Daftar Transportasi Umum dan Di Pulau Batam

Daftar Transportasi Umum Yang Berada Di Pulau Batam

Jika anda sedang berada di Kota Batam dan berencana ingin melakukan perjalanan, ada banyak pilihan alat tranportasi yang bisa anda gunakan. Transportasi umum yang tersedia di kota Batam seperti  angkotan umum (metro trans), ojek, bus umum dan bus rapid transit (Trans Batam) dan taksi bisa menjadi alternatif  bagi anda.

Bagi anda yang sedang mencari informasi mengenai trayek dan harga tiket alat transportasi di Kota Batam, berikut informasi dari kami :

1. ANGKOT

Trayek atau jurusan untuk angkot (metro trans) dibedakan berdasarkan warna dari ankot tersebut. berikut ini merupakan beberapa warna angkot dan trayek yang ada di pulau Batam;

Nomor Mikrolet Warna Trayek
1 Putih/ merah muda Jodoh-Nongsa
2 Coklat Muka Kuning-Batu Aji
3 Hijau Jodoh-Bengkong
4 Kuning Bengkong-Muka Kuning
5 Oranye Jodoh-Punggur
6 Merah tua Jodoh-Batu Aji-Dapur 12 via Sukajadi
7 Biru tua Jodoh-Batu Aji-Tanjung Uncang via Batam Center

Untuk tarif disesuaikan dengan jarak tempuhnya. Misal dari Batam Centre International Ferry Terminal (Batam Centre) menuju Nagoya Hill Shopping Mall (Jl. Imam Bonjol, Nagoya) dikenakan tarif Rp. 4.000, atau ke daerah Nongsa di kenakan tarif sebesar Rp. 9.000.

2. OJEK

Seperti di Daerah-daerah lain, ojek bisa dijumpai di pangkalan ojek yang berada dipinggiran jalan. untuk tarif di sesuaikan dengan jauh dekatnya tujuan penumpang, namun biasanya kalau masih disekitar kota Batam tarifnya sekitar  Rp. 7.000 – Rp 10.000.

3. TAKSI

Taksi di Kota Batam ini berbeda dengan taksi-taksi yang ada di daerah lain, taksi dsini tidak memakai argo meter dan logo “Taksi” di bagian atap mobilnya. Karena di Batam yang digunakan sebagai taksi merupakan mobil Sedan pribadi, jadi sulit untuk membedakan dengan mobil sedan pribadi non taksi,apalagi bagi anda yang baru pertama ke kota Batam. Uniknya lagi, taksi dsini bisa menaikkan penumpang lain meskipun didalam sudah ada penumpang, kecuali jika Anda bilang “carter” kepada sopir maka sopir tidak bisa menaikan penumpang lagi.

Untuk tarifnya bervariasi Misalnya dari daerah Waterfront City tujuan Nagoya, atau sebaliknya sekitar Rp.120.000 (kurang lebih selama 30 menit perjalanan), ke Sekupang atau Batam Centre sekitar Rp. 95.000,  (kurang lebih 15-20 menit perjalanan).

4. BUS UMUM

Di Kota Batam Bus umum masih sangat terbatas. Karena itu Bus Rapid Transit (Trans Batam) mulai di operasikan, namun rutenya hanya disekitar Sekupang, Batuaji dan Batam Center. Tarif Trans Batam ini sebesar Rp. 5.000 untuk semua jarak dirute.

Baca juga :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Daftar Transportasi Umum Yang Berada Di Pulau Batam, semoga bisa membantu anda yang ingin melakukan perjalanan di daerah kota Batam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *