Jadwal Dokter Jantung di Surabaya

Jadwal Dokter Jantung di Surabaya

Faktor Risiko Penyakit Jantung


Dokter Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat umum terjadi pada masyarakat saat ini. Karena itu peran dokter jantung di Surabaya sangat penting dalam memberikan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Penyakit jantung tidak muncul begitu saja, ada beberapa faktor risiko penyakit jantung yang harus dihindari atau diminimalisir untuk mengurangi kemungkinan terkena penyakit jantung. Berikut adalah beberapa faktor risiko penyakit jantung tersebut.

Faktor Risiko Non-Modifikasi


gambar faktor risiko penyakit jantung

Terdapat sejumlah faktor risiko non-modifikasi atau yang tidak dapat diubah yang dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung. Faktor risiko ini antara lain usia, jenis kelamin, dan riwayat penyakit jantung di keluarga.

Kemunculan penyakit jantung umumnya akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia, terutama untuk orang yang berusia di atas 45 tahun untuk laki-laki dan di atas 55 tahun untuk perempuan. Selain itu, laki-laki memiliki risiko lebih besar terkena penyakit jantung dibandingkan perempuan. Namun, risiko ini sama-sama tinggi bagi perempuan yang telah mengalami menopause.

Orang yang memiliki riwayat keluarga yang menderita penyakit jantung di usia muda juga memiliki risiko yang lebih tinggi terhadap penyakit ini. Jika kebiasaan hidup sehat tidak diterapkan, risiko tersebut akan semakin meningkat.

Faktor Risiko Modifikasi


gambar faktor risiko penyakit jantung

Selain faktor risiko non-modifikasi, ada juga faktor risiko modifikasi yang dapat diubah atau dikendalikan untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Faktor risiko ini antara lain kebiasaan atau gaya hidup, penyakit yang diderita, dan keadaan psikologis.

Mulai dari kebiasaan makan yang tidak sehat hingga kurangnya aktivitas fisik, semua hal ini dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kebiasaan merokok misalnya, terbukti dapat memicu kerusakan pembuluh darah dan meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit jantung.

Selain itu, penyakit yang diderita seperti diabetes, hipertensi, dan hiperkolesterol juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Dalam kasus ini, upaya untuk mengendalikan penyakit yang mendasar tersebut dapat membantu mencegah atau menunda kemunculan penyakit jantung.

Tak hanya itu, keadaan psikologis juga dapat memengaruhi risiko seseorang terkena penyakit jantung. Stres, depresi, dan kecemasan yang berlebihan dapat memengaruhi faktor risiko penyakit jantung seperti tekanan darah, detak jantung, kadar stres, dan kadar kolesterol dalam darah.

Kesimpulan


gambar faktor risiko penyakit jantung

Dari faktor risiko penyakit jantung yang telah dijelaskan sebelumnya, sebagian besar dapat dihindari atau diminimalisir untuk membantu mencegah kemunculan penyakit jantung. Melakukan perubahan gaya hidup, menjaga kesehatan fisik dan mental, serta melakukan tindakan pencegahan yang tepat adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Dalam hal ini, donatur untuk program-program pengurangan risiko terhadap penyakit jantung sangat dibutuhkan untuk membantu program dokter jantung di Surabaya. Menyumbangkan sebagian hartamu untuk hal yang berfaedah bisa membuatmu merasa tenang dan berguna bagi orang lain.

Tugas dan Peran Dokter Jantung


Dokter Jantung di Surabaya

Dokter jantung atau kardiolog adalah seorang dokter spesialis yang bertugas untuk merawat dan memeriksa masalah kesehatan pada organ jantung. Kardiolog bertanggung jawab atas diagnosis dan penanganan penyakit jantung. Di kota Surabaya, dokter spesialis jantung sangat penting karena kota ini merupakan salah satu daerah dengan tingkat kejadian penyakit jantung yang tinggi.

Tugas utama dokter jantung adalah melakukan pemeriksaan fisik dan klinis untuk mengidentifikasi kondisi jantung pasien. Setelah itu, dokter jantung melakukan tes seperti elektrokardiogram (EKG), tes tekanan darah, dan tes darah lainnya untuk menentukan apakah pasien memiliki masalah kesehatan jantung atau tidak.

