Jadwal Dokter Kandungan di Samarinda

Jadwal Dokter Kandungan di Samarinda

Jadwal Dokter Kandungan di Samarinda

Jadwal Dokter Kandungan di Samarinda


Samarinda adalah ibu kota provinsi Kalimantan Timur yang dikenal karena keindahan alam dan kekayaan sumber daya alamnya. Namun, tidak semua orang tahu bahwa kota ini juga memiliki layanan kesehatan yang memadai, terutama bagi ibu hamil dan wanita yang membutuhkan perawatan dari dokter kandungan. Berikut ini adalah jadwal Dokter Kandungan di Samarinda yang bisa membantu wanita dalam memilih dokter yang tepat untuk perawatan kesehatannya:

1. Dr. Rita Tila Sari, Sp.OG (K)
Praktik di RS Kurnia Husada, Jl. Kusuma Bangsa No.68, Sempaja Selatan, Kec. Samarinda Sempaja, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Dr. Rita Tila Sari, Sp.OG (K)

Dr. Rita Tila Sari adalah dokter kandungan yang berpraktik di RS Kurnia Husada Samarinda. Ia memiliki spesialisasi dalam bidang Obstetri dan Ginekologi. Beliau lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga pada tahun 1993 dan menyelesaikan spesialisasinya di FKUI pada tahun 2002. Sejak itu, Dr. Rita aktif sebagai dokter kandungan dan telah melayani pasien dari berbagai usia dan latar belakang. Praktiknya berlokasi di Jl. Kusuma Bangsa No.68, Sempaja Selatan, Kec. Samarinda Sempaja, Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Anda bisa menghubungi nomor telepon (0541) 733080 untuk membuat janji temu dengan dokter yang baik hati ini.

Jadwal praktek Dr. Rita Tila Sari di RS Kurnia Husada Samarinda adalah sebagai berikut:

Hari Jam Praktek
Senin 09:00 – 13:00 WITA
Selasa 17:00 – 21:00 WITA
Rabu 09:00 – 13:00 WITA
Kamis 17:00 – 21:00 WITA
Jumat 09:00 – 13:00 WITA
Sabtu 17:00 – 21:00 WITA
Minggu Tidak ada praktek

Perlu diingatkan bahwa jadwal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung kebutuhan dan kondisi dari masing-masing dokter. Sebaiknya Anda menghubungi rumah sakit atau langsung menghubungi dokter tersebut untuk mendapatkan jadwal yang lebih akurat dan sesuai.

Dokter kandungan adalah ahli medis yang spesialis dalam memberikan perawatan kesehatan pada sistem reproduksi wanita. Mereka bertanggung jawab dalam menjaga kesehatan selama masa kehamilan, persalinan, dan masa nifas. Selain itu, dokter kandungan juga dapat membantu dalam mengatasi masalah ginekologi seperti kista ovarium, infeksi vagina, endometriosis, hingga kanker serviks. Penting bagi setiap wanita untuk rutin berkonsultasi dengan dokter kandungan, terutama saat sedang hamil atau mengalami keluhan di daerah panggul. Dengan mendapat perawatan dari dokter kandungan yang terpercaya, Anda dapat memperoleh kesehatan yang optimal dan meminimalkan risiko komplikasi.

Dr. Kandungan Spesialis Kehamilan


Dokter Kandungan Samarinda

Jika Anda sedang hamil, pastinya membutuhkan perawatan khusus untuk kehamilan. Tidak hanya memerlukan perawatan dari ginekolog atau dokter kandungan umum, Anda harus memilih dokter kandungan spesialis kehamilan yang akan membantu mengawasi dan merawat kesehatan Anda dan sang bayi yang dikandung. Dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda sangatlah penting untuk Anda pilih karena kota Samarinda mempunyai tingkat kelahiran bayi yang cukup tinggi setiap tahunnya.

Dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda sangatlah diperlukan selama kehamilan karena dapat membantu menjaga kesehatan sang ibu dan bayi. Dalam menjalankan tugasnya, dokter kandungan spesialis kehamilan akan memiliki peran penting selama kehamilan dan melahirkan bayi Anda. Mereka akan memeriksa kesehatan sang ibu dan bayi secara rutin dan menunjukkan perilaku yang sehat selama kehamilan untuk menghindari komplikasi.

Dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda akan membantu untuk menangani semua jenis masalah klinis yang dimiliki oleh ibu hamil dan bayinya. Seseorang yang menderita komplikasi selama kehamilan dan memerlukan perawatan spesialis akan dirujuk ke dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda. Dokter kandungan spesialis kehamilan akan membantu mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi selama kehamilan dan persalinan.

Walaupun saya punya pengalaman bagus dengan dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda, saya tetap sangat merekomendasikan Anda untuk menghindari hal-hal yang dapat berdampak negatif bagi kesehatan ibu dan bayi selama kehamilan. Hindari makanan yang tidak sehat, minuman beralkohol dan merokok saat hamil. Serta, selalu konsultasikan setiap masalah kehamilan dengan dokter kandungan spesialis kehamilan Anda agar Anda mendapatkan perawatan terbaik yang bisa dibayangkan.

Pada saat proses persalinan, dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda akan membantu untuk mengurangi risiko terjadinya infeksi dan perdarahan. Mereka juga akan menanganinya dengan penuh perhatian untuk memastikan bahwa ibu dan bayi benar-benar dalam kondisi baik.

Dalam memilih dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda, Anda harus memperhatikan pengalaman dan kredibilitasnya. Serta pastikan juga dokter memiliki sertifikat medis dan terdaftar di dokter kandungan resmi. Dengan demikian, Anda bisa merasa nyaman dan percaya diri dalam menghadapi kehamilan. Ada beberapa rumah sakit di Samarinda yang mempunyai dokter kandungan spesialis kehamilan yang berpengalaman seperti RSUD Abdul Wahab Sjahranie, RSKB Ulin, dan RSY Kanujoso Djatiwibowo.

Secara keseluruhan, dokter kandungan spesialis kehamilan di Samarinda sangat penting bagi ibu hamil. Memilih dokter yang tepat dapat membantu Anda memastikan kesehatan yang optimal bagi ibu dan bayi selama kehamilan dan bisa membantu Anda memiliki pengalaman membesarkan bayi yang sehat dan bahagia.

Dokter Kandungan sebagai Penyedia Layanan Kesehatan Wanita di Samarinda


Dokter Kandungan Samarinda

Kesehatan wanita merupakan salah satu aspek yang penting untuk dijaga, terutama dalam menjaga kehamilan hingga lahirnya bayi. Oleh karena itu, sangat penting bagi wanita untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin pada dokter kandungan. Di Samarinda, terdapat banyak dokter kandungan yang siap memberikan layanan kesehatan bagi wanita secara optimal.

Klinik Kesehatan Ibu dan Anak


Klinik Kesehatan Ibu dan Anak Samarinda

Klinik Kesehatan Ibu dan Anak adalah salah satu klinik yang menyediakan layanan kesehatan wanita di Samarinda. Klinik ini dilengkapi dengan peralatan medis modern yang akan membantu para dokter kandungan dalam memberikan pelayanan kepada para pasien mereka. Selain itu, klinik ini juga memiliki staf medis yang professional dan ramah, sehingga membuat para pasien mereka merasa nyaman dan tenang saat melakukan pemeriksaan. Klinik Kesehatan Ibu dan Anak Samarinda berkomitmen untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik kepada setiap pasien.

Rumah Sakit Santo Borromeus Samarinda


Rumah Sakit Santo Borromeus Samarinda

Rumah Sakit Santo Borromeus Samarinda adalah rumah sakit swasta yang berlokasi di kota Samarinda. Rumah sakit ini memiliki unit layanan kesehatan wanita dengan dokter kandungan yang handal dan berpengalaman dalam memberikan pelayanan kesehatan wanita. Unit layanan tersebut dilengkapi dengan peralatan medis modern dan ruangan yang nyaman serta bersih, sehingga membuat pasien merasa aman dan nyaman saat melakukan pemeriksaan. Selain itu, rumah sakit ini juga berkomitmen untuk memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan terpercaya bagi seluruh pasiennya.

Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) Kelurahan Harapan Baru


Puskesmas Harapan Baru Samarinda

Puskesmas Kelurahan Harapan Baru adalah puskesmas yang berlokasi di kota Samarinda dan menyediakan layanan kesehatan wanita seperti pemeriksaan kehamilan, persalinan, dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Puskesmas ini memiliki dokter kandungan yang handal dan berpengalaman, serta memiliki staf medis yang ramah dan terampil dalam memberikan layanan kesehatan. Selain itu, puskesmas ini juga dilengkapi dengan peralatan medis yang memadai untuk memberikan pemeriksaan kesehatan yang optimal bagi seluruh pasien mereka. Meskipun Puskesmas Kelurahan Harapan Baru menyediakan layanan kesehatan yang terjangkau, tetapi tetap memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas.

Conclusion

Dalam menjaga kesehatan wanita, terutama dalam menjaga kehamilan hingga lahirnya bayi, sangat penting bagi wanita untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin pada dokter kandungan. Di Samarinda, terdapat banyak dokter kandungan yang siap memberikan layanan kesehatan bagi wanita secara optimal. Baik itu di klinik, rumah sakit, atau puskesmas, dokter kandungan yang handal dan berpengalaman siap membantu dalam memberikan layanan kesehatan yang terbaik dan terpercaya bagi seluruh wanita di Samarinda.

Prosedur Pemeriksaan Kesehatan untuk Ibu Hamil


Pemeriksaan Kesehatan untuk Ibu Hamil

Prosedur pemeriksaan kesehatan untuk ibu hamil penting dilakukan selama masa kehamilan untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan janin berjalan dengan baik. Dokter kandungan di Samarinda biasanya akan melakukan beberapa pemeriksaan di setiap kunjungan prenatal untuk memantau pertumbuhan janin dan mengidentifikasi kondisi yang tidak normal pada ibu hamil. Berikut ini adalah beberapa prosedur pemeriksaan kesehatan yang biasa dilakukan oleh dokter kandungan selama kehamilan:

1. Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan Tekanan Darah

Pemeriksaan tekanan darah rutin selama kehamilan penting untuk mengidentifikasi risiko preeklampsia atau penyakit hipertensi kehamilan yang serius. Biasanya dokter kandungan akan membandingkan angka tekanan darah Anda dari kunjungan sebelumnya untuk mengetahui apakah ada perubahan. Jika Anda memiliki riwayat tekanan darah tinggi, dokter kandungan akan memantau kesehatan Anda lebih ketat.

2. Pemeriksaan Berat Badan

Pemeriksaan Berat Badan

Pada setiap kunjungan prenatal, dokter kandungan akan menimbang berat badan Anda dan memantau perkembangan kenaikan berat badan selama kehamilan. Kenaikan berat badan yang normal dan sehat selama kehamilan akan membantu pertumbuhan janin yang baik dan mengurangi risiko komplikasi kehamilan. Dokter kandungan akan memberikan saran jika terjadi masalah kenaikan berat badan di setiap kunjungan.

3. Pemeriksaan Detak Jantung Janin

Pemeriksaan Detak Jantung Janin

Dokter kandungan biasanya akan memonitor detak jantung janin di setiap kunjungan prenatal untuk memastikan janin tumbuh dan berkembang dengan baik. Prosedur pemeriksaan detak jantung janin dilakukan dengan menggunakan alat doppler atau monitor. Biasanya, dokter kandungan akan mencari detak jantung janin dengan menempatkan alat doppler pada perut Anda untuk mendengarkan detak jantung janin janin.

4. Pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG

Pemeriksaan USG atau ultrasonografi adalah salah satu jenis pemeriksaan untuk memastikan kondisi kesehatan janin selama kehamilan. Pada setiap kunjungan prenatal, dokter kandungan akan melakukan pemeriksaan USG untuk memantau pertumbuhan janin dan memeriksa kondisi lain seperti plasenta, jumlah air ketuban atau kondisi serviks. Selain itu, dokter kandungan juga dapat memantau kondisi perkembangan organ dan sistem pada janin.

Pemeriksaan USG dapat dilakukan dua jenis, yaitu USG transvaginal dan USG perut. Pada pemeriksaan USG transvaginal, dokter kandungan akan memasukkan alat USG ke dalam vagina. Sedangkan pada USG perut, dokter kandungan akan menempatkan alat USG pada perut Anda. Pemeriksaan USG pada trimester pertama kehamilan digunakan untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan janin, sedangkan pada trimester kedua dan ketiga digunakan untuk memeriksa kondisi kesehatan janin dan memastikan persiapan kelahiran berjalan lancar.

5. Pemeriksaan Laboratorium

Pemeriksaan Laboratorium

Dokter kandungan juga dapat memeriksa kondisi kesehatan ibu hamil melalui tes laboratorium, termasuk tes darah, tes urine, dan tes fungsi hati. Tes darah dilakukan untuk memeriksa kelainan genetik pada janin dan kondisi ibu hamil seperti anemia. Sementara itu, tes urine dilakukan untuk memeriksa kadar protein dan gula dalam urine yang dapat menunjukkan kondisi preeklampsia atau gestasional diabetes pada ibu hamil.

