Hewan Apa Yang Sering Menerima Kesalahan Orang Lain

Hewan Apa Yang Sering Menerima Kesalahan Orang Lain

Hewan Apa Yang Sering Menerima Kesalahan Orang Lain

Hewan apa yang sering menerima kesalahan orang lain

Daftar Isi

1. Hewan apa yang sering menerima kesalahan orang lain

Jawaban:

TTS

Hewan sering menerima kesalahan orang lain adalah kambing hitam . Kambing hitam itu adalah sebuah ungkapan yang artinya orang yg tdk bersalah tpi dituduh bersalah .

Nah dalam pertanyaannya , Hewan apa yang sering menerima kesalahan orang lain?

jawabanny adlh kambing hitam. Emang kambingnya hitamnya tidak bersalah, melainkan kambing hitam itu sendiri dijadikan sebuah ungkapan. Dimana artinya orng yg tdk bersalah tpi dituduh braslh.

smoga mmbntu

maaf klo slh

2. PETUNJUK KHUSUSa. Untuk soal no 36 s/d 45 adalah soal bentuk isian.b. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar, jelas dan singkat !36. Akibat jika kita melalaikan kewajiban dalam merawat tanaman adalah ….37. Pelestarian hewan langka bertujuan agar hewan tersebut tidak mengalami ….38. Orang yang memberi informasi saat wawancara di sebut dengan istilah ….39. Laporan hasil wawancara secara lisan di depan orang banyak di sebut ….40. Bagian tumbuhan yang berfungsi sebagai tempat terjadinya proses fotosintesis adalah ….41. Salah satu jenis tanaman yang dimanfaatkan untuk obat-obatan adalah ….42. Turnbuhan yang umumnya bisa tumbuh di daerah pegunungan adalah ….43. Hewan nokturnal ini hidup di tempat gelap. Mengeluarkan suara dengan frekuensi tinggi.Memiliki pendengaran yang tajam dan peka menerima pantulan.Hewan yang memiliki ciri-ciri khusus seperti di atas adalah ….44. Karya seni tempel pada permukaan gambar di sebut ….45. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat montase acalah ….C. UraianPETUNJUK KHUSUSa. Untuk soal 46 s/d 50 adalah soal bentuk uraian.1 1 dan umikanlah sesuai dengan pertanyaan di bawał im !​

Jawaban:

36.tanaman tersebut akan rusak 37.kepunahan43.kelelawar

Penjelasan:

maaf segitu aja semoga membantu

3. muur Denkul dengan benar1.Al- maidah artinya adalah……2.Hewan yang diharamkan untuk dimakan oleh umat islam adalah….3. Allah SWT menjelaskan tentang binatang yang haram dimakan,terdapat dalam sur4. Manusia diciptakan beragam, baik suku maupun jenis kelamin. Tetapi dimata allah SWT tetapsama,yang membedakannya hanyalah….5. Keputusan atau ketetapan allah SWT terhadap semua makhluk-Nya disebut….6. pelaksanaan terhadap ketentuan-ketentuan allah SWT disebut……7. Allah SWT akan mengubah nasib seseorang.apabila ia mau……8.Salah satu orang yang berhak menerima Zakat adalah Garim. Garim artinya adalah….9.Kata Zakat artinya adalah….10.Perintah zakat merupakan salah satu bukti bahwa islam sangat peduli terhadap….11. Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah….12.Zakat merupakan salah satu upaya untuk….13. Panitia yang mengurus zakat disebut…..14. Kaum Muhajirin adalah…..15. Kaum Anshar adalah….16. Sebelum hijrah ke madinah, nabi Muhammad SAW Hijrah ke….17.SEtiap rintangan dan tantangan yang terjadi disaat Nabi Muhammad SAW berdakwah selalu dihadapidengan…..18. Orang yang member se
suatu dengan ikhlas semata-mata hanya mengharapkan…19.Orang yang berhijrah(berpindah) dari makkah ke madinah disebut kaum…..20. Kota Madinah sering pula disebut Al-Madinah Al-Munawarah yang artinya adalah…​

Jawaban:

nomer dua:hewan dog and pig

nomer 3:-

nomer 4 yg membedakan antara kita dan org lain hanyalah iman amal shaleh

nomer5:takdir

nomer 6:udah lupa aku

nomer7: mau berusaha

nomer 8:org yg tidak mampu

9-

nomer 10:org lemah mksdx yg benar²membutuhkan

Jawaban:

Yang Nomor 2

hewan² yang tidak disembelih

4. 1.syarat harta yg dikenakan wajib zakat adalah… a.milik sendiri c.milik perusahaan b.milik orang lain d.hasil berhutang2.niat sebelum berzakat termasuk salah satu….zakat a.syarat waiib c.rukun b.syarat sah d.larangan3.orang2 yg berhak menerima zakat di sebut… a.muzaki c.muallaf b.mustahik d.mujahid4.dalam al-Qur’an perintah zakat selalu beriringan dengan perintah salat. hal ini menunjukkan bahwa zakat mempunyai fungsi yg sangat….a.penting c.ajaibb.indah d.remeh5.sebelum membayar zakat fitrah kita di wajibkan untuk… a.salat idul fitri c.naik haji b.puasa ramadhan d.puasa syawal6.membayar zakat fitrah setelah terbenamnya matahari di hari raya idul fitru hukumnya….a.haram c.fardu ainb.fardu kifayah d.mubah7.umumnya,umat islam indonesia membayar zakat fitrah dengan beras sebanyak……a.3,5 kg c.1,5 kgb.2,5 kg d.0,5 kg8.tujuan mengekuarkan zakat fitrah adalah…a.menyucikan jiwa dari sifat tercelab.membersihkan harta bendac.meningkatkan persaudaraand.menghapus dosa yg telah di perbuat9.hewan yg TIDAK wajib di zakati adalah…a.kuda b.sapi c.unta d.kambing10.harta hasil perdagangan bisa menjadi suci dengan membayar…a.zakat zuru b.zakat nuqud c.zakat an’am d. zakat tijarah11.panitia yg menerima dan membagikan zakat di sebut….a.ustaz b.amil c.ulama d.kyai12.mustahik zakat berjumlah….a.6 b.7 c.8 d.9

hallo Aisya
jawaban nya:
1.A
2.B
3.B
4.A
5.B
6.A
7.B
8.B
9.A
10.D
11.B
12.C
maaf y kalau salah.

5. Ondel-ondel adalah sebuah boneka raksasa yang tak bisa dipisahkan dari kesenian DKI Jakarta khususnya Betawi dan merupakan ikon dari Kota Jakarta. Biasanya ondel-ondel ini ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Makna filosofis dari ondel-ondel ini yaitu seperti leluhur atau nenek moyang yang menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa. Ide pokok paragraf tersebut adalah…. 4 poin A. Ondel-ondel sering ditampilkan dalam pesta rakyat B. Makna filosofi kesenian ondel-ondel C. Ondel-ondel adalah ikon Kota Jakarta D. Ondel-ondel dari Jakarta 5. Dilakukan setiap tahun sekali sebagai bagian dari rangkaian Hari Raya Nyepi di Bali, upacara Melasti bertujuan sebagai penyucian diri bagi penduduk pemeluk agama Hindu. Selama upacara adat di Bali yang diadakan tiga sampai empat hari menjelang Nyepi ini, para penduduk mendatangi beberapa sumber mata air sakral seperti danau, mata air, dan laut yang dipercaya menyimpan mata air kehidupan dan menyucikan diri dengan mengambil tirta amertha (keabadian). Berikut ini adalah kalimat tanya yang jawabannya sesuai isi paragraf, kecuali…. 4 poin A. Apa tujuan upacara Melasti? B. Mengapa diadakan upacara Melasti? C. Bagaimana pelaksanaan upacara Melasti? D. Kapan diadakan upacara Melasti? 6. Galaksi Bimasakti adalah galaksi yang menampung sistem tata surya kita. Di dalam galaksi Bimasakti terdapat miliaran benda angkasa seperti komet, asteroid, dan meteoroid. Di Galaksi Bimasakti juga terdapat matahari, bulan, dan planet-planet.Informasi yang tidak sesuai dengan teks tersebut adalah…. 4 poin A. Sistem tata surya kita ditampung oleh Galaksi Bimasakti B. Galaksi Bimasakti adalah tempat miliaran benda-benda angkasa berlindung C. Matahari, bulan, dan planet-planet berada di Galaksi Bimasakti D. Meteoroid adalah benda langit yang mudah terbakar. 7. Aktivitas donor darah tidak hanya bisa memberikan manfaat bagi orang lain, namun juga dapat memberikan manfaat para pendonor. Salah satu alasan yang paling sederhana mengapa seseorang menjadi pendonor darah adalah bukan hanya mengikuti tren, melainkan dapat meningkatkan kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit berbahaya.Informasi yang ada dalam paragraf tersebut adalah…. 4 poin A. Seseorang menjadi pendonor karena untuk tren. B. Aktivitas donor darah hanya bermanfaat bagi orang yang menerima darah. C. Alasan paling sederhana seseorang menjadi pendonor adalah meningkatkan kesehatan. D. Semua orang yang sehat bisa menjadi pendonor. 8. Aktivitas donor darah tidak hanya bisa memberikan manfaat bagi orang lain, namun juga dapat memberikan manfaat para pendonor. Salah satu alasan yang paling sederhana mengapa seseorang menjadi pendonor darah adalah bukan hanya mengikuti tren, melainkan dapat meningkatkan kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam serangan penyakit berbahaya. Kalimat pertanyaan yang jawabannya ada dalam paragraf tersebut adalah…. 4 poin A. Siapa yang bisa menjadi pendonor darah? B. Kapan seseorang bisa menjadi pendonor? C. Apakah alasan paling sederhana orang menjadi pendonor? D. Bagaimana cara agar seseorang dapat menjadi pendonor? 9. Air memiliki peran yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup di bumi. Apabila air habis atau berkurang maka segala kehidupan akan musnah. Air adalah unsur penting yang mendukung adanya kehidupan di alam semesta ini. Di bumi, air berperan dalam proses fotosintesis dan proses pertumbuhan bagi tumbuhan. Bagi hewan dan manusia, air sangat dibutuhkan untuk transportasi zat makanan. Informasi berikut yang tidak terdapat dalam teks di atas adalah…. 4 poin A. Air berperan dalam proses fotosintesis pada tumbuhan. B. Air memiliki peran yang sangat penting bagi makhluk hidup. C. Air dapat habis karena dimanfaatkan oleh hewan dan manusia. D. Hewan dan manusia membutuhkan air untuk transportasi zat makanan 10. Negara Indonesia dikenal sebagai negara agraris atau negara pertanian. Namun, negara agraris layak untuk dipertanyakan sebab negara kita masih mengimpor produk pertanian. Selain itu, jumlah petani pun semakin berkurang. Sudah jarang seorang pelajar yang mempunyai cita-cita sebagai petani. Padahal petani sangat dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan pangan agar rakyat bisa membangun negeri. Mengapa sebutan Indonesia sebagai negara agraris dipertanyakan?Jawaban yang tepat untuk pertanyaan tersebut adalah…. 4 poin A. Karena saat ini sudah jarang seorang pelajar yang bercita-cita menjadi petani. B. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani C. Karena petani sangat dibutuhkan dalam mencukupi kebutuhan pangan D. Karena Indonesia masih mengimpor produk pertanian.

