Contoh Pidato Singkat Tentang Bulan Ramadhan Brainly

Contoh Pidato Singkat Tentang Bulan Ramadhan Brainly

Contoh Pidato Singkat Tentang Bulan Ramadhan Brainly

berikan contoh pidato singkat tentang bulan Ramadhan serta pembukaan nya ​

1. berikan contoh pidato singkat tentang bulan Ramadhan serta pembukaan nya ​

akan di sambut oleh umat islam dengan penuh suka cita menjalankan berbagai amalan ibadah

2. contoh pidato bahasa Sunda singkat tentang menyambut bulan suci ramadhan​

Pidato bahasa Sunda singkat tentang menyambut bulan suci ramadhan anu pinuh kabarokahan.

Penjelasan:

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Anu ku simkuring dipikahormat bpk/ibu sadayana anu parantos sumping ka iyeu tempat nu dimulyakeun ku Allah SWT,

Teu aya kecap anu pantes di carioskeun iwal ti manjatkeun puji syukur ka hadirat allah swt anu parantos ngalimpahkeun sagala rahmat, taufiq, sareng hidayahna kanggo urang sadaya.

Teu kakantun solawat sinareng salam mugia tercurah limpahkeun ka Baginda Alam Nabi Muhammad SAW.

Teu karaos sakedap deui urang aya dina bulan Ramadhan.

Nyaeta bulan anu penuh kaberkahan. Salian eta, Bulan Ramadhan aya 3 keutamaan nyaeta, Kahiji disebat syahrul Quran. Bulan diturunkeuna Al Quran kangge petunjuk umat Islam.

Kadua, syahrul maghfiroh, bulan penuh ampunan. Katilu, Syahru shiyam, nyaeta diwajibkeuna urang ibadah saum dibulan Ramadhan.

Mugia urang dilancarkeun, dipasih kasehatan, sareng panjang umur kangge ngalaksanakeun kawajiban puasa sareng amalan-amalan sanesna dibulan Ramadhan. aamiin ya robbal alamin.

Wassalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh.

Pelajari lebih lanjut:

Pelajari lebih lanjut contoh pidato bahasa sunda pada : https://brainly.co.id/tugas/2545398

#BelajarBersamaBrainly

3. Contoh pidato tentang keutamaan bulan ramadhan

Berikut adalah sebuah contoh pidato mengenai keutamaan bulan Ramadhan:

Salam Pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Pembukaan

Puji syukur kita haturkan ke hadirat Allah swt. Karena atas berkat dan rahmat-Nya pulalah kita diizinkan berkumpul di sekolah kita yang tercinta. Salawat beserta salam marilah kita iringkan pada Nabi Muhammad saw. yang telah membimbing kita sebagai umatnya pada jalan kebenaran dari jaman kegelapan.

Yang terhormat Kepala SMA Negeri 10 Padang. Yang saya hormati, Bapak/Ibu majelis guru beserta jajaran staf tata usaha. Selanjutnya, teman-teman dan rekan seperjuangan yang saya sayangi.

Isi

Izinkan saya menyampaikan sebuah pidato mengenai keutamaan bulan suci Ramadhan. Ibu, Bapak, dan teman-teman sekalian, bulan Ramadhan adalah bulan suci kita sebagai umat Islam. Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan keberkahan. Bahkan satu bulan Ramadhan saja sudah bisa disetarakan dengan seribu bulan.

Teman-teman, barang siapa yang menjalankan ibadah sunat di bulan Ramadhan, maka Allah swt. akan menghitungnya sebagai amalan wajib. Jika kita melakukan ibadan wajib, maka akan dihitung pahalanya berkali-kali lipat.

Puasa yang kita lakukan di bulan Ramadhan adalah sebuah berkah yang hanya muncul sekali setahun. Puasa adalah menahan hawa nafsu. Puasa adalah menahan lapar dan haus. Dan barangsiapa yang berpuasa, tentu akan mendapatkan imbalan yang setimpal dari Allah swt.

Penutup

Maka dari itu, hendaknya pada bulan Ramadhan yang suci dan indah ini, kita memperbanyak ibadah dengan niat yang tulus dan ikhlas. Niscaya kita akan menuai apa yang kita tanam nanti di akhirat.

