangan bangsa Indonesia mengusir penjajah untuk mendapatkan hak sebagai bangsa yang merdeka dan tidak ditindas oleh bangsa dan negara lain serta memiliki kedudukan yang sederajat.

Penjelasan:

maaf kalau salah cuman segitu yang aku tahu

16. Tuliskan informasi-informasi penting mengenai pak Bagong Kusudiarjo dari teks bacaan Bagong Kussudiarjo gunakan kosakata baku !

Jawaban:

Informasi-informasi penting mengenai Pak Bagong Kusudiarjo dari teks bacaan “Bagong Kussudiardjo” adalah: Seniman multitalenta. … Semasa hidupnya beliau pernah mendirikan Pusat Pelatihan Tari Bagong Kussudiardjo dan padepokan seni. Selasa 15 Juni 2004, Pak Bagong Kussudiarjo meninggal dunia.

Penjelasan:

jadikanjawabanteratas

17. tuliskan informasi penting dari teks bacaan menggunakan kosakata baku

kosakatanya memberi tahu kepada masyarakat bahwa ada yang harus disampaikan kepada seluruh rakyat.

semoga membantu

18. informasi penting sebuah teks atau bacaan harus ditulis menggunakan kosakata….a baku b tidak baku C bebas D gaul ​

Jawaban:

A. baku

Penjelasan:

dengan menggunakan kosakata baku, kalimat bisa terhindar dari salah penafsiran sehingga teks dapat dipahami dengan baik.

Semoga membantu..

Jawaban:

Informasi penting sebuah teks atau bacaan harus ditulis menggunakan kosakata….

A. baku

Penjelasan:

SEMOGA BERMANFAAT:(

JADIKAN SEBAGAI JAWABAN TERCERDAS YA

MAAP APABILA JAWABANNYA SALAH ATAU KURANG JELAS:)

(\_/)

( °•°)

(>❤️

19. bacalah kembali teks kerjasama bilateral Indonesia dengan Singapura Tuliskan informasi-informasi penting dalam teks tersebut dan lengkapi dengan gambar yang mendukung informasi tersebut perhatikan penggunaan kosakata baku dan kalimat efektif pada tulisanmu​

Jawaban:

Teks kerjasama bilateral antara Indonesia dan Singapura yang mengatur hubungan kedua negara ini terdiri dari 5 (lima) bab dan 10 (sepuluh) pasal. Bab I berisi tujuan dan dasar kerjasama, Bab II meliputi kerjasama ekonomi, Bab III mencakup kerjasama politik, Bab IV mengatur kerjasama sosial, dan Bab V mengatur mekanisme pelaksanaan kerjasama.

Informasi Penting:

– Terdapat 5 bab dan 10 pasal dalam teks kerjasama bilateral Indonesia dengan Singapura.

– Bab I berisi tujuan dan dasar kerjasama.

– Bab II mencakup kerjasama ekonomi.

– Bab III meliputi kerjasama politik.

– Bab IV mengatur kerjasama sosial.

– Bab V mengatur mekanisme pelaksanaan kerjasama.

20. tulislah informasi penting yang terdapat teks di atas! Gunakan kosakata baku!​

Jawaban:

Teks naskah, yang dikenal dengan sebutan naskah “Proklamasi Otentik” adalah merupakan hasil ketikan oleh Mohamad Ibnu Sayuti Melik.

Naskah Proklamasi Klad ini ditinggal begitu saja dan bahkan sempat masuk ke tempat sampah di rumah Laksamana Muda Tadashi Maeda. B.M Diah menyelamatkan naskah bersejarah ini dari tempat sampah dan menyimpannya selama 46 tahun 9 bulan 19 hari, hingga diserahkan kepada presiden Soeharto di Bina Graha pada 29 Mei 1992.

Penjelasan:

semoga bermanfaat 🙂

*jawab* :

informasi yang penting adalah

Teks naskah Proklamasi yang telah mengalami perubahan , yang di kenal dengan sebutan naskah ” Proklamasi otentik ”

Penjelasan:

jadi informasi penting adalah informasi yang merupakan kalimat yang paling penting . dan kata baku itu bisa disebut juga kalimat yang jelas / semua orang tau kalimat itu

Video Terkait