Penjelasan:

4. A. Ondel-ondel sering ditampilkan dalam pesta rakyat

5. B. Mengapa diadakan upacara Melasti?

6. D. Meteoroid adalah benda langit yang mudah terbakar.

7. C. Alasan paling sederhana seseorang menjadi pendonor adalah meningkatkan kesehatan

8. C. Apakah alasan paling sederhana orang menjadi pendonor?

9. C. Air dapat habis karena dimanfaatkan oleh hewan dan manusia

10. B. Karena sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki mata pencaharian sebagai petani

6. 1. Membayar zakat merupakan salah satu ruk
un Islam. Berikut ini adalah orang yang wajib dikeluarkan zakat kecuali … a. Beragama Islamb. Mempunyai kelebihan makanan c. Masih hidup sampai akhir Ramadhand.Bayi yang lahir menjelang sholat Idul Fitri2. Zakat yang wajib dikeluarkan dari hasil pertanian yang airnya berasal dari sumur bor yang memerlukan biaya adalah … a. 2,5% b. 5% c. 7,5%d. 10%3. Sebagian dari harta yang kita miliki ada haknya orang lain, maka harus dikeluarkan zakatnya. Berikut ini merupakan macam-macam harta yang harus dizakati kecuali …… a. uang tabungan b. Rumah / tempat tinggal c. Hasil pertanian d. Hewan ternak4. Orang yang berhak menerima zakat ada 8 golongan. Diantara golongan berikut ini yang tidak berhak menerima zakat adalah ……… a. Fakir b. Miskin c. Yatimd. Gharim5. Nabi Muhammad melihat mengajarkan kita umuk peduli terhadap lingkungan. Hal yang dapt kita lakukan meneladani Rasulullah Saw adalah …….. a. Menggunakan air seperlunya saja b. Membersihkan kelas jika piket saja c. Membiarkan tanaman mati kekeringand. Menebang hutan secara liar6. Abu Bakar as-Sidiq merupakan Khalifah pertama setelah Rasulullah Saw wafat. Abu Bakar mendapat gelar sebagai Siddiq karena meyakini dan membenarkan peristiwa ……a. peristiwa. Hijrahnya Rasulullah Saw b. Kelahiran Rasulullah Saw c. Wafatnya Rasulullah Saw d. Isra ‘Mi’rajnya Rasulullah Saw 38.7. Umar bin Khattab merupakan orang yang pemberani, adil dan bijaksana. Karena ketegasannya khalifah Umar bin Khattab mendapat gelar …. a. Al-Amin b. Al-Farug c. As-Sidiqd.Al-Mukmin8. Utsman bin Affan merupakan khalifah ketiga setelah khalifah Umar bin Khattab. Salah satu jasa masa kepemimpinan Utsman bin Affan adalah …… a. Membentuk angkatan perang b. Membukukan al-Qur’an c.Memerangi orang yang enggan membayar zakat d. Memerangi orang yang mengaku nabi9. Ali bin Abi Thalib merupakan khalifah ke empat dan termasuk salah satu dari Assabiqunal Awwalun. Arti dari Assabiqunal Awwalun adalah ……. a. Pemimpin yang menggantikan Rasulullah Saw b. Pemimpin yang mendapat petunjuk c. Orang yang terdahuhu Hijrah ke Madinah d. Orang yang terdahulu masuk Islam10. Nabi Muhammad saw mengajar kepada kita untuk menebar kasih sayang. Berikut ini yang bukan contoh kasih sayang anak kepada orang tua adalah … a. Berpamitan sebelum berangkat sekolahb.Rajin membantu pekerjaan orang tuac. Memilih teman yang satu agama saja d.Mengabaikan nasehat orang tua​

Jawaban:

b mempunyai kelebihan makanan

a 2,5

d hasil pertenankan

a fakir

7. 2 pemburu baik hati 2 orang pemburu terlihat berjalan masuk ke hutan mereka hendak memburu hewan terlihat senapan di punggung keduanya setiap berhasil menangkap hewan mereka selalu membagikan hasil Buruan itu ke semua orang makan hasil buruan asalkan sama penduduk menerima bagian sekarang mereka sudah berada di tengah hutan siap untuk mencari hewan buruan mereka Langsung menjumpai seekor Rusa Yang tengah makan tentu saja mereka akan memburu rusa itu kedua pemburu itu berjalan mendekati rusa dengan mengadakan ndak tapi tiba-tiba salah satu pemburu tak sengaja menginjak ranting kering rusa pun langsung sadar bahwa ada yang sedang menginstalnya seketika rusa berlari sekencang-kencangnya para pemburu dengan Sigap menembakkan senapan mereka tapi sayang semua tembakan mereka meleset kedua pemburu itu pun mengejar rusa tersebut Namun mereka kehilangan jejak rusak karena kecapaian kedua pemburu itu berhenti mengejar rusa ketika istirahat dulu aku capek Kata salah seorang pemburu pemburu yang lain setuju mereka beristirahat di bawah pohon udara hutan yang terlalu sejuk membuat mata mereka terpejam tapi keduanya tertidur dengan posisi yang aneh kaki keduanya saling tumpang tindih dan wajah mereka berhadapan saat mereka terlelap tidur seekor burung hinggap di pohon tempat kedua pemburu itu tidur burung itu pun terkejut saat melihat kaki kedua pemburu yang terlihat menyatu ada manusia berkepala dua si burung mendengar teriakan burung seluruh penghuni hutan mendekat mereka penasaran ingin melihat Manusia yang mempunyai dua kepala ketika kedua pembunuh terbangun dari tidur alangkah kagetnya mereka kini seluruh penghuni hutan telah menghubungi mereka keheranan mereka hilang ketika melihat rusa yang tadi mereka kejar tanpa membuang waktu kedua pemburu itu pun menangkap rusa sementara binatang yang lain segera lari kocar-kacir berpencar ke segala arah takut akan ditangkap pemburu Meskipun mereka pemburu tapi mereka adalah pemburu yang sangat baik betapa senangnya hati kedua pemburu itu akhirnya mereka bisa menangkap Rusa dan dapat membagi dagingnya ke penduduk … soal Tuliskan ide pokok paragraf dan kalimat utama paragraf tersebut ?​

Jawaban:

gk ada titik nya diawal kalimat jadi susah nentuinnya

8. 1.Salah satu bukti bahwa kita sudah memasuki era globalisasi adalah A. Banyaknya ibu bersalin yang ditolong oleh paraji (dukun beranak) B. Jumlah delman di daerah kuningan lebih banyak daripada kendaraan bermotor C. Masih banyak petani membajak sawah dengan memanfaatkan tenaga hewan D. Menjamurnya bisnis warung internet (warnet) hingga ke pedesaan 2. Contoh globalisasi di bidang perekonomian adalah A. Perdagangan bebas B. Masuknya kebudayaan asing ke dalam suatu negara C. Ikut campur tangannya pemerintah luar negeri D. Masuknya nilai-nilai sosial baru 3. Yang harus kita siapkan dalam menghadapi globalisasi adalah A. Suka menggunakan produk luar negeri B. Bergaul dengan orang barat C. membenci warga asing yang tinggal di dalam negeri D. Membekali diri dengan ilmu pengetahuan dan agama 4. Berikut bukan perubahan perilaku masyarakat sebagai dampak dari globalisasi yaitu A. Hidup bertetangga lebih baik B. Munculnya warung internet C. Dapat berkomunikasi dengan menggunakan telepon D. Adanya pakaian seragam kerja 5. Sikap yang harus kita miliki dalam menerima budaya luar yang semakin deras masuk ke Indonesia adalah A. Memfilter budaya masuk ke Indonesia B. Menerima semua budaya yang masuk ke Indonesia C. Membuang budaya asli dan menggantikan dengan budaya baru D. Memiliki anggapan bahwa semua Budaya adalah baik 6. Globalisasi membawa dampak negatif bagi kelangsungan hidup manusia seluruh bumi yaitu A. Kerusakan alam B. Ketergantungan dengan negara lain C. Masuknya barang-barang dari luar negeri D. Sikap individualistik