Selain itu, dokter jantung juga melaksanakan tindakan medis seperti memberikan resep obat, prosedur medis terapeutik dan invasif. beberapa prosedur medis seperti angiogram, angioplasti, dan kateterisasi jantung dimaksudkan untuk membantu mengatasi masalah jantung pasien.

Penatalaksanaan yang dilakukan dokter jantung tergantung pada kondisi kesehatan dan spesifikasi medis pasien. Pada umumnya, dokter jantung akan mengawasi pasien dalam pengobatan jangka panjang, serta memberikan saran tentang perubahan gaya hidup dan diet. Kardiolog juga bekerja sama dengan dokter lain, seperti dokter umum, dokter paru-paru, dan ahli gastroenterologi untuk memberikan perawatan terbaik bagi pasien dengan kesehatan jantung yang terganggu.

Seiring dengan perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan, peran dokter jantung menjadi semakin penting. Dalam membangun kepercayaan dan menjaga kualitas layanan medis, dokter jantung harus selalu meningkatkan pengetahuan mereka tentang perkembangan teknologi baru dan temuan medis terbaru. Tujuan dari peningkatan kompetensi ini adalah untuk memberikan pengobatan dan diagnosis yang lebih akurat dan efektif.

Demikianlah beberapa tugas dan peran dokter jantung di Surabaya yang sangat penting untuk kesehatan jantung pasien. Saat kondisi jantung semakin terancam, dokter jantung di Surabaya siap membantu mendiagnosis masalah kesehatan jantung Anda dan memberikan solusi pengobatan terbaik. Oleh karena itu, pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan jantung secara teratur dan berkonsultasi dengan dokter jantung jika Anda merasa ada yang tidak beres dengan jantung Anda.

Daftar Nama dan Alamat Dokter Jantung di Surabaya


Dokter Jantung di Surabaya

Jantung adalah organ penting dalam tubuh manusia yang berfungsi memompa darah untuk menyuplai oksigen ke seluruh tubuh. Namun, masalah jantung bisa terjadi pada siapa saja dan kapan saja. Apabila kamu mengalami masalah dengan jantung, segeralah berkonsultasi dengan dokter jantung terpercaya di Surabaya. Namun, di tengah banyaknya dokter jantung yang ada di Surabaya, kadang kala kita merasa bingung harus menghubungi siapa. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan kami rangkum daftar nama dan alamat dokter jantung di Surabaya yang bisa kamu jadikan referensi.

1. Dr. Soeharsono, SpJP (K), FIHA, FESC


Dr. Soeharsono Surabaya

Dr. Soeharsono, SpJP (K), FIHA, FESC adalah seorang ahli jantung terkemuka yang berpraktik di RS Mitra Keluarga Surabaya. Beliau sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dalam diagnosa, pengobatan, dan penanganan berbagai macam penyakit jantung. Dalam prakteknya, dr. Soeharsono menggunakan metode terkini dan teknologi canggih untuk menangani masalah jantung. Alamat praktek: Jl. Mayjend Yono Soewoyo, Graha Famili, Surabaya Utara, Surabaya.

2. Dr. Tony Teh Lin Tjoan, SpJP(K), FIHA, FACC


Dr. Tony Teh Lin Tjoan Surabaya

Dr. Tony Teh Lin Tjoan, SpJP(K), FIHA, FACC adalah seorang dokter jantung senior yang berpengalaman dan berdedikasi tinggi dalam menangani masalah jantung. Beliau saat ini berpraktik di RS Siloam Surabaya dan RSI Jemursari Surabaya. Dalam prakteknya, dr. Tony menggunakan metode holistik dengan memperhatikan kesehatan secara utuh, tidak hanya fokus pada masalah jantung saja. Alamat praktek: Jl. Raya Gubeng No.70, Gubeng, Surabaya.