Teman-teman, sekian saja pidato yang dapat saya sampaikan. Jika ada kesalahan, saya mohon maaf.

Salam penutup

Akhir kata, wassalamu’alaikum warahmatullahi wa barakatuh.

Pembahasan

Pidato adalah sebuah kegiatan menyampaikan ide dan gagasan di depan umum dengan menggunakan bahasa yang baik, sehingga ucapan pidato yang kita sampaikan bisa diterima dengan baik oleh pendengarnya.

Pelajari lebih lanjutMateri tentang bagian dari teks pidato https://brainly.co.id/tugas/25277076Materi tentang struktur teks pidato https://brainly.co.id/tugas/17816095Materi tentang inti pada pidato https://brainly.co.id/tugas/38833709

Detail jawaban

Kelas : 7

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Pidato

Kode : 7.1.10

#AyoBelajar

4. contoh ceramah hikamah bulan ramadhan singkat ​

Umumnya pada saat awal Ramadhan pengisi ceramah akan membicarakan tentang segala keutamaan bulan Ramadhan lengkap dengan hadits-haditsnya. Pada ceramah ini pembicara akan mengajak kita untuk benar-benar menghayati bulan Ramadhan dengan jiwa dan raga kita, mengajak kita untuk menjalankan segala amalan-amalan baik dan mengendalikan diri kita dari segala jenis nafsu

5. contoh teks pidato b.arab berharakat dan artinya tentang bulan ramadhan

di baca terlebih dahulu

6. contoh pidato b. Jawa yang bertema bulan ramadhan​

semoga bener , nanti kalau kepanjangan bisa di singkat ya 🙂

7. pidato tentang bulan ramadhan​

Jawaban:

Bismillah;

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillah. Alhamdulillahi ‘ala rasulillah, wa ala alihi wasohbihi wa mawwalah. Asyahu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholli ala Muhammad wa ala ali Muhammad.

Saudara-saudari yang insyaAllah dirahmati oleh Allah SWT;

Pertama di atas segalanya, marilah kita lantunkan ucapan syukur atas segala nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Sungguh, nikmat Allah sangatlah banyak. Bilakah kita hanya mengukur nikmat Allah dari uang dan harta, maka kita sendirilah yang sedang menyempitkan nikmat tersebut.

Shalawat teriring salam marilah kita sampaikan kepada Nabi Muhammad SAW dengan kerelaan sepenuh hati. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapat pertolongan beliau di Hari Kiamat nanti.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Bersyukur kita kepada Allah karena pada tahun 2022 Masehi alias 1443 Hijriah ini kita kembali dipertemukan dengan bulan mulia penuh berkah yang bernama “Ramadhan”.

Bulan kesembilan dalam kalender Islam ini memang spesial. Selain merupakan bulan yang penuh berkah, di bulan Ramadhan para setan dikarantina alias dibelenggu, dan pintu-pintu neraka ditutup.

Bila di tengah bulan Sya’ban ada malam Nisfu Sya’ban di mana Allah akan mengampuni semua hamba-Nya yang tidak musyrik dan tidak bermusuhan, maka ampunan Allah berlaku penuh selama bulan Ramadhan.

Nabi Muhammad SAW berkalam:

مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin: Man shooma romadhoona iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan karena iman dan mengharap pahala dari Allah maka dosanya di masa lalu akan diampuni. (Hadis Riwayat Imam Bukhari No. 38 dan Imam Muslim no. 760 dari Abu Hurairah Radiyallahu Anha

Saudara-saudari yang dirahmati Allah SWT;

Bila kita perhatikan perintah Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183, di sana Allah mewajibkan orang-orang beriman untuk berpuasa di bulan Ramadhan sesuai dengan syarat dan ketentuannya.

Dan bila kita kembali simak hadis tadi, maka salah satu keutamaan puasa selain keberkahan ialah pengampunan dosa. Dengan syarat? Niat puasa kita harus benar yaitu Lillahi Ta’ala.

Lebih daripada itu, ada masih banyak dalil lain yang menerangkan bahwa bulan Ramadhan adalah bulan di mana Allah akan mengampuni dosa-dosa para hamba-Nya.

Rasulullah SAW berkalam:

مَنْ قَامَ رَمَضَانَ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

Bacaan Latin: Man qooma romadhoona iimaanan wahtisaaban ghufirolahu maa taqoddama min dzambih.

Artinya:

Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (shalat tarawih) karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni. (HR. Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759)

Saudara-saudari yang berbahagia;

Jika kita mendengar dan mengingat kembali hadis pertama tadi, ternyata isinya hampir mirip, kan? Yang membedakannya hanyalah kalimat “Man Shooma” dan “Man Qooma”.

Bila kita cermati lebih dalam lagi, maka dari dua hadis yang saya sampaikan tadi terdapat dua jalur pengampunan dosa yang Allah siapkan untuk hamba-Nya di bulan suci Ramadhan.

Pertama, Allah mengampuni dosa-dosa melalui ibadah puasa Ramadhan. Dan kedua, Allah mengampuni dosa-dosa hamba-Nya melalui ibadah sholat Tarawih dan Witir di bulan Ramadhan.

Apakah hanya dua jalur itu saja? Tentu saja tidak.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan berkah dan rahmat. Masih banyak peluang lain yang bisa kita maksimalkan di bulan Ramadhan untuk merengkuh takwa.

Ada malam Lailatur Qadar, Shalat malam di bulan Ramadhan, sedekah di bulan Ramadhan, hingga membaca Al-Qur’an di bulan Ramadhan.

Itu semua adalah sedikit co
ntoh amalan-amalan sunnah nan berpahala yang bisa kita kerjakan secara rutin di bulan yang penuh berkah ini.

Saudara-saudari yang berbahagia;

Penjelasan:

maaf klo kepanjangan

8. Contoh membuat teks pidato tentang menyambut bulan ramadhan 1443 HIJRIAH

Jawaban :

Contoh teks pidato menyambut bulan Ramadhan 1443 H atau 2022.

Bismillah.

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahilladzii kholaqol mauta wal hayata linabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak Ibu *… ( *BISA DI ISI NAMA TEMPAT TINGGAL, DLL atau GITU AJA JUGA GAK PAPA)

Serta rekan-rekan yang berbahagia

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat mulai dari nikmat iman, nikmat islam, nikmat, sehat, hingga nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini seraya bergembira menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah.

Shalawat dan salam tiada lupa kita kirimkan kepada Nabiyullah khatamul anbiya, Muhammad SAW. Semoga dengan seringnya bershalawat kita akan mendapatkan pertolongan beliau di hari akhir nanti.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia;

Tiada terasa tinggal menghitung hari kita bakal tiba di bulan suci Ramadhan 1443 Hijriah tahun 2022.

Sebagai seorang muslim yang taat, sudah sepatutnya kita berbahagia seraya bersyukur kepada Allah karena insyaAllah akan diberikan kesempatan umur oleh Allah untuk beribadah di bulan Ramadhan.

Jujur saja, di luar sana, saudara-saudara kita barangkali tidak lebih beruntung daripada kita. Mereka juga akan tiba di bulan suci Ramadhan, tapi sayangnya tidak bisa berpuasa karena sakit.

Mereka diberi kesempatan umur untuk singgah di bulan Ramadhan yang penuh ampunan, namun Allah belum berikan hidayah kepada mereka atas pentingnya memanfaatkan waktu jelang bulan Ramadhan.

Bapak, Ibu, serta rekan-rekan yang berbahagia; Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hijirah tahun 2022. Mohon maaf atas segenap khilaf dan salah, dan kepada Allah mari kita sama-sama bermohon ampun.

Saya akhiri, wa billahi taufiq wal hidayah wa ridho wal inayah; Wassalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh.

Penjelasan :

SEMOGA BERMANFAAT!!

JADIKAN JAWABAN TERBAIK YA, TERIMA KASIH^_^

9. contoh pidato bahasa indonesia yang bertema menyambut bulan suci ramadhan

wahai kawan kawan semua dlm menyambut bulan suci ramadhan sebaiknya kita 
berbuat amal dalam menjalankkan kewajiban sebagai muslim
kita rajinlah mengaji mendekatkan kepada yg diatas 

terimakasih

10. contoh ceramah singkat, bukan pidato, untuk agenda ramadhan, bukan judulnya yaa​

Jawaban:

assalamu’alaikum

lanjutan foto ya:dan wajib hukumnya bagi semua muslim.