1. D
2. A
3. D
4. D
5. A
6. A
kagak tau deh kalo salah:v yah namanya manusia pasti pny kesalahan:v

1. D
2. A
3. D
4. A
5. A
6. A
MAAF kalau SALAH

9. 1. berakhlak baik harus kita lakukan terhadap…a. binatang sajab. semua makhluk allahc. tumbuhan sajad. manusia2.cara manusia berakhlak kepada lingkungan adalah dengan…a. mengeksplorasinyab. membiarkannyac. melestarikan nyad. mengabaikannya3. berikut ini cara berakhlak terhadap hewan dan tumbuhan kecuali…a. memeliharab. melestarikanc. memanfaatkand. membiarkannya4. berikut ini cara berakhlak terhadap hewan dan tumbuhan kecuali…a. memeliharab. melestarikanc. memanfaatkand. membiarkannya5. ciri yg bukan binatang yg boleh dibunuh adalah..a. binatanh penggigitb. mengancam keselamatanc. membahayakand. binatang kurban6. menurut hadis nabi, orang yg menyiksa binatang akan..a. dimasukkan ke surgab. dimasukkan ke nerakac. diberi pahalad. dibiarkan7. salah satu contoh sikap Rasulullah terhadap kucing adalah…a. memukulnyab. melemparnyac. menggendongnyad. tidak memberi
makan dan minum8. sabar memiliki arti..a. mengekang atau menahanb. melawanc. menerimad. merasakan9. niat yg benar sebaiknya ditunjukkan kepada…a. allahb. orang lainc. malaikatd. rasul10. salah seorang nabi menjadi simbol terladan kesabaran adalaha. nabi adam as. b. nabi ayub as. c. nabi idris as. d. nabi khidir as. 11. saat mendapat cobaan yg begitu berat,sikap nabi ayub as. adalah..a. putus asab. tetap sabar dan bersyukurc. bersedih d. mengutuk diri12. penderitaan yg dirasakan nabi ayub saat mendapat ujian dari allah swt. adalah…a. sakit, kesedihan,dan kesendirianb. kesehatan,kemewahan,dan keprihatinanc. sakit, kemewahan,dan kekayaand. kemiskinan,keprihatinan,dan ketiadaan13. allah swt. menguji 3 hal kepada nabi ayub melalui perantara iblis. 3 hal itu adalah…a. harta, keluarga, dan badannyab. harta, kuasa, dan kepemimpinanc. harta, tahta, dan wanitad. harta, anak, dan istrinya14. seseorang yang terlanjur melakukan maksiat dan berbuat dosa sebaiknya..a. berputus asab. meneruskannyac. menyadari kesalahan dan bertobatd. berpaling dari Allah15. tobat secara bahasa ialah..a. pergib. kembalic. menyerud. mengajakka tolong ya​

Jawaban:

1b 2c 3b 4b 5b 6b 7c 8c 9b 10b 11b 12a 13b 14c 15b panjang amat semoga membantu

10. tolong ya Kakak 1. Urutan Qur’an Surat Al- Kaafiruun ke 109 dalam Al-Qur’an, terdiri atas 6 ayat. Apa arti ayat ke 4 dari Qur’an surat al-Kaafiruun? *5 poinA. Bukankah Allah hakim yang seadil-adilnyaB. Dan demi kota Mekah ini amanC. Dan kamu tidak pernah pula menjadi penyembah tuhan yang aku sembahD. Dan aku tidak pernah menjadi penyembah apa yang kamu sembah2. sebagai muslim yang bertoleransi sudah sepatutnya Jika ada teman kita yang berbeda Agama dan hendak ibadah, maka sikap kita… *5 poinA. MelarangnyaB. Menyuruh untuk menunda ibadahnyaC. Mempersilahkan untuk menjalankan ibadah sesuai keyakinanyaD. Semua salah3. 6 rukun Iman yang kita yakini sebagai seorang muslim. Beriman kepada hari akhir terdapat pada rukun iman yang ke… *5 poina. 2b. 3c. 4d. 54. Peristiwa tentang dahsyatnya hari kiamat diterangkan dalam surah.. *5 poinA. Al-BurujB. Al-Qari’ahC. Al-FalaqD. Al-Kafirun5. Hancurnya seisi langit dan bumi atau dinamai dengan kiamat, ditandai dengan.. *5 poinA. Munculnya hewan anehB. maksiat merajalelaC. Tiupan sangkakalaD. Matahari terbit disebelah barat6. Dengan beriman kepada hari akhir, maka kita harus.. *5 poinA. Berfoya-foya sebelum terjadi kiamatB. Senantiasa bebrbuat baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWTC. Menunggu kedatangan kiamatD. Menyiapkan tempat persembunyian7. Manusia adalah makhluk yang lemah, dikala merasa susah dia meminta kepada Allah, karena Allah itu adalah.. *5 poinA. Al-MuqtadirB. As-SamadC. Al-MumitD. Al-HayyuAllah SWT ada sebelum terciptanya seisi langit dan bumi, menandakan bahwa Allah itu… *5 poinA. Al-MuqaddimB. Al-MuqtadirC. Al-HayyuD. Al-Mumit10. Arti dari Asmaul Husna Al-Baqi adalah.. *5 poinA. Yang Maha KekalB. Yang Maha AdilC. Yang Maha BerkuasaD. Yang Maha Melihat11. Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap individu, karena zakat fitrah.. *5 poinA. Dapat menyucikan harta dan jiwaB. Harta yang bukan hak kitaC. Harta milik negaraD. Dapat membeli tiket surga12. Zakat terbagi menjadi dua, ada zakat fitrah dan zakat.. *5 poinA. ProfesiB. PribadiC. MaalD. Bulanan13. Yang berhak menerima zakat, kecuali… *5 poinA. FakirB. MiskinC. Orang yang menuntut ilmuD. Orang kafir14. Dengan berzakat bisa mengurangi kesenjangan sosial antara yang kaya dan yang miskin, merupakan dari.. *5 poinA. Hikmah berzakatB. Ciri-ciri zakatC. Pengertian zakatD. Macam-macam zakatNabi Muhammad saw memiliki gelar al-Amin, yang artinya.. *5 poinA. JujurB. KuatC. CerdasD. Dapat dipercaya16. Pak Budi memiliki seorang istri dan empat orang anak. Jika tiap-tiap orang memiliki kewajiban zakat fitrah senilai 3,5 liter beras, berapakah total wajib zakat yang harus dibayar oleh keluarga Pak Budi? *5 poinA. 17,5 liter berasB. 14 liter berasC. 21 liter berasD. 15 liter beras17. Berikut ini adalah orang yang berhak menerima zakat 1)Fakir, 2)….. , 3)amil, 4)orang yang berutang, 5)budak, 6)orang yang … , 7)…… , 8)orang yang sedang dalam perjalanan (Ibnu Sabil) *5 poinA. 2)kaya, 6)orang yang berjuang di jalan Allah, 7) mualafB. 2)miskin, 6)orang yang bersedekah, 7)mu’allim,C. 2)miskin, 6)orang yang berjuang di jalan Allah, 7)mu’allim,D. 2)miskin, 6)orang yang berjuang di jalan Allah, 7)mualaf,18. Selain mengajak kita untuk peduli kepada sesama manusia, zakat sebenarnya adalah sarana untuk membersihkan… *5 poinA. Harta dan jiwaB. Harta dan rumahC. Harta dan kekuasaand. Jiwa dan raga19. Berikut adalah salah satu contoh sikap meneladan perilaku Rasulullah SAW yaitu… *5 poinA. Belajar saat ujian tibaB. Sholat di rumah sajaC. Hemat dalam menggunakan air saat berwudhud. bersedekah ingin dipuji20. Khalifah Umar bin Khattab walaupun tegas dan pemberani beliau tetap mau mendengar pendapat sahabat lain dalam berdiskusi. Teladan yang bisa kita petik dari beliau yaitu… *5 poinA. BerwibawaB. Gotong-royongC. BermusyawarahD. mandiri​

Jawaban:

1.D

2.C

3.D

4.B

5.D

6.B

7.A

8.A

10.A

11.A

12.C

13.D

14.A

15.D

16.B

17.D

11. LEMBAR SOAL UJIAN 30. Perhatikan data hasil pengukuran volume udara pernapasan di bawah ini, pada seorang wanita, usia 20 tahun, posisi duduk, tinggi badan: 150 cm, berat badan: 44 kg, suhu kamar: 25°C. •Volume tidal =750ml •Volume Cadangan inspirasi=750ml •volume cadangan ekspirasi=625ml •kapasitas total=1500ml Berdasarkan data diatas udara cadangan inspirasi adalah sebanyak…. A. 625 ml B. 750 ml C. 1500 ml D. 3625 ml E. 4625 ml 31. Kota Wuhan berpenduduk 10.000 orang. Dari total penduduk tersebut terdapat 4 orang penderita albino. Pembawa sifat albino pada masyarakat tersebut sebanyak…. A. 98 orang B. 200 orang C. 392 orang D. 870 orang E. 9604 orang 31. Kota Wuhan berpenduduk 10.000 orang. Dari total penduduk tersebut terdapat 4 orang penderita albino. Pembawa sifat albino pada masyarakat tersebut sebanyak…. A. 98 orang B. 200 orang C. 392 orang D. 870 orang E. 9604 orang 32. Perkembangan ilmu Biologi di bidang Anatomi dan Fisiologi dalam dunia kedokteran dapat digunakan untuk mengatasi penyembuhan berbagai penyakit pada manusia yaitu ….. A. identifi kasi jenis-jenis mikroba penyebab penyakit pada manusia dan hewan B. pencangkokan ginjal, jantung,sumsum tulang belakang dan hati C. pengaturan pola makan bergizimenggunakan teknik rasio D. rekombinasi susunan gen dan virus flu burung buatan E. penemuan vaksin dan antibiotic 33. Salah satu manfaat dari berpelukan, seperti dikutip dari Boldsky.com adalah “menurunkan tekanan darah”. Berpelukan bisa menjadi obat untuk orang tua Anda. Dengan memeluk dapat menjadi tekanan darah lebih terkontrol. Sebuah sentuhan akan mengirimkan sinyal ke saraf vagus yang bertanggung jawab untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Dari cuplikan artikel tersebut, penjelasan mekanisme kerja saraf/hormon yang paling adalah pertama-tama memeluk sebagai stimulus, kemudian…. A. Impuls dihantar ke otak – tekanan darah menurun B. Neuron sensorik menghantar impuls ke otak – otak mengirim ke saraf vagus – tekanan darah menurun C. Dendrit sensorik menghantar impuls ke otak – otak mengirim ke saraf vagus – tekanan darah menurun D. Otak menerima impuls dari saraf vagus – dendrit motorik menghantar ke saraf otak – tekanan darah menurun E. Dendrit motorik menghantar ke saraf otak – otak memberi kabar saraf vagus – tekanan darah menurun 35. Niko mengalami batuk yang berkepanjangan dan menyebabkan batuk berdarah. Setelah dirontgen, terdapat bintik-bintik
pada alveolusnya yang disebabkan oleh bakteri. Diagnosis dokter Niko menderita penyakit… A. asfiksi B. TBC C. asidosis D. sinusitis E. emfisema 36. Salah satu dampak negatif bioteknologi yaitu terganggunya keanekaragaman hayati yang ditunjukkan dengan…. A. . menurunnya kualitas kesuburan tanah B. banyak mikroogranisme tanah yang mengalami mutasi C. kecenderungan penggunaan bibit unggul menyingkirkan varietas lokal yang kurang unggul D. limbah yang berasal dari proses bioteknologi akan mencemari lingkungan E. polusi gen akan memicu tumbuhnya tanaman liar yang dapat mengganggu keseimbangan lingkungan 37. Penerapan bioteknologi bagi kehidupan manusia umumnya bermanfaat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tetapi dampak negatif yang mungkin timbul adalah hilangnya plasma nutfah yang akan menyebabkan…. A. punahnya organisme langka B. keanekaragaman hayati menurun C. berkurangnya daya dukung lingkungan D. hilangnya daya dukung lingkungan E. biaya rehabilitasi hutan meningkat 38. Tumpahan minyak mentah dari kapal tanker di laut dapat menyebabkan pencemaran lingkungan yang mengganggu kehidupan biota laut. Cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan mengembangkan teknologi bioremediasi yang memanfaatkan bakteri …. A. Methanobacterium sp B. Bacillus thuringiensis C. Thiobacillus ferrooxidans D. Clostridium sp E. Pseudomonas sp 39. Di bawah ini merupakan beberapa fungsi RNA: 1. disintesis dari pola DNA 2. menerjemahkan kodon mRNA 3. mengatur urutan asam-asam amino 4. hasil dari aktivitas transkripsi 5. membawa kode genetik ke ribosom 6. mengikat asam-asam amino Fungsi dari RNA adalah…. A. 1, 2, dan 3 B. 1, 2, dan 4 C. 2, 3, dan 4 D. 1, 4, dan 5 E. 4, 5, dan 6

Jawaban:

A1.)2929@)

B.bayak bgt ku beo

12. bantu dong anak fikom:) 1. Dalam proses komunikasi; apa yang berubah atau terjadi pada salah satu elemen komunikasi mempengaruhi elemen komunikasi lainnya. Hal ini merupakan ciri khas komunikasi sebagai proses yang …. A. interaktif B. dinamis C. tak bisa diulang D. tak bisa diubah 2. Salah satu aksioma komunikasi mengatakan bahwa suatu pesan bersifat “digital” dan “analog”. Yang dimaksud dengan pesan digital adalah jenis pesan yang …. A. berkesinambungan dan berupa simbol verbal B. berkesinambungan dan berupa petunjuk nonverbal C. tidak berkesinambungan dan berupa simbol verbal D. tidak berkesinambungan dan berupa petunjuk non verbal 3. Teori psikologi yang memandang manusia sebagai “Homo Ludens” (manusia bermain) adalah teori …. A. Psikoanalisis B. Behaviorisme C. Psikologi Kognitif D. Psikologi Humanistik 4. Teori psikologi kognitif memandang manusia sebagai makhluk yang …. A. sering dipengaruhi lingkungan B. mempunyai naluri primitif dan hewani C. selalu berusaha memahami lingkungannya D. memiliki pengalaman unik dan berbeda dari yang lain 5. Pengaruh biologis terhadap perilaku manusia bisa kita tandai atas dua hal, yaitu …. A. instink dan naluri B. instink dan naluri biologis C. instink dan motif biologis D. instink dan persepsi biologis 6. Menurut Jalaludin Rakhmat; kecenderungan kita untuk menunjukkan kemampuan dan berharap orang lain menghargainya adalah merupakan motif …. A. harga diri B. mencari identitas C. kompetensi D. ingin tahu 7. Di Jakarta yang pengap, panas penuh polusi udara, orang akan lebih mudah terpancing untuk berprilaku kasar dibanding di daerah yang sejuk dan bebas dari polusi. Hal ini menunjukkan bahwa perilaku seseorang dipengaruhi faktor …. A. sosial B. suasana perilaku C. temporal D. ekologis 8. Jika kita mempunyai persepsi bahwa lingkungan kita positif dan menyenangkan, maka kita akan berperilaku putih/atau menyenangkan. Hal itu menunjukkan bahwa perilaku kita dipengaruhi oleh …. A. suasana perilaku B. lingkungan psikososial C. faktor sosial D. faktor temporal 9. Manusia tidak dapat tidak berkomunikasi, sepanjang waktu akan terlibat dalam proses menghasilkan dan menerima pesan. Hal tersebut merupakan salah satu aspek komunikan yang disebut …. A. inevitability B. self reflexivity C. self references D. learning 10. Setiap simbol yang diterima seseorang akan diberi makna menurut pengalamannya sendiri sehingga tidak ada dua orang yang sama persis dalam memberikan makna atas pesan yang didapatnya. Hal tersebut merupakan salah satu aspek komunikasi yang tidak terlihat yang disebut …. A. meaning B. learning C. subjectivity D. interacting 11. Cara bagaimana kata dikombinasikan hingga membentuk kalimat terdapat dalam aturanaturan yang disebut …. A. fondagi B. sintaktis C. semantik D. pragmatis 12. Tanpa berkata, kita menyuruh orang untuk diam dengan menempelkan jari telunjuk di bibir. Hal itu menunjukkan bahwa komunikasi nonverbal berfungsi …. A. repetisi B. substitusi C. komplemen D. aksentuasi 13. Persepsi adalah proses memberi makna pada sensasi. Persepsi mengubah …. A. informasi menjadi sensasi B. sensasi menjadi informasi C. interpretasi menjadi informasi D. interpretasi menjasi sensasi 14. Jika secara sadar ataupun tidak sadar kita hanya mengingat hal-hal tertentu dan melupakan hal lainnya, berarti terjadi …. A. selective attention B. selective interpretation C. selective perception D. selective memory 15. Menurut Dworetzky, penggunaan persepsi, kombinasi mental dan penyajian internal tentang simbol, objek atau konsep disebut …. A. memori B. berpikir C. berkeputusan D. proses seleksi 16. Dalam kehidupan manusia pembuatan keputusan terjadi dalam tahap-tahap yang disebut information – use sequence. Di sini tahap evaluasi dilakukan setelah tahap … A. deskripsi B. klasifikasi C. tindakan D. persepsi 17. Manusia selalu berusaha membuat kesan tertentu pada orang lain dengan menampilkan petunjuk tertentu. Hal tersebut oleh Erving Goffman disebut …. A. expression management B. action management C. impression management D. perseption management 18. Proksemik adalah petunjuk non verbal yang berupa …. A. petunjuk yang didasarkan pada gerakan tubuh yang berarti B. penggunaan jarak dalam penyampaian pesan C. tata cara penggunaan bahasa secara tertulis D. tata cara penggunaan bahasa secara lisan 19. Pada saat melakukan persepsi, seseorang juga melakukan proses menyimpulkan motif, maksud dan karakteristik orang lain dengan melihat pada perilakunya yang tampak. Proses tersebut disebut A. stereotyping B. implicit personality C. explicit personality D. atribution 20. Orang yang mempunyai konsep diri negatif, di antaranya ditandai dengan …. A. enggan berkompetisi dengan orang lain B. merasa sama atau setara dengan orang lain C. menerima pujian tanpa rasa malu D. menerima penghargaan tanpa rasa bersalah

1.A interaktif
6.C kompetisi
20.A enggan berkompetisi dengan orang lain

13. 14.Salah satu perwujudan keimanan se-seorang dapat dilihat melalui ….a.caranya menerima tamub.melakukan ibadah sehari-haric.perilakunya terhadap keluargad. pekerjaannya sehari-hari15. Pakaian yang paling baik menurut Q.S.al-A’rāf [7]: 26 adalah ….a.pakaian yang menutup seluruhauratb. pakaian yang berwarna putihc.pakaian yang bersih dan sucid. pakaian takwa16. Berkata dengan nada lembut terhadaporang tua termasuk sikapa. hasadb.riya”c.santun d. gibah17. Q.S. al-A’rāf[7]:31 menjelaskan tentangberpakaian yang indah ketika ….a.bepergian C. menerima tamub.bertamu d. ke masjid18. Seorang laki-laki memberikan tempatduduknya di bus kepada seorang ibuhamil. Pernyataan yang tepat terkaitperistiwa itu adalah … HOTSa. Jangan serahkan hak tempatduduk kepada siapa pun.b. Ibu hamil tidak perlu berterimakasih karena itu sudah haknyaC. Perilaku itu termasuk adabkesopanan di tempat umum.d. Niat laki-laki itu perlu diragukankeikhlasannya.19. Seekor binatang hara
m dimakan ke-tika ….a. ada dalil yang mengharamkannyab. menimbulkan kenikmatan bagiyang memakannyaC. tidak enak dagingnyad.terlalu banyak mengandunglemak20.Menyembelih binatang denganalat yang tumpul merupakan salahsatu bentuk perbuatan … terhadapbinatanga.adilb.imanc.ihsand. zalim21. Di bawah ini yang merupakan arti sem-belihan menurut bahasa adalaha. kesucianb. kesempurnaanc.kepantasand. keindahan22 Menyembelih hewan dengan tulangatau gigi hukumnya …a. makruhb. mubahC sunahd. haram23. Roni menemukan ikan yang telahmati mengambang di laut. Hukummemasak dan memakan ikan tersebutadalaha.haramb.halalC. makhruhd. syubhat24. Apabila binatang yang disembelihternyata sedang hamil, cara menyem-belihnya dengan ….a. tunggu sampai melahirkanb. dahulukan induknya disembelihC.cukup induknya sajad. dua-duanya disembelih sekali-gus25. Memakan daging hasil curian merupa-kan keharaman dengan sebaba. hukmib. dzatiC. ligairid. ainiB. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!1. Pantang menyerah adalah salah satu implementasi dari keimanan terhadap2. Niat ketika berusaha untuk mendapatkan kebaikan sesuai ketetapan Allah Swt.adalah3. Ketetapan Allah sejak zaman azali terhadap semua makhluk-Nya sebelum diciptakandisebut4. Semua makhluk yang hidup akan mengalami kematian. Hal itu disebut5. Tata krama dalam bertamu, antara lain memberitahukan tuan rumahPendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IX-2 / PN​

Jawaban:

14.b

15.c

16.c

17.d

18.c

19.a

20.

21.

22.a

23.c

24.a

25.

Penjelasan:

Maaf ya yang nmr 20,21,25,dan rum B saya gk tausetau saya cuman segitu

jangan lupa ya kasih poin aku dan folow

14. H. Abdul Gani adalah salah seorang warga di kp.Manggis yang sangat kaya raya, dia mempunyai Sawah yang sangat luas, binatang ternak yang banyak jumlahnya sehingga apabila panen sampai Menghasilkan padi ratusan ton.Dengan kekayaan yang dimilikinya maka dia wajib melaksanakan Rukun islam yang ketiga yaitu….. *a. Membaca syahadatainb. Menunaikan Sholatc. Mengeluarkan Zakatd. Melaksanakan puasa romadhon2. Dibawah ini adalah sejumlah harta yang wajib di zakatkan apabila sudah mencapai nisab kepada Orang yang berhak menerima zakat yang disebut mustahik zakat, kecuali……. *a. Hasil pertanianb. Uang Rp.500.000c. Hasil perdagangand. Hasil Peternakan3. Jumlah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh muslim dan diberikan pada golongan tertentu dan dengan syarat tertentu adalah pengertian zakat menurut…. *a. Istilah ahli Fiqihb. Istilah ahli tajwidc. Bahasad. Qoidah4. Sejumlah harta berupa bahan pokok yang wajib dikeluarkan seorang muslim menjelang hari raya Idul fitri dengan tujuan membersihka jiwa dengan syarat dan rukun tertentu disebut….. *a. Zakat Fitrahb. Zakat malc. Mustahik zakatd. Zakat tijaroh5. Dibawah ini adalah syarat wajib zakat….. *a. islam, suci dari haid, menghadap kiblat, berharga, haul, dan nisabb. Islam, balig, berakal, merdeka,milik sendiri, cukup nisab, dan haulc. 1slam , milik sendiri,berakal, balig , cukup nisab dan hauld. Islam, balig, berakal, barang pinjaman, berharga6. انماالصدقات للفقراء والمساكين والعاملين عليهاوالمؤلفة قلوبهم وفي الرقاب والغارمين وفي السبيل الله وابن السبيل Arti kalimat yang digaris bawahi dari potongan ayat diatas adalah……….. *a. Orang yang mempunyai penghasilan dan tidak dapat memenuhi kebutuhannyab. orang yang ditunjuk untuk mengumpulka zakatc. budak belian yang diberi kebebasand. Orang yang sudah masuk islam tapi niat dan imannya masih lemah yang masih membutuhkan7. Dalil Alquran tentang wajib mengeluarkan zakat dibawah ini adalah.. *a.وعلى الذين يطيقونه فدية طعام مسكينb.ومن كان مريضا او على سفرc. من نذرانيطيع فليطعهd. خذمن اموالهم صدقة تطهرهم وتزكيهم بها8. Ibu Khodijah seorang peternak sapi yang sukses sehingga dalam kurun waktu beberapa tahun dia Mempunyai 40-59 ekor sapi, maka zakat sapi yang harus dikeluarkan oleh bu Khodijah adalah *a. 1 ekor anak sapi umur 1 – 2 tahunb. 1 ekor sapi betina umur 2 – 3 tahunc. 1 ekor sapi umur 2 – 3 tahund. 1 ekor sapi jantan umur 1 – 2 tahun9. Berikut ini adalah hewan ternak yang tidak wajib dikeluarkan zakatnya *a. Sapi dan untab. Kerbau dan kambingc. Ayam dan bebekd. Domba10. Delapan Orang yang berhak menerima zakat ( Mustahiq ) terdapat dalam Al quran yaitu surat….. *a. Al maidah ayat 3b. Al baqoroh 183c. At taubah ayat 60d. Al baqoroh 4311. Waktu paling utama untuk mengeluarkan zakat fitrah adalah ….. *a. Setelah sholat subuh sebelum melaksanakn sholat ` idb. Sejak awal bulan Ramadan sampai akhir bulan Ramadanc. Mulai terbenam matahari pada akhir bulan ramadand. Setelah melaksanakan sholat `id12. Nisab zakat emas dan perak jika sudah sampai nisabnya adalah…..a. 25%b. 250%c. 2,5%d. 5%13. Jumlah ukuran zakat fitrah adalah satu sha` ( satu kulak ) sama dengan ….. *a. 3 kg berasb. 3 liter berasc. 2,5 kg berasd. 2,5 liter beras14. Rizal adalah Orang yang mempunyai banyak utang dan tidak mampu membayarnnya Maka Rizal termasuk salah satu mustahik zakat dengan istilah dalam Al-quran yaitu *a. Amiliinb. Goriminc. Riqobd. Mu’alaf15. Di kota Jakarta banyak orang hidupnya tinggal dirumah-rumah kardus tidak punya pekerjaan Sehingga tidak mempunyai penghasilan yang bisa mencukupi kebutuhan hidupnya, maka mereka Tersebut tergolong orang…. *a. Miskinb. Goriminc. Ibnu sabild. Fakir​

Jawaban:

1.D.melaksanakan puasa ramadhan

2.B.uang Rp500.000

3.C.bhasa

4.zakat fitrah

5.B

9.C.ayam dan bebek

15.miskin

15. 21. Shalat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih disebut shalat… *Munfarid.Berjamaah.Sunnah.Fardhu.22. Salah satu kesempurnaan dalam shalat berjamaah adalah… *Mendahului imam.Memakai baju baruMemakai wangi-wangian.Meluruskan shaf.23. Shalat yang harus dilakukan dengan berjamaah adalah shalat… *Dhuha.Jum’at.Tahajud.Tarawih.24. Orang yang mengikuti imam disebut… *Mukmin.Makmum.Muslim.Muslih.25. Sebelum selesai membaca surah Al Fatihah namun imam sudah rukuk, maka sebagai makmum… *Langsung mengikuti rukuk bersama imam.Menyempurnakan bacaan surah Al Fatihah.Tidak membaca surah Al Fatihah.Sampai ayat terakhir yang mungkin dibaca.26. Nabi Muhammad Saw lahir pada … *Senin, 12 Rabiul AwalSenin, 17 Rabiul AwalRabu, 12 Rabiul AwalJum’at, 17 Rabiul Awal27. Nama Ibu Nabi Muhammad Saw adalah… *Siti KhadijahSiti AminahSiti HuzaifahHalimatus Sa’diyah28. Ayah Nabi Muhammad Saw bernama… *Abdullah bin IbrahimAbdullah bin Abdul AzizAbdullah bin AufAbdullah bin Abdul Muthalib29. Ketika Nabi Muhammad Saw bayi, beliau diasuh oleh… *Ummi KulsumHalimatus sa’diyahSiti AminahSiti Huzaifah30. Setelah Ibu Nabi Muhammad Saw wafat, beliau diasuh oleh… *Abdul MuthalibAbu ThalibAbu LahabAbdullah31. Nabi Muhammad Saw diperkenalkan ilmu perdagangan oleh paman beliau pada usia… *10 tahun11 tahun12 tahun13 tahun32. Paman Nabi Muhammad Saw yang sangat benci terhadap ajaran Islam adalah… *HamzahAbbasAbu ThalibAbu Lahab33. Nabi Muhammad Saw diangkat menjadi Rasul pada usia… *25 tahun30 yahun35 tahun40 tahun34. Nabi Muhammad Saw diangkat menjadi Rasul ditandai dengan menerima wahyu, yaitu… *QS. Al Fatihah ayat 1-7QS. Al Ikhlas ayat 1-4QS. Al alaq ayat 1- 5QS. Al Falaq ayat 1-535. Al Qur’an adalah kitab suci umat Islam yang berfungsi sebagai pedoman hidup. Yang dimaksud dengan pedoman hidup adalah menjadi… *Kitab yang selalu dibacaRujukan dalam kehidupanSumber hukum bernegaraBahan untuk dipelajariOpsi
136. Kalimat ” Yaa ayyuhalladziina aamanuu” memiliki arti… *Wahai sekalian manusiaWahai orang-orang yang beruntungWahai orang-orang yang berimanWahai seluruh isi alam37. QS. Ar Rahman / 55 ayat 33 menjelaskan tentang … *Kewajiban mengerjakan shalatKewajiban berbuat baik kepada orang tuaKewajiban menuntut ilmuKewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt38. Yang membedakan manusia dengan hewan adalah karena manusia … *Memiliki insting dan perasaanMemiliki akal untuk berfikirMempunyai indera yang lebih tajamDapat menikmati berbagai macam makanan39. QS Al Mujadallah / 58 ayat 11 menjelaskan tentang… *Derajat orang yang beriman da berilmuPerintah berbuat baik kepada orang tuaKewajiban mengerjakan shalatKewajiban menjauhi larangan-larangan Allah Swt40. Berikut ini yang bukan hikmah orang yang berilmu adalah… *Akan beriman dengan sempurnaAkan diangkat derajatnyaMampu menyelesaikan masalahBoleh melakukan apa sajanih yang ke2 plis jawabannya kak jangan sembarangan yah soalnya ini agama islam ​

Jawaban:

21. Berjamaah

22.Meluruskam shaf

23.Jum’at

24.Makmum

25.menyempurnakan bacaan surah Al Fatihah

26.senin, 12 rabiul awal

27.siti Aminah

28. Abdullah bin abdul Muthalib

29.

16. 26. Manusia yang paling sempurna imannya adalah manusia yang …..a. ilmu dan keterampilannya banyakb. akhlak dan budi pekertinya baikc. pendirian dan keyakinannya kuatd. zakat dan sedekahnya banyak27. Berikut merupakan tata krama dan sopan santun dalam berpakaian, kecuali ……a. memakai pakaian yang sederhanab. memakai pakaian yang menutup auratc. memakai pakaian yang rapid. memakai pakaian yang sedikit memperlihatkan bentuk tubuh28. Rasa malu sangat dipengaruhi oleh ……a. perbuatan baikb. lingkunganc. hidup dan matinya hati manusiad. perbuatan tercela29. Menurut Ibnu Qayyim, rasa malu berasal dari kata …..a. al-haya’b. al-ihya’c. al-hayyud. al-hayatالْبِرُّ حُسْنُ الْخُلُقِ وَ الْإِثْمُ مَاحَاكَ فِيْ صَدْرِكَ وَكَرِهْتَ أَنْ يَطْلُعَ عَلَيْهِ النَّاسُ Arti dari hadis diatas adalah …..a. Ya Allah berikanlah kepadaku petunjuk bahwa yang benar itu benarb. Jika kamu tidak mempunyai rasa malu, maka lakukanlah sesukamu sendiric. Memiliki rasa malu itu sebagian dari imand. Berbuat baik itu adalah budi pekerti yang luhur, sedangkan dosa adalah sesuatu yang merisaukan hati yang kamu malu jika diketahui oleh orang la31. Hukum mengeluarkan zakat adalah ….a. Wajibb. Sunnahc. Mubahd. Makruh32. Orang yang berhak menerima zakat disebut ….a. Muzakkib. Muhrimc. Mustahikd. Munafik33. Waktu yang tidak diperbolehkan untuk mengeluarkan zakat fitrah setelah mencapai nishab adalah ….a. Awal sampai akhir Bulan Ramadhanb. Mulai terbenam matahari terakhir Ramadhanc. Sebelum berangkat shalat Idul Fitrid. Sesudah shalat Idul Fitri34. Di bawah ini termasuk pengertian zakat menurut bahasa, kecuali ….a. Sucib. Tumbuhc. Pemberiand. Berkembang35. Zakat pertanian yang disirami dengan menggunakan tenaga hewan atau manusia adalah sebesar ….a. 5%b. 10%c. 15%d. 20%36. Ukuran yang digunakan syari’at sebagai batas minimal harta wajib zakat yaitu ….a. Nishabb. Haulc. Dirhamd. Satu sha’37. Di bawah ini golongan yang berhak menerima zakat kecuali ….a. Fakirb. Miskinc. Aghniya’d. Gharim38. Zakat hasil usaha pertanian yang disirami air hujan atau sungai adalah ….a. 5%b. 10%c. 15%d. 20%39. Delapan golongan yang berhak menerima zakat dijelaskan dalam al-Qur’an Surah ….a. At-Taubah: 16b. At-Taubah: 26c. At-Taubah: 46d. At-Taubah: 6040. Menyembelih hewan yang telah memenuhi syaratnya dengan tujuan untuk kelahiran anak disebut..a. Kurbanb. Hadiahc. Akikahd. Ibadah41. Bayi perempuan yang di akikah disunnahkan untuk menyembelih kambing sebanyak…a. 1b. 2c. 3d. 442. Kambing atau domba yang ditujukan untuk akikah atau kurban berumur…a. 2b. 3c. 4d. 543. Salah satu fungsi melaksanakan akikah adalah…a. Bersenang-senangb. Berfoya-foyac. Bersyukur kepada Allah SWTd. Malu dengan teman44. Menyembelih hewan ternak yang telah memenuhi syarat dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah pada waktu yang telah ditentukan disebut…a. Akikahb. Kurbanc. Hadiahd. Hibah45. Melaksanakan kurban bagi orang yang sudah memenuhi syaratnya hukumnya…a. Sunnah hai’atb. Fardhu ‘ainc. Sunnah muakkadd. Fardhu kifayah46. Syariat melaksanakan kurban yang pertama kali terjadi pada zaman…a. Nabi Adamb. Nabi Ibrahimc. Nabi Sulaimand. Nabi Muhammad SAW47. Firman Allah yang menjelaskna tentang kurban terdapat pada surah…a. An-Naasb. Al-Falaqc. Al-Kautsard. Al-Ikhlas48. Berikut ini tata cara penyembelihan hewan kurban yang benar, kecuali…a. Berniat menyembelih hewan untuk kurbanb. Membaca basmalahc. Membca shalawat nabid. Membaca mantra-mantra49. Siapakah nama anak Nabi Ibrahim yang diperintahkan oleh Allah SWT untuk disembelih namun digantikan dengan hewan kurban…a. Nabi Adamb. Nabi Ismailc. Nabi Isad. Nabi Sulaiman50. Kurban menurut bahasa berasal dari bahasa Arab yaitu…a. Qorbab. Qarabac. Qubrod. Akbar​

Jawaban:

26.b.akhlak dan budi pekertinya baik

27.d.memakai pakaian yg sedikit

28.b.lingkungan

29.

30.d

31.a.wajib

32.a.muzakki

33.d.sesudah shalat idul fitri

34.c.pemberian

35.a5%

36.a.nisab

37.c.aghniya’

38.b.10%

39.