3. Dr. Edwin Kurniawan, SpJP (K), FIAE, FESC


Dokter Edwin Kurniawan Surabaya

Dr. Edwin Kurniawan, SpJP (K), FIAE, FESC adalah seorang dokter jantung terkemuka di Surabaya yang sudah berpengalaman lebih dari 15 tahun. Beliau saat ini berpraktek di RS. Mitra Keluarga Waru dan RSI Jemursari Surabaya. Dr. Edwin memiliki spesialisasi dalam masalah kardiologi dengan menggunakan teknologi canggih seperti Echocardiography, MRI, CT-Scan, dan lain-lain untuk memberikan hasil yang akurat. Selain itu, beliau juga dikenal ramah dan mudah diajak berkomunikasi oleh pasiennya. Alamat praktek: Jl. Raya Tropodo No.49, Tropodo, Waru, Sidoarjo dan Jl. Raya Jemursari No.234-244, Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya.

4. dr. Richard Arthur Sitanggang, SpJP


dr. Richard Arthur Sitanggang

dr. Richard Arthur Sitanggang, SpJP adalah dokter jantung yang berpraktik di RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Beliau berpengalaman dalam menangani berbagai masalah jantung, mulai dari kardiologi intervensi, elektrofisiologi, hingga penyakit katup jantung. Dalam prakteknya, dr. Richard selalu mengedepankan pelayanan yang terbaik untuk pasien-pasiennya dengan mengutamakan keakuratan dalam diagnosa serta penanganan yang tepat. Alamat praktek: Jl. Mayjend Prof. Dr. Moestopo No.6-8, Airlangga, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur.

5. dr. Djumena, SpJP (K)


dr. Djumena Surabaya

dr. Djumena, SpJP (K) adalah seorang dokter jantung yang berpengalaman dan dikenal baik dalam menangani berbagai masalah jantung. Beliau saat ini berpraktik di RSU Haji Surabaya. Dalam prakteknya, dr. Djumena menggunakan teknologi canggih untuk mendiagnosa serta memberikan pengobatan yang tepat. Selain itu, beliau dikenal sabar dan mudah diajak berkomunikasi oleh pasien-pasiennya. Alamat praktek: Jl. Raya Kalirungkut, Sukolilo, Surabaya.

Itulah daftar dokter jantung terpercaya di Surabaya yang bisa menjadi referensi kamu ketika mengalami masalah jantung. Pastikan kamu memilih dokter jantung yang tepat, baik dari segi pengalaman maupun kredibilitasnya, karena kesehatan jantungmu berharga. Jangan lupa pula untuk selalu menjaga pola hidup sehat dan menghindari faktor risiko yang bisa memicu masalah jantung, seperti merokok, kurang olahraga, tekanan darah tinggi, dan sebagainya. Selalu diingat bahwa pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati.

Proses Diagnosis Penyakit Jantung


diagnosis jantung

Penyakit jantung adalah salah satu jenis penyakit kardiovaskular yang paling umum terjadi di dunia. Jika tidak ditangani dengan baik, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah dan bahkan mengancam nyawa. Oleh karena itu, penting bagi seseorang yang mengalami gejala penyakit jantung untuk memeriksakan diri ke dokter jantung yang kompeten dan terpercaya. Berikut ini adalah proses diagnosis penyakit jantung yang biasa dilakukan oleh dokter jantung di Surabaya.

1. Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik awal dilakukan oleh dokter jantung untuk mengetahui tanda-tanda awal penyakit jantung. Dokter jantung akan memeriksa tekanan darah, denyut nadi, dan detak jantung. Dokter juga akan memperhatikan kondisi kulit dan kuku, serta memeriksa adanya bengkak atau edema pada tubuh.

2. Tes Darah

tes darah

Tes darah dapat memberikan informasi mengenai kadar kolesterol, trigliserida, dan glukosa darah. Tes ini juga dapat mengukur kadar enzim dan protein tertentu yang menandakan kerusakan pada jantung.

3. Elektrokardiogram (EKG)

EKG

Elektrokardiogram atau EKG adalah tes medis yang digunakan untuk merekam aktivitas listrik jantung dan menentukan apakah detak jantung sedang berjalan dengan baik. Tes ini dapat mendeteksi adanya kelainan pada irama jantung atau kerusakan pada jaringan jantung.

4. Ekokardiogram (EKG)

Ekokardiogram

Ekokardiogram adalah tes medis yang menggunakan gelombang suara untuk membuat gambar jantung dalam bentuk video. Tes ini membantu dokter jantung untuk melihat struktur dan fungsi jantung dengan lebih detail. Ekokardiogram dapat mendeteksi kelainan pada katup jantung, dinding jantung, dan pompa jantung.