Penjelasan:Bisa dicatat atau pun tidak:Allah menyatakan bahwa amalan puasa adalah untuk-NYA dan dia yang langsung memberikan balasan yang berlipat lipat, dikhususkan untuk pintu surga dan panggillah orang2 yang berpuasa untuk masuk,barang siapa yang tidak puasa tidak akan memasuki pintu surga tersebut.

semoga bermanfaatjadikan jawaban terbaik

11. pidato berjudul bulan Ramadhan​

Jawaban:

pirate nabi muhammad

Penjelasan:

jadikan jawaban tercedas

12. contoh pidato bertema”bulan suci ramadhan”

Semoga bermanfaat…………

13. pidato singkat dengan tema ramadhan

Jawaban:

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Besar Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, kepada para sahabat, para tabiin, semoga sampai kepada kita semua sehingga kita semua mendapat pertolongannya di hari kiamat. Aamiin.

Dewan juri yang saya hormati,hadirin walhadirat yang dimuliakan Allah.

Dalam kesempatan ini ijinkanlah saya membawakan tema” Hikmah Shaum Ramadhan”

Allah memawajibkan umatnya untuk melaksanakan saum ramadhah sesuai dengan firmannya :

‘Audzubillahiminasyaithonirrojim bismillahirrahmanirrahim

Ya ayyuhaladziina aamanuu kutiba ‘alaikummshuyaamu kamaa kutiba ‘alaladziina minqablikum la’allakum tattaquun.Kewajiban shaum telah Allah wajibkan sejak tahun ke 2 hijriyah, sesuai dengan namanya shaum ramadhan dilakukan tiap hari pada bulan ramadhan. Awal bulan ramadahan dapat diketahui dengan menyempurnakan bulan sya’ban 30 hari. Atau dengan Ru’yah hilal atau hisab.

Shaum berarti menahan(imsyak) sedangkan menurut syara shaum ialah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkanya shaum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Shaum adalah menahan diri dari makanan dan minuman dan menaha hawa nafsu serta hal-hal yang dapat mengurangi pahala shaum.

Menurut kesehatan shaum dapat menjadikan badan kita sehat sesuai dengan sabda Rasul “ bershauamlah maka kamu akan sehat”. Selainbaik untuk kesehatan shaum mempunyai beberapa hikmah, diantaranya :

1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

2.Meningkatnya penghayatan dan pengamalan agama islam.

3.Meningkatkan kesehatan mental terhadap gangguan kejiwaan.

4.Mendidik dalam pengendalian diri terhadap hal-hal buruk dan keji.

5.Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada faqir miskin.

6.Membiasakan diri memelihara amanah.

7.Melatih kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian.

Demikianlah uraian singkat Contoh Pidato tentang hikmah shaum ramadhan, semoga menjadi ilmu dalam rangka mengisi bulan ramadhan tahun ini. Sebelum berpisah ada pantun yang akan saya sampaikan, kalau ada sumur di lading boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur yang panjang boleh kita berjumpa lagi.

Ditutup dengan doa kafaratulmajlis subhanakallohumma wabihamdika astagfiruka waatubu ilaih. Hadanallah waiyyakum ajma’in billahi taufik walhidayah

14. pidato bulan suci Ramadhan​

Jawaban:

bismilahirohmanirohim

assalamu’alaikum wr,wb

para muslim dan muslimah sebentar lagi akan datang bulan suci ramadhan saya memberikan pidato ini karna saya ingin memberitahukan kepada kalian bahwa barang siapa yang berpuasa karna allah ta’ala maka pahala yang didapat nya jika kalian puasa karna untuk pacar kalian maka tidak ada 1 pun pahala yang didapat nya saya mengingatkan kepada kalian semoga amal dan ibadah kalian di bulan ramadhan ini di terima di sisi allah ta’ala amin² ya robbal alamin

demikian pidato yang saya sampai kan, jika ada salah dan kekurangan mohon di maafkan

saya pamit undur diri

wassalamualaikum wr,wb

15. Contoh pidato tentang berpuasa di bulan Ramadhan??​

Jawaban:

Bismillahirrahmanirrahim

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah, shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada Nabi Besar Muhammad Shalallahu alaihi wasallam, kepada para sahabat, para tabiin, semoga sampai kepada kita semua sehingga kita semua mendapat pertolongannya di hari kiamat. Aamiin.

Dewan juri yang saya hormati,hadirin walhadirat yang dimuliakan Allah.

Dalam kesempatan ini ijinkanlah saya membawakan tema” Hikmah Shaum Ramadhan”

Allah memawajibkan umatnya untuk melaksanakan saum ramadhah sesuai dengan firmannya :

‘Audzubillahiminasyaithonirrojim bismillahirrahmanirrahim

Ya ayyuhaladziina aamanuu kutiba ‘alaikummshuyaamu kamaa kutiba ‘alaladziina minqablikum la’allakum tattaquun.

Kewajiban shaum telah Allah wajibkan sejak tahun ke 2 hijriyah, sesuai dengan namanya shaum ramadhan dilakukan tiap hari pada bulan ramadhan. Awal bulan ramadahan dapat diketahui dengan menyempurnakan bulan sya’ban 30 hari. Atau dengan Ru’yah hilal atau hisab.

Shaum berarti menahan(imsyak) sedangkan menurut syara shaum ialah menahan diri dari hal-hal yang dapat membatalkanya shaum mulai dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Shaum adalah menahan diri dari makanan dan minuman dan menaha hawa nafsu serta hal-hal yang dapat mengurangi pahala shaum.

Menurut kesehatan shaum dapat menjadikan badan kita sehat sesuai dengan sabda Rasul “ bershauamlah maka kamu akan sehat”. Selain baik untuk kesehatan shaum mempunyai beberapa hikmah, diantaranya :

1.Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah.

2.Meningkatnya penghayatan dan pengamalan agama islam.

3.Meningkatkan kesehatan mental terhadap gangguan kejiwaan.

4.Mendidik dalam pengendalian diri terhadap hal-hal buruk dan keji.

5.Menumbuhkan rasa kasih sayang kepada faqir miskin.

6.Membiasakan diri memelihara amanah.

7.Melatih kesabaran dan ketabahan dalam menghadapi ujian.

Demikianlah uraian singkat Contoh Pidato tentang hikmah shaum ramadhan, semoga menjadi ilmu dalam rangka mengisi bulan ramadhan tahun ini. Sebelum berpisah ada pantun yang akan saya sampaikan, kalau ada sumur di lading boleh kita menumpang mandi, kalau ada umur yang panjang boleh kita berjumpa lagi.

16. Contoh pidato bahasa sunda tentang bulan suci ramadhan​

Jawaban:

Assalamualaikum Warohmatulahi Wabarokatuh, wilujeng ka sadayana urang.

Seyogya hayu urang sasarengan bersyukur kana berkah anu dipaparinkeun ku Allah SWT. dinten ayeuna supados urang tiasa berkumpul di dieu dina kaséhatan anu séhat. Shalawat sareng salam, hayu urang ucapkeun ka Nabiyullah urang, Nabi Muhammad Saw, anu di akhir waktos urang ngantosan syafaat.

Sakumaha urang terang, urang nyanghareupan bulan anu pinuh berkah, Bulan Suci Ramadhan. Dina bulan ieu urang bakal nampi seueur berkah upami urang ngalakukeun hal-hal anu saluyu sareng jalur bebeneran. Diantara jalur bebeneran, aya sababaraha kagiatan anu tiasa ngarahkeun urang, nyaéta:

  – Tadarus Al-Qur’an rutin.

  – Puasa Ramadhan.

 –  Shodaqoh tulus, sareng;

   -Jauh tina hawa nafsu.

17. buatlah pidato tentang apa saja di bulan ramadhan

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Puja dan puji syukur hanya kita panjatkan kepada Allah Swt, karena pada kesempatan hari ini kita masih mendapat kenikmatan berupa kesehatan jasmani dan rohani, sehingga kita bisa berkumpul di masjid yang penuh dengan ketentraman ini tanpa ada halangan suatu apapun.

Shalawat serta dalam semoga tetap tercurahkan kepada jun-jungan Nabi Muhammad Saw. karena beliaulah sebagai suri tauladan dalam kehidupan dunia ini. Mudah-mudahan kita tergolong umatnya yang setia akan mengikuti segala aktifitasnya.

Kaum muslimah dan muslimat yang berbahagia

Kita berkumpul di masjid ini adalah untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadlan, kalau tidak salah lima hari lagi bulan suci kunjung tiba, karena itu marilah kita sambut, kita songsong dengan penuh gembira agar kita memasuki bulan tersebut secara ikhlas dalam melaksanakan ibadah kepada Allah Swt. Bagi umat beriman dengan datangnya bulan suci Ramadlan merupakan arti tersendiri, karena bulan tersebut penuh dengan rahmat, maghfiroh, dan juga pembebasan dari api neraka.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati.

Bila kita hidup dalam bulan dan mau menjalankan perintah Allah, baik. yang wajib maupun yang sunnat dengan ikhlas semata-mata mencari ridla Allah Swt, berarti keberuntungan yang sangat yakni berupa pahala sebagai bekal di akhirat kelak. Di bulan Ramadlan kita diperintah untuk melaksanakan puasa Ramadlan, man puasa tersebut kita laksanakan dengan dasar iman, agar tergolong orang-orang yang benar-benar taqwa kepada Allah Swt. Mari malam harinya kita gunakan dengan melaksanakan shalat taroweh, baik secara berjama’ah, maupun secara sendirian. Ketahuilah bahwasannya segala amalan yang baik dikerjakan di bulan Ramadlan, maka pahalanya akan dilipat gandakan oleh Allah Swt.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Bulan Ramadlan iman kita benar-benar diuji Allah Swt, apakah kita termasuk orang-orang yang sabar akan menjalankan perintahnya. Kalau kita sabar akan menjalani kewajiban puasa, maka berarti kita semua tergolong orang-orang yang beriman sesungguhnya.

Kaum muslimin dan muslimat yang berbahagia.

Marilah kita tingkatkan amaliah kita dalam sehari-hari utamanva bulan yang akan datang, yaitu bulan Ramadlan.

Mudah-mudahan kita masih dianugerahi oleh Allah kesehatan jasmani dan rokhani sehingga kita melaksanakan puasa Ramadlan dan melaksanakan perintah Allah, baik yang wajib, maupun yang sunnat. Kita songsong datangnya Ramadlan dengan penuh keceriaan, dan kegembiraan di tengah-tengah keluarga.

Kaum muslimin dan muslimat yang kami hormati. Demikianlah pidato singkat yang dapat kami sampai dalam rangka menyambut datangnya bulan suci. Mudah-mudahan kesehatan tetap terlimpahkan kepada kita semua, sehingga kita menjalankan ibadah puasa sampai penuh satu bulan.

Dengan pembicaraan saya semrawut tadi, mudah-mudahan membawa manfaat, amiin.

Wassalamu’alaikum Warahmatull ah i Wabarakaatuh.
Hadirin yang dimuliakan Allah,

 Keutamaan yang selanjutnya adalah bahwa di bulan Ramadhan ini, Allah memberikan kesempatan yang begitu besar agar hamba-hambanya dapat memperoleh pahala dan meraih surga. Diantaranya hadits Rasulullah saw yang artinya:

Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepadamu puasa di dalamnya; pada bulan ini pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka di tutup dan para setan di ikat; juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan barang siapa tidak memperoleh kebaikannya, maka dia tidak memperoleh apa-apa. (H. R. Ahmad & An-Nasai

18. buatlah 2 contoh pidato atau ceramah mengaitkan pada bulan ramadhan​

puasa

puasa adalah menahan makan dan minum mempunyai banyak jenisnya ada puasa bulan Romadhon ada puasa Senin Kamis atau Puasa Daud juga puasa tengah bulan Allah menyuruh kita berpuasa agar kita bisa menahan nafsu dan agar kita bisa merasakan bagaimana susahnya orang di luar sana yang tidak bisa makan dan minum.Kita juga harus kuat menjalaninya karena orang di luar sana yang tidak bisa m
akan dan minum merekatidak mengeluh Namun kita yang diberi Allah rezeki berlimpah kenapa kita tidak bisa berpuasa jadi berusahalah untuk berpuasa di bulan ini apalagi sebentar lagi akan mulai bulan puasa

Romadhon

Romadhon adalah bulan penuh ampunan atau bisa dibilang bulan puasa .Kenapa di bulan Romadhon akan menghapuskan dosa kita namun jika kita melakukan puasa Romadhon kita lakukan setahun sekali kita juga melaksanakan bulan Romadhon selama 30 hari kita berpuasa dari subuh hingga maghrib lalu kita melakukan salat tarawih bersama di masjid sungguh indah sungguh kenangan Romadhon karena bulan Ramadan hanya dilakukan setiap tahun sekali jadi manfaatkanlah bulan Ramadan itu dengan penuh rasa syukur dan penuh rasa ampun

19. pidato tema ramadhan singkat​

Assalamu’alaikum Warahmatullah Wabarakatuh

Alhamdulillahilladzii kholaqol mauta wal hayata linabluwakum ayyukum ahsanu ‘amala. Asyhadu alla ilaha illallah wa asyhadu anna muhammadar rasulullah. Allahumma sholi ala sayyidina Muhammad wa ala ali sayyidina Muhammad.

Yang terhormat, Bapak/Ibu kepala….

Yang terhormat, Bapak Ibu…

Serta rekan-rekan yang berbahagia

Pertama di atas segalanya, marilah kita bersyukur kepada Allah atas segala nikmat mulai dari nikmat iman, nikmat islam, nikmat, sehat, hingga nikmat kesempatan sehingga kita semua bisa berkumpul di ruangan ini seraya bergembira menyambut bulan suci Ramadhan 1443 Hi

NOTE::

JADIKANJAWABANTERBAIKYAPLISS

MAAFKALAUSALAH

ᥫ᭡BYZELIKAᥫ᭡

Jawaban:

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT. Karena atas segala nikmat dan karunia-Nya lah kita semua bisa berkumpul ditempat yang berbahagia ini.

Shalawat dan salam semoga tetap tercurah limpahkan kepada jungjunan kita semua, pelopor revolusi Islam yakni Habibana wanabiyana Muhammad SAW, keluarganya, para sahabatnya sampai pada kita semua selaku umatnya sampai akhir zaman. Aamiin ya Robbal ‘alamin.

Pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan pidato yang berjudul menyambut bulan suci Ramadhan.

Hadirin yang berbahagia, sebagaimana telah kita ketahui, bulan Ramadhan merupakan bulan yang mulia.Di bulan ini juga terdapat satu malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Ialah malam Lailatul Qadar.

Pada bulan Ramadhan kita akan melaksanakan puasa satu bulan penuh. Untuk itu persiapkan diri lahir batin agar kita bisa beribadah dengan lancar dan khusyuk.Sebagaimana dalam Quran Surat Al-Baqarah ayat 183 yang berbunyiعَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

Arab-latin: yā ayyuhallażīna āmanụ kutiba ‘alaikumuṣ-ṣiyāmu kamā kutiba ‘alallażīna ming qablikum la’allakum tattaqụn

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

Dari ayat Al-Quran diatas bisa kita simpulkan hukum melakukan puasa itu adalah wajib bagi setiap muslim yang tidak berhalangan.Puasa bukan hanya menahan diri dari lapar dan dahaga saja, tapi lebih jauh puasa mampu menghadirkan sifat empati pada sesama. Ikut merasakan penderitaan sesama yang mungkin belum hidup dengan cukup.Puasa adalah melatih kesabaran dan keikhlasan kita sebagai umat yang taat menjalankan perintah Allah.

Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan dalam pidato yang singkat ini.Semoga apa yang saya sampaikan bisa memberikan manfaat yang besar bagi kita semuanya. Mohon manfaat atas segala kekurangan.Wabillahi Taufiq wal hidayah

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.

20. buatlah contoh kultum atau pidato tentang puasa ramadhan yg singkat singkat aja…

ramadhan itu adalah bulan puasa. kita puasa hanya sekali dalam setahun. orang berlomba lomba untuk puasa hanya demi pahala. kita juga harus berpuasa,agar pahala kita bertambah.

Video Terkait