40.c.akikah

41.a.1

42.a.2

43.c.bersyukur kpd allah

44.b.kurban

45.b.fardhu ain

46.b.nabi ibrahim

47.c.al kautsar

48.d.membaca mantra

49.b.nabi ismail

50.b .qaraba

Penjelasan:

semoga membantu

17. Yg bisa FIQIH bantu ya bro: Qurban menurut bahasa artinya … * Menyengaja atau mengunjungi Mendekat Memberikan Membersihkan/mensucikan “ Beribadah kepada Allah SWT. Dengan cara menyembelih hewan qurban pada hari yang telah ditentukan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.” Adalah pengertian dari … * Haji Zakat Qurban Sedekah Peristiwa qurban pertama kali diperintahkan Allah SWT. Kepada dua putra Nabi Adam as. Yakni … * Ishaq dan Ismail Qabil dan Habil Yusuf dan Musa Hasan dan Husen Perintah qurban juga diperintahkan Allah SWT. Kepada Nabi Ibrahim as. Untuk menyembelih puta kesayangannya yang bernama … * Ishaq Ismail Isa Musa Waktu penyembelihan hewan qurban dilaksanakan pada … * 10, 11, 12 dan 13 Syawal 10, 11, 12 dan 13 Muharram 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah 10, 11,12 dan 13 Dzulqo’dah Hukum melaksanakan qurban adalah … * Wajib Sunnah muakad Sunnah ghoiru muakad Makruh Hewan hewan yang sah digunakan untuk berqurban adalah … * Ayam, burung, kelinci dan kuda Unggas, rusa, kuda dan merpati Kambing, domba, sapi dan unta Kucing, kanguru, beruang dan ikan Usia minimal hewan kurban unta adalah … * 2 tahun 3 tahun 4 tahun 5 tahun Hewan kurban sapi berlaku untuk … * 1 orang 5 orang 7 orang 6 orang Diantara syarat hewan yang sah untuk berkurban adalah … * Harganya mahal Sehat dan tidak cacat Gemuk tapi pincang Harganya murah Pak Budi mempunyai nazar, apabila dia berhasil dalam pekerjaannya maka dia akan berkurban. Hukum berkurban bagi pak Budi adalah … * Sunnah Wajib Makruh Haram Hewan kurban unta berlaku untuk … * 3 orang 4 orang 6 orang 7 orang Membaca basmalah, shalawat dan takbir sebelum menyembelih hewan kurban termasuk bagian dari … * Syarat syarat kurban Amalan sunah dalam ibadah kurban Amalan wajib dalam ibadah kurban Rukun berkurban “ Menjadi hamba Allah SWT. Yang pandai bersukur terhadap nikmat NYA “ adalah bagian dari … * Syarat syarat kurban Amalan wajib dalam berkurban Hikmah berkurban Keten
tuan kurban Orang yang berkurban dapat memakan daging kurban maksimal sebanyak … * 1/2 1/3 1/4 1/5 “ Mempererat tali silaturahim antara orang yang berkurban dengan orang yang menerima daging kurban “ adalah bagian dari … * Hikmah kurban Syarat kurban Ketentuan kurban Sunnah kurban Cara membagikan daging kurban yaitu … * 1/3 untuk fakir miskin, 1/3 untuk orang yang kurban 1/3 untuk masyarakat sekitar 1/2 untuk keluarga yang berkurban 1/2 untuk masyarakat sekitar 2/3 untuk yang berkurban 1/3 untuk masyarakat 1/4 untuk fakir miskin 3/4 untuk orang yang berkurban “ Mengunjungi Ka’bah di Makkah dengan niat beribadah kepada Allah dengan waktu dan cara cara yang telah ditentukan syara’ / syariat “ adalah pengertian dari … * Zakat menurut syara’ Puasa menurut Syara’ Haji menurut Syara’ Kurban menurut Syara’ Hukum melaksanakan ibadah haji yang pertama kali adalah … * Sunah Wajib Mubah Makruh Perintah melaksanakan ibadah haji terdapat di dalam al Qur’an Surat … * Ali Imran ayat 98 Ali Imran ayat 97 Ali Imran ayat 79 Ali Imran ayat 89 Ibadah haji dilaksanakan pada bulan … * Ramadhan Muharram Dzulhijjah Dzulqo’dah “ Islam, berakal, baligh, merdeka dan mampu “ adalah merupakan …. * Rukun haji Syarat syarat wajib haji Larangan larangan haji Sunah haji Berlari lari kecil antara bukit shafa dan marwa sebanyak 7 kali adalah pengertian dari … * Towaf Tahalul Wuquf Sa’i “ Bagian bagian dari pelaksanaan ibadah haji yang harus dilaksanakan selama menunaikan ibadah haji dan apabila ada yang tertinggal maka ibadah hajinya tidak sah dan wajib mengulang pada tahun berikutnya” adalah pengertian dari … * Wajib haji Rukun haji Ketentuan haji Sunah haji “ Bagian bagian dari pelaksanaan ibadah haji yang harus dilaksanakan selama menunaikan ibadah haji, dan apabila ada yang tertinggal maka hajinya tetap sah namun harus membayar dam ( denda )” adalah pengertian dari … * Wajib haji Rukun haji Ketentuan haji Sunah haji Dibawah ini urutan rukun haji yang benar adalah …. * Ihram – wukuf – sa’i – towaf – tahalul – tertib Ihram – wukuf – towaf – sa’I – tahalul – tertib Ihram – towaf – wukuf – sa’I – tahalul – tertib Ihram – sa’I – wukuf – towaf – tahalul – tertib Hal hal dibawah ini yang tidak termasuk pengertian dari istita’ah ( mampu ) adalah …. * Mempunyai bekal / ongkos Ada kendaraan Aman dalam perjalanan Mempunyai keluarga di tanah suci Salah satu yang dilarang bagi jamaah haji laki laki yang sedang ihram adalah … * Memakai pakaian yang berjahit Memakai kaca mata Memakai sandal jepit Membaca talbiyah Mengelilingi ka’bah sebanyak tujuh kali disebut …. * Tahalul Sa’i Towaf Wuquf Pada tanggal 9 dzulhijjah jamaah haji melaksanakan … di Arafah * Tahalul Wuquf Sa’i Towaf

Jawaban:

1.  Qurban menurut bahasa artinya Mendekat.

2. Qurban

3. Qabil dan Habil

4. Ismail

5. 10, 11, 12 dan 13 Dzulhijjah

6. Sunnah muakad

7. Kambing, domba, sapi dan unta

8. 5 tahun

9. 7 orang

10. Sehat dan tidak cacat

11. Wajib

12. 7 orang

13. Amalan sunah dalam ibadah kurban

14. Hikmah berkurban

15. 1/3

16. Hikmah kurban

17. 1/3 untuk fakir miskin, 1/3 untuk orang yang kurban 1/3 untuk masyarakat sekitar

18. Haji menurut Syara’

19. Wajib [bagi yang mampu]

20. Qur’an Surah Ali Imran ayat 97

21. Dzulhijjah

22. Syarat syarat wajib haji

23. Sa’i

24. Ketentuan haji

25. Wajib haji

26. Ihram – wukuf – towaf – sa’I – tahalul – tertib

27. Mempunyai keluarga di tanah suci

28. Memakai pakaian yang berjahit

29. Towaf

30. Wuquf

berikut jawaban2 dari gw, mohon maaf jikalau ada yang salah.

Penjelasan:

Jawaban:

ACBBCBCDCBBDBBAACBBCABDCAAAACBBetul kan? kasih jawaban terbaik ya:)

18. Jawablah pe1. Al-maidah artinya adalah…..2.Hewan yang diharamkan untuk dimakan oleh umat Islam adalah….3.Allah SWT menjelaskan tentang binatang yang haram dimakan, terdapat dalam surah…4. Manusia diciptakan beragam, baik suku maupun jenis kelamin. Tetapi dimata allah SWT tetapsama, yang membedakannya hanyalah….5. Keputusan atau ketetapan allah SWT terhadap semua makhluk-Nya disebut….6. pelaksanaan terhadap ketentuan-ketentuan allah SWT disebut…..7.Allah SWT akan mengubah nasib seseorang, apabila ia mau……8.Salah satu orang yang berhak menerima Zakat adalah Garim. Garim artinya adalah….9.Kata Zakat artinya adalah….10. Perintah zakat merupakan salah satu bukti bahwa islam sangat peduli terhadap….11. Hukum mengeluarkan zakat fitrah adalah….12.Zakat merupakan salah satu upaya untuk….13. Panitia yang mengurus zakat disebut…..14. Kaum Muhajirin adalah…..15. Kaum Anshar adalah….16. Sebelum hijrah ke madinah, nabi Muhammad SAW Hijrah ke….17.Setiap rintangan dan tantangan yang terjadi disaat Nabi Muhammad SAW berdakwah selalu dihadapidengan…..18. Orang yang member sesuatu dengan ikhlas semata-mata hanya mengharapkan…19. Orang yang berhijrah(berpindah) dari makkah ke madinah disebut kaum….20 Kota Madinah sering pula disebut Al- Madinah Al-Munawarah yang artinya adalah…​

Jawaban:

1. hidangan

2. bangkai, hewan yang mati atau disembelih tanpa menyebut nama Allah,hewan yang haram dipegang, hewan yang bertaring

3. Al-Ma’idah ayat 3

4. Sama dan yang membedakannya adalah ketaqwaan

5. Takdir mubram

6. Qada

7. Berusaha, Berdo’a, Berikhtiar, Istigfar

8. Gharim merupakan orang yang memiliki hutang. Orang yang memiliki hutang berhak menerima zakat. Namun, orang-orang yang berhutang untuk kepentingan maksiat seperti judi dan berhutang demi memulai bisnis lalu bangkrut, hak mereka untuk mendapat zakat akan gugur.

9. Zakat dalam segi istilah adalah harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh orang yang beragama Islam dan diberikan kepada golongan yang berhak menerimanya. Zakat dari segi bahasa berarti ‘bersih’, ‘suci’, ‘subur’, ‘berkat’ dan ‘berkembang’. Menurut ketentuan yang telah ditetapkan oleh syariat Islam

10. fakir miskin, anak yatim piatu

11. fardu ain

12. membersihkan sedikit harta, dan membersihkan hati

13. Amil zakat dan ‘amilah zakat

14. Muhajirin adalah sebutan untuk para pengikut Nabi Muhammad yang hijrah meninggalkan Mekkah, dalam rangka menjaga keimanan mereka dan menyelamatkan diri dari penindasan penduduk Mekkah, yang menentang dakwah Islam di kota tersebut.

15. Kaum Anshar suatu kaum yang menerima hijrah Nabi Muhammad SAW dari Makkah menuju Madinah. … Pada mulanya kota Madinah bernama Yatsrib. Sesampainya di Madinah, mereka menyambut dia dan kaum Muhajirin dengan baik dan membantu perjuangannya.

16. Yathrib

17. Kesabaran

18. Ridha Allah

19. Kaum Muhajirin

20. Di belakang kata Madinah, ditambahkan kata Munawwarah atau Madinah al-Munawwarah, artinya negara dan pemerintahan yang diberi cahaya wahyu llahi, atau menurut istilah al-Farabi, yaitu al-Madinah al-Fadilah (negara utama)”.

19. 21. Berikut ini adalah salah satu cara kita meneladani kisa Nabi Nuh as: *a. Tegas dalam mengajar menyebarkan dakwah islamb. Tidak gentar dalam melawan penguasa yang zalimc. Mempertahankan keimanan hingga akhir hayatd. Sabar dalam menghadapi musibah dari Allah Subhana Wa Ta’ala22. Salah satu contoh adab yang ketika berada di jalan raya adalah… *a. Mengikuti peraturan lalu lintas meskipuntidak ada polisi yang menjagab. Membuang sampah sembarang karna sudah ada p
etugas kebersihanc. Mengendarai sepeda motor secara zigzag agar perjalanan lebih cepatd. Membunyikan klakson dengan keras kepada setiap yang mengebrang23. Tidak mau berusaha dan hanya mengharap pemberian dari orang lain merupakan salah satu contoh orang yang memiliki sifat… *a. Pesimisb. bergantungc. serakahd. tamak24. Salah satu hikmah membiasakan diri mengucapkan istighfar adalah… *a. Diselamatkan dari bahaya musuhb. Diampuni dosa-dosanya oleh Allahc. Meninggal dengan khusnul khotimahd. Terhindar dari rasa was-was25. Di bawah ini adalah kerugian mempunyai sifat suka marah, kecuali… *a. Semua amal ibadahnya sia-siab. Tidak disenangi oleh teman-temanc. dapat menimbulkan penyakitd. dapat mencelakakan orang lain26. Seorang muslimah sudah haid, maka untuk menghilangkan dari hadast besar tersebut adalah… *a. Istinjakb. wudhuc. tayamumd. mandi wajib27. Mengeluarkan zakat fitrah pada tgl 1 Ramadhan sampai dengan akhir bulan Ramadhan hukumnya adalah… *a. Wajibb. makruhc. haramd. mubah28. Berikut ini adalah contoh jual beli yang hukumnya haram adalah… *a. Membeli sepeda motor secara kreditb. Membeli pisau untuk memotong hewanc. membeli mobil dengan hadiah tvd. menjual minuman anak anggur29. Di bawah ini yang merupakan manfaat makanan dan munuman yang halal adalah… *a. Badan sehat dan tehindar dari berbuat maksiatb. Tubuh menjadi tinggi dan kekarc. Sulit menerima ilmu dan kebenarand. Badan mejadi kuat dan kekar30. Salah satu manfaat dari zakat fitrah adalah… *a. Memperbanyak hartab. Membantu orang-orang kayac. mensucikan jiwad. mudah memperoleh saudara​

Jawaban:

21.d) sabar dalam menghadapi musibah dari Allah Subhana Wa Ta’ala

22.a) mengikuti peraturan lalu lintasmeskipun tidak ada polisi yang menjaga

23.b) bergantung

24.b) diampuni dosa dosanya oleh Allah

25.a)semua amal ibadah nya sia sia

26.d)mandi wajib

27.a)wajib

28.a)membeli motor secara kredit

29.a)badan sehat dan terhindar dariberbuat maksiat

30.c)mensucikan jiwa

Penjelasan:

maap kalo ada yang salah

semoga membantu

NO COPAS

NO GUGEL

20. 1. Salah satu contoh perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila adalah … .A. menjenguk teman yang sedang sakitB. memaksakan ajaran agama kepada orang lainC. mengganggu teman yang sedang beribadahD. berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan2. Maria beragama kristen. Di sekolah ia berteman dengan Fauziah yang beragama Islam. Saat belajarkelompok di rumah Maria, Fauziah mendengar seruan adzan. Fauziah meminta ijin pada Maria untukmenjalankan ibadah sholat di masjid terdekat. Sikap Maria sebaiknya….A. tersinggung karena Fauziah meninggalkannya saat sedang serius belajarB. meminta Fauziah untuk menunda sholatnya sampai pekerjaan mereka selesaiC. dengan senang hati mempersilahkan Fauziah untuk mengerjakan sholat di masjidD. meminta Fauziah mengerjakan sholat lebih cepat agar pekerjaan mereka bisa segera selesai3. Gemar melaksanakan kegiatan kemanusian, seperti menolong orang lain, memberi dukungan terhadaporang lain yang membutuhkan, menolong korban banjir, merupakan salah satu contoh prilaku yang sesuaidengan pengamalan Pancasila sila ke … .A. duaB. tigaC. empatD. lima4. Di bawah ini merupakan contoh perilaku yang mencerminkan pengamalan sila ke-2 Pancasila, yaitu ….A. memberi tempat duduk pada wanita hamil di angkutan umumB. mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadiC. menyelesaikan masalah atau konflik melalui musyawarahD. menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban secara seimbang5. Perilaku yang sesuai dengan sila ke-3 Pancasila adalah … .A. tidak menghina kebudayaan daerah lainB. mengikuti kegiatan pemilihan ketua RTC. tidak mengganggu teman yang sedang beribadahD. merawat hewan dan tanaman dengan baik6. Contoh perilaku yang tidak sesuai dengan nilai sila ke-3, Persatuan Indonesia adalah ….A. bangga menjadi warga negara IndonesiaB. bangga menggunakan produk luar negeriC. mentaati segala peraturan yang berlaku di masyarakatD. hidup rukun dan gotong royong dengan orang lain7. Di bawah ini, perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke-4 Pancasila adalah ….A. berdoa sebelum dan sesudah belajarB. bekerja sama membersihkan lingkunganC. menjenguk tetangga yang sedang sakitD. ikut serta dalam kegiatan pemilihan kepala daerah48. Sinta telah ditetapkan menjadi ketua kelas enam. Itulah hasil keputusan musyawarah bersama murid kelas6. Pada saat pemilihan, Andika tidak memilih Sinta.Dari pernyataan di atas, sikap yang seharusnya ditunjukkan oleh Andika adalah ….A. menolak kepemimpinan Sinta sebagai ketua, karena Tiara bukan pilihan Roto.B. mengacuhkan Sinta, sebab Sinta dianggap tidak akan bisa memimpin kelas dengan baik.C. menerima Sinta sebagai ketua kelas dengan rendah hati dan penuh rasa tanggung jawab.D. Terpaksa menerima Sinta daripada dibenci teman-teman sekelas yang mendukung Tiara.9. Contoh penerapan sila ke-5 Pancasila dalam kehidupan sehari-hari adalah ….A. bersikap sombongB. berprilaku merugikan orang lainC. menghargai hasil karya orang lainD. menghargai pendapat orang lain10. Perhatikan tabel di bawah ini !No Perilaku1. Memperlakukan setiap orang sama di hadapan hukum2. Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain3. Suka memberi pertolongan kepada orang lain agar dapat berdiri sendiri4. Mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan lingkungan5. Mengembangkan sikap adil terhadap sesamaDari tabel di atas, perilaku yang sesuai dengan pengamalan sila ke-5 Pancasila di tunjukkan oleh nomor….A. 1, 2, 3B. 1, 3, 5C. 2, 3, 4D. 2, 4, 5Tolong di jawab ya​

Jawaban:

1.D

2.C

3.A

4.A

5.A/C

6.B

7.D

8.C

9.D

10.C

Penjelasan:

maaf klo salah yaa

jadikan jawaban terbaik!!!

Video Terkait