5. Tes Treadmill

Tes Treadmill

Tes treadmill atau tes latihan jantung dilakukan untuk mengukur seberapa efektif jantung dalam memompa darah ketika seseorang berolahraga. Tes ini dapat membantu dokter jantung mengetahui apakah ada kelainan pada jantung yang dapat menyebabkan sesak napas atau nyeri dada saat berolahraga.

6. Angiogram Jantung

Angiogram Jantung

Angiogram jantung adalah tes medis yang menggunakan cairan kontras dan sinar-X untuk melihat kondisi pembuluh darah di jantung. Tes ini dilakukan jika dokter jantung menduga ada penyumbatan atau penyempitan pada pembuluh darah jantung yang dapat mengancam nyawa.

Itulah beberapa proses diagnosis penyakit jantung yang biasa dilakukan oleh dokter jantung di Surabaya. Harapannya dengan mengetahui proses diagnosis yang tepat, seseorang dapat segera mendapatkan pengobatan yang sesuai dan mencegah komplikasi yang lebih serius. Sebagai tambahan, jangan lupa melakukan pemeriksaan kesehatan rutin dan menjaga gaya hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit jantung.

Cara Mencegah Penyakit Jantung dengan Pola Hidup Sehat


Pola Hidup Sehat

Penyakit jantung adalah salah satu penyakit paling mematikan di dunia. Menjaga kesehatan jantung harus menjadi prioritas bagi kita semua. Salah satu cara untuk mencegah penyakit jantung adalah dengan pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dengan pola hidup sehat.

1. Olahraga secara teratur


Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara terbaik untuk mencegah penyakit jantung. Olahraga dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Pilih jenis olahraga yang cocok dan nikmati, misalnya berjalan kaki, lari, bersepeda, atau berenang. Berolahraga secara teratur setidaknya 30 menit setiap hari dapat membantu menghindari risiko penyakit jantung dan menerapkan gaya hidup sehat.

2. Konsumsi Makanan Sehat


Makanan Sehat

Makanan sehat bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Kurangi konsumsi makanan tinggi lemak jenuh, gula dan garam. Sebaliknya, pilih sumber makanan kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Pilih juga jenis protein sehat dengan memilih daging tanpa lemak, ikan, atau tahu sebagai sumber protein. Batasi konsumsi alkohol dan hindari merokok.

3. Mengelola Stres


Stres

Stres dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Cobalah untuk mengelola stres dengan cara yang positif, seperti melakukan olahraga yoga, meditasi atau mindfulness.

Berlatih teknik relaksasi seperti pernapasan dalam, menghindari situasi yang dapat meningkatkan stres, seperti kemacetan lalu lintas atau beban kerja yang terlalu berat. Berbicaralah dengan orang terdekat jika merasa stres dan perlu dukungan.

4. Tidur yang Cukup


Tidur

Tidur yang cukup, minimal 7-8 jam dalam sehari, sangat penting untuk kesehatan jantung. Kurang tidur dapat menyebabkan masalah kesehatan, seperti tekanan darah tinggi dan risiko penyakit jantung.

Membangun rutinitas tidur yang baik dengan menghindari aktivitas yang merangsang, seperti makan makanan berat sebelum tidur dan menonton TV atau menggunakan ponsel di tempat tidur. Cobalah untuk tidur pada waktu yang sama setiap malam untuk membangun kebiasaan tidur yang sehat dan membawa manfaat bagi kesehatan jantung Anda

5. Pemeriksaan Rutin ke Dokter


Dokter

Seseorang dengan faktor risiko penyakit jantung, seperti tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, harus memeriksakan diri secara rutin ke dokter untuk mengelola penyakit dan mengambil keputusan yang tepat mengenai pengobatan atau perubahan gaya hidup terkait kesehatan jantung.

Sebagian besar penyakit jantung dapat diobati jika penanganannya dilakukan secara dini. Jangan biarkan perubahan kecil di kesehatan jantung Anda menjadi masalah besar. Jangan menunda-nunda untuk memeriksakan diri ke dokter jika merasakan gejala atau tanda-tanda penyakit jantung.