Jangan lupa untuk selalu memeriksakan kesehatan Anda kepada dokter kandungan di Samarinda selama masa kehamilan. Pemeriksaan kesehatan yang rutin akan membantu mencegah dan mengurangi risiko komplikasi pada ibu hamil dan janin. Selalu jaga kondisi kesehatan ibu hamil agar proses kehamilan berjalan dengan lancar dan sehat.

Anjuran Kesehatan untuk Ibu Hamil Yang Perlu Diperhatikan


dokter kandungan samarinda

Hamper setiap wanita di dunia pasti mengidamkan untuk memiliki seorang anak, namun perjalanan kehamilan adalah hal yang sangat rumit dan memerlukan perhatian khusus. Setiap wanita hamil harus menjaga kesehatannya dan bayinya dengan maksimal selama 9 bulan kehamilan. Oleh karena itu dokter kandungan samarinda memberikan beberapa anjuran kesehatan untuk ibu hamil yang perlu diperhatikan. Berdasarkan pengalaman dokter kandungan samarinda, berikut adalah beberapa anjuran kesehatan yang perlu diperhatikan selama masa kehamilan.

1. Pemilihan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil


makanan untuk ibu hamil

Selama masa kehamilan, pemilihan makanan menjadi sangat penting bagi ibu hamil, makanan yang sehat akan menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh calon bayi. Sebaiknya ibu hamil mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging, ikan, telur dan kacang-kacangan sehingga dapat memenuhi kebutuhan protein yang dibutuhkan oleh janin. Aktifitas olahraga ringan seperti jalan kaki atau senam juga dapat membantu kesehatan ibu hamil dan bayi.

2. Perhatikan Kesehatan Gigi dan Mulut


kesehatan gigi dan mulut

Perawatan gigi dan mulut selama kehamilan sebaiknya juga mendapat perhatian, berdasarkan pengalaman dokter kandungan samarinda, infeksi pada gigi dan mulut selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran dan persalinan prematur. Maka sebaiknya sebelum hamil ibu hamil memeriksakan kesehatan gigi dan mulut terlebih dahulu dan periksakan kesehatannya secara berkala selama masa kehamilan

3. Periksakan Kesehatan Kandungan


pemeriksaan rumah sakit

Periksakan kesehatan kandungan selama masa hamil secara teratur juga merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Dokter kandungan samarinda merekomendasikan agar ibu hamil mengunjungi dokter kandungan setiap trimester yaitu 3 bulan sekali selama masa kehamilan. Tujuan dari pemeriksaan kesehatan kandungan ini untuk memonitor pertumbuhan bayi dan memastikan bahwa kehamilan berjalan dengan normal.

4. Ciptakan Lingkungan yang Aman dan Nyaman


Lingkungan yang bersih

Ibu hamil harus menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk perkembangan bayi, yaitu dengan menghindari bahan kimia dan lingkungan yang berbahaya seperti asap rokok dan alkohol. Sebaiknya ibu hamil selalu merasakan kenyamanan secara mental untuk mengurangi stress, yang juga dapat mempengaruhi bayi yang sedang dalam kandungan.

5. Jangan lupa Ibu Hamil Butuh Istirahat yang Cukup


Istirahat yang cukup

Ibu hamil harus menyiapkan diri dan menyediakan waktu untuk beristirahat dengan cukup, terutama pada trimester pertama sampai saat akhir kehamilan. Ketika tidur, sebaiknya ibu hamil tidur dengan posisi miring ke samping agar aliran darah yang membawa nutrisi dan oksigen ke janin dan rahim lancar. Tidur yang cukup juga dapat membantu meningkatkan imunitas ibu hamil dan mengurangi risiko preeklamsi.

Dari ke-5 poin yang kami sebutkan diatas, semoga menjadi panduan bagi ibu hamil yang sedang mempersiapkan kehamilan yang sehat dan mereka yang ingin memulai kehamilan. Semua usaha untuk menjaga kesehatan adalah investasi untuk masa depan anak yang sehat dan bahagia. Kini, banyak sekali dokter kandungan yang siap membantu pelangsungan masa kehamilan